Fungsi Oven Listrik Selain Memanggang Kue di Rumah


Setelah menikah dengan Ojrahar, salah satu keinginanku adalah punya oven listrik. Sebab waktu itu aku memang berniat untuk menjadi lebih feminin dari sebelumnya. Kepingin melewati hari-hari dengan memasak dan membuat kue, bisamencium aroma harum kue yang baru  dipanggang dari dapur sendiri dan ditungguin anak serta suami yang sabar mau icip.

Haha... Halu banget nggak sih?


Awal tahun 2014, aku sempat browsing-browsing beberapa model oven dan naksir sama oven Kirin. Soalnya waktu itu ada diskon yang ditawarkan untuk oven kirin di sebuah e-commerce. Selain itu, pemanggang listrik Kirin ini menarik karena memiliki banyak fungsi. Nggak cuma bisa memanggang kue seperti bolu atau brownies. Tetapi juga bisa membantu banyak pekerjaan dapur lainnya.

Tetapi (lagi), sebelum sempat aku beli oven baru merk Kirin itu, ada temanku yang menawarkan untuk membeli oven miliknya. Dia bilang, yang dia punya jarang dipakai. Akhirnya aku setuju untuk membelinya karena harga yang ditawarkan menarik banget. Namanya juga barang second ya kan.

Nah, seperti yang kutulis di atas soal halu. Keinginan itu menguap diterpa panasnya realita. Kerja masih lanjut dan nggak jadi resign. Sabtu minggu bawaannya pingin mbolang. Trus kapan bakingnya? Ya, wassalamualaikum deh. Walai sesekali suka juga bikin kue dengan tepung instant. Heuheu.

Untungnya oven listrik yang aku punya itu juga memiliki fungsi lain selain untuk memanggang kue atau roti. Mau tau?

Ini Fungsi dari Oven Listrik selain Memanggang Kue


Sebetulnya ada banyak banget fungsi oven listrik selain untuk memanggang kue, roti atau sejenisnya. Banyak pekerjaan dapur mulai dari yang berat sampai ringan yang bisa dilajukan dengan oven. Misalnya, melelehkan coklat block, membuat garlic bread, memanggang ayam, bikin pepes, dll. Cuma ya, aku ini yang dasarnya nggak suka kerjaan dapur, resep masakan sesederhana apapun tetep aja aku malas eksekusinya. Jadi oven pun jarang dipakai masak.
Nah, biasanya cuma pakai oven listrik untuk beberapa hal ini;

1. Memanggang Ubi Madu


Anak-anakku suka banget makan ubi Cilembu. Dan aku lebih suka memanggang sendiri di rumah divanding beli yang sudah matang. Soalnya, harga ubi Cilembu me tah di Lottemart murah banget. Kalau lagi diskon, paling cuma 10 ribu per kilo. Dibanding beli matang di tukang ubi yang harganya bisa sampai 25 ribu per kilo kan?

2. Menghangatkan makanan


Awalnya karena kehabisan gas dan aku punya makanan yang harus dihangatkan untuk sarapan pagi. Berhubung nggak mungkin aja beli gas subuh-subuh akhirnya dapat ide untuk pakai oven saja. Sejak saat itu, jadi suka mengandalkan oven untuk menghangatkan makanan apa aja. Termasuk kepiting oleh-oleh dari teman yang habis mudik ke Balikpapan.

3. Memanggang Pizza


Kadang, anak-anak suka minta dibuatkan bekal sekolah yang agak beda. Atau, ada saat tertentu anak-anak kepingin ngemil makanan enak tapi aku malas untuk keluar rumah. Misalnya ya itu, pizza. Kuajari saja mereka bikin pizza sendiri pakai roti tawar. Tinggal olesi roti pakai saos bolognesse, tambah topping keju dan sosis, panggang sebentar, jadi deh.

4. Membuat Roti Bakar/Sandwich 


Dulu aku oernah punya toaster untuk memanggang roti. Andalan banget untuk bikin bekal anak ke sekolah. Jadi tiap hari harus selalu ada stok roti tawar dan selai coklat. Sampai suatu hari toaster itu rusak. Beralih lah panggang roti atau sandwich pakai oven.

5. Membuat Zuppa Soup


Yha, aku memang nggak suka masak, tapi lebih nggak suka lagi keluar duit banyak untuk jajan. Makanya aku mau nggak mau bikin zuppa soup sendiri kalau suami udah kepingin banget makan makanan kesukaannya itu. Untungnya jaman sekarang mah serba praktis. Tinggal beli adonan puff pastry dan sup cream instant aja. Sup cream bentuk bubuk tinggal tambah air dan rebus bentar. Lalu masukkan ke dalan mangkok dan tutup mangkok dengan lembaran puff pastry. Panggang deh di oven listrik. Mudah dan murah dibanding beli zuppa soup di restoran. Huehe.

Btw, kalian punya oven listrik juga nggak di rumah? Paling suka bikin kue apa? Apa jangan-jangan malah termasuk yang malas masak kayak aku. Hihi.

Anyway, kalau kalian lagi mempertimbangkan untuk beli oven yang awet dan hemat listrik, coba aja intip oven listrik Kirin di Bukalapak. Pembayarannya juga bisa dicicil tanpa kartu kredit, asik banget kan?

Yang jelas, nggak ada ruginya kok punya oven walau nggak suka masak kayak aku gini. Soalnya ada banyak juga fungsi oven yang bisa mempermudah pekerjaan dapur in case kita harus masak atau bikin makanan apa gitu.

31 komentar

  1. Nanti kalau aku udah nikah pengen beli oven juga ah. Biar bisa bikin kue kue kering gitu deh pas menjelang lebaran.

    BalasHapus
  2. lihat tulisan zuppa soup jadi langsung kemecer lidahku mbak... banyak ya fungsinya... keren ovennya

    BalasHapus
  3. Tozz dulu Mbak! Sama-sama tidak hobbi masak.

    Saya juga punya oven listrik, tapi nganggurrr hehehe...

    BalasHapus
  4. Pas jaman kerja di luar, tiap hari make oven mba. Sekarang di Indonesia belum pernah pegang haahah, pengen punya deh kapan-kapan biar bisa bikin kue dan macem-macem juga

    BalasHapus
  5. Praktis banget nih kalau punya oven listrik yah mba, ternyata banyak kegunaannya. Pengen ah

    BalasHapus
  6. Aku punya oven dan sering jg dipake begini

    BalasHapus
  7. Oven listrik di rumah, paling sering dipakai untuk membuat pizza atau roti bakar. Kapasitasnya kan juga gak besar :D

    BalasHapus
  8. Aiiih.. udah lama pengen beli oven, tapi menahan diri, nanti aja kalau udah di rumah sendiri. Huhu..

    BalasHapus
  9. Aku malah rajin bikin kue waktu maaih pakai oven tangkring. Begitu punya oven listrik malah jarang bikin kue.

    BalasHapus
  10. Aku dari dulu naksir oven kirin Tapi belum kesampaian. Padahal doyan banget masak kue buat keluarga :).

    BalasHapus
  11. Praktis juga ya, bisa buat macam macam makanan buat krucil.

    BalasHapus
  12. Aku sudah punya doong oven listrik tapi ya gitu deh, jarang dipake wkwkwk....

    BalasHapus
  13. Iya akupun suka pakai mba.. makanya kepingin bngt oven yg baru hiks di rumah udah tipe lama

    BalasHapus
  14. Buat manggang ikan dan daging-dagingan juga sip mbak. Matengnya sedep karena aku suka bau panggangan. Kalau masak roti, angkat tangan, nggak disiplin naker nakerinnya hihihi....

    BalasHapus
  15. ovenku kirin jugaaaa, hehehe. aku suka baking walaupun gak mau sering-sering karena sadar gulanya tinggi banget. gak kupake buat manggang lauk karena baunya bercampur tu gak enak jadinya, hehe. kalo menghangatkan sebenernya lebih ke fungsi microwave si mb.. tapi pake oven ya lumayanan juga lah. kalo melelehkan coklat blok aku pilih pake gas aja bentar, oven mah sayang listriknya walaupun Kirin punyaku tuh irit cuma 400w :D

    BalasHapus
  16. Ovennya itu sekalian microwave ya mbak? Watt nya gimana mbak? Saya tu skrg agak mikir mikir beli oven listrik, sebab kuatir ga kuat listriknya hehe

    Tapi kepingin banget punya oven, pengen bikin pizza lagi.

    BalasHapus
  17. Hahaha oven listrikku juga akhirnya lebih sering buat masak daripada bikin kue. Mulai dari panggang ayam, bikin sate, pepes, panas2in lauk. Samaan lah kita mbaa :))

    BalasHapus
  18. Ovennya bisa untuk menghangatkan ya, Mbak? Saya kira hanya bisa menghangatkan makanan dengan microwave saja. Asyik juga punya oven yang bisa multifungsi ya...

    BalasHapus
  19. Aku ada kepikiran buat punya Oven Listrik. Ya biar gampang kalau mau bikin kue. Tapi masih coba2 aja. Mungkin nanti deh pas berumahtangga

    BalasHapus
  20. Mama punya oven listrik tapi katanya nggak kepake alhirnya dihibahkqn ke saudara, tahu bisa multifungsi gini mah bisa kepake ya

    BalasHapus
  21. Aku udah lama pengin beli oven listrik, kendalanya selain watt nya tinggi jadi nggak bisa dipakai di rumah juga terkendala budget sih wkwk..

    BalasHapus
  22. Wah, udah sejak lama aku pengen pemanggang elektrik ini. Soalnya fungsinya memang multi. Bisa ngapain aja. Semoga kebeli. :D

    BalasHapus
  23. manfaatnya banyak bangeet memang..tapi oven listrik lumayan besar ya daya listriknya di sini. Well, tapi teteeep aku mau juga hehehe

    BalasHapus
  24. Kok sama mbaaa, aku juga suka malas eksekusinya hehee
    Tp memang oven itu punya banyak fungsi yaaa. Kalo aku masih teronggok aja dalam kardusnya. Hehe

    BalasHapus
  25. Waaahh mau jg oven listrik. Pengen jg bikin kue buat anak2. Brand Kirin itu salah satu brand yg oven listriknya memang terkenal awet mbak. Jd gk salah pilih itu.

    BalasHapus
  26. Kayaknya butuh juga nih oven seperti ini. Mana musim liburan anak2 bawaannya pengin nyemiiill mulu. Bikin pizza atau jajanan yg kudu di-bake bakalan lebih gampang pake oven listrik ini.

    BalasHapus
  27. Aku pernah dapatdoorprize oven tapi tak jual kak Nke soale listriknya gede dan sekarang malah jadi pengen punya masa hahaha.

    BalasHapus
  28. Watt-nya gede, hahaha.
    Eh tapi enak juga yaa bikin pizza Dan zuppa soup. Nanti ku mampir ke rumahmu yaa mbak

    BalasHapus
  29. Ada oven di rumah tp jarang dipakai karena Watt nya besar dan memang gak suka buat2 hehe

    BalasHapus
  30. Oven ini membantu banget untuk pekerjaan memasak mama...
    Apalagi pas lagi remfong, tinggal masukin oven dan *triink...uda keluar lagi dalam keadaan hangat.

    Worth it banget deeh...

    BalasHapus
  31. buat pizza ala2 gitu, keknya seru. sayangnya aku masih maju mundur, abis kata orang rumah aku anaknya angin2an hahahha

    BalasHapus

Sila berkomentar untuk meninggalkan jejak, supaya memudahkan saya juga untuk kunjungan balik. Cheers!