Manfaat Asam Folat untuk Awal Kehamilan


Hallo, bu-ibu. Udah tau kan ya kalau asam folat sangat penting untuk kesehatan, terutama untuk ibu yang sedsng merencanakan kehamilan dan setelah masuk masa awal kehamilan. Soalnya, kandungan baik asam folat sangat bermanfaat untuk tumbuh kembang janin agar bisa lahir dengan sempurna. 

Fyi, kandungan folat memiliki nama lain yaitu vitamin B9, yaitu merupakan salah satu dari delapan vitamin B kompleks yang bagus untuk kesehatan tubuh manusia. Nah, si ibu hamil harus terpenuhi vitamin B9 ini, agar bisa menjalani masa kehamilan sehat dan janin pun juga tumbuh dengan baik di dalam kandungan.

Asiknya, vitamin B9 bisa didapatkan dengan mudah dari berbagai makanan-makanan yang sehat dan banyak ditemukan di sekitar kita. Sudah tau bahan makanan apa saja yang mengandung vitamin B9? Cari tau disini yuk!

Bagi ibu yang sedang mengawali masa kehamilannya, ada beberapa jenis makanan yang sangat baik jika bisa dikonsumsi secara rutin. Tapi sebelum itu, kita bahas dulu tentang apa manfaat asam folat untuk ibu hamil deh. 

Bisa dibilang, B9 adalah pahlawan untuk ibu hamil karena memiliki manfaat yang sangat penting seperti mencegah bayi lahir cacat. Jika selama masa kehamilan sang ibu kurang mengkonsumsi vitamin B9 berisiko melahirkan bayi cacat pada otak, tulang belakang dan syaraf tulang belakang.

Selain itu, B9 juga sangat bermanfaat untuk mencegah bayi lahir prematur dan mencegah resiko berat bayi lahir rendah (BBLR). Jika ada seorang wanita yang melahirkan anaknya secara prematur, besar kemungkinan selama masa hamil kurang asupan B9. Dan lagi, asam folat untuk ibu hamil juga akan membantu untuk membentuk sel darah merah yang nantinya akan mencegah adanya penyakit kanker darah atau leukemia.

Lalu, bagaimana kita bisa memenuhi B9 di dalam tubuh kita? Beberapa jenis makanan berikut ini bisa kita jadikan pilihan.

1. Sayur-sayuran


Kita semua pasti tau lah ya, bahwa sayuran adalah makanan yang sehat dan mengandung banyak vitamin yang baik untuk tubuh manusia, termasuk untuk memenuhi asam folat untuk ibu hamil. Terutama sayur yang berwarna hijau, karena memiliki konsentrasi yang tinggi untuk bisa memenuhi kebutuhan asam folat untuk ibu hamil.

Fyi, jenis sayur yang paling tinggi kandungan vitamin B9 adalah bayam. Nah, bagi ibu yang memasuki awal kehamilan, coba deh banyak-banyak makan bayam. Dimasak jadi sayur bening enak banget loh, gampang pula bikinnya. Tapi kalau lagi malas masak, si bayam biasanya aku rebus gitu aja, trus dimakan pakai sambel pecel. Endeus. Oya, memasaknya jangan terlalu lama, ya.  Sebaiknya bayam masih dalam kondisi renyah saat dimakan.

2. Asparagus


Asparagus adalah jenis sayuran yang bentuknya seperti tangkai bunga, dan berwarna hijau. Aku sering liat di supermarket, nggak tau deh kalau pasar tradisional sekitaran Serang dan Cilegon ada nggak. Dari berbagai sumber yang kubaca, asparagus mengandung 79 mikrogram B9 dalam setiap satu porsi penyajiannya, sekitar satu mangkuk asparagus.

Jumlah tersebut tergolong cukup tinggi untuk memenuhi kebutuhan B9 untuk ibu di awal kehamilan. Rasanya juga enak apalagi kalau dimasak jadi sup krim bareng daging kepiting. Haha. Tapi karena aku mah malas, jadi palingan ditumis dengan sedikit minyak (sauted).

3. Gandum


Gandum juga bagus banget loh untuk memenuhi kebutuhan asam folat. Selain itu, gandum juga meberi efek kenyang yang bertahan lama. Asiknya, sekarang udah banyak banget olahan makanan yang terbuat dari gandum, seperti roti, biskuit, dan sereal. Favoritku banget roti gandum dimakan oakai selai kacang, atau biskuit gandum yang pakainselai kacang juga. Kalau sereal si, aku mah kalah sama anak-anak. Heuheu.

4. Kacang-kacangan


Tau kah kamu, 1 cangkir kacang merah mengandung 330 mikrogram B9 loh. Kacang hijau juga merupakan sumber B9 atau asam folat. Selama hamil, aku hampir setiap hari makan bubur kacang hijau. Enak dan gampang juga membuatnya. Kalau lagi males banget, tinggal beli aja karena banyak yang jual. Hehe.

By the way, aku rasa semja bahan-bahan makanan tersebut di atas itu gampang ditemui, gampang juga diolah, dan enak rasanya.   Dan kandungan vitamin atau asam folat di dalamnya nggak cuma baik untuk ibu hamil, tetapi juga memberi manfaat yang baik untuk anggota keluarga lain, diantaranya untuk mencegah darah tinggi, dan meredakan gejala stres atau depresi.

Nah, kalau kalian di rumah gimana nih? Suka juga konsumsi jenis makanan di atas? 

33 komentar

  1. Iyaa, aku sering denger dari nutritionists kalo asam folat itu bagus buat tubuh. Btw aku sampe sekarang masih belum bisa makan asparagus ��

    BalasHapus
  2. Asam folat penting dikonsumai bahkan sebelum kita hamil. Bagus banget untuk bayi

    BalasHapus
  3. Nah tips penting nih buat buibu hamil.. dan kukira bagus juga manfaatnya untuk semua orang ya...

    BalasHapus
  4. Kalau aku suka banget sama bubur kacang hijau. Nice info banget ini. Aku pengen kasih tahu info sama kakak iparku yang lagi hamil ah.

    BalasHapus
  5. Kalau aku suka banget sama bubur kacang hijau. Nice info banget ini. Aku pengen kasih tahu info sama kakak iparku yang lagi hamil ah.

    BalasHapus
  6. Saya jadi ingat masa-masa kehamilan ini, Mbak. Saya konsumsi asam folat juga selama hamil. Sangat bermanfaat bagi janin dan ibunya juga. Makasih sharingnya, Mbak. Jadi tahu makanan apa saja yang mengandung asam folat. Kebetulan penggemar kacang ijo

    BalasHapus
  7. Info yang sangat berfaedah nih, bisa buat temenku yang lagi hamil hihi

    BalasHapus
  8. Penting banget ini sampai aku belain minum susu hamil juga dll karena efeknya bahaya kekurangan asam folat

    BalasHapus
  9. Saya pertama kali tau asam folat juga saat hamil. Dokter selalu kasih suplemen asam folat setiap kali periksa kandungan

    BalasHapus
  10. Ini flashback atau mau mempersiapkan lagi buat adeknya Karla? hehehe kabuuuuur

    BalasHapus
  11. Waktu hamil pastinya dikasih kapsul asam folat ya tapi agar lebih greget dulu untuk nambah asam folat aku makan bubur kacang ijo aja hehe.

    BalasHapus
  12. Alhamdulillah saya suka semua bahan makanan di atas. Doyan apa doyan?

    BalasHapus
  13. Aku belum pernah sama sekali mengolah asparagus di rumah. Karena takut rasanya jadi ga enak, hihihi.

    BalasHapus
  14. iya bener. asam folat bagus buat bumill.. dulu aku sering makan burjo juga mbak pas hamil dan sjuga vitami dr dokter yang asam folat juga kandungannya

    BalasHapus
  15. Makanan favku tuh kacang ijo Noe dalam seminggu pasti bikin kacang ijo.
    Anak2 kayaknya pasrah aja klo cemilannya burjo, habis aja kalo disediain di meja. Hahahahaha

    BalasHapus
  16. Aku dulu, setiap tau testpack postifif langsung buru2 ke apotik beli asamfolat duluan, cek ke dokternya bisa besok2, tapi asam folat ga boleh telat hahaa :))

    BalasHapus
  17. Dulu pas sebelum hamil anak pertama aku sampai bela2in minum susu promil yg mengandung asam folat. Krn tau kandungannya bagus buat anak, bahkan sebelum janin terbentuk :D

    BalasHapus
  18. Butuhnya di tubuh sepertinya tidak banyak ya tapi Kalau kekurangan .. waduh, bisa fatal. Untungnya ada di sekeliling Kita bahan makanannya ya, tinggal gimana kitanya saja

    BalasHapus
  19. Kemarin saya juga lagi bahas Asam folat ini. Kayaknya banyak banget yang butuh infonya ya Mbak.

    Semoga tercerahkan buat bumil jadi bayinya tetap sehat terus.

    BalasHapus
  20. Sepertinya aku belum pernha melihat langsung apalagi mengkonsumsi asparagus deh. Ibu hamil emang makannya harus dijaga ya mba.

    BalasHapus
  21. Aku waktu hamil juga khawatir anakku lahir dengan cacat otak. Jadi nyari n rajin minum asam folat

    BalasHapus
  22. Asparagus itu enak dibikin sup yg kuahnya susu

    BalasHapus
  23. Asam folat penting memang, eh tapi Noe nggak lagi hamil kan? Kalo iya, aku doakan moga sehat ya
    *komentar baik loh, diaminkan dong, hihii

    BalasHapus
  24. Nice sharing, saya baru tau soal asam folat ini ada di sayur-
    Sayuran yang sring kumakan mba, hihi

    BalasHapus
  25. Dulu sebelum hamil aku minum susu juga, Mbak.. biar siap. Hehe.. Nah, pas hamil aku disuruh banyak makan buah pisang, karena tinggi asam folatnya. Kacang hijau juga.

    Kalau asparagus, karena di sini susah dapetinnya, jadi ngga pernah konsumsi deh.

    BalasHapus
  26. Wajib banget tuh bagi ibu hamil buat konsumsi makanan yang mengandungn asam folat. PAs hamil aku juga konsumsi mba :)

    BalasHapus
  27. iya aku liat kakakku juga mengonsumsi asam folat juga pas dia lagi hamil, alhamdulillah anaknya sehat banget pas lahir :)

    BalasHapus
  28. Aku suka asparagus mba tapi ga suka dengan harganya yang mahal hiks

    BalasHapus
  29. Kandungan gizinya pada hilang ga...mba Noe...kalau kacang hijaunya di presto?
    Aku suka yang empuk beud...dan biar ga lama, biasanya ngandelin panci presto.

    BalasHapus
  30. Asam folat memang tidak terlalu banyak dibutuhkan oleh tubuh tetapi tidak boleh juga kekurangan. Untuk mengatasinya saya lebih suka makan kacang-kacangan. Asparagus tidak termasuk dalam daftar menu, tidak ada yang suka di rumah.

    BalasHapus
  31. Asam folat memang penting banget. Dulu pas hamil gitu juga bidan bilangnya perlu asupan asam folat yang cukup. Bisa didapatkan juga secara alami dari makanan yang kita komsumsi.

    BalasHapus
  32. Jangan sampai ya kekurangan asam folat, demi buah hati kita kudu 'bekerja keras' memasukkan berbagai asupan gizi yang sempurna demi awal tumbuh kembang mereka.

    BalasHapus
  33. Note, kalau aku hamil aku akan mengkonsumsi bayam biar oke buat bumil ya kak

    BalasHapus

Sila berkomentar untuk meninggalkan jejak, supaya memudahkan saya juga untuk kunjungan balik. Cheers!