Cari Tau Penyebab Bau Kaki


Setuju nggak, kalau rasa percaya diri bisa dipengaruhi oleh penampilan?

Mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki seharusnya benar-bemar diperhatikan. Misalnya, laki-laki akan merasa lebih percaya diri bila tampil dengan rambut rapi, pakaian yang menarik, dan sepatu yang bermerek. Tetapi jangan lupa, rasa percaya diri juga sangat dipengaruhi oleh aroma tubuh. Bukan hanya ketiak, masalah bau kaki juga bikin level pede jadi drop.

Yha, kita pasti akan merasa minder lah kalai bau kaki nggak sedap. Karena kenyamanan orang lain di sekitar pasti terganggu. Makanya, kita harus menghindari penyebab bau kaki. Pa aja sih penyebabnya? Simak yuk!


Konsumsi Jenis Makanan Tertentu

Tak banyak orang yang tahu bahwa ternyata bau kaki juga bisa disebabkan oleh konsumsi jenis makanan tertentu. Makanan yang kaya kandungan protein, bercita rasa manis dan pedas, serta mengandung sulfur paling rentan menyebabkan bau kaki. Karena jenis-jenis makanan tersebut akan menghasilkan trimetilamin ketika dicerna oleh tubuh. Trimetilamin merupakan zat yang menimbulkan bau pada tubuh ikan.
Sehingga hal tersebut juga bisa mempengaruhi aroma tubuh kita, termasuk kaki. Sebaiknya kita juga membatasi konsumsi bawang, kol, bir, dan ikan laut bila tubuh cukup sensitif terhadap produksi trimetilamin. 

Kuku Kaki yang Kotor

Jangan menganggap remeh kuku kaki yang panjang dan kotor. Karena kuku kaki bisa menjadi tempat bersembunyi kotoran dan bakteri. Bau kaki rentan terjadi bila kita menggunakan alas kaki tertutup dengan kondisi kuku yang kotor. Idealnya, kita harus membersihkan kuku kaki minimal dua minggu sekali. Jaga kuku kaki senantiasa pendek dan bebas dari kotoran.

Kaki yang Lembap Saat Memakai Sepatu

Sebaiknya jangan langsung memakai sepatu ketika kaki masih basah. Kaki yang basah dapat memicu pertumbuhan jamur. Kaki yang ditumbuhi jamur nggak cuma bikin gatal dan iritasi, tetapi juga dapat menyebabkan bau tak sedap. Makanya, wajib hukumnya mengeringkan kaki hingga tuntas sebelum memakai sepatu. Bila perlu, siapkan jeda waktu kurang lebih 15 menit untuk mengeringkan kaki yang masih basah.


Memakai Sepatu yang Teksturnya Tebal

Sepatu yang teksturnya tebal juga rentan memicu bau kaki tak sedap. Seperti sepatu olahraga pria yang teksturnya tebal harus kita waspadai. Karena tekstur bahan yang tebal membuat sirkulasi pada sepatu olahraga pria jadi terhambat. Kaki yang berkeringat usai berolahraga akan lebih sulit dikeringkan selama masih menggunakan sepatu. Untuk menyiasati hal ini, sebaiknya memilih sepatu olahraga pria yang berkualitas dan memiliki pori-pori. Sehingga risiko kaki lembap penyebab bau tak sedap bisa diminimalkan.

Jarang Mencuci Kaos Kaki

Faktor kebersihan kaki saja belum cukup untuk mencegah bau tak sedap. Kita juga harus mencuci kaus kaki secara rutin. Karena kaus kaki yang kotor dan lembap bisa memicu perkembangbiakan jamur dan bakteri. Oya, jangan menunggu sampai kaus kaki berubah warna karena debu dan kotoran. Cuci kaus kaki secara cermat dan keringkan dengan benar sebelum menggunakannya lagi. 

Sedang Mengalami Stres

Benarkah stres bisa memicu bau kaki tak sedap? Faktanya, tubuh akan memproduksi lebih banyak keringat ketika stres termasuk kaki. Keringat berlebihan pada kaki tentu bisa menyebabkan bau tak sedap. Apalagi jika menggunakan sepatu tertutup selama seharian. Sudah pasti kondisi kaki menjadi lebih lembap dari biasanya. Makanya kita harus lebih telaten membersihkan kaki ketika tubuh sedang memproduksi keringat secara berlebihan.

Nah, setelah mengetahui apa saja penyebab bau kaki, pastinya kita bisa menyiasati agar nasalah bau kaki tidak terjadi. Yuk jaga kebersihan kaki, kaus kaki, dan sepatu secara teliti. Sehingga kaki kita selalu bersih dan segera terbebas dari masalah bau tak sedap yang sangat mengganggu itu.

1 komentar

Sila berkomentar untuk meninggalkan jejak, supaya memudahkan saya juga untuk kunjungan balik. Cheers!