Milna Nature Delight Untuk Baby Karla


Awal April lalu, ketika ibu mertua minta diantar pulang ke Purworejo, Jawa Tengah, aku agak dilema. Dengan budget terbatas, kami cuma bisa memilih kereta kelas ekonomi. Dan harga tiket termurahnya pun untuk keberangkatan jam 5 pagi, dengan lama perjalanan 7 jam. Duh, gimana nih soal makannya baby Karla nanti? Fikirku.

Sebenarnya, kalau melihat umur baby Karla yang baru 6 bulan, nggak masalah lah kalau absen sehari saja soal pemberian MPASI. Toh dengan minum ASI juga dia bisa kenyang. Tetapi aku ingat pesan dokter spesialis anak (DSA) tentang aturan dasar pemberian makan.

Dokter bilang, sebaiknya ada jadwal makan yang teratur dan terencana setiap harinya. Begitu juga untuk cemilan yang harus diberikan sesuai jadwal.

Aku juga ingat bagaimana akibat dari aturan makan seperti itu yang aku terapkan pada ketiga kakaknya baby Karla. Nggak apa lah nggak makan, kan minum susu, sama aja kenyangnya. Fikirku dulu. Sebuah kebiasaan yang pada akhirnya membuat anak-anak cuma mau minum susu dan menolak makan dalam waktu hitungan tahun.

Membayangkan itu bisa saja terjadi pada baby Karla, aku merasa ngeri. Bagaimana kalau sampai stunting? Oh, no! Maka dari itu aku nggak mau lagi lah sok-sokan ingin 100% MPASI home made.


Fyi, saat usia baby Karla memasuki 6 bulan, aku berusaha untuk memberinya MPASI homemade. Aku bersemangat sekali. Setiap hari, aku bangun pagi buta untuk memasak MPASI dan menyiapkan makanan selingan seperti kue atau buah. Sayangnya lagi, aku tidak serajin itu untuk terus konsisten. Apalagi saat harus berpergian atau traveling. Kapan masaknya kalau harus naik kereta subuh?

Jadi untuk ibu-ibu sepertiku, yang memiliki banyak kesibukan dan merasa kerepotan, makanan bayi instan bisa menjadi penyelamat. Tetapi tentunya aku harus selektif dalam memilih brand atau produk makanan bayi. Kumau yang bebas dari pengawet dan penyedap. Dan lebih bagus lagi kalau produk tersebut bisa menjaga nutrisi alami di dalamnya. Seperti MILNA Ahlinya Makanan Bayi dari Kalbe Nutritional yang belum lama ini meluncurkan MILNA NATURE DELIGHT.


Yup! Asalkan cermat dalam memilih, makanan bayi instan juga aman kok.

Lalu seminggu sebelum ke Purworejo itu, pergi lah aku belanja ke supermarket, dengan niatan membeli biskuit bayi dan bubur instan.

Akan tetapi, tau kah kamu? Aku sempat terkejut melihat ada varian produk baru MILNA di rak display khusus makanan bayi. Whoa, ada puree buah!

MILNA NATURE DELIGHT "CARA MUDAH MAKAN BUAH" Untuk Baby Karla


Aku ini seorang yang suka petualangan. Bagiku, tak sulit untuk mengenalkan anak pada alam, belajar mencintai, juga menjaganya tetap lestari. Sayangnya, aku juga cuma manusia yang punya kekurangan. Dalam hal memberi nutrisi alami, aku kesulitan. Kesibukan kerja membuatku jarang masak. Soal makan sehari-hari, maunya yang praktis. Asal ada nasi dan lauk, sudah cukup. Jadi memang nggak heran kan kalau 3 anak lelakiku sekarang susah makan buah dan sayur.


Tetapi tentunya, aku tak ingin mengulangi kesalahan itu pada si bungsu Karla. Makanya, aku merasa super duper bagaia ketika menemukan MILNA NATURE DELIGHT.

MILNA NATURE DELIGHT adalah puree buah alami yang terbuat dari 100% buah asli, tanpa bahan pengawet, tanpa penambahan gula, dan melalui proses Advanced Pasteurization Technology. Kemasannya praktis untuk dibawa kemana saja dan bisa langsung dikonsumsi. Asik banget untuk dijadikan camilan saat di rumah, atau untuk penunjang saat baby Karla dibawa traveling.

Milna Nature Delight hadir dalam 3 pilihan rasa dengan komposisi bahan utamanya, sebagai berikut;
  • Apel
Apel merupakan buah yang sangat cocok diberikan pada bayi usia 6 bulan ke atas. Apel mengandung Kalium, Magnesium, Fosfor, Kalsium, Vitamin A, dan Vitamin C.
  • Pisang
Pisang diketahui sebagai buah dengan kandungan gizi yang baik karena mengandung Kalium, Fosfor, Vitamin A, dan Asam Folat.
  • Peach
Buah peach kaya akan kalium yang baik untuk mengatur denyut jantung. Selain itu juga mengandung cukup banyak serat sehingga dapat menyehatkan sistem pencernaan.


Uniknya, 3 pilihan rasa buah itu tidak berdiri sendiri sebagai puree dalam kemasan, melainkan dikombinasi dengan buah lainnya dan menghasilkan 3 varian sbb;
  1. Carrot, Apple & Pumpkin (kemasan warna oranye)
  2. Apple, Banana & Strawberry (kemasan warna hijau)
  3. Apple & Peach (kemasan warna merah)

Pertama kali membeli, aku coba semua rasanya terlebih dahulu. Kesan pertama saat aku coba yang Carrot, Apple & Pumpkin, aku agak kaget karena ada rasa asamnya. Setelah kubaca info di kemasannya dengan teliti, ternya mengandung lemon concentrate. Eum, langsung kebayang nikmatnya kalau mengkonsumsi MILNA NATURE DELIGHT siang-siang. Segerrr. Heheh.

Seger buat aku yang emak-emak, bagaimana untuk baby?

Awalnya aku kuatir baby Karla nggak akan doyan. Dan bener aja, pertama kali aku kasih, baby Karla nolak. Matanya sampai merem-merem dan dia mengerutkan kening. Mungkin karena rasa asamnya ya. Tapi aku nggak nyerah. Aku coba lagi. Aku berikan lagi setelah jeda beberapa jam, tetapi masih ditolak juga. Maka aku coba lagi besoknya, dan besoknya lagi. Alhamdulillah, lama-lama baby Karla mau dan malah jadi doyan banget. Lihat saja videonya nih, doyan dia!

Sebuah kiriman dibagikan oleh Nurul Noe (@noetraveler) pada


Oya, aku sempat dilema juga saat baby Karla nolak. Ini gimana? Sayang dong, kan udah dibuka. Basi nggak kalau buat nanti atau besok?

Lalu aku baca lagi deh lebih teliti info-info di kemasannya. Disana ditulis bahwa setelah kemasannya dibuka, masih boleh disimpan di dalam kulkas dan bisa dikonsumsi maksimal 48 jam.

Jadi ingat, awal banget coba kasih ke baby, satu kemasan aja bisa sampai 2 hari tuh baru bisa habis. Itu juga banyakan aku yang makan. Hehe. Tapi setelah dia doyan ya jangan ditanya. Sekali buka langsung habis.


Cara memberikannya ke baby pun nggak pakai ribet. Aku ambil praktisnya aja. Setelah dibuka tutupnya, langsung aku masukkan ke mulut baby. Bener-bener praktis. Apalagi kalau lagi di perjalanan. Aku nggak perlu ribet bawa sendok dan mangkok lagi. Praktis. Sesuai dengan taglinnya deh, MILNA NATURE DELIGHT "CARA MUDAH MAKAN BUAH" Untuk Si Kecil.

By the way, penasaran nggak sih kenapa anak harus suka buah dan sayur sejak dini?

Mengapa Harus Buah & Sayur?


Awal Mei lalu, aku menghadiri event blogger gathering MILNA Nature Delight di Jakarta. Dr. dr. Conny Tanjung, Sp.A(K) hadir sebagai nara sumber

Credit foto: Helena

Ada satu kutipan yang paling aku ingat dari presentasinya. Beliau menyampaikan, mengenalkan buah dan sayur untuk Si Kecil perlu dilakukan sejak dini, karena keduanya mengandung karbohidrat, vitamin, mineral dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Berbagai penelitian juga telah menunjukkan manfaat positif sayur dan buah untuk mencegah dan menurunkan insiden obesitas dan penyakit degeneratif kronis seperti penyakit jantung koroner, diabetes melitus, kanker, dan lain-lain. 

Sebagai tambahan informasi, disampaikan juga bahwa Badan Kesehatan Dunia (WHO) secara umum menganjurkan anak balita dan anak usia sekolah untuk mengonsumsi sayur dan buah sebanyak 300-400 gram per orang per hari. Sedangkan remaja hingga dewasa butuh sebanyak 400-600 gram per orang per hari.

Pertanyaannya, bagaimana cara agar anak-anak kita suka makan buah dan sayur?


Dalam presentasinya, Dr. dr. Conny Tanjung, Sp.A(K) juga memberikan tip agar anak suka makan buah dan sayur, sbb;
  • Kenalkan buah sejak si kecil mulai belajar makan makanan pendamping ASI (MPASI). Biasanya saat usia anak mulai 6 bulan, yang mana mereka sudah bisa mengangkat kepala dengan tegak, reflek membuka mulut saat disuapi makanan dan suka penasaran kalau melihat orang lain makan.
  • Urutan pemberian MPASI adalah berikan makanan pokok (meal) terlebih dahulu, baru kemudian diikuti snack (selingan) yang dapat diberikan 1 samapo 2 kali sehari. Jadwal pola makan untuk anak usia 6 sampai 8 bulan terdiri dari 2x meal dan 2x snack dan seiring dengan bertambahnya usia Si Kecil, frekuensi dan porsi pemberian meal dan snack juga akan bertambah sehingga untuk anak usia 10-12 bulan, sudah boleh diberikan 3x meal dan 2x snack.
  • Buah sebaiknya diberikan langsung sebagai finger food (dipegang langsung oleh bayi) atau dalam bentuk puree. Tidak dianjurkan diberikan dalam bentuk jus.


Ngomong-ngomong soal bayi dan MP-ASI, MILNA selalu mengadakan kampanye rutin untuk mengedukasi orang tua tentang pentingnya 1ST BITE DAY atau MOMEN MAKAN PERTAMA Si Kecil dengan makanan pendamping ASI (MP-ASI), berupa meal dan snack yang seimbang dan bergizi bagi tumbuh kembang Si Kecil.

Meal sebaiknya terdiri dari lauk pauk hewani atau nabati dan makanan pokok lainnya yang menghasilkan energi dan mampu menjaga kekebalan tubuh, sementara snack sebagai makanan pendamping, sebaiknya kaya akan vitamin dan mineral. 

Nah, komitmen dan kepedulian MILNA terhadap nutrisi untuk tumbuh kembang anak-anak Indonesia itu juga diwujudkan dalam bentuk peluncuran produk MILNA NATURE DELIGHT. Sebuah inovasi sebagai solusi untuk para ortu dalam mempersiapkan snack dengan mudah dan praktis, serta solusi bagi Si Kecil untuk bisa menikmati snack sehat.

Yuk, kenalan lebih jauh dengan MILNA melalui kanal-kanal berikut;
Website: www.milna.com
Facebook: MilnaID
Twitter: @BundaMilna
Instagram: @milnaid

Ngomong-ngomong, udah pada tau belum apa artinya MILNA?

MILNA itu ... Milik Nusantara!

11 komentar

  1. Wah saya jadi tenang deh mau hamil lagi kalo gini, soalnya ga perlu takut besok-besok si adeknya Salfa ga mau makan buah.

    Itu si baby Karla genit amat sih matanya. Kan tante pengen cokot pipinya, haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asiik, lg program hamil lagii nih mba Amma. Moga lancaar yaaa

      Hapus
  2. Anak2ku dulu waktu bayi makannya juga pakai Milna. Enak!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dr generasi ke generasi ya mba, ngga heran, krn Milna udh 30th

      Hapus
  3. Praktis buat semua dan anak-anak suka ya. Kemasannya kayak fruit purée di sini

    BalasHapus
  4. Anakku suka banget nih sama Milna Nature Delight. Kalau di supermarket dekat rumah jalan sendiri ke rak trus ke kasir. Lucu banget deh. Soalnya dia emang buah and sayur addict.

    BalasHapus
  5. Senangnya ada Milna Nature Delight ini memudahkan kita para orangtua memberikan sayur dan buah pada si kecil ya mbak

    BalasHapus
  6. karla sekarang udah dapat makanan favoritnya ya.

    BalasHapus
  7. Mau ajak bayik kemana-mana, ngga perlu takut dia kekurangan gizi yaaa. Tinggal bekel Milna Nature Delight aja dehh. Kugemesss sekali sama karlaaaa ����

    BalasHapus
  8. hai baby karla, cantiknya... sekrang makin praktis ya moms dengan Milna Nature Delight

    BalasHapus
  9. Karlaaaa itu udah pake cincin gelang segala. Makin emesss deh lihatnya. Btw, SID sebungkus Milna buat 2x minum. Banyak isinya. Untung bisa disimpan di kulkas.

    BalasHapus

Sila berkomentar untuk meninggalkan jejak, supaya memudahkan saya juga untuk kunjungan balik. Cheers!