Memberi Apresiasi Sebagai Motivasi Positif Anak


Awal April kemarin akhirnya aku bisa ngetrip lagi. Rasanya masih nggak percaya. Kukira aku nggak akan bisa lagi pergi travelling bareng keluarga lengkap, mengingat banyaknya anak dan pasti butuh biaya besar. Tetapi ternyata Tuhan selalu punya caranya sendiri kalau mau kasih rejeki. Sehingga kemarin kami bisa jalan-jalan ke Borobudur.

Sebagai ibu yang gemar traveling, momen family trip bagiku bukan sekedar senang-senang. Tetapi juga sebagai bentuk apresiasi kepada anak-anak. Karena mereka lah sang pemberi kebahagiaan, pemompa semangat, dan bahkan sebagai alasanku untuk menjadi kuat dan terus bertahan hidup setiap hari.


Aku tak bisa membayangkan, tanpa mereka, bagaimana jadinya hari-hariku?

Tak akan ada teriakan "hore ibu pulang" yang menyambutku setelah seharian bekerja, lalu kembali ke rumah dengan sisa-sisa tenaga. Tak ada Mas Daffa' yang selalu sigap mengambilkanku air putih. Tak ada Kakak Abyan yang menyambut cooler bag berisi ASI perah kemudian menyimpannya ke freezer. Tak ada Abang Ranu yang langsung menghambur ke dalam pelukan. Juga tak ada Adek Karla dengan binar di matanya, senyum di bibirnya, serta kaki dan tangan yang ia gerak-gerakkan karena tak sabar minta digendong.

Tanpa mereka, yang ada hanya ... sepi.

Maka, menyadari betapa berartinya mereka dalam hidupku, dan mengingat realita hidup yang merenggut banyak waktuku, aku tak pernah menyia-nyiakan momen bersama anak.


Dan aku bersyukur, usahaku untuk selalu ada bagi anak-anak, membentuk mereka menjadi anak yang baik, mandiri, helpful, dan juga ceria.

Setiap hari, selalu ada saja hal yang dilakukan anak-anak yang membuatku tak henti bersyukur. Walau kecil dan sederhana. Misalnya, mengucapkan kata terima kasih hanya karena aku membelikannya ayam goreng, atau segera membukakan pintu saat tau ada tamu datang ke rumah. Sederhana banget kan ya. Tetapi kalau coba dipikirkan lagi, itu adalah pertanda kalau mereka tumbuh dan berkembang dengan mental yang baik. Ya kan?

Nah, sebagai bentuk rasa syukur, biasanya aku juga nggak lupa berterima kasih kepada mereka. Biasanya bilang gini "uuh baik bangeeet, makasih ya udah ambilin kacamata, sini peluk dulu!" dengan intonasi dan gaya sesuai umur anak. Ya kalau sama Daffa' Abyan yang udah sekolah, aku biasanya pakai gaya ala anak jaman sekarang. Sok cool geto. Haha.

Ucapan terima kasih seperti itu, bagiku merupakan bentuk apresiasi kepada anak. Ya walau terkesan sederhana dan sepele, tetapi aku yakin bisa jadi motivasi untuk mereka agar selalu berbuat baik.

Traveling & Berbagai Kejutan Manis Dari Anak


Sebagai emak yang hobi membolang, nggak heran kalau anak-anakku juga ketularan. Sayangnya, seperti yang kubilang di atas tadi, udah banyak anak mah nggak bisa sering-sering. Kadang kalau aku dapat undangan ngetrip ke luar kota, rasanya sedih karena nggak bisa ajak semua anak, palingan Abang Ranu dan Adek Karla yang masih pada balita.

Tetapi aku berusaha banget untuk tetap bisa travelling sekeluarga lengkap paling tidak 1 kali setahun. Karena bagiku, mengajak anak-anak travelling juga merupakan bentuk apresiasi kepada anak.

Sering aku terharu kalau sedang jalan-jalan dengan mereka. Coba bayangkan, seandainya kalian jadi aku, lalu mengalami hal-hal seperti di bawah ini;


1. Kalian baru turun dari pesawat dan itu merupakan momen pertama naik pesawat bagi anak-anak, setelah sebelumnya mereka hanya bisa melihat pesawat terbang begitu kecil di angkasa. Lalu tiba-tiba anak yang masih umur 4 tahunan memeluk dan berbisik, "makasih ibu udah ajakin naik pesawat". Dan jangan lupa, kalian bisa mewujudkan keinginan anak naik pesawat setelah nabung berbulan-bulan, dan itupun cuma naik maskapai murah dengan harga super promo.


2. Kalian sedang hamil dan harus menuruni anak tangga yang curam. Kondisi saat itu agak gerimis sehingga pijakan jadi licin. Lalu anak-anak bertanya apakah kita berani melanjutkan perjalanan. Dan saat kalian ingin tetap lanjut, si anak mengulurkan tangan dan menawarkan diri untuk menuntun dan menjaga. "Sini, bu, pegangan tangan biar ibu nggak jatoh", uuh so sweet kan? Ini yang aku rasakan ketika mengunjungi Kampung Naga di Tasik.


3. Kalian sedang tak enak badan karena flu, namun sudah janji dengan anak-anak untuk staycation di hotel. Dan kalian memutuskan untuk tidak membatalkannya dengan pertimbangan "toh cuma staycation, nggak explore kemana-mana". Lalu selama di hotel, anak-anak bisa mandiri melakukan berbagai agenda. Naik turun lift sendiri untuk main di kolam renang tanpa harus ditemani. Bahkan mereka bisa bangun pagi-pagi dan membuatkan teh supaya kalian semangat untuk turun sarapan di restoran hotel. Terharu? Pasti lah.

Itu cuma beberapa contoh kejutan yang aku dapat kalau travelling bareng anak. Kejutan manis dan menyenangkan lainnya masih buanyaaak. Sampai-sampai aku bisa nangis beneran saking terharunya.

Pentingnya Apresiasi Kepada Anak


Aku pernah membaca sebuah buku parenting, apresiasi kepada anak dapat memberi motivasi positif. Sekecil dan sesederhana apapun apresiasi yang kita berikan, jika terus dilakukan setiap hari, akan membentuk kepribadian, emosi dan mental positif pada anak.

Apresiasi kecil dan sederhana itu bisa berupa peluk dan cium sayang, pujian dan kalimat positif, nemberi kejutan hadiah kecil seperti coklat atau makanan kesukaan lain, atau kalau aku biasanya menutup hari dengan kalimat "terima kasih sayang sudah jadi anak baik hari ini, besok lagi ya".


Melihat bagaimana perkembangan anak-anakku sekarang, aku jadi makin sadar, ternyata apresiasi sederhana yang aku berikan sehari-hari kepada anak-anak, telah memberi dampak besar bagi perkembangan emosi dan mentalnya. Dan kini mereka melakukan hal sama, mengapresiasi sekecil apapun kebaikan orang lain, termasuk aku, ibunya. Alhamdulillah.

Pantas saja, Lotte Choco Pie membuat campaign untuk mengajak kita agar selalu memberi apresiasi atas kebaikan yang dilakukan anak sehari-hari. Campaign tersebut sebagai bentuk rasa peduli dan komitmennya untuk terus menghadirkan kehangatan dan cinta ibu anak. Sudah tau belum bentuk campaignnya seperti apa? Lanjut baca ya!

Vote Video Berhadiah Liburan ke Jepang


Lotte Choco Pie mengajak kita untuk memberi apresiasi kepada anak melalui campaign #PremiumMomentstogether dengan VOTE video sebelum ditayangkan di TV. Ada 3 video yang disediakan di webnya dengan tema berbeda, yaitu shopping, homework, dan greeting. Video yang paling banyak mendapat vote nantinya akan ditayangkan sebagai iklan di TV.


Aku sendiri sudah ikutan voting, dan tentu saja aku memilih video Greeting. Soalnya video itu mengingatkan aku pada aksi Daffa' Abyan yang sok-sokan menyapa bule pakai bahasa Inggris. Haha. Oya, kejadian itu juga menjadi bonding moment aku dan anakku di Borobudur. Andai saat itu aku bawa snack Lotte Choco Pie, pasti akan jadi #LotteChocoPiePremiumMoments deh.

By the way, kalian ikutan voting juga yuk! Siapa tau dapat hadiah utamanya, yaitu jalan-jalan ke Jepang. Catat periode votingnya cuma sampai 13 Mei 2018 loh. Klik link ini untuk ikutan voting ya, http://www.lottechocopieindonesia.com/activity

Nah, kira-kira kalian bakal voting video tema apa nih? Share dong!

15 komentar

  1. aku sudah voting dong biar bisa jalan-jalan ke Jepang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Toss mba, semoga kita dpt hadiahnya yaa. Btw, dikau pasti vote video homework yaa

      Hapus
  2. Aku pun, banyak hal kecil yang dilakukan Darell yg bikin aku bersyukur lagi dan lagi dan lagi...

    BalasHapus
  3. Aku ikutan vote videonya juga loh.. Btw, terharu baca tulisanmu. Gak mudah punya anak banyak, i knew it so well haha, tapi juga ada banyak kebahagiaan yang didapat ya :)

    BalasHapus
  4. ngasih apresiasi ke anak merupakan investasi (dalam satu hal) hehe, apalagi ini dalam bentuk traveling, dimana anak akan tumbuh dengan wawasan baru dan inspirasi yang didapatkan dari tempat tempat yang pernah dikunjungi dan singgahi :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas, apresiasi ke anak adalah investasi jangka panjang :)

      Hapus
  5. huhuhu bacanya antara haru dan senenggg..., inget anak2ku juga waktu pertama kali naik pesawat, sumpah norak banget, tapi seruuu, alhamdulillah...

    --zata--

    BalasHapus
  6. Masya Allah so sweet bgt anaknya mba noe :')

    Makasih infonya mba noe, mau ikutan vote juga ah siapa tau bisa nengok suami di jepang hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah LDM yaa, cepet nyusul ke Jepang maak

      Hapus
  7. Lucu video tapi juga mengajarkan sang anak buat berani menyapa orang lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul mpo, anak yg berani menyapa org lain berarti phnya rasa PD yg baik

      Hapus
  8. mau beli lotto choco pie ah buat ngemil..

    BalasHapus

Sila berkomentar untuk meninggalkan jejak, supaya memudahkan saya juga untuk kunjungan balik. Cheers!