Ritual Sebelum Tidur Baby Karla


Tadi pagi di akun ig @noetraveler, aku sempet baper banget gara-gara upload satu foto dengan caption yang spontan aja nulisnya. Fotonya sih sudah disiapkan sejak lama, ini demi feed yang aesthetic. 😂 Jadi foto untuk di post seminggu kedepan sudah disiapkan dan diatur-atur posisinya di aplikasi preview. Haha.

Hanya kadang yang suka pusing itu captionnya. Nah tadi pagi, untuk foto lagi sun-sun sayang anak gadis kesayangan, beneran tiba-tiba kepikiran, betapa kehadirannya sudah banyak mengubah hidupku, menginspirasi untuk lebih berani bermimpi serta memperjuangkannya.

Kalau dipikir-pikir lagi, sudah lama sekali aku hampir hidup tanpa impian yang jelas. Paling banter selama ini impiannya absurd, semacam ... ingin keliling dunia. *duite sopooooo

Lagi pula, impian semacam itu kan agak kurang ada impact langsung untuk keharmonisan keluarga ya. Kecuali sih kalau seperti keluarga Gen Halilintar itu, bisa keliling dunia sekeluarga. Lha aku? Walau memang, nggak ada yang nggak mungkin di dunia ini.

Tetapi sekarang, aku sedang mencoba hidup lebih realistis. Nggak mampu ya nggak mampu. Dan daripada terua-terusan ngayal, mending mulai menikmati hal-hal kecil dan sederhana untuk membahagiakan hidup. Ya kan?


Ini loh, post ig dan caption bapernya
***


Nah, salah satu hal sederhana tapi sangat membahagiakan hatiku akhir-akhir ini adalah melakukan ritual sebelum tidur dengan Baby Karla.

Setidaknya, ada 3 hal yang kami lakukan sebelum tidur;

1. Mandi


Mandi malam sebelum tidur? Kenapa enggak! Kan mandinya pakai air hangat, dan nggak lama-lama juga. Kadang kalau lagi malas, cuma diseka pakai waslap sih seluruh badan baby. Yang penting bersih dari keringat, gerah hilang dan kulit bersih supaya siap untuk treatment selanjutnya.

2. Pijat Bayi

Pijat bayi adalah bagian paling aku suka. Baik setelah mandi seperti biasa di pagi atau sore hari, maupun sebelum tidur. Saat memijat, biasanya sambil aku ajak ngobrol dan kontak mata. Diselingi dengan main ci-luk-ba juga, lalu si baby akan tersenyum dan tertawa-tawa. Oya, untuk tutorial pijat bayi aku nyontek di YouTube. Tapi nggak aku ikutin gerakannya sama persis sih. Karena yang aku yakini, sekecil apapun sentuhan ibu, jika dilakukan dengan cinta, akan memberi dampak yang baik pada bayi, baik pada sisi fisik maupun psikis.

3. Breastfeeding

Kalau udah puas pijit-pijit dan main-main manja, biasanya aku akan langsung susui sambil tidur berhadap-hadapan, berpelukan, aku usap-usap kening atau belai rambut, dan sambil bersenandung lagu lembut pengantar tidur. Kadang suka nggak sadar aku ikut bablas ketiduran juga. Nikmat banget kalau sudah begini. Nggak ada lagi drama susah tidur kalau kelonan sama baby. Itu sebabnya aku nggak pakai box khusus bayi atau kasur bayi yang terpisah gitu. Karena aku lebih suka tidur satu kasur dengan bayi dan berpelukaaan!


Oya, soal lagu yang dinyanyikan sih kebanyakan ngarang. Ini beberapa lagu dengan lirik ngarang yang biasa aku nyanyikan;

Senandung dengan nada lagu Bintang Kejora;
Kupandang Karla anak cantik dan soleha
Tersenyum manis penuh bintang dimatanya
Lalu ada sebuah doa kupanjatkan
Ya Allah jagalah Karla cantikku soleha slalu

Senandung dengan nada lagu Topi Saya Bundar;
Adek Karla cantik
Manis dan soleha
Kalau sudah besar
Jadi kebanggaan

Dan lagu-lagu dengan lirik ngarang lainnya. Sering spontan juga menggunakan nada-nada lagu yang sedang hits, misal nada lagu dari film-film kartun. Pokoknya, kalau sudah punya anak, para ibu nggak akan cuma mahir dalam memilih perlengkapan bayi, tapi juga jagoan ngarang lagu. Hahaha.

Anyway, begitu lah kira-kira ritual baby Karla sebelum tidur. Bisa disebut hal yang sederhana, receh, tapi membahagiakan.

Bu-ibu punya ritual apa sebelum tidur sama babynya? Sama dengan Karla ngga?

20 komentar

  1. dongengin mbaa. ini wajib agar segera terlelap si bayek yg beranjak besar hehehe

    BalasHapus
  2. Ih, koq aku ga kepikiran ya mba mandiin bayi sebelum tidur, pasti dianya seger menjelang tidurnya, ga gerah. Gimana pun bayi tidur nyenyak itu emang goal emak2 banget, krn bisa mengendalikan baby blues juga

    BalasHapus
  3. Dedek Karla gemesin banget, sehat-sehat,ya

    BalasHapus
  4. Meski udah ada box bayi aku kalo tidur juga biasanya sekasur ma bayiku. Malah biasanya pas melek, lagi mainan, kutaruh dia di box :D

    BalasHapus
  5. Carla bobo jadi pules dan bablas. Bangun Minta susu

    BalasHapus
  6. Jangan mengkhayal yang nggak kesampaian..
    Nikmati hidup dengan bahagia tentang2 hal2 kecil..

    Aku juga punya senandung..., Lirik ngarang ..irama ngarang..

    BalasHapus
  7. Setuju kalo aku lagu ngarangnya lirik pok ame2

    BalasHapus
  8. Toss dulu kita mbak Karla. Dek Daraz juga suka diseka pake waslap kalo mau tidur. Jadi tanda juga ya buat bayi kita mbak noe. Doi jadi tau kalo udah giti, artinya siap tidur nih.

    Aku suka ngarang cerita kalo lai nyusuin Faraznya. Cerita tikus lah, domba lah, sampe mentok semalem tiba2 cerita yg rada berat kalimatnya hhahaa

    BalasHapus
  9. Semenjak punya SID, aku jadi mahir mengarang lagu dan menyanyi dengan suara merdu. Hahaha. Eh merdu gak ya? Yang penting SID anteng.

    BalasHapus
  10. Dulu waktu anakku masih bayi dy nyusu lama bgt baru bs bobo. Udah gede ritual baca buku yang lama banget. Hihi

    BalasHapus
  11. Kami tidak pernah nyanyi. Seringnya membaca surat pendek sebelum tidur. Menambah hafalan nya Fahmi

    BalasHapus
  12. Aku nggak punya babyyy, sini nyewa Karla semalem boleh nggak? Hahaha *ditimpuk kasur
    Ritual sebelum tidur di sini udah pada bisa brsih-bersih sediri, ganti piyama dan ngambil buku masing2 buat dibacain :))

    BalasHapus
  13. Breastfeeding lalu terlelap ikut pulas ini kayaknya semua busui mengalami wkwkwk. Aku pun sering begitu.

    BalasHapus
  14. Jadi ingat dengan lagu bebas yang diciptakan selama ngasuh Adis waktu masih bayi. Sekarang anaknya udah gede malah ikutan ngarang lagu bebas ��

    BalasHapus
  15. Senandung lagunya bagus, Mbak. Bisa menjadi doa agar Dek Karla semakin cantik, shaliha, dan dijaga-Nya.

    BalasHapus
  16. Duh breastfeeding, jadi kangen menyusui, eh tapiii eh apaan siiihh :))
    Aku jg saat masih nyusuin bobonya barengan, sengaja gak beli kasur sendiri baut baby, spy lbh kena bondingnya dan mudah nyusuinnya :D

    BalasHapus
  17. Waktu anak-anak kecil dulu, aku suka puterin lagu anak-anak jadul sebagai pengantar tidur :)

    BalasHapus
  18. Punya dan itu turun temurun dari Faiz ke Fira.

    BalasHapus

Sila berkomentar untuk meninggalkan jejak, supaya memudahkan saya juga untuk kunjungan balik. Cheers!