Menyimpan ASIP di Kulkas 2 Pintu


Sebagai ibu bekerja dan ingin memberi ASI exclusive untuk bayi, kulkas 2 pintu menjadi salah satu barang wajib untuk dimiliki. Soalnya ngga sanggup aja beli freezer khusus. Sementara kalau pakai kulkas 1 pintu, rasanya nggak sreg. Dan lagi, aku udah kenyang pengalaman menyimpan ASIP dengan kulkas 1 pintu, yaitu semasa menyusui Mamas, Kakak dan Abang.

Alhamdulillah, sekarang udah punya kulkas 2 pintu untuk menyimpan ASIP di masa menyusui baby Karla.

Nah, berdasar pengalaman pakai jenis kulkas berbeda itu, aku jadi bisa nulis perbandingannya deh. Semoga bermanfaat.

Pengalaman Menyimpan ASIP di Kulkas 1 Pintu

Tahun 2007, waktu Mamas lahir, harga kulkas 1 pintu yang aku beli cuma 1 juta aja. Tinggi kulkas sekitar 1.2 meter. Kecil memang, tapi gimana, cuma itu yang sesuai budget. Dan karena ukurannya kecil, jadi freezernya juga sempit. Berpengaruh banget dengan jumlah ASIP yang bisa disimpan di freezernya, udah pasti sedikit.

Dan menurutku, sempitnya kapasitas penyimpanan juga berpengaruh pada produksi ASI.

Ngga percaya? (masih menurutku) ini alasannya...

Karena sadar kalau cuma punya kulkas kecil, jadinya ngga bisa simpan stok banyak-banyak. Akibatnya, pumping pun sekedarnya saja kalau di kantpor, alias jarang-jarang. Padahal, kalau jarang pumping, sistem hormon dalam tubuh akan mengira kalau ASI tidak terlalu dibutuhkan, jadi produksinya juga sesuai dengan jumlah yang berhasil diperah.

Lama-kelamaan kalau begitu terus, ya produksi ASI akan semakin menurun dan beresiko berhenti produksi sebelum umur 2 tahun. Itu bener kejadian di aku. ASI-ku berhenti produksi saat umur Mamas baru 1 tahun 2 bulan. Eh, sebulan kemudian kok hamil lagi anak kedua. Haha.

Selain itu, ada beberapa kekurangan jika menyimpan ASIP di kulkas 1 pintu;
  • Umur ASIP lebih pendek. Freezer kulkas 1 pintu biasanya punya suhu -15°. Sehingga ASIP yang disimpan dalam keadaan beku hanya bisa bertahan selama 2 minggu. Lebih dari itu, tidak dijamin keamanannya.
  • Ribet dengan bunga es. Freezer kulkas 1 pintu biasanya menghasilkan banyak bunga es, jadinya agak ribet dan dilema karena harus menguras freezer paling tidak 1 minggu sekali. Nah, saat menguras bunga es itu biasanya butuh waktu beberapa jam. Jadi suka ribet nitip ASIP di kulkas tetangga.
  • Kapasitas freezer di kulkas 1 pintu biasanya kecil dan sempit


Tip menyimpan ASIP di kulkas 1 pintu;
  • Gunakan plastik ASIP. Bentuk plastik ASIP yang tipis lebih menguntungkan dibanding botol kaca. Jadi ASIP beku bisa disusun/ditumpuk di dalam freezer sehingga muat lebih banyak
  • Selalu tulis tanggal kapan ASI diperah, supaya tau umur ASIP dan nggak kebablasan kelamaan disimpan
  • Gunakan metode FIFO (First In First Out) saat memberikan ASIP ke bayi, yaitu ASIP dengan tanggal perah paling lama diberikan terlebih dahulu kepada bayi, dengan catatan, umur ASIP tidak lebih dari 2 minggu
  • Jangan menyimpan bahan makanan berbau tajam, baik di dalam rak kulkas maupun di freezer karena baunya dapat mempengaruhi rasa dan bau ASIP.
  • Simpan ASIP dalam wadah tertutup rapat, misal tupperware sebelum dimasukkan ke freezer, terutama jika terpaksa menyimpan makanan berbau tajam di kulkas seperti durian, terasi, dll.


Ya intinya sih, kulkas 1 pintu tetap bisa jadi teman baik untuk ibu menyimpan ASIP, asal rajin dan tau tip & triknya.

Pengalaman Menyimpan ASIP di Kulkas 2 Pintu

Kita semua setuju bahwa pengalaman adalah guru yang terbaik. Jadi berdasar pengalaman menyimpan ASIP di freezer kulkas 1 pintu, yang ternyata bikin aku nggak sreg dan lagi aku orangnya malas ribet, maka aku bertekad ganti kulkas 2 pintu untuk simpan ASIP selama menyusui baby Karla.

Kulkas yang aku beli ini tingginya 165cm. Lebih tinggi dari tinggi badanku yang cuma 150cm. Oh, imutnya diriku. Hehe.

Freezernya lumayan gede, bisa dipartisi jadi 3 susun, jadi muat lebih banyak juga. Dan yang nggak kalah menyenangkan, freezernya nggak menghasilkan bunga es yang merepotkan. Selanjutnya, mari kita bahas kelebihan menyimpan ASIP di kulkas 2 pintu dibanding kulkas 1 pintu berdasar pengalamanku.

Kelebihan freezer kulkas 2 pintu untuk menyimpan ASIP;
  • Umur ASIP lebih panjang. Freezer kulkas 2 pintu biasanya punya suhu -18°, sehingga ASIP yang dibekukan dan disimpan di dalamnya bisa tahan sampai 3 bulan dalam keadaan optimal, dan masih dapat ditoleransi sampai 6 bulan.
  • Muat lebih banyak ASIP. Freezer pada kulkas 2 pintu biasanya lebih besar dibanding freezer pada kulkas 1 pintu, sehingga bisa memuat lebih banyak ASIP untuk disimpan di dalamnya.
  • Tanpa bunga es. Freezer di kulkas 2 pintu umumnya tidak mebghasilkan bunga es, sehingga tidak perlu repot menguras bunga es yang biasanya harus mencabut aliran listrik berjam-jam.
  • Aroma dan rasa ASIP lebih tergaja karena freezer benar-benar terpisah dari ruang pendingin makanan & minuman lainnya.

Tabel umur ASIP

Oya, ngomong-ngomong soal kulkas 2 pintu, dulu pas awal-awal mulai hamil Karla, saking pinginnya ganti kulkas, setiap belanja bulanan aku selalu senang lihat-lihat kulkas di supermarket. Biasanya di Carrefour atau Hypermart. Di antara banyak contoh kulkas yang dipamerkan itu, aku kepincut sama kulkas LG 2 pintu. Disainnya elegan dan berkelas, dengan berbagai teknologi terkini sebagai daya tarik lainnya.

Mba-mba SPG-nya juga menjelaskan kalau Kulkas LG 2 pintu yang aku taksir itu lebih cepat dingin, dan lebih merata di setiap sudut lemari es. Lebih hemat listrik juga, serta membuat makanan dan minuman lebih terjaga kesegarannya. Kalau begitu, bagus juga buat simpan ASIP dong, fikirku.

Tapi, berhubung budgetku ngga nyampe untuk beli kulkas LG 2 pintu baru, jadinya aku cari yang bekas. Kebetulan ada teman di facebook yang suka jual barang bapilus (bekas tapi mulus). Biasanya barang-barang bongkaran hotel gitu. Nah, jadi aku beli dari dia deh kulkas 2 pintu. Kulkasnya masih bagus dengan harga murah. Ku pun syenaang. Walaupun model lama. Haha

Sekarang, aku bisa menyimpan ASIP di freezer kulkas 2 pintu dengan jumlah yang lebih banyak dan umur penyimpanan jadi lebih lama dibanding kulkas 1 pintu.

15 komentar

  1. Mau 1 pintu maupun 2 pintu harus sesuai bugdet menang ya, Noe. Fira lahir saya masih pakai 1 pintu, Noe. Lumayan gak efektif bgt dan bikin kualitas ASI kurang fresh, apalagi sering dibuka tutup sama Faiz. And now, aku pilih yg kulkas 2 pintu

    BalasHapus
  2. Impianku dulu jaman ASI eksklusif pengen sewa kulkas full freezer kayak tempat ice cream. Tapi aku tau pasti gak dibolehin ortu dan suami. Karena ASI ku udah cukup ditaruh kulkas 2 pintu hehe. Meskipun menjajah kulkas Ibu saya juga akhirnya. Alhamdulillah ya mbak bs ASI sampe setaun 2 bulan. Aku dlu cuma 10 bulan, hiks :(

    BalasHapus
  3. aku mau beli kulkas ga jadi-jadi nih mba Noe. hheheheh
    semoga kelak sebelum mbayi bisa punya kulkas 2 pintu aamiin.

    BalasHapus
  4. Aku share ke kakak sepupu yang lagi menyusui ya, Mba :) Kebetulan dia juga mau beli kulkas.

    BalasHapus
  5. Kulkas 2 pintu memang puas ya mbak.bisa leluasa menyimpan apa aja.

    BalasHapus
  6. Kulkas 2 pintu jg bikin awet yg ditaroh di freezer karna gak buka tutup ya mba..

    BalasHapus
  7. mba makasih banyak artikel nya, aku sedang hamil 5 bulan dan butuh banyak baca soal ASIP biar gak kagok ketika anak sudah lahir nanti..

    BalasHapus
  8. Aku dulu pakai yang kulkas 2 pintu trus wanti-wanti orang serumah supaya ga menyimpan bahan makanan berbau tajam di kulkas bagian atas.

    BalasHapus
  9. Paling enak sih punya satu kulkas khusus menyimpan ASIP. Biasanya ada penyewaan kulkas seperti ini.

    BalasHapus
  10. Makasih infonya mbak. Saya lagi masa-masanya nih nyetok ASI perah.

    BalasHapus
  11. Makasih mbak buat informasinya jadi bisa buat belajar saya menjadi ibu kedepannya. Hehehehe.

    BalasHapus
  12. Aku baru tau prbedaan jangka waktu dari ASIP disimpan di kulkas pintu 1 dan 2,,,
    Tapi emang lebih hemat dan bagus untuk produksi Asi dg freezer Pintu 2 sih hhee
    TFS ya, Mbak Nurul 🙏🙏🙏

    BalasHapus
  13. Jadi keinget masa perah2 dan simpan ASIP.
    Btw sebaiknya emang punya kulkas dua pintu sejak awal ya mbak. Dulu saya jg salah beli satu pintu aja, abis itu kutukar sama yg dua pintu. Malah kalau ibu pekerja baiknya punya atau sewa freezer khusus jg.

    BalasHapus
  14. Aku baru tau bedanya nyimpan ASIP di kulkas 1 pintu dan 2 pintu, ternyata berpwngaruh banget ya dengan daya tahannya.

    BalasHapus

Sila berkomentar untuk meninggalkan jejak, supaya memudahkan saya juga untuk kunjungan balik. Cheers!