Review Diapers Ekonomis Goo.N & Fitti


Ada yang merhatiin nggak, akhir-akhir ini aku sering nyetatus soal diapers di sosmed. Selain karena galau dan memang butuh pencerahan, kufikir itu bakal bagus untuk bahan tulisan blog. Buat riset gitu maksudnya. Tapi apa daya, alasan sibuk jadi nulisnya ketunda terus.

Nah kali ini, mumpung libur long weekend dan aku nggak traveling kemana-mana, aku sempetin deh nulis. Kebetulan kemarin habis beli diapers untuk abang Ranu di Indomaret. Dan aku lihat, ada dua merk diapers ekonomis yang lagi diskon. Aku beli aja keduanya, sekalian buat perbandingan. Dan kedua merk diapers itu adalah … *jeng-jeng* Fitti Day Pants dan Goo.N Smile Baby.

Ya … harga untuk kedua merk itu memang sering banget diskon kalau di Indomaret, juga Alfamart/midi. Dan karena aku suka diskon, jadinya aku sering beli keduanya. Tapi kalau ditanya mana yang lebih sering dibeli? Jawabanku, tergantung mana yang lagi diskon, itu yang dibeli. Walaupun 3 bulan terakhir ini aku lebih sring beli Goo.N sih. Apalagi setelah si Goo.N Smile Baby diupgrade fiturnya. *gaya ih, popok aja pake kata fitur. Udah kayak gadget. Haha.

Disain bungkuanya miriiip, ya!

Tetapi, baik Goo.N Smile Baby maupun Fitti tetap memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jadi, yuk baca reviewku!

Pertama, mari kita bahas soal kesamaan dari Fitti & Goo.N Smile Baby;

  1. Sama-sama punya cutting slim fit, sehingga akan mengikuti bentuk badan anak ketika dipakai, dan tidak lebar di bagian selangk*ngan. Jadi si baby tidak mengangkang saat pakai popok. Ya bayangin aja kalau mengangkan karena popoknya tebal, anak nggak bebas gerak saat bermain lah.
  2. Sama-sama tipe diapers ekonomis dengan harga per pcs nya di bawah Rp2.000 setelah diskon.
  3. Warna dan disain bungkusnya juga mirip, kombinasi warna hijau dan biru. Sekilas kalau dilihat hampir nggak ada bedanya.
  4. Sama-sama punya dua disain gambar pada popoknya. Fitti dengan gambar alat musik dan godzilla, sementara Goo.N dengan gambar pinguin dan singa.

Kedua, mari kita lihat perbedaannya;

  1. Untuk membedakan bagian depan dan belakang, Fitti punya tanda di belakang dengan tulisan "BACK", sedangkan Goo.N punya tanda di bagian depan dengan tulisan "DEPAN"
  2. Kalau concern dengan produk halal, Goo.N ada label halal MUI di bungkusnya, sedangkan Fitti tidak.


Selanjutnya, aku mau bahas satu per satu apa yang aku suka dan tidak dari kedua merk tersebut.

Fitti Day Pants

Harga Rp47.500 untuk ukuran L isi 18pcs. Biasanya kalau ada diskon harganya jadi 28.900, atau Rp1.605 per pcs.  Kadang aku beli yang isi 24 pcs dengan harga Rp33.900 s.d. Rp37.000 kalau lagi diskon, atau sekitar Rp1.400-an per pcs. Murah banget ya.

Bahannya cukup lembut, walau nggak lembut-lembut amat. Tapi untuk kulit abang Ranu yang gampang ruam, aku harus rajin pakaikan diaper cream setiap kali ganti popok. Pernah lupa pakai diaper cream dan hasilnya panen ruam di seluruh area popok.


Aku suka karetnya yang nggak kendor dan nggak bocor. Suka juga dengan disain popoknya yang penuh gambar-gambar berwarna. Jadi bisa buat bahan lucu-lucuan kalau mood anak lagi jelek. “Abang, Abang, lihat nih ada terompetnya! Ih bagus banget kan?”, atau “wah, lihat ada godzila! Ini godzila apa dinosaurus hayo?” gitu aku biasanya kalau mau narik perhatian anak kalau dia lagi susah dipakein popok. Dan biasanya itu ampuh bikin anak anteng hingga sukses popok terpasang.

Yang aku kurang suka dari Fitti DayPants itu karena popoknya jadi tebal dan berat kalau udah nyerap pipis. Jadinya gondal-gandul kalau dibawa jalan atau lari-lari. Aku ngeliatnya risih sendiri. Khawatir anak nggak nyaman karena ada beban di bokongnya.


Walaupun namanya DayPants, yang mana artinya popok untuk siang, aku tetap pakaikan untuk tidur malam. Haha, malas aja ribet beli 2 macam. Dan namanya juga popok untuk siang, jadi kalau untuk tidur malam pasti kurang cocok kalau dipakai sampai pagi tanpa ganti. Minimal aku ganti 1 x supaya nggak kepenuhan dan bocor.

Goo.N Smile Baby (versi baru dengan WonderLine)

Dari sisi harga, Goo.N Smile Baby juga murah banget kalau lagi diskon. Untuk ukuran L isi 20+4pcs, harganya Rp37.900, berarti per pcs nya di kisaran 1.500-an.

Jujur, dulu aku kurang suka sama Goo.N Smile Baby versi lama. Soalnya kalau dilihat secara fisik popoknya kok seperti kurang meyakinkan. Itu popok kenapa tipis banget? Kan jadi kuatir bocor-bocor. Mana disainnya kurang oke pulak. Nggak berwarna gitu. Padahal gambar doraemonnya udah lucu banget loh. Si abang juga suka. Setiap kali mau dipakein Goo.N versi lama, dia pasti nunjuk-nunjuk gambarnya sambal bilang “emon, emon”.


Tapi Goo.N Smile Baby versi baru dengan WonderLine sekarang ini, disainnya berubah total.

Popoknya jadi lebih menarik karena berwarna. Bahannya juga lebih lembut dan breathable, karet pinggangnya lentur nggak kekencengan, karet di paha juga lentur dan nggak terlalu mengikat kencang, dan … makin tipis.

Yang bikin heran, walau tipis tapi nggak suka bocor. Dan nggak gembung walau sudah menyerap banyak cairan pipis. Permukaannya tetap kering. Kulihat juga, anak nyaman, tetap lincah saat bermain, bebas bergerak tanpa keberatan popok.


Aah, kan jadi pingin bahas juga deh apa aja perbedaan dan fitur-fitur barunya Goo.N Smile Baby yang baru.

  • Pada bungkusnya terdapat tulisan Wonder Line, yaitu garis penyebar pipis
  • Popok yang baru lebih colorful, sedangkan yang sebelumnya cuma 1 warna biru saja
  • Terdapat 5 garis penyebar pipis, 3 di bawah dan 2 di belakang. Bentuk garis penyebar pipis ini seperti parit dan bisa terasa lekukanya saat diraba. Fungsinya untuk menyebarkan cairan pipis supaya nggak ngumpul di satu area. Mungkin itu sebabnya Goo.N nggak gembung walau udah nyerap banyak cairan pipis, karena cairannya nyebar.

Nah, karena keunggulannya yang gak gembung itu, kadang aku biarin pakai 1 popok untuk tidur sampai pagi.

Kesimpulan


Fitti Day Pants dan Goo.N Smile Baby adalah dua merk diapers ekonomis favorit yang sering aku pilih setahun terakhir ini. Pilihan pertama buat aku Goo.N, karena buatku Goo.N Smile Baby dengan Wonder Line ini diapers ekonomis rasa premium, yang nggak gembung dan bikin anak tetap bebas gerak saat main. Tapi kalau udah cari di semua minimarket dekat rumah nggak ada Goo.N, baru deh beli Fitti.


Sebagai catatan, abang Ranu sekarang umur 2 tahun 4 bulan. Dan aku percaya, soal popok setiap anak suka cocok-cocokan. Cocok di abang Ranu belum tentu di anak lain. Ada yang tipe kulit sensitif sehingga harus pakai tipe premium dan sama sekali nggak bisa yang ekonomis.

Dulu sejak baru lahir sampai umur 1 tahun si abang juga gitu, pakainya clodi diseling diapers premium karena suka ruam. Setelah 1 tahun ke atas, baru kulitnya lebih kebal dan bisa pakai diapers ekonomis. Kalau pengalaman bu-ibu gimana? Pakai popok premium atau ekonomis?

26 komentar

  1. Aku pun coba merk ekonomis, dan sekarang coba pakai goon wonderline. Fitti belum pernah coba mak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahah, kadang di minimarlet stok Goo.N kosong. Terpaksa beli Fittk :D

      Hapus
  2. Waah...jaman anakku ((sekitar 3 tahun yang lalu)) Goo.N ini tipe popok premium. Dan bisa dipastikan, aku gak pake.
    Wkkwk...

    Jadi kalo di rumah, tetap setia sama clodi.
    Pergi, baru ganti Mamy Poko pants.

    Andalan banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Skrg ada yg ekonomisnya mba Goo.N Smile Baby. Habis ipgrade dia, harga tetap tp spec nya naik, kd ekonomis rasa premium :D

      Hapus
  3. Salfok sama poto2nya mbak. Keren abiZzz :D bener mbak popok emang cocok cocokan. Anakku sekarang setia pemakai mamy poko pants yang celana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mamy Poko cuttingnya ngga slim fit, aku kurang suka :D

      Hapus
  4. Senang banget ya, ibu-ibu kalau dapat diapers ekonomis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ekonomis, murah dan bagus seperti Goo.N, pasti senang laaah :D

      Hapus
  5. Saat pertama Goon keluar kebetulan Fahmi juga dapat sample nya dan pakai deh hingga ia usia 2 tahun tidak pakai lagi karena sudah bisa ke kamar mandi sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fahmi sudah besaar ya, aku jg menantikan kapan abang ranu lepas diapers sih. Hihi. Udh 2 th soalnyaa

      Hapus
  6. Belum punya baby,,,
    Eh nikah blum juga ding πŸ™ŒπŸ˜πŸ™ˆπŸ™Š
    Tapi, kalo liat pengalaman Mbak2 ku sndiri, blum pernah nyobain pants di atas, palingan mamy poko pants, merrys, yang paling uekonomis bet,,, tapi ya gitu, slalu cocok-cocokn.

    Kadang sedih juga sih, liat anak yg lagi seneng2nya gerak aktifitas sana sini, tpi itu pantsnya berasa berat skli,

    Thnkis buat infonya Mbak Nurul Noe πŸ™πŸ‘ΈπŸ™‹

    BalasHapus
  7. aku ga perhatikan popok SID ada logo halal apa gak. Sekarang sih udah toilet training jadi berasa banget penghematannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. SID kereen, aku blm bisa nih di abang Ranu. Gk tau ka0an mulao TT. Huhuu

      Hapus
  8. Aku prefer Goon sekarang... setelah sweety, mamy poko, dan pampers :D
    Fitti pernah beberapa kali juga mbaa, iyah mirip Goon diaa ya mba Noe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, saking miripnya suka siwer. Haha. Toss, kita sama2 prefer Goo.N skrg yaa

      Hapus
  9. Belum pernah coba dua2 nya. Biasanya pakai sweety gold atau mamypoko extra soft. Jadi penasaran sama goon n fitti. Nunggu diskon ah beli

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cobain mba, sapa tau cocook. Goo.N Wonderline sih aku suka dan rekomen

      Hapus
  10. Catet ahhh rekomendasinya, informasi bagus nih buat aku kalau ntar punya baby.

    BalasHapus
  11. Dua merk ini belum pernah saya coba. Kalau yang fitti sudah sering lihat di toko perlengkapan bayi di sini. Goon aja nih yang belum pernah lihat sama sekali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau di Lombok ada indomatet atau alfamart, harusnya ada Goo.N jg deh mba. Nah dirimu tinggal di Lomboknya atau dmn mbaa

      Hapus
  12. Wow harga diskonnya jauh yaaa. Cus nyari yang diskon2 aja hehe

    BalasHapus
  13. Ingat masa-masa masih berkutat dengan popok sekali pakai ini. Tiap ke supermarket keranjang belanja selalu penuh olehnya. Dulu tidak begitu banyak merek yang tersedia, jadinya untuk membandingkan tidak begitu luas pilihannya. Akhirnya memakai merk itu lagi itu lagi :-)

    BalasHapus
  14. Jeli bgt mb mbagi harga smpe perbuah..
    we love diskon ya..samaan kita Wkwkwk

    BalasHapus
  15. biaya sebulan beli pampers bisa berapa sih mbak noe.

    BalasHapus

Sila berkomentar untuk meninggalkan jejak, supaya memudahkan saya juga untuk kunjungan balik. Cheers!