Mengenal Hypnobirthing Untuk Persalinan Tanpa Sakit


Malam itu jam 11 malam. Aku masih sempat sholat sunnah 2 rakaat sambil menahan rasa sakit yang amat hebat. Sementara fikiranku dipenuhi rasa takut, seolah maut sudah datang untuk menjemput. Tetapi aku masih belum ingin mati. Maka di dalam sujud aku berdoa, semoga Tuhan memberiku kekuatan, kelancaran dan keselamatan pada proses persalinan pertamaku malam itu.

Sebab aku masih ingin hidup. Merawat bayi dan mendampinginya tumbuh hingga dewasa.

Sayangnya, untuk bisa sampai pada kebahagiaan memiliki buah hati, aku harus melalui sakitnya melahirkan terlebih dahulu. Bahkan dalam perjalanan menuju klinik bersalin, di tengah kontraksi otot rahim yang ... ah, lagi-lagi harus pakai kata sakit, aku teringat adegan di sinetron-sinetron. Tentang seorang ibu dengan ekspresinya yang begitu tersiksa, nafas terengah, keringat mengucur di dahi, diselingi jerit kesakitan. Aku jadi semakin stres dan takut. Dan sial, aku pun harus mengalami hal yang sama.

Coba bayangkan, aku sudah mulai merasakan kontraksi sejak jam 10 pagi. Frekwensinya mulai teratur dan sering menjelang jam 10 malam. Tetapi bayiku baru terlahir jam 5 pagi. Jadi sepanjang malam aku sudah seperti aktris di sinetron-sinetron itu.


Ya, walau begitu, semua rasa sakit itu kemudian hilang dan terbayar lunas setelah mendengar tangisan pertama bayi. Tetapi mungkin, akan sangat berbahagia seluruh ibu di muka bumi ini, jika bisa memiliki pengalaman melahirkan yang menyenangkan, tanpa tersiksa oleh rasa sakit. Atau setidaknya, bisa menghadapi rasa sakitnya kontraksi dengan tenang. Bukan panik dan menjerit-jerit.

Dan kabar baiknya, aspirasi kaum ibu itu didengar oleh orang-orang yang peduli. Sehingga muncul lah metode-metode baru untuk pengalaman melahirkan yang lebih baik. Salah satunya adalah metode Hypnobirthing yang ditemukan oleh Ibu Lanny Kuswandi.

Hypnobirthing Untuk Pengalaman Melahirkan Memyenangkan


Jika dilihat dari asal katanya, Hypnobirthing adalah penggabungan dari 2 kata, yaitu hypnotic dan birthing. Tapi jangan diartikan bahwa hypnobirthing adalah proses melahirkan dalam keadaan dihipnotis, atau melahirkan di bawah  alam sadar.

Hypnobirthing adalah proses melahirkan secara alami dengan menggunakan self-hypnosis (hipnotis diri sendiri) atau sugesti positif, agar ibu mendapat ketenangan, rileks dan untuk mengurangi rasa takut, cemas, tegang, atau rasa sakit saat proses melahirkan.

Dasar hypno-birthing adalah relaksasi, yaitu kondisi istirahatnya otak, atau ketenangan seseorang, serta iklas dan pasrah. Dan kondisi ketenangan tersebut dapat dibuktikan melalui pemeriksaan seperti; EEG (Elektroensefalogram), EMG (Elektromiografi), tes cortisol dalam darah, atau dengan aura video station. 

Berikut ini salah satu contoh hasil pemeriksaan EEG, yaitu test untuk mengukur aktivitas kelistrikan otak, dengan menggunakan sensor khusus (elektroda) yang dipasang di kepala dan dihubungkan melalui kabel menuju komputer.


Pada gambar di atas, terdapat 4 jenis gelombang otak yang berbeda yang menunjukkan tingkat relaksasi otak, yaitu;
  1. Gelombang otak Beta, yang berarti otak manusia dalam keadaan sadar
  2. Gelombang otak Alpha, yang berarti otak manusia dalam keadaan relax, tenang, tidak sedang berfikir
  3. Gelombang otak Theta, yang berarti otak manusia dalam keadaan sangat relax, biasanya saat meditasi
  4. Gelombang otak Delta, menunjukkan keadaan otak manusia saat dalam keadaan tidur yang dalam, tanpa mimpi.


Oya, foto hasil EEG di atas aku dapat saat mengikuti event "Blackmores Bunda PAS - Peduli Asupan Sehat" yang diselenggarakan oleh Kalbe Blackmores Nutrition. Berlangsung di Hotel Pullman Thamrin pada Sabtu, 9 November 2016, acara Bunda PAS dikemas dalam bentuk seminar talk show dengan tema pentingnya nutrisi untuk ibu hamil dan menyusui.


Ada beberapa nara sumber yang dihadirkan, yaitu dr. Raissa Djuanda, M.Gz, Sp.Gk (Spesialis Gizi Klinik), dr. Bram Pradipta, Sp.OG (Spesialis Kandungan), dan Franda (Selebriti) sebagai brand ambassador Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold. Selain itu, ada chef Muto (chef kungfu) yang mendemokan salah satu menu makanan bergizi dengan bahan dasar ayam, dan tentunya ada ibu Lanny Kuswandi yang menyampaikan materi tentang hypnobirthing.

Ibu Lanny Kuswandi sebagai founder Hypnobirthing Indonesia mendapat kesempatan pertama untuk menyampaikan materinya. Pada kesempatan itu, dipaparkan secara rinci apa saja manfaat hypnobirthing, baik untuk ibu hamil, maupun untuk janin. Apa saja manfaatnya? Simak, ya!

Manfaat hypnobirthing;
  • meningkatkan ketenangan diri yang bermanfaat untuk kesehatan sel-sel pada tubuh ibu dan janin
  • mengurangi rasa mual, muntah, pusing, dll
  • mencegah depresi pasca persalinan/baby blues (menurut penelitian Erickson & Oster 1994)
  • mengajarkan relaksasi untuk meminimalkan stres serta ketakutan, dan cemas saat proses persalinan, sehingga tidak terjadi trauma untuk ibu dan bayinya.
  • mempersingkat fase awal proses persalinan, yaitu 3 jam pada primigravida dan 1 jam pada multigravida (menurut penelitian Jenkin, 1993)
  • dapat menghilangkan atau meminimalkan keinginan untuk menggunakan obat-obatan penghilang rasa sakit (menurut penelitian Rock, 1996)
  • membantu mengatasi ibu hamil dengan hypertensi
  • mengurangi resiko terjadinya komplikasi saat proses persalinan
  • mengurangi resiko tindakan operasi
  • menghilangkan keletihan yang berlebihan pasca persalinan (menurut penelitian (menurut penelitian Schauble, Werner & Martin, 1998)
  • mempercepat pemulihan pasca persalinan (menurut penelitian Mac Carty, 1998)
  • membantu memperbaiki posisi janin dengan teknik komunikasi


Manfaat hypnobirthing bagi janin;
  • membantu menjaga suplai oksigen kepada bayi saat proses persalinan
  • meningkatkan ikatan batin antara ibu, bayi dan juga ayah sejak bayi dalam kandungan (menurut penelitian Yapko, Hammond, 1990)
  • pada saat lahir, biasanya bayi lebih tenang
  • mencegah persalinan prematur (menurut penelitian Omer, 1987)
  • meminimalkan trauma persalinan secara psikologis baik untuk ibu dan bayi.


Latihan Relaksasi Hypnobirthing


Di akhir sesi materi, Ibu Lanny juga sempat memberikan praktek relaksasi (hypnotic) kepada ratusan peserta yang kebanyakan adalah ibu-ibu hamil. Berhubung aku ngga lagi hamil, dan lebih penasaran melihat ekspresi ibu-ibu hamil saat mengikuti praktek relaksasi oleh ibu Lanny, jadi aku tetap melek dan mencoba memotret serta merekam video.



Sebelum memulai praktek relaksasi, ibu Lanny meminta crew acara untuk mematikan lampu agar cahaya menjadi redup. Lalu semua peserta diminta duduk dengan posisi tegak namun rileks dan memejamkan mata. Setelah itu, mulailah ibu Lanny mengeluarkan kata-kata ajaibnya, sambil diiringi musik instrumental yang lembut.

Selama latihan hypnobirthing berlangsung, dalam hati aku membatin, beruntung sekali ya, para ibu hamil yang hadir di event ini. Sepulang dari event Bunda PAS, mereka bisa mempraktekkan ilmu yang sudah didapat agar bisa menjalani kehamilan lebih bahagua dan proses persalinan lancar.

Karena ibu Lanny juga sempat bilang, relaksasi atau hypnobirhting dapat dilakukan di rumah dengan cara self-hypnosis.

Saat melakukan self-hypnosis biasanya kita hanya bisa mencapai tingkatan rileks tingkat kedua, yaitu gelombang otak alpha, dimana kita berada dalam kondisi tenang, rileks, dan tidak memikirkan berbagai masalah yang ada.

Berikut ini tip latihan relaksasi sendiri di runah;

  • Ambil waktu tenang, jauhkan gadget atau hal-hal kecil yang menggangu
  • Matikan lampu, atau buat suasana redup
  • Nyalakan musik yang lembut dan menenangkan. Karena alunan musik yang lembut akan membantu membuat sel-sel dalam tumbuh berbentuk hexagon sehingga lebih lancar dan mudah menyerap nutrisi
  • Duduk atau berbaringlah dengan posisi yang nyaman dan rileks
  • Fokus, tarik nafas panjag dan perlahan, lalu hembuskan secara perlahan pula.
  • Mulailah merasakan sensasi rileks di kepala, lalu turun ke leher, dada, perut, paha, sampai ujung kaki
  • Saat sudah merasa nyaman dan rileks mulailah memberj afirmasi/sugesti positif pada diri sendiri, seperti mengucapkan kalimat "kehamilan ini adalah anugerah dari Tuhan dan memberi kebahagiaan", "saya ingin melahirkan secara normal dan lancar", atau "saya rileks, dan bayi saya bahagia".

Sugesti positif juga dapat kita lakukan di banyak kesempatan, bukan hanya saat melakukan relaksasi. Misalnya berbicara dengan janin, seperti "halo adik bayi, sehat dan bahagia ya, nanti kalau sudah waktunya lahir, lahirlah dengan lancar dan tenang". Lakukan sugesti positif tersebut secara berulang setiap hari.


Selain itu, kerja sama dengan pasangan juga sangat penting. Kerja sama yang baik dapat mendukung kenyamanan dan kelancaran ibu hamil sampai melahirkan.

Sebagai suami dan calon ayah, sebaiknya selalu tenang dan sabar dalam mendampingi kaum ibu. Karena ketenangan dan kesabaran suami juga sangat mempengaruhi kondisi psikis ibu hamil. Calon ayah juga bisa membantu memastikan bahwa asupan nutrisi ibu hamil tercukupi, dan rutin memeriksakan kehamilan ke dokter atau bidan.

Selengkapnya tentang nutrisi ibu hamil, baca tulisanku selanjutnya, ya. Judulnya "Aku Bunda PAS - Peduli Asupan Sehat".

28 komentar

  1. Intinya bikin tenang...ya..lebih rileks menghadapi persalinan...gak stress terus mencegah hipertensi yang bisa menyebabkan kematian....

    Perlu didalami melahirkan cari ini...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hypertensi yang bisa memicu Prebeklampsia itu bikin ngeri deh. Semoga semakin bnyak ibu mengenal dan menjalankan hypnobirthing ya

      Hapus
  2. Baru tau kalo hypnobirthing banyak banget manfaatnya selain 'tenang' saat persalinan. Ternyata bisa sampe mencegah efek setelah melahirkannya sampe baby blues juga ya Mba. Canggih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Ata, karena kita sudah terlatih utk tenang dan pasrah selama hamil menuju persalinan, jd tantangan setelahnya juga biasanya akan mudah dihadapi

      Hapus
  3. Hypnobirthing penting banget diketahui ibu hamil. Biar gak trauma duluan sebelum lahiran.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Takut dan cemas sblm lahiran gitu ya maksudnya mba, klo trauma mah sesudah lahiran ya. Hihi

      Hapus
  4. Kapan hari juga ditawarkan teknik hypnobirthing ini sama teman yang pakar hipnosis. Tapi sayanya mikir, kalau SC apa perlu hypnobirthing juga? Gak kayaknya yaa hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dasar hypnobirthing kan relaksasi mba, untuk kondisi psikis supaya lebih tenang, mengurangi takut dan cemas. Jadi kalo mau ikut hypnobirthing ttp bagus walaublahoran sesar :)

      Hapus
  5. Metode hypnobirthing membuat ibu hamil jadi lebih tenang menghadapi proses persalinan ya mbak. Keren nih metodenya ^^

    BalasHapus
  6. Pas aku liat videonya, ada bapak bapak ikutan juga mba?

    Jadi emang butuh dua duanya kerjasama ya antara bapak2 dan ibu ibu yang sedang menuju proses lahiran?
    Hmm hamil bersama yaa lahiran bersama dong ya jadi kudu kerjasama juga wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, itu para suami yg mendampingi istri. Krn kerja sama antara calon bapak dan ibu hamil jg pentiing

      Hapus
  7. Bener deh, penting banget dukungan keluarga terutama suami saat kita hamil apalagi saat melahirkan dan pasca melahirkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, support system yg baik akan sangat membantu bagi ibu baik selama hamil, melahirkan dan sampai setelah lahiran ya

      Hapus
  8. Metode Hypnobirthing emang lagi kekinian ya Mak, lagian emang banyak banget manfaatnya terutama ketenangan dalam menghadapi persalinan. Ahh, hiks jadi inget lagi waktu melahirkan, sesuatuu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya teh, sesuatu banget, aku juga :D

      Hapus
  9. Keren ya metode ini bisa membatu dlm proses persalinan dan mencegah terjadinya baby blue. Dan dukungan keluarga terutama suami emang peting saat hamil

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baby blues kalo keterusan bisa ke PPD, serem kaan

      Hapus
  10. Kesehatan janin juga semuanya berawal dari pikiran positif ibunya ya mbak. Dan itu juga dipengaruhi sama lingkungan ibu dan support. Kalau ibu sehat, insya Allah bayinya juga bakal lancar lahir.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa, bener bangeet mba. Cant agree more

      Hapus
  11. Memang inu hamil mau melahirkan harus bahagia dan positif thiking dulu,detelah itu wusss rasa sakit teredam lebih karena dikuasi rasa nyaman&bahagia

    BalasHapus
  12. Hypnobirthing ini sepertinya memang diperlukan ya mbak, agar ibu hamil tidak tersugesti pikiran bahwa melahirkan itu pasti menyakitkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, sugesti positif dan ketenangan, juga iklas dan pasrah :)

      Hapus
  13. Hamil itu ngangenin, punya bayi juga ngangenin, tapiiii hehe, entahlah dua kali kelahiran emang terus terang gak mindsetku msh lahiran itu sakit. Coba kalau dari dulu kenal gentlebirth. Ibuk2 zaman sekarang mah enak ya hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku jg 4x melahirkan yg akubingat ya sakit. Skrg udh gk niat nambah anak, malah baru tah metode ini :D

      Hapus
  14. Suka baca artikelnya, jadi referensi aku ntar kalo dikasi kesempatan melahirkan *ngarep

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin ya Allah. Aku doakan utk mu mbaa, semoga segera hamil yaa

      Hapus

Sila berkomentar untuk meninggalkan jejak, supaya memudahkan saya juga untuk kunjungan balik. Cheers!