Ingin Wisata Seru Naik Kereta Api ke Jabar di Akhir Tahun


Aku menulis ini dengan euforia liburan di Lembang yang masih belum hilang. Hotel tempatku staycation bersama Baby K dan beberapa teman bener-bener bagus dan bikin betah. Rasanya ngga rela saat tiba waktunya pulang. Haha.

Oya, dalam perjalanan pulang, aku jadi teringat trip bersama MasKa ke Bogor dan Bandung pada tahun 2013 lalu. Pulang dari Bandung aku memilih naik kereta ke Jakarta, baru lanjut naik bis ke Serang. Menginat itu, jadi sadar kalau akhir-akhir ini rasanya aku udah jarang ajak MasKa ngetrip naik kereta. Trus kepikiran untuk family trip naik kereta api lagi.

Aku rasa, kereta api adalah moda transportasi umum yang tepat untuk dipilih kalau mau liburan ke daerah Jawa Barat di penghujung tahun. Biar nggak kena macet gitu. Tau sendiri kan, Desember tuh banyak tanggal merahnya, pasti banyak yang manfaatin untuk liburan dan bawa kendaraan sendiri. Jalanan pasti macet. Maka untuk menghindari kemacetan itu, lebih enak cek jadwal kereta kereta api yang lengkap di Traveloka dan beli tiket yang sesuai rencana.

Ngomong-ngomong soal liburan ke daerah Jawa Barat, kemarin saat di Lembang aku ngobrol sama teman dan dapat beberapa rekomendasi aktivitas liburan seru di Jawa Barat. Terutama kalau suka adventure dan memacu adrenaline. Semuanya bisa dijangkau dengan kereta api loh. Mau tau apa aja? Check this out!

1. Bersantai dari ketinggian di Hotel gantung Purwakarta

Kebayang ngga sih gimana rasanya menginap di kamar hotel yang letaknya berada di dinding-dinding tebing? Kayak yang ada di luar negeri dan suka diulas di TV. Kalau mau coba, sekarang ada di Purwakarta ternyata.

Hotel gantung Purwakarta sendiri masih terbilang tujuan wisata baru di Jawa Barat. Untuk menuju ke sana, kita bisa dari naik kereta dari stasiun Tanjung Priuk sampai ke stasiun Purwakarta. Perjalanan kemudian dilanjutkan dengan menyewa mobil khusus untuk mencapai lokasi. 

Hmm, kira-kira gimana ya rasanya tidur di kamar yang tergantung di tebing dengan ketinggian 300 meter hingga 900 meter?Sensasional dan bikin deg-degan kayaknya ya. Dan pemandangan dari ketinggian pasti keren.

2. Camping di sekitar Danau Situ Gunung, Sukabumi

Ada yang udah familiar dengan Tanakita? Itu loh, camping ground yang tempatnya asik banget untuk dijadikan tujuan wisata bersama keluarga. Dan ternyata lokasinya ada di sekitar Danau Situ Gunung di Sukabumi.

Untuk mencapai Tanakita, bisa naik Commuter Line dari Jakarta ke Bogor. Lalu lanjut dengan kereta yang langsung menuju Stasiun Cisaat di Sukabumi, dan lanjut lagi naik angkot.

Asiknya, kalau mau camping di sana, nggak usah repot bawa tenda sendiri dari runah. Karena sudah disediakan tenda-tenda yang bisa disewa dengan tarif sekitar Rp550.000 per malam untuk 4 orang.

Banyak aktivitas yang bisa dilakukan kalau camping di sana, di antaranya ya menghangatkan diri dengan api unggun saat malam hari, melihat matahari terbit di pagi hari dari balik danau, juga mengitari danau dengan sampan. Lebih dari itu, suasana kebersamaan saat camping bisa banget untuk menumbuhkan rasa kasih sayang dalam keluarga.

3. Menelusuri jejak-jejak keraton di Cirebon

Kalau kurang suka adventure di alam terbuka, menyusuri jejak sejarah di Keraton Cirebon mungkin bisa jadi pilihan menarik. Ada beberapa keraton yang bisa dikunjungi, seperti Keraton Kacirebonan, Keraton Kasepuhan dan keraton Kanoman. Masing-masing memiliki cerita sejarah yang menarik dan ada pertunjukan seni juga.

Contohnya di Keraton Kasepuhan, ada pertunjukan tari tradisional Cirebon yang sayang kalau dilewatkan. Begitu juga dengan benda-benda peninggalan sejarah yang pernah digunakan oleh para Raja pada jamannya. 

Atau kalau ke Keraton Kasepuhan yang merupakan Keraton terbesar di Cirebon, ada mata air abadi yang menurut cerita, mata air ini nggak pernah kering meskipun musim kemarau tiba.

Untuk menuju ke sana, bisa naik kereta api dari Jakarta menuju Cirebon. Gampang banget!

4. Mengunjungi kebun strawberry di Cimahi

Kebun strawbery di Jawa Barat mah banyak. Ngga cuma di Bandung atau Lembang. Cimahi juga ada ternyata. Untuk menuju ke sana juga gampang, dari Jakarta naik kerta jurusan Bandung dan turun di stasiun Cimahi.

Kebun strawberynya berlokasi di Jalan Cihanjuang KM.2. Di sana ada arena bermain anak-anak juga. Salah satu aktivitas seru yang harua dicoba adalah menunggang kuda mengelilingi kebun. 

Huwooo, rekomendasi tempat liburan yang nomer 4 ini kayaknya memang asik untuk family trip sama anak-anak. MasKa dan juga abang Ranu pasti suka. Kalian pingin juga ngga?

15 komentar

  1. Pengen ke Jogja naik kereta, udah jauh-jauh hari direncanakan :)

    BalasHapus
  2. Pengen bolang naik kretaaa jugaaa huhuhuhu

    BalasHapus
  3. Saya juga paling seneng naik kereta, tidak bikin mabuk. Kemana mana saya sering naik kereta api

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa, jd inget temenku dia suka mabokan naik bis, kapal laut juga, tapi naik kereta mah gk pernah mabok. Kok bisaa yaa

      Hapus
  4. tiap minggu aku ke Jabar tapi yang dekat alias Bekasi. Hehehe.
    Baby K nih traveling melulu.

    BalasHapus
  5. Semenjak pindah ke Bengkulu, Ga pernah lagi Naek Kereta Api. Jadi kangen suasana di kereta api

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba ke Palembang, trus naik kereta api ke Lampung :D

      Hapus
  6. Empat-empatnya belum pernah nyoba. Padahal dekat dari Jakarta. Entah kenapa kalau dekat suka mikir: bisa nanti-nanti. Jadi pengen eksplor Jawa Barat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha, emaang. Kebanyakan gitu. Krn dekat suka di entar entar :D

      Hapus
  7. tanahkita sukabumi emang bagus tempat camping. saya yang penduduk sukabumi pun senang main ke sana

    BalasHapus

Sila berkomentar untuk meninggalkan jejak, supaya memudahkan saya juga untuk kunjungan balik. Cheers!