Kegiatan Positif Selama Menanti Kelahiran Bidadari Kecil


Hari ini Jumat, 8 September 2017. Aku galau banget. Bayiku belum lahir, padahal sudah lewat 7 hari dari hari perkiraan lahir (HPL). Kalau besok belum lahiran juga, dokter bilang aku harus menjalani induksi untuk merangsang kontraksi.

Tetapi kekhawatiranku saat ini bukan cuma soal menghadapi hari esok untuk lahiran. Tiba-tiba saja kemarin, Daffa' si sulung sakit. Badannya panas dan mengeluh kepala nyut-nyutan sepanjang hari. Aku masih mencoba menaganinya sendiri di rumah. Hari ini belum sembuh, eh, kok Ranu si pengais bungsu pagi ini ikutan demam.

Sedih banget liat anak-anak pada sakit. Padahal senyuman mereka adalah penghibur paling ampuh kalau aku sedang stres. Seperti beberapa hari terakhir ini, menjelang melahirkan yang penuh dengan rasa cemas, aku mencoba mengalihkan perhatian dengan melakukan kegiatan menyenangkan bersama anak di rumah.

Kegiatannya sederhana saja kok, dan yang penting bermanfaat juga. Misalnya mandiin Ranu, atau mempraktekkan pijat bayi menggunakan massage oil. Semua bisa dilakukan sambil main-main dan ketawa-ketiwi bersama anak. Dengan begitu, bukan cuma stres yang hilang, tetapi juga bisa membangun kelekatan antara ibu dan anak.

Memilih Skin Care Yang Tepat Untuk Kelekatan Ibu dan bayi


Yup, membangun bonding atau kelekatan dengan anak memang ada banyak cara. Salah satunya ya itu tadi, menikmati waktu bersama saat mandi atau melakukan sendiri perawatan kulit dan kesehatannya sehari-hari.


Dan supaya lebih asik lagi, seorang ibu harus selektif dalam memilih baby skin care untuk digunakan. Aku harus memastikan produk tersebut formulanya aman bagi kulit bayi dan tidak mengandung bahan berbahaya. Satu lagi, biasanya aku juga memilih produk yang bertekstur lebut dan aromanya menyegarkan.

Dengan begitu, ngga akan ada masalah yang malah membuat stres. Misalnya, kulit bayi jadi iritasi, trus jadinya rewel. Lha kalau begitu, bagaimana anaknya bisa senyum? Trus akunya kalau lihat anak ngga bisa senyum, ya jadi sedih kan?

Makanya, memilih baby skin care yang tepat sangat penting demi membangun kelekatan antara ibu dan bayi.

Nah, baru-baru ini aku menemukan produk bayi dari PT. Interbat, yang ternyata merupakan Baby Skin Care nomor 1 di Eropa. Mustela Bebe namanya. Ada cukup banyak varian produk Mustela Bebe. Aku cuma punya beberapa saja, sebagai berikut;

Soap bar dan Baby Shampoo
Baby Lotion
Cream Ganti Popok & Mengobati Ruam
Massage Oil

Dan dari sekian banyak produk Mustela bebe  yang belum aku punya, ada satu lagi yang masih ingin aku beli, yaitu Mustela Bebe Soothing Comfort Balm.

Soothing Comfort Balm adalah pelembab gosok dada yang efektif melegakan nafas bayi, dan membantunya tidur dengan nyaman. Aromanya efektif membantu bayi bernafas lebih baik.


Jadi aku rasa memang harus punya juga Soothing Comfort Balm itu. Soalnya kadang bayi kan suka rentan terhadap flu dan udara dingin. Sementara virus flu tuh gampang banget nular. Kasian kalo bayi kena flu jadi susah nafas.

By the way, sebenarnya apa yang membuat Mustela Bebe menjadi produk baby skin care terbaik di Eropa? Di antaranya karena memiliki keunggulan sebagai berikut;
  • Efikasi yang terbukti secara klinis di bawah pengawasan dokter pada 845 bayi dan anak
  • Aman dipakai bayi sejak hari pertama setelah lahir
  • Formula hypoalergenik dan alami. 92% kandungannya adalah bahan alami dan tidak mengandung bahan-bahan kimia berbahaya seperti alcohol & paraben
  • Mengutamakan kenyamanan, dengan tektur yang lembut dan melembabkan, memiliki wangi yang menyegarkan dan menjamin kenyamanan bagi ibu dan anak.

Dan ternyata, Mustela Bebe dengan taglinenya "PROTECT BABY SKIN, TODAY & TOMORROW", telah melakukan penelitian terhadap kulit bayi selama 10 tahun. Riset tersebut menghasilkan penemuan baru yang kini telah dipatenkan, yaitu Avocado Perseose.

Yup, Mustela Bebe mengandung bahan aktif alami yaitu Avocado Perseose  untuk memperkuat kulit bayi sehingga lebih tahan terhadap iritasi/kemerahan. Bahan aktif Avocado Perseose juga berfungsi untuk menjaga kekayaan stem cell yang berperan dalam menjaga kualitas kulit, sekarang & seterusnya.


Oya, saat ini sedang ada kampanye Mustela Bebe #MustelaTodayForTomorrow.

Kampanye tersebut bertujuan untuk memberi edukasi kepada para ibu agar dapat memberikan perawatan yang tepat kepada bayi sejak lahir, sehingga anak dapat tumbuh menjadi generasi sehat, bahagia dan sukses di masa depan.

Jadi, sudahkah bu-ibu memilih produk perawatan bayi yang tepat? Ingat, ya, Mustela Today For Tomorrow!

Ada Mustela Bebe, Antara Aku & Ranu


Kami sudah menggunakan Mustela Bebe selama seminggu lebih. Awalnya, aku ingin menggunakan rangkaian produk Mustela ini untuk bayi perempuanku yang sedang aku tunggu-tunggu kelahirannya. Tetapi berhubung sudah ngga sabar ingin mencoba, jadilah kupakai saja untuk prime time bersama Ranu. Toh, si Ranu juga umurnya masih terbilang balita. :D

Nah setelah menggunakan beberapa produk Mustela Bebe selama semingguan, aku merasa cocok. Ranu juga terlihat sangat menikmati setiap treatment yang kuberikan. Seperti terlihat di beberapa foto berikut ini.

Saat mandi


Aku menggunakan 2 produk untuk mandi. Bar soap untuk badan, dan baby shampoo untuk mencuci rambutnya. Keduanya tidak mengandung detergen dan tidak perih di mata, sehingga Ranu bisa menikmati momen mandi dengan ceria.

Melihat bagaimana cerianya Ranu saat mandi, ini membuktikan bahwa mandi tidak hanya berfungsi menjaganya tetap bersih dan sehat. Tetapi, mandi juga merupakan waktu yang baik untuk menciptakan kedekatan yang berharga dengan anak.

Setelah mandi


Setelah mandi, tak lupa aku mengoleskan Mustela Hydra Body Lotion ke seluruh permukaan kulit Ranu. Aku ingin kulitnya tetap lembab, lembut dan halus. Apalagi selama ini kan Ranu sering kuajak traveling, kadang paparan sinar matahari membuat kulitnya kering. Aku ngga mau itu terjadi lagi.

Oya, yang aku suka dari Hydra Body Lotion ini adalah teksturnya yang lembut, ringan, tidak berminyak, dan meresap dengan cepat di kulit bayi. Akj juga suka aromanya yang lembut.

Saat ganti popok


Dalam sehari, Ranu bisa beberapa kali ganti popok. Kadang, ada masa dimana aku salah pilih popok dan kulitnya menjadi ruam. Maklum, aku suka gonta-ganti merk popok, tergantung merk mana yang sedang diskon. Hehe.

Untuk mencegah ruam popok, dan melindungi iritasi kulit karena bahan popok yang mungkin kurang bagus, sekarang aku menggunakan Mustela Barrier Cream. Krim ini efektif mencegah ruam popok, dan bahkan bisa membantu penyembuhan ruam popok yang sudah terlanjur terjadi.

Cara kerja sesimpel menghitung 1, 2 dan 3, yaitu;
  1. Kandungan Avocado Perseose untuk melimdungi sel inti dan lapisan terluar kulit
  2. Kandungan Alcacea Oceoline yang berfungsi meredakan ruam pada kulit
  3. Kandungan Sunflower Oleodeostillat yang berfungsi memperbaiki lapisan kulit yang sempat rusak, dan menguatkannya krmbali.

Selain 3 kandungan di atas, masih ada lagi Zinc Oxide yang berfungsi sebagai perlindungan extra terhadap kulit.

Pijat sebelum tidur


Sebelum tidur, biasanya aku melakukan pijatan ringan supaya Ranu merasa nyaman dan bisa tertidur dengan nyenyak. Dulu, aku menggunakan minyak telon. Kalau sekarang aku mulai menggunakan Mustela Madsage Oil yang 100% diekstrak dari tanaman. Formulanya  tidak lengket dan cepat diserap kulit. Serta berfungsi juga untuk melembabkan kulit, memberi nutrisi dan menjaga agar kulit tetap lembut dan kenyal.

Awal saat menggunakannya, aku langsung menyemprotkamln Mustela Massage Oil ke kulit bayi. Tetapi ternuata aku salah. Haha. Seharusnya aku semprotkan ke tangan terlebih dahulu, ratakan di telapak tangan, baru pijatkan pada bayi. Seperti yang diajarkan dalam video berikut ini nih.

video

Video di atas tidak hanya menunjukkan seberapa penting pijat bayi dan bagaimana step by step pemijatan bayi. Lebih dari itu, banyak tip praktis dan menyenangkan selama melakukan pijat bayi, yang berfungsi untuk menambah kelekatan hubungan antara ibu dan bayi. Bagus banget deh!

Mustela Bebe, Untuk Sambut Bidadari Kecilku


Kembali lagi ke cerita betapa galaunya aku karena menanti kelahiran bayi perempuan pertamaku. Maklum, 3 anak yang sudah kulahirkan sebelumnya semua laki-laki. Jadi aku wajar kalau aku sangat bahagia ketika 2 dokter berbeda menyatakan bayiku perempuan saat di USG. Dan rasanya, aku semakin tak sabar ingin segera menimang bayi perempuanku.


Untuk bidadari kecil yang saat ini sedang kutunggu, sejak beberapa bulan lalu aku sudah menyiapkan banyak hal. Banyak rencana yang ingin kulakukan. Banyak angan dan keinginan yang selama ini hanya sanggup kubayangkan. Misalnya, mendandaninya dengan baju-baju cantik dan aksesori yang lucu-lucu, atau pakai baju couple yang girly dengan nuansa warna pink.

Satu lagi keinginanku yang membuatku sangat antusias, adalah membuat foto newborn baby photography sendiri. Aku sampai niat banget mengumpulkan banyak properti fotografi untuk bayi baru lahir dan mempelajari teknik-teknik fotografi bayi dari YouTube.

Tetapi, perasaan excitedku itu tidak lantas membuatku lupa pada hal yang paling penting, yaitu mempelajari ilmu parenting dan juga perawatan bayi. Ya, walau sudah pengalaman mengurus 3 anak, aku tetap merasa masih harus banyak belajar.

Selain membaca buku, aku juga mencari banyak referensi dari internet, termasuk jiga di website Mustela Bebe dan sosial media resminya.


Laman yang paling aku suka di website Mustela Bebe adalah laman Tips & Saran. Di sana terdapat 5 kategori tip & saran yang dikelompokkan berdasarkan status pembacanya.
  1. Kategori Anda Hamil, yang berisi tip dan saran seputar kehamilan.
  2. Kategori Anda Seorang Ibu, yang berisi tip dan saran seputar dunia ibu, seperti seputar perawatan setelah melahirkan, menyiapkan kamar bayi, juga tip menyapih bayi.
  3. Kategori Merawat Bayi, yang berisi tip dan saran seputar perawatan bayi. Misalnya bagaimana merawat bayi sehari-hari di rumah, ataujuga  seputar masalah kulit bayi yang banyak terjadi.
  4. Kategori Kehidupan Keluarga Anda yang berisi tip dan saran seputar masalah-masalah keluarga. Misalnya seperti yang sedang kuhadapi sekarang, yaitu aku yang sedang kewalahan karena hamil dan masihvharus merawat beberapa anak yang masih kecil dan sedang sakit pula.
  5. Kategori Pelajaran Pertama Bayi, yang berisi tip dan saran seputar tumbuh kembang anak.

Untuk sosmed, Mustela Indonesia punya Facebook Page dan Instagram. Aku sudah like dan follow keduanya. Di sosmed tersebut banyak juga tip-ip praktos dan singkat yang bermanfaat untuk menambah pengetahuan.

Oya, yang belum tau website resmi Mustela Indonesia beserta sosmednya, langsung saja klik link-link di bawah ini.
Website : www.mustela.co.id
Facebook : mustelaindonesia  
Instagram : @mustelaindonesia

Terutama kalian para ibu yang mungkin sedang mempersiapkan diri menyambut kehadiran bayi sepertiku. Bisa belajar banyak dari sekarang dan nanti dipraktekkan setelah bayi kita lahir.

Mustela Today For Tomorrow


Untuk menutup tulisan ini, di tengah kegalauanku karena ada 2 anak yang sedang sakit demam, dan si bidadari yang belum juga lahir, aku berdoa agar semua akan baik-baik saja.

Aku menyadari bahwa tidak akan ada manusia yang selamanya bahagia tanpa stres. Tidak ada manusia yang selamanya sehat bugar tanpa merasakan sakit. Dan menyadari bahwa setiap penantian pasti akan ada ujungnya.


Semoga anak-anakku yang sakit kembali sehat dan aku bisa tersenyum lagi dengan melihat senyuman mereka. Dan semoga bidadari kecilku segera lahir dengan sehat dan selamat.

Serta semoga semua anak-anakku, anak-anak kita, dan semua anak di dunia ini, selalu tercukupi dengan cinta dan kasih, tumbuh menjadi manusia-manusia bahagia, sehat dan masa depan gemilang.

Semoga itu bukan sebuah harapan yang terlalu tinggi, karena harapan-harapan itu juga sejalan dengan apa yang sedang dikampanyekan Mustela Bebe.

#MustelaTodayForTomorrow

16 komentar

  1. Waaah bumil semangaaaaat, baru ngeh aku kl uda lewat hpl... sehat2 ibu ma debaynya yaa...

    Abang ranu pinter ih jadi model hihihi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi, iyaa udah leqat HPL lahirannya. Harua induksi deh biar segera lahir. Tp Alhamdulillah skrg udah lahir dengan sehat selamat semuanyaa. Makasih doanya Handr

      Hapus
  2. Cepet sembuh buat anak-anaknya ya, Mbak. Semoga dilancarin proses persalinannya. Cepet ketemu sama baby girl-nya.
    Aku baru tahu produk Mustela Bebe ini. Mau langsung rekomendasiin buat teman yang insya Allah lahiran tanggal 13 besok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah, lahiran tgl 13 ya, operasi kan, aku udah lahiran nih tgl 11 Sept. Dan langsung pake mustwla juga bebe ku :D

      Hapus
  3. Bismillah semoga bidadari cantiknya segera lahiran dan bundanya diberi kesehatan aamiin ya Allah.

    Mustela Bebe ini kece banget produknya, dan semuanya mempunyai kebermanfaatan untuk sikecil. Ah rekomended banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa, prpduknya rekomended bangeet. Aku udah lahiran tgl 11 Sept. Dan babyku langsung pake Mustela :D

      Hapus
  4. udah minggu ke 41 ya, semangat semoga yang ini normal juga!
    btw SID pakai mustela bebe juga lho. Paling suka pakai body lotion sampai tangan dan kakinya penuh krim. Untungnya cepat meresap.
    btw lagi, trizara emang cakep yak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah udah lahiran nih Len, tgl 11 Sept. Baby Karla udah langsung pake Mustela juga begitu pulang dari RS. Benerqn cucook, gk ada iritasi atau apapun

      Hapus
  5. Beberapa kali liat review positif tentamg mustella. Jadi penasaran untuk mencoba rangkaian produk perawatan bayi untuk keponakanku mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, rekomenin deh ke kepobakanmu :*

      Hapus
  6. Beberapa kali baca postingan soal mistela, jd tertarik dengan sabun dan shampoo ya mbk. Ntr aku cari ah
    tFS
    Moga lancar proses persalinannya yaaa, selamat baby-nya cewek, yeaayy ada menyaingi kecantikanmu di rmh hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sabun sama samponya memang oke banget. Bikin mandi jadi memyenangkan. :D

      Hapus
  7. Ajaib yaa...produknya mba.
    Seandainya bisa buat orang dewasa...

    Aku suka banget sama produknya bayi-bayi karena wanginya yang khas.
    Bikin betaah...deket-deket anak kecil.

    Selamaat yaa, mba...akan ada baby girl yang meramaikan rumah.
    In syaa Allah makin bertambah-tambah keberkahannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada kok yg buat dewasanya, tp kebanyakan utk skincare ibu hamil dan habis melahirkan. Hihi

      Hapus
  8. Aku udah liat di IG bagus2 banget Mba foto newborn nyaa :D
    Congrats yaa, smoga sehat2 semua sekeluarga :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, makasiih ya. Sehat2 juga dirimuuu

      Hapus

Sila berkomentar untuk meninggalkan jejak, supaya memudahkan saya juga untuk kunjungan balik. Cheers!