Main Bareng Rusa di Lereng Bukit Barisan Sepertinya Seru


Hola! Sudah punya rencana belum ke mana untuk menghabiskan waktu weekend ini? Kalau belum, mungkin kalian bakal antusias kalau diajak ke Taman Rusa Aceh Besar. Waktu jalan-jalan ke Aceh sekitar 2 tahun lalu, aku memang ngga sempat kesana. Nah baru-baru ini aku baca info tentang Taman Rusa kok jadi kepingin.

Namanya memang taman rusa. Artinya, di sini memang banyak rusa. Buat yang suka dengan binatang lucu ini, jalan-jalan ke Taman Rusa Aceh Besar pasti bakalam betah deh berlama-lama.

Lokasinya berada di Kabupaten Aceh Besar, tepatnya di lereng pegunungan Bukit Barisan. Lebih tepatnya terletak di pelosok pedesaan yang masih sunyi dan asri, yaitu di Lambirah, Suka Makmur, Kabupaten Aceh Besar, Aceh.

Untuk bisa berlibur ke Taman Wisata Aceh Besar, kita harus melewati jalanan pedesaan yang cukup sempit, dengan hamparan sawah hijau yang akan membuat mata sulit berkedip saking indahmya. Jadi ngga heran kalau heran banyak wisatawan yang berlomba-lomba mencari tiket pesawat promo untuk berlibur ke tempat wisata yang satu ini.

Dan lagi, harga tiket masuk ke Taman Rusa juga cukup terjangkau, cumaRp. 10.000,- untuk dewasa, dan Rp. 5000,- untuk anak-anak. Tapi jangan lupa, kalau kamu ingin menikmati setiap wahana, kamu akan dikenakan biaya tambahan.

Selama perjalanan menuju Taman Rusa, ada panorama khas pedesaan Aceh bisa dinikmati. Karena taman rusa ini dikepung oleh perbukitan yang hijau. Yang jelas, berlibur ke Taman Rusa Aceh Besar akan membuat kita terhindar dari penatnya rutinitas dan suasana kota.

Dan kalau berlibur ke Taman Rusa Aceh Besar, ada banyak pilihan aktifitas untuk bersenang-senang. Dengan luasnya taman yang berhektar-hektar, dijamin bakal puas kalau mau menjelajah. Untuk yang suka menyendiri atau jalan-jalan di tempat yang sepi, pasti bakal menenangkan untuk menyepi di pinggir danau yang sejuk. Ada gazebo untuk duduk-duduk sambil melepas penat. Kalau sudah bosan, bisa coba singgahi kebun binatang mini yang akan untuk bertemu dengan rusa-rusa lucu.

Rusa memang menjadi ikon dari Taman Rusa Aceh Besar. Kandang rusanya saja sangat luas. Tidak hanya itu, ada banyaj binatang lainnya juga yang bisa dilihat. Ada kijang, beruang, burung, buaya, hingga kura-kura yang hidup di kandang terpisah. Asyik banget, kan?

Yang ngga kalah seru, di Taman Rusa Acrh Besar juga d bianglala, dan water boom untuk berenang atau main basah-basahan yang seru. By the way, saking banyaknya pilihan wisata di Taman Rusa Aceh Besar, rasanya ngga akan cukup kalau menghabiskan waktu seharian disana. 

Untuk urusan makan, Taman Rusa Aceh Besar punya restoran-restoran yang menyediakan berbagai menu favorit untuk makan siang. Salah satu tempat makan yang jadi favorit adalah yang berada di dekat kolam renang. Karena di sana, anak-anak bisa tetap bebas bermain di sela waktu makan.

Oya, setelah membaca tulisan ini sampai di sini, mungkin ada yang heran ya, mengapa pendiri Taman Wisata Aceh Besar memilih untuk membangun taman wisata di tempat yang bisa dibilang cukup terpencil. Kalau jawabannya ya, sama, aku juga heran. Hehe. Yah, mungkin pendirinya ingin menyuguhkan nuansa berbeda, yaitu theme park di tengah alam yang hijau kali ya.

20 komentar

  1. Rusa termasuk hewan cantik yang banyak dirawat di taman-taman kota, bahkan di tempatku dipelihara di halaman rumah gubernur hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, tinggal dmn mba, rumah guberburnya suka bikin open house gk, bs main sama rusa pas open house kan. Hihi

      Hapus
  2. Murah banget masuk ke taman.. ini ya, sudah happy banget bisa menikmati alam... Ga masalah kalau mau naik wahana tambahan n bayar lagi..yg penting bisa liat rusa cantik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes, tiket masuknya murah bgt, dan kayaknya mmg byr lg klo mau naik wahana2nya

      Hapus
  3. Belum pernah dapat kesempatan buat ke ujung Indonesia seperti di Aceh ini. Asyik juga ya kalo bisa maen bareng rusa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo mba sesekali ke Aceh, ke Sabang jg jgn lupa ke titik nol nya :D

      Hapus
  4. Wah, biasanya anak-anak nih yang suka hewan unyu-unyu ini. Tiket masuknya murah ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mba, anak2 memang suka hewan unyu :D

      Hapus
  5. Cuma baru lihat rusa di istana bogor saja sama di ranca upas. Ajak saya ke Aceh atuh lah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayuk atuh, Aceh daerah yg asik jg utk traveling. Paling suka di Sabang klo aku sih hehe

      Hapus
  6. Smp sekarang Aku blum pernh k Aceh mba,. Mau InsyaAllah suatu saat ajak keluarga y,, hmpir Sama jenisnya yg d Istana Bogor anakku suka Ku ajak ke Sana mba cuma Lihat Dr depan pagar Aja,, Karena susehh msuk Istana klo Pas gk Ada acr u.rakyat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahaha, aku juga pernah liat rusa yg di istana. Dari luar pager juga :D

      Hapus
  7. Waah ada taman rusa... Rusa gak berbahaya ya mbak? Udah gitu murah sekali tiket masuknya. Bisa rekreasi sambil mengenalkan rusa kpd anak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rusa ngga berbahaya sih krn dia makan tumbuhan. Bkn harimau yg makan daging :D

      Hapus
  8. Harga tiketnya terjangkau ya?
    Moga rusa2 di sana awet terlindungi ya mbak. Baru tau ada rusa cantik jg di Aceh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sumatra kan sepanjang pulaunya ada bukit barisan, jd hewan kayak rusa gitu pasti da mba

      Hapus
  9. Kejauhan keknya ke Aceh. Aku ajak SID ke istana bogor aja deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, iyaa, istana bogpr jg ada Rusa

      Hapus
  10. Tiket masuknya murah, tapi ke Acehnya yang butuh biaya besar. Duh, semoga suatu saat saya bisa kesana :D

    BalasHapus

Sila berkomentar untuk meninggalkan jejak, supaya memudahkan saya juga untuk kunjungan balik. Cheers!