Mengenali Kelebihan dan Kekurangan AC Inverter


Masih dalam suasana drama AC rusak. Aku masih mikir-mikir mau ganti AC yang seperti apa. Kalau melihat pengalamanku yang selalu bermasalah sama kompressor, AC inverter jadi salah satu pertimbangan untuk dipilih. Alasannya karena sudah pakai teknologi pintar agar kompressornya lebih awet.

Mungkin ada yang sudah familiar dengan istilah AC Inverter. Tapi kalau ada yang belum, ngga ada salahnya lanjut baca. Tahukah anda apa pengertian dari inverter itu sendiri? Njir, pake Anda. Haha.


Inverter merupakan teknologi terbaru yang membuat AC menjadi semakin pintar, teknologi ini membuat kompressor pada AC dapat mengatur kerjanya sendiri sesuai dengan kebutuhan. Teknologi inverter yang berfungsi untuk mengatur kerja kompressor untuk mendorong aliran dari refrigerant variable di dalam sistem AC agar suhu ruangan dapat lebih stabil.

AC dengan teknologi inverter juga dilengkapi dengan variable frequancy dengan menggabungkan inverter listrik yang dapat di sesuaikan dalam mengatur kecepatan kompressor sehingga dapat menghemat listrik lebih baik, terutama jika menggunakan merk AC hemat listrik berkualitas.

AC inverter sendiri memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, berikut kelebihan dan kekurangannya:

Kelebihan AC Inverter;


  • Dingin – AC inverter juga sama dengan non-inverter, cepat dingin dan sangat nyaman.
  • Hemat listrik – karena menggunakan teknologi inverter pada pendingin ruangan tersebut, kita menghemat listrik sampai hampir 50%. Dengan kemampuan menghemat listrik ini tentu akan memberikan keuntungan yang besar. Saat ini ada banyak pilihan merk AC hemat listrik, kita tinggal polih aja mau yang mana.
  • Ramah Lingkungan – selain hemat listrik AC inverter juga memiliki konsep yang ramah akan lingkungan karena menggunakan jenis freon yang ramah lingkungan.

Kekurangan AC Inverter 


  • Harga freon mahal – AC inverter menggunakan jenis freon R410a yang ramah lingkungan, namun harga sparepart freon ini tergolong mahal.
  • Kompressor terus bekerja – kompressor pada AC inverter tidak berhenti bekerja meski dingin ruangan telah tercapai sesuai dengan settingan remote. Dengan kondisi seperti akan membuat kompressor menjadi panas.
  • Biaya perawatan mahal – berbeda dengan Ac non-inverter yang biaya perawatannya relatif murah, untuk AC inverter kita harus menambah budget lebih lagi karena biaya perawatan yang dibutuhkan untuk Ac inverter cenderung mahal.
Btw, kalau lihat kekurangan AC inverter yang salah satunya soal biaya perawatan lebih mahal, kok kayaknya ngga cocok buat aku ya. Haha.

Kalau kalian, pakai AC jenis apa di rumah?

25 komentar

  1. Yg paling utama bagiku hemat listrik. Berasa banget kalo ga pake fitur ini, TDL oh TDL.

    BalasHapus
  2. Ane Pakai ac biasa. Semoga perusahan yg membuat ac Terus berinovasi agar biaya Freon atau perawatan gak Mahal sehingga konsumen nya adem di hati, adem di kantong

    BalasHapus
  3. Enggak pakai AC di rumah hihihi.
    Tapi kalau suatu saat nanti pakai AC kyknya mau pilih inverter krn hemat listriknya mbak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, bagus gk pake AC, berarti sirkulasi udara d rmh mu bagus yaa

      Hapus
  4. mbak, isi freon itu berapa bulan sekali sih? meski freon mahal tapi kalau jarang isi ya gpp

    BalasHapus
  5. Di rumah nggak tau AC apa lupa haha. Dari beli sampai sekarang emang udah beberapa kali sih isi freon.

    BalasHapus
    Balasan
    1. AC ku yg biasa, lg mikir2 beralih ke AC inverter ini :D

      Hapus
  6. Aku lagi rencana pasang AC di kamar satunya lagi. Yang sekarang ada inverter apa bukan ya? Enggak ngeh karena udah lama, hahaha. Tapi awet loh, dan enggak sering isi freon juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, kurangGmerhatiin jenia AC yg dipake ya. Aku jg tadinya gitu

      Hapus
  7. aku prioritas beli AC yang bisa menghemat listrik mbak..soalnya AC yang sekarang boros banget huhu pengen ganti blom ada duit hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selain inverter, ada AC low watt jg yg hemat listrik. Tp awal start smpe jd dingin lumayan lama

      Hapus
  8. terakhir pake ac waktu ikut suami dinas ke padang.. bandung mah dingin ga perlu pake ac, *loh yg nanya siapa haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya lah Bandung mah, udh dingin dari sononyaaa. Gk perlu AC lg. Hihi

      Hapus
  9. Penting nih AC yang hemat listrik. Tarif listrik udah menuju ke angka2 yg suka bikin sesek napas yak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bgt, tiap byr listrik suka sesek dada haha

      Hapus
  10. Sy pakai AC alami mbak. Daerah sy dingin bangey. Hihi... Kalau di rmh kakak di sby sih pakai yg inverter. Hemat listrik katanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huhu, beruntungnya dirimu mba, tinggal di daerahbyg udaranya dingin

      Hapus
  11. Bener niih..kerasa banget kalo pake AC inverter.
    Karena ternyata yang mahal itu saat listrik AC mengalami perbedaan suhu antara di dalam ruangan (yang pake AC) dengan suhu sekitar (di luar ruangan).

    Kalo busa diatur-atur sendiri, naah...lebih hemat deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah dirimu udh pake ac inverter yaa

      Hapus
  12. istilahnya bikin aku loading semua, hahahha. Di rumah pak suami sih yang beli dan pilih AC yang nyaman. Saya tinggal on dan ngadem :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, tau beres ya mba. Gl masalah kok

      Hapus
  13. iya bener mba AC inverter itu lebih hemat listrik ketimbang ac low wat apa lagi ac standar. saya pake ac daikin inverter dirumah, sebelumnya pake ac standar panasonic tagihan listrik beda jauh turunnya..

    BalasHapus

Sila berkomentar untuk meninggalkan jejak, supaya memudahkan saya juga untuk kunjungan balik. Cheers!