#PPEJ2017JKT - Terbaik Untuk Yang Teristimewa


Seperti yang sudah kusinggung pada postingan sebelumnya tentang Launching aplikasi HALLO BUMIL, PPEJ atau Prenagen Pregnancy Educational Journey adalah event tahunan yang diselenggarakan oleh Kalbe Nutritionals bersama Prenagen yang merupakan ahlinya nutrisi kehamilan & menyusui.

PPEJ tahun ini mengusung tema "Terbaik Untuk Yang Teristimewa" demi untuk menyiapkan awal kehidupan terbaik si kecil.


Kalau dalam banner acaranya, tertulis ada 4 nara dumber yang hadir. Tapi ternyata lebih dari itu, yaitu:
  1. Andien, brand ambassador Prenagen yang akan mengisi sharing session tentang pengalamannya selama hamil dan menyusui
  2. Dr. Boy Abidin, SpOG., dengan materi "Dampak Penting Kesehatan Plasenta Untuk Perjalanan Kehidupan Si Kecil"
  3. Dr. Herbowo AF Soetomenggolo SpA., dengan materi "Pengaruh Nutrisi Terhadap Pembentukan Sistem Syaraf & Redflag Si Kecil"
  4. Adianti Reksoprodjo yang merupakan founder Fit Mum & Bab. Adianti hadir untuk memberikan tutorial senam PRENA FIT, senam yang aman untuk ibu hamil.
  5. Cheff Eddrian Tjhia yang dikenal sebagai healthy food chef.

Apa saja materi yang disampaikan selama talk show? Aku ulas satu per satu ya! Namun sebelumnya, boleh tonton preview video instagramku di bawah ini untuk bocoran keseruan talk show dan apa saja kegiatan yang dilakukan selama PPEJ.



Gimana? Udah ditonton belum? Pas bagian USG 4D itu aku terharu banget loh. Sekarang yuk lanjut baca rangkuman materi talk show kemarin.

Sharing Session Bersama Andien


Andien datang dengan didampingi suami. Ada kemistri suami istri penuh cinta, dan kasih sayang yang sangat terasa saat Andien dan suami naik ke panggung talk show.


Selama talk show, suami Andien kerap mengelus punggung Andien sambil menjawab pertanyan-pertanyaan yang dilontarkan Mona Ratuliu sebagai host. Saat melihat itu, aku jadi pingin ada di disamping suamiku. Haha.

Iya, suamiku yang selalu support aku selama hamil, melahirkan dan menyusui, sampai hamil lagi sekarang ini.

Dan aku setuju banget dengan apa yang disampaikan suami Andien, bahwa suami punya peranan besar dalam kelancaran kehamilan istrinya, sampai melahirkan dan akhirnya sukses menyusui.

"Kehamilan Andien adalah kehamilanya aku juga" - suami Andien.

Aku juga setuju saat Andien menutup sharing sessionnya dengan kalimat ini;

"Saat seorang anakku terlahir ke dunia, sebenarnya bukan hanya bayi yang terlahir, tetapi juga aku dan suami yang terlahir sebagai orang tua" ucap Andien.

Andien juga bilang, bahwa semenjak menjadi orang tua, Andien merasa ada lebih banyak keajaiban yang dia alami. Ada lebih banyak pelajaran baru yang bahkan dia dapatkan dari anaknya, Kawa.

Andien jadi lebih kreatif, seperti menciptakan lagu sendiri untuk lagu pengantar tidur Kawa. Hehe, bagian menciptakan lagu sih, aku nyerah. Eh, ada sih lagu yang kuciptakan sendiri, walau nggak seindah dan sepuitis Andien, tapi seengaknya itulah lagu-lagu cinta pertama yang didengarkan oleh anak-anakku.

Dampak Penting Kesehatan Plasenta Untuk Perjalanan Kehidupan Si Kecil


Dr. Boy Abidin SpOG. memulai presentasinya dengan sebuah pernyataan. "Ada satu organ yang jarang diperhatikan ketika menjalani kehamilan. Padahal organ tersebut sama pentingnya dengan janin yang dikandung dan ibu yang sedang hamil. Organ itu adalah plasenta".


Aku jadi penasaran, ada apa dengan plasenta?

Kemudian Dr. Boy Abidin memberi banyak penjelasan yang membuatku berkali-kali harus bilang "O, iya ya!".

Plasenta merupakan organ untuk menyalurkan nutrisi dari apa-apa yang dikonsumsi ibu kepada janin. Plasenta lah yang menjadi pusat kehidupan janin selama ada di dalam rahim. Itulah mengapa kita harus perhatikan juga. Jangan cuma memperhatikan ibu dan janinnya.

Salah satu hal penting mengapa plasenta harus diperhatikan adalah karena adanya masalah-masalah kehamilan terkait plasenta. Contohnya plasenta previa.

Plasenta previa adalah masalah kehamilan dimana plasenta menempel di jalan lahir sehingga menutupi jalan lahir itu sendiri dan biasanya proses persalinan tidak dapat dilakukan secara normal.

Aku pernah membaca buku tentang kehamilan, dan di sana juga dijelaskan tentang plasenta previa. Dan dari cerita beberapa teman juga, yang pernah mengalami plasenta previa, membuatku cukup merasa ngeri.

Foto kenangan saat USG Kehamilan ketiga

Itu sebabnya segera setelah mengetahui kalau aku hamil, aku langsung ke dokter untuk USG. Dan 3 hal pertama yang kutanyakan adalah;

  • Apakah calon janinnya berkembang dengan baik?
  • Apakah posisi calon janin ada di dalam rahim? 
  • Dimana posisi plasenta menempel?

Alhamdulillah, sampai kehamilan ke-4 ini, semua baik-baik saja. Plasenta menempel di dinding rahim bagian belakang yang seolah menjadi bantal bagi bayiku. Tetapi aku harus mempertimbangkan resiko plasenta previa yang bisa saja terjadi di kehamilanku berikutnya. Itu juga kalau mau hamil lagi. Hahah.

Pada kehamilan yang lebih dari anak ke-5, biasanya beresiko plasenta previa. Karena plasenta secara alami akan menempel di dinding rahim dimana terdapat banyak pembuluh darah untuk menyalurkan makanan. Bisa jadi dinding rahim yang lain, kondisi pembuluh darahnya sudah tidak baik, dan dinding rahim di dekat atau di jalan lahir pembuluh darahnya masih bagus. Maka menempel lah plasenta di sana.

Foto USG 4D abang Ranu

Selain soal plasenta previa, Dr. Boy Abidin juga menjelaskan banyak pengetahuan lain soal plasenta. Dan di akhir presentasinya, peserta PPEJ diajak menonton video proses kehamilan mulai dari pembuahan sampai anak terlahir ke dunia. Duh, aku mrebes mili nontonnya. Pas bagian USG 4D di videonya, aku jadi ingat momen USG 4D abang Ranu dulu. Itu fotonya si abang di atas.

Lalu sebagai closing, Dr. Boy mengeluarkan kalimat yang begitu indah.

"Kehamilan adalah perjalanan 9 bln yg menakjubkan. Saat bayi telah lahir dan sehat, bahagianya mendunia." - Dr. Boy Abidin SpOG.

Pengaruh Nutrisi Terhadap Pembentukan Sistem Syaraf & Redflag Si Kecil.


"Setelah bayi terlahir, lalu apa yang harus dilakukan?" tanya Dr. Herbowo AF Seatomenggolo SpA. saat membuka materinya.


Materi yang disampaikan kurang lebih berfokus pada pentingnya memperhatikan nutrisi di 1000 hari pertama kehidupan dan memperhatikan tumbuh kembang anak.

Siklus 1000 hari pertama kehidupan dimulai dari saat janin sudah terbentuk di dalam rahim, sampai anak berusia 2 tahun. Untuk itu lah pentingnya perencanaan kehamilan.

Sebagai ibu hamil dan menyusui, jangan lupa untuk tetap memperhatikan asupan nutrisi, karena apa yang ibu makan akan diserap janin melalui plasenta atau diserap bayi melalui ASI. Yup, seperti kata emakku juga. Makan aja yang banyak. Jangan takut gemuk. Nanti kan bisa turun lagi berat badannya.

Tetapi makan banyak aja juga nggak cukup. Perhatikan apa yang dimakan. Selama hamil dan menyusui, usahakan mengkonsumsikan banyak makanan yang mengandung asam folat, zat besi dan kalsium serta vitamin dan mineral lainnya.

Perbandingan jumlah nutrisi dalam.segelas Prenagen

Jika merasa khawatir tentang kecukupan nutrisi, sebaiknya minum susu 2 kali sehari. Dan susunya juga jangan asal susu. Minumlah susu yang memang dibuat khusus untuk ibu.

Ada Prenagen Esensis untuk yang masih tahap perencanaan kehamilan. Fungsinya untuk menabung asam folat. Sehingga saat sudah mulai hamil, calon janin sudah mendapat nutrisi yang cukup. Karena biasanya, kehamilan baru diketahui saat usia 4 minggu atau saat sudah telat haid. Dan di masa itu sel dan serabut otak sudah terbentuk.

Setelah hamil, di trimester pertama biasanya ibu akan merasa mual-mual. Ada Prenagen Emesis yang kandungannya bisa mengurangi mual.

Memasuki trimester kedua dan terakhir, sebaiknya tetap lanjutkan minum Prenagen Emesis untuk mencukupi kebutuhan nutrisi pada janin yang sedang dalam siklum 1000 hari pertamanya.

Nah setelah lahir, usahakan memberi ASI ekslusif karena ASI adalah gizi terlengkap untuk bayi. Minun Prenagen khusus ibu menyusui untuk menambah nutrisi.

Nutrisi yang tepat akan membantu perkembangan janin agar terlahir normal dan lengkap, dan tumbuh kembang anak setelah dilahirkan.

Tumbuh kembang anak adalah hal yang harus diperhatikan setelah kelahiran. Pantau berat badan anak, lingkar kepala dan tumbuh kembangnya dari waktu ke waktu.

Sebagai orang tua, penting untuk mengetahui tahapan atau fase tumbuh kembang anak. Tahapan-tahapan tersebut biasanya ada dan bisa kita baca di buku KMS (Kartu Menuju Sehat) yang digunakan untuk mencatat pertumbuhan anak.

Dengan mengetahuan tahapan dan tumbuh kembang anak sesuai usianya, kita bisa lebih waspada dan segera berkonsultadi dengan dokter jika seandainya anak kita mengalami keterlambatan tumbuh kembang.

Untuk membantu tumbuh kembang, sebagai orang tua kita bisa memberi stimulasi. Dan stimulasinyang baik alah stimulasi yang diberikan oleh kedua orang tua, baik ayah maupun ibu. 

Membuat Minuman Sehat Dengan Prenagen Untuk Ibu Hamil & Menyusui


Usai materi tentang pentingnya nutrisi untuk tumbuh kembang anak, lalu datanglah Cheff Eddrian Tjhia dengan kreasi minuman sehat untuk para ibu.


Sayangnya aku harus absen di sesi ini karena kebelet ke kamar kecil. Untung dalam goodie bag ada buku resep minuman sehat dari Cheff Eddrian, jadi nanti bisa dicontek aja dan bikin sendiri di rumah.

Mau nyontek resepnya? Lihat di foto ini, ya!


Tetapi sebelum acara talk show, aku sempat mencicipi smoothie buatannya sih. Rasanya enak. Kombinasi Prenagen dan beberapa buah-buahan. Sempet foto bareng chef juga. Hihi.

Senam PRENAFIT


Terakhir sebelum acara ditutup, seluruh pengunjung diajak melakukan gerakan senam. Gerakan senamnya sederhana tetapi berpengaruh besar untuk menunjang kesehatan ibu agar tetap fit menjalani aktifitas. 


Salah satu jenis senam yang dapat dilakukan oleh ibu hamil dan menyusui adalah senam kegel.

Senam kegel berfungsi untuk memperkuat dasar panggul, mencegah inkontinensia stres kemih dan prolapsi organ panggul, dan pastinya bisa mrmbantu mempercepat proses penyembuhan setelah melahirkan.

Selain kegel, ibu hamil dan yang habis melahirkan juga bisa melakukan gerakan half roll-up & down. Yaitu gerakan sit-up yang sudah dimodifikasi agar bisa dilakukan oleh ibu hamil dan habis melahirkan.

Gerakan Half Roll-up & down

Sesi senam PRENFIT ini benar-benar membuka mataku bahwa senam itu bisa dilakukan sendiri di rumah. Ya, selama ini kan aku paling males ikut senam hamil di klinik atau nggar-sanggar senam. Akibatnya? Back pain sungguhlah menyiksa.

Yap, kesimpulannya acara PPEJ ini sangat bermanfaat. Banyak ilmu yang kudapat. Wawasanku bertambah. Semoga tahun depan aku bisa ikut lagi. Dan para ibu yang kelewat ngga ikut PPEJ tahun ini, bisa ikut di tahun depan.

Nah, sementara nunggu event PPEJ hadir lagi tahun depan, ada baiknya kita sekarang sering-sering main ke website Prenagen dan ikutin semua sosmednya. Banyak ilmu juga kok di sana. Cus!

Facebook: Prenagenworld
Twitter: @Prenagenworld Instagram:@prenagenworld

28 komentar

  1. Aaaakkk seru banget yaaa acaranyaaa. Di-usg 4D juga pula! Btw, aku pas hamil Amanda sempat didiagnosa plasenta previa, Mbak. Itu berminggu-minggu aku doaaaa terus supaya letak plasentanya geser ke atas seiring membesarnya bayi. Soalnya gak ada yg bisa dilakuin kalo plasenta udah di bawah, ga ada cara apapun untuk naikinnya kecuali berdoa. Dengan keajaiban doa itulah, Allah nolong kita.

    Semoga dirimu nanti lahirannya lancar dan normal yaaa. Aamiin. :)))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duh ya, ternyata dirimu srmpet ngalami plasenta previa. Ngeri bgt. Tp Alhamdulillah seiring pertumbuhann janin, diagnosa plasenta previamu ngga jadi ya. Mgkin krn rahim.yg membesar jd plasenta ketarik ke atas gitu ya. Bener2 deh kekuatan doa.

      Makasih doamu mba. Laaff

      Hapus
  2. penasaran sebenarnya kenapa bisa jadi ada masalah plasenta previa? sepertinya msh jd misteri ya. Acaranya komplit banget ya mba, Prenagen mem/g keren konsisten mendukung ibu hamil d/nmenyusui

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah aku tulis kemungkinan penyebab plasenta previa di atas mba :) tapi peny3bab pastinya mmg hanya Tuhan yg tau ya

      Hapus
  3. Eventnya pas banget ya, lagi hamil jadi banyak info yg di dapat

    BalasHapus
  4. Susuku jaman hamil Thifa Hana nih. Jaman hamil dulu aku gapernah senam hamil hiks. Mau ikut sanggar males ga ada temennya. Padahal bisa dilakukan sendiri ya di rumah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama akubjg malees ke sanggar, skrg bs senam sndiri d rmh. Haha

      Hapus
  5. aku hobi minum susu waktu hamil atau menyusui. anak2 jadi pada cerdas kurasa krn ini salah satunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa jadi mba, dan ada faktor turunan jugaa

      Hapus
  6. Inspiratif ya Andin, semakin tersadarkan bahwa yang mengurusi janin itu bukan hanya istri yang hamil tapi juga suami harus ikut andil karena belaian dan perhatian suami dapat menguatkan seorang istri terlebih sedang hamil..Abang Ranu usgnya lucu ya. Aku belum pernah nyobain 4 dimensi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betuul, dukungan suami sangat berarti. :+

      Hapus
  7. Aku hamil dulu juga minumnya Prenagen, hehehe. Soalnya ga bikin eneg. Sempat nyoba merk lain tapi ga kuat baunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cobain prenagen yg baru deh mba, rasa kacang ijo. Enaakk

      Hapus
  8. Mbak, udah senam PrenaFit apa blom? Semoga kehamilan ke 4 ini lancar ya, ga ada hambatan berarti. Sehat-sehat semuanya

    BalasHapus
  9. Di Bandung ga ada yaa..?

    Seriusan acaranya mantap.
    Banyak kata-kata yang bikin aku melting pas baca tulisan mba Noe.

    Salah satunya pas suami Andien bilang kalau kehamilah istri adalah kehamilan dia juga.


    *uhhuukk...jadi pingin progmil anak ke 3.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bandung kan kota besar ya, biasanya ada. Coba cari infonya di web mba. :*

      Hapus
  10. Dulu gk ad nih snam prenagen.... tp wktu hamil minum susu inu krn bsu sengny gk kntara..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, dulu pernah ikut ppej jg yaa

      Hapus
  11. Makasih Noe, informasinya, jadi belajar nih aku soal hamil menghamili #eh :D

    BalasHapus
  12. Jadi ngerti banyak info tentang kehamilan ya, Mbak ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, beruntung bgt bs dtg ke ppej aku

      Hapus
  13. Aku dulu nggak pernah senam hamil Noe, untung aja ya ga kena backpain krn masih usia ranum <<>>. Noe yg rajin senam ya biar sehat dan lancar nanti pas kelahiran adeknya Ranu :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, senam sendiri di rumah. Masalahku drRkehamilan pertama smpe sekarang, pegel di punggung. Mgkin krn struktur tulangku yg agak bubgkuk udang. Haha. Tp aku bandel, ngga aku jadiin keluhan sih. Dirasa sendiri aja. Makasiih doanyaa

      Hapus
  14. Duh sayaang bgt ya aku kemaren ga bisa ikutan acaranya, hiks...
    info2nya keren2 mba, apalagi buat bumil macam kita yaa...

    BalasHapus
  15. Wah, bagus banget acaranya..
    Semoga lancar sampe nanti lahiran ya Noe. *Aamiin

    BalasHapus

Sila berkomentar untuk meninggalkan jejak, supaya memudahkan saya juga untuk kunjungan balik. Cheers!