Pengen Ikut UZone Stop Motion Competition


Dari kemarin aku lihat beberapa teman share info lomba berhadiah go pro hero 5. Mupeng lah aku. Trus jadi pingin ikutan. Walau lombanya agak sulit buatku. Itu loh. Bikin video stop motion dengan tema warna budaya Indonesia.

Beberapa hari ini aku mikir keras. Mau bikin video apa ya? Hahah.

Padahal kan ya, Indonesia adalah rumah dari 1340 suku yang bermukim di 13 ribu pulau lebih. Tersebar dari Sabang sampai Merauke. Dari Myanga sampai Pulau Rote. Ngga heran kalau krmudian lahir beragam budaya, ras, bahasa, suku dan agama di Indonesia.

Nah, kearifan lokal merupakan salah satu jati diri dari suatu daerah yang biasanya tidak dimiliki daerah lainnya. Dibalik keunikan itu lah tersimpan banyak sekali nilai kebijaksanaan setiap daerah yang sangat tinggi sebagai alat pemersatu bangsa.


Sebagai contoh nih, kearifan lokal yang paling dekat dengan tempat tinggalku, ada masyarakat adat Baduy di Banten Selatan. Baduy dikenal memiliki kearifan lokal berupa hidup yang menyatu dengan alam dan menolak segala bentuk modernisasi.

Atau kearifan lokal di Tana Toraja yang pernah aku lihat. Itu ooh tentang upacara pemakaman. Duh apa namanya aku lupa. Haha. Lagi malas googling pulak. *tabok diri sendiri*

Oya, kalian udah tau belum kalau lomba video stop motion yang aku sebut di atas tadi itu, diselenggarakan untuk menyambut Hari Kebangkitan Nasional.


Penyelenggaranya adalah uzone.id yang memang udah biasa menggelar program tahunan Stop Motion Competition. Kali ini tema yang diusung adalah “Warna Budaya, Untuk Indonesia Satu."

Melalui kompetisi ini uzone.id mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk menunjukkan kearifan lokal daerah masing-masing dalam bentuk karya film stop motion. Hadiahnya gilaaaak. Duit jutaan dan action cam.

Ini loh hadiahnya;

JUARA 1: Uang 10 JUTA + GOPRO HERO5
JUARA 2: Uang 5 JUTA + XIAOMI YI 4K
JUARA 3: Uang 3 JUTA + XIAOMI YI 4K
HADIAH HIBURAN: 5 ACTION CAMERA

Simak cara ikut kompetisinya ya!
  1. Like Fanpage & Subscribe Youtube UZoneIndonesia
  2. Buat karya berupa video stop motion dengan format MP4 bertema "Warna Budaya Indonesia Satu" versimu. Durasi maksimal 60 detik dengan resolusi minimum 1280 x 720 pixel
  3. Login di https://expose.uzone.id, lalu pilih "Upload Video". Pastikan ukuran maksimal videomu adalah 100Mb. Selanjutnya, tunggu notifikasi email dari pihak uzone.id.
  4. Jangan lupa share di socmed bahwa kalian sedang mengikuti USCM 2017 dengan menyertakan hastag #USMC2017 dan mention ke @uzoneindonesia. Karena nantinya, juri akan memilih 5 pemenang hiburan dari 20 karya dengan like terbanyak untuk mendapatkan hadiah berupa ACTION CAMERA.


Lumayan banget kaan! Untuk lebih lengkapnya tentang kompetisi ini, klik aja ya https://expose.uzone.id. Skalian intip tuh siapa aja juri-jurinya. Trus kenalin deh seperti apa selera juri biar bisa menang. Hahah.

Jadi, kalian mau ikut ngga? Aku kemungkinan besar bakal ikutan. Karena UZone Stop Motion Competition ini sekaligus untuk promosi kerifan lokal Indonesia yang tercinta. Setiap daerah kan pasti punya keunikannya masing-masing.

Dan walau berbeda, tetapi pasti mempunyai nilai kebijaksanaan yang bernilai tinggi sebagai alat pemersatu bangsa. Dan kayaknya aku udah nemuin ide budaya apa yang bakal aku jadiin tema dalam video stop motion nanti. Hihi.

12 komentar

  1. Bookmarked dulu yaa, mupeng sama hadiahnya.

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. Eym, duit gede dan gopro terbaruuu

      Hapus
  3. Blognya girly Mbak Noe. Eh, gagal fokus yaa ^^V Suka deh pinky-pinky gitu ^^

    BalasHapus
  4. Jadi pengen ikutan, makasih infonya Mbak Nurul :D

    BalasHapus
  5. Wah serba bingung mau ikutan ga bisa bikin video bagimana ini. Hahaha

    BalasHapus
  6. Mantap banget hadiahnya, kudu cari patner nih buat bikin video hehe

    BalasHapus
  7. wih hadiahnya gede banget. Bagi ide dong, mbake

    BalasHapus
  8. Masih gaptek soal video. Sukses ya

    BalasHapus
  9. Kudu belajar bikin video stop motion dulu nih,makasih kakak infonya

    BalasHapus

What wasn't said, will never be heard. What wasn't wrote, will never be read. Tinggalin komentar yuk...