Menangis Terharu Karena Aplikasi Hallo Bumil


Aku hampir menitikkan air mata, tepat ketika aku selesai membuat akun dan mengisi data di aplikasi HALLO BUMIL. Apa sebab? Ini nih, karena pesan ini;

"Minggu ini aku sudah bisa mendengar lho Ma. Horeee"

Begitu cara aplikasi HALLO BUMIL untuk memberi tahu sudah sejauh mana perkembangan kehamilanku.

Aku merasa sapaan itu benar-benar diucapkan oleh buah hati yang saat ini masih berumur 18 minggu dalam rahimku. Bagaimana aku tak merasa terharu?

Aku sampe niat banget nih merekam bagaimana saat pertama kali aku membuka aplikasi HALLO BUMIL. Liat deh!

Sebuah kiriman dibagikan oleh nurul noe (@nurullnoe) pada


By the way, ini adalah kehamilanku yang keempat. Kehamilan yang bisa dibilang terjadi lebih cepat dari yang kami rencanakan. Tetapi meski begitu, rasa bahagia atas kehamilan ini tak pernah berkurang kadarnya jika dibandingkan dengan kehamilan sebelum-sebelumnya.

Bagiku, kehamilan, melahirkan dan menyusui adalalah keajaiban dalam hidup. Itu sebabnya aku selalu berusaha menjalaninya dengan bahagia. Menikami dan memperhatikan perkembangannya dari waktu ke waktu. Tak ingin ada kulewatkan sedikitpun. Sayangnya, di kehamilan kali ini, aku agak keteteran. Mengingat usia abang Ranu (anak ketiga) yang bahkan belum sampai 2 tahun umurnya.

Saat tau aku hamil lagi, banyak suara bernada negatif dari orang sekitar.

"Yaampun! Kasian amat Ranu, nanti ngga keurus"
"Berenti nyusuinnya, nanti janin ngga kebagian nutrisi dan lahir cacat"
"Doyan amat bikin anak terus"

Mendengar itu aku kesal. Sedih. Takut. Khawatir. Semua perasaan itu campur aduk dalam hati. Aku stres, sekaligus terdorong untuk membuktikan bahwa mereka salah.

Aku makan banyak agar asupan nutrisi cukup untuk 3 nyawa. Aku, janinku, dan Ranu yang masih kususui. Aku juga berusaha mencurahkan lebih banyak perhatian kepada Ranu agar ia tetap merasakan kasih sayang yang tak berkurang walau aku hamil lagi. Alhamdulillah, dengan dukungan suami, semua berjalan lancar.

Dan aku merasa bahwa aku sedang menjalani kehamilan dengan bahagia, walau tetap menyusui.

Aku, abang Ranu, dan kehamilanku, beserta support suami.

Tetapi tiba-tiba ada yang menyadarkanku bahwa ternyata selama ini aku sering lupa pada kehamilanku sendiri. Aku terlalu sibuk dengan abang Ranu. Ya, namanya juga bayi kan. Ada masanya rewel. Kalo ngga rewel ya minta main nggak ada capeknya. Aku jadi terlalu sibuk sama Ranu, dan lebih banyak lupanya untuk melakukan hal-hal sederhana untuk janinku.

Aku lupa olah raga pun senam hamil. Aku lupa jam berapa harus sudah tidur malam hari. Aku lupa minum susu. Aku lupa mengajak janin bicara. Banyak lupanya deh.

Untung nih ya, akhir pekan lalu aku berkesempatan hadir di PPEJ Jakarta 2017. Itu loh, Prenagen Pregnancy Education Journal yang bertempat di Pullman Hotel pada 8 April lalu.

Berkenalan Dengan Aplikasi HALLO BUMIL


PPEJ merupakan event tahunan yang diadakan oleh Prenagen untuk memberikan edukasi kepada para orang tua, baik calon ibu maupun bapak, agar lebih tau betapa penting menjaga kehamilan untuk membantu Siapkan Awal Kehidupan Terbaik Si Kecil. PPEJ Jakarta 2017 kemarin juga sekaligus menjadi momen Launch Pregnancy APPS bernama HALLO BUMIL.


Aplikasi HALLO BUMIL yang dibuat oleh PT. Cakra Radha Mustika, sebenarnya sudah ada sejak lama. Hanya saja dulu namanya I LUV BABY. Nah, kebetulan nih, yang menjadi sponsor utama aplikasi HALLO BUMIL adalah PRENAGEN & KALBE NUTRITIONAL.

Prenagen sendiri merupakan Ahlinya Nutrisi Kehamilan & Menyusui. Sedangkan KALBE NUTRITIONAL adalah brand yqng sudah berpengalaman puluhan tahun dalam memproduksi makanan dan minuman kesehatan.

Jadi wajar kalau HALLO BUMIL menjadi apliaksi pendamping kehamilan interaktif pertama dan nomor 1 di Indonesia.

Oya, di acara PPEJ kemarin, ada banyak booth yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung untuk mendapat banyak informasi. Sebelum acara talk show dimulai, aku sempat keliling ke beberapa booth.


Aku mampir ke booth susu dan Prenagen juice untuk icip-icip rasa. Di sana aku jadi tau kalau Prenagen juice punya rasa baru yaitu buah dan sayur. Begitu juga dengan susunya, sekarang ada Prenagen rasa kacang hijau yang asli enaknya.


Di booth mini kitchen, aku sempat melihat chef membuat aneka kreasi minuman dari susu Prenagen. Salah satunya adalah smoothie susu Prenagen dikombinasikqn dengan pisang dan pepaya.

Dan aku juga ke booth konsultasi kehamilan dengan dokter. Tetapi aku malah ngga sempat mampir ke photobooth untuk ambil gambar. Karena menurutku, konsultasi dengan dokter lebih penting.

Sebelum konsultasi, aku diminta install aplikasi HalloBumil di hape. Aku sih nurut aja. Cuma install aplikasi sih gampang lah ya. 

Sambil menunggu antrian, aku cari aplikasinya di playstore Android dengan kata kunci "HalloBumil". (Klik linknya untuk install di androidmu, ya!).

Screenshot timeline Halo Bumil di krhamilanku yang ke 18 minggu

Nggak lama, muncul hasil pencarian dan langsung kuinstall. Setelah aplikasi sudah terpasang di hapeku, langsung kubuka dan kuikuti arahan. Aku ditanya apakah sudah positif hamil? Serta pertanyaan-pertanyaan lain untuk menggali informasi mengenai kehamilanku. Dan saat semua info sudah lengkap, mahluk kecil yang saat ini sudah mulai bisa mendengar menyapaku.

Ya, Tuhan...sudah sejauh itu perkembangan janinku! Kalau bukan karena aplikasi HALLO BUMIL, aku tak akan tau.

Aku masih bisa merasakan mataku berkaca-kaca saat tiba giliranku konsultasi dengan dokter.

"Maaf, dokter. Aku masih terharu gara-gara aplikasi" ujarku membuka sesi konsultasi.

"Kenapa, Mama" dokter menyapaku ramah. "Sapaan di timeline mingguannya bikin terharu, ya?" tanyanya kemudian.

"Iya, dok. Berasa itu beneran anak saya yang lagi ngomong"

"Iya, Mama. Begitulah uniknya aplikasi HALLO BUMIL. Ada timeline mingguan yang bakal ngingetin Mama lewat pop up notifikasi. Jadi Mama akan selalu diingatkan apa yang harus dilakukan sesuai usia kehamilan. Apalagi nanti kalau sudah mendekati HPL, Mama akan lebih sering diingatkan. Untuk menghitung gerakan janin, lebih banyak gerak dan memeriksakan kandungan ke dokter"

"Oh, gitu ya, dokter"

"Iya, Mama. Soalnya kalau sudah dekat HPL kan janin sudah semakin besar. Ruang geraknya semakin sempit. Makanya Mama bisa merasakan setiap gerakannya. Nah, tanda janin yang sehat adalah yang aktif bergerak. Jadi Mama bisa lebih waspada kalau misal gerakan janin berkurang atau ngga seaktif biasanya."

"Iya, dok. Saya jadi inget kasus tetangga saya beberapa bulan lalu. Anaknya meninggal di dalam rahim."

Aku sedang konsultasi dokter. Foto dicandid oleh Astin.

Sesi konsultasiku dengan dokter di event PPEJ hari itu lebih mirip obrolan santai. Dan pembawaan dokter yang sangat enak dalam menyampaikan informasi tentang aplikasi HALLO BUMIL. Aku jadi bisa menangkap setiap pesan yang disampaikan dengan jelas.


Salah satunyan penjelasan tentang aplikasi asiknya aplikasi HALLO BUMIL yang bisa dijadikan tempat untuk menyimpan foto-foto hasil USG. Semua foto itu nanti akan tersimpan dan satu hati bisa kita buka-buka lagi bersama anak-anak yang sudah kita lahirkan.

Selain soal aplikasi, aku masih sempat konsul mengenai kehamilanku. Aku tanyakan tentang apakah boleh ibu hamil tetap menyusui? Dan pertanyaan lain yang selama ini cukup membuatku penasaran dan khawatir.

Dokternya bilang, belum ada penelitian yang membuktikan bahwa tetap menyusui ketika sudah hamil lagi akan membuat bayi terlahir cacat atau gimana-gimana gitu. Ibu hamil bisa tetap menyusui asalkan tidak pernah ada riwayat keguguran. Soalnya, saat menyusui akan ada rangsangan pada puting dan bisa menyebabkan kontraksi. Pada ibu hamil dengan kondisi kandungan lemah, bisa saja terjadi keguguran.


Mendengar penjelasan dokter seperti itu, aku semakin yakin untuk meneruskan menyusui Ranu sampai usianya 2 tahun. Lagian HPL ku masih sekitar awal September. Sementara Ranu akan genap berusia 2 tahun pada akhir Agustus. Jadi nggak papa dong kalau aku tetap menyusui dengan keras kepala. Hehe.

Selesai konsultasi, dokter memberiku souvenir berupa hand sanitizer cantik berwarna ungu. Nggak lama setelah konsultasi, seluruh pengunjung PPEJ diminta memasuki ruangan untuk mulai acara utama, yaitu talk show bareng para nara sumber yang akan berbagi banyak ilmunya seputar kehamilan dengan tema "Terbaik Untuk Yang Teristimewa".

Apa saja isi talk shownya? Lanjut ke postingan selanjutnya, ya! Klik: #PPEJ2017JKT Terbaik Untuk Yang Teristimewa.

32 komentar

  1. aku juga ikut install Noe, apakah mama sudah dipastikan hamil? aku sih enggak, cuma pingin tahu, HalloBumil aplikasi yang unik itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Owalah mba tin install jg. Hihi. Yaudah kasih afrk lah buat Fira sekalian. Haha

      Hapus
  2. noe fotomu bagusss yg serba pink itu..semoga anaknya kali ini cewek ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin ya Allah, makasih doanya mbaaa :*

      Hapus
  3. Aaaah, jadi pingin hamil lagi. *eh* Bahagia bangett kalau ada aplikasi yg perhatian buat Bu Mil, ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Idah, kamu jgn lupa install kalo nanti hamil lg, utk pantau kesehatan dan rekam foto UsG adiknya Jasmin yaa

      Hapus
  4. Aaaaah Prenagen sekarang ada jusnya!!! Pasti enaaaaakkk banget yah <3 <3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah lama ada jusnya mba, tp dulu cuma rasa delima gitu, skrg ada yg buah dan sayur. Enak juga lho

      Hapus
  5. jadi terharu baca cerita mbak yg sdg hamil tp tetap membagi watu utk abang Ranu yg mgkn usianya sama dgn anakku saat ini, salut. Skrg enak ya ada aplikasi Hallo Bumil, jd kayada yg ngingetin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa, selalu ada pengingat. Pendamping bgt nih aplikasi hallo bumil

      Hapus
  6. Aku aja ga hamil penasaran cobain apalagi yg lagi hamil ya. Pasti berguna banget

    BalasHapus
  7. Eh ada prenagen juice juga? Aku baru tau. Penasaran pengen cobak 😁😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha, udah lama ada prenagen jus. Coba cati di minimarket, boleh kok diminum yg lg gk hamil jugaa

      Hapus
  8. Aih seneng banget diajak ngomong sama janin. Aplikasi ini bener-bener berguna buat panduan bumil

    BalasHapus
  9. Wah baru tau ada aplikasi kehamilan, bisa mengingatkan tentang apa apa saja yang harus kita lakukan dengan perkembangan janin ya mba Noe?
    Jarak yang rapat antara anak aku pernah mengalami nya namun kata orang tua bagus itu mereka nanti besarnya bersamaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, kayak mamas dan kakak, mereka basar bareng dan alhamdulillah akuur

      Hapus
  10. Jadi buka aplikasinya nih aku, bagus ya Halo Bumil, aplikasinya lengkap. Jadi pengen hamil lagi, eh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, ayo bikin anak perempuan lagii

      Hapus
  11. bagus ya mba, dengan aplikasi ini ibu hamil jadi punya catatan juga nanti buat kenang-kenangan kalau anaknya sudah besar..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba Nunu, bisa buat kenang2an sampe nanti anak udh gede. Hihi

      Hapus
  12. aplikasinya keren bangeeet...
    akunya udah lahiran tapii.. mupeng deh aplikasi tumbang anak versi indo jugaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, iya, ada ngga yaa aplikasi pendamping ortu utk pantau tumbang? Menarik tuh

      Hapus
  13. Aku merasakan hal yang sama, mba Noe.
    Hamil dengan jarak usia yang dekat..rasanyaaa...gemesh sama orang-orang di sekitar yang nyinyirin.

    Yang paling sakit, kalo itu adalah saudara.
    Pingin tak ciwel.


    Hamil...hamil...
    Gak boleh marah.


    Kalo uda negative vibes nya muncul, diingetin sama suami buat jaga kesehatan
    Dibeliin susu, kadang juga dibikinin.

    Alhamdulillah,
    Adeemm...

    Jangan lupa minum susu Prenagennya yaa, mba Noe..
    Sehat selalu buat mama dan dede kecil, calon mujahid islam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya dimana2 emang gitu ya mba, org akan selalu punya alasan utk nyinyirin org lain. Hmmh.
      .
      Btw, makasih doanya mba. Sehat selalu jg utk mu. :*

      Hapus
  14. Pas hamil Dema dulu, Maxy jg msh usia 1,5 tahunan.
    Risiko punya bayi lg aktif2nya dan hamil lg.
    Dinikmati wae hehehe
    Moga sehat2 terus kehamilannya mbak.
    Aplikasinya ok banget ya jd bumil mudah dpt info seputar kehamilan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah, senasib kitaa. Tp aku.udh dua kali ngerasain kayak gini. Jaran anak 1 dan 2 jg deketan aku mah. Yg skrg kejadian lg anak ke 3 dan 4. Haha

      Hapus
  15. Laaahh...kenapa Prenagen baru ngeluarin rasa kacang hijaunya sekarang hahahaaa... dulu aku bisanya konsumsi yg rasa coklat. Belum ada yg juice2 juga kayak sekarang *awas klo kamoh nyaranin aq hamil lagi ya Noe :))

    Asyik ya ada aplikasi Hallo Bumil gini, berasa banget bondingnya sama anak kita sejak masih janin. Enjoy your pregnancy Noe, semoga sehat terus ibu dan babynya yaaaa... muaachhh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha. Aku ga nyaranin hamil lagi, aku nyaranin beli susu prenagen kacang ijo yg banyak trus kirim ke aku aja. Wkwk

      Hapus

What wasn't said, will never be heard. What wasn't wrote, will never be read. Tinggalin komentar yuk...