Curhat Paket Internet


Semenjak jaringan 4G mulai dikenalkan di Indonesia, kenapa ya paket internetan jafi mahal-mahal harganya. Terutama untuk paket di jaringan 3G. Tapi sebagai pemanis, paket internet yang ditawarkan sekarang tuh selalu dikasih bonus kuota untuk jaringan 4G.

Seneng sih kalau jaringan 4G nya udah merata. Masalahnya, di kota tempat tinggalku jaringan 4G belum stabil. Misal nih, salah satu kartu, jaringan 4G di rumah bagus banget, giliran di tempat kerja, ngga ada sinyal 4G.

Trus kartu yang lain malah sebaliknya, di tempat kerja sinyal 4G bagus banget, giliran dibawa ke rumah, aih, keok. Cuma dapet sinyal 3G. Mana kuota 3G kan biasanya cuma dikasih dikit kalo beli paket. Yang lebih buanyak sampe luber malah kuota 4G.

Misal nih, harga paket jaringan 4G LTE Telkomsel. Untuk paket yang harga 85 ribu area serang, dapetnya;
- 2GB di jaringan 3G
- 3GB di jaringan 4G
- 5GB untuk video streaming


Buat aku ini jadinya lebih mahal dibanding paket-paket internet jaman dulu waktu belum ada sinyak 4G. Dulu tuh, ngga sampe 50rb udah dapet kuota 2 sampai 3GB. Nah sekarang, 80 ribu lebih. Emang sih, dapetnya banyak. Ada bonus kuota untuk di jaringan 4G dan ditambah lagi kuota untuk nonton film streaming. Tapi kan, percuma juga kalau sinyal 4G nya belum stabil dan merata.

Eh, tapi, sinyal Telkomsel sejauh ini masih jadi sinyal yang paling luas sih jangkauannya.

Soalnya, aku mengalamai sendiri kemarin waktu ke Belitung. Di sana, ternyata sinyal yang ada cuma 3 provider. Telkomsel, XL sama satu lagi apa gitu lupa. Antara Axis sama Indosat sih.

Nah, di serang kan aku biasa pake kartu 3 (Three) kalau internetan. Eh ternyata di Belitung ngga ada dong sinyal 3. Jadilah aku ngandelin tethering wifi dari hape suami yang pake Telkomsel. Untung aja suamiku pengguna setia Telkomsel. Kalo ngga, selama 4 hari di Belitung aku bisa manyun.


Soalnya, banyak tugas yang masih harus aku kerjakan walau lagi liburan. Ya deadline blogpost lah, komunikasi sama teman kantor via whatsapp lah, atau sekadar aplot foto liburan ke instagram. Hahah.

Oya, jadi punya tip nih. Saran aja sih sebenernya. Kalau mau pergi jalan ke suatu daerah, ada baiknya riset dulu. Sinyal internet apa yang bagus di sana? Jadi bisa siap-siap sebelumnya.

Nah, kalau seandainya di daerah tujuan cuma ada sinyal Telkomsel aja yang bagus, jafi bisa beli paket jaringan 4G LTE Telkomsel dulu sebelum berangkat. Biar ngga ribrt kayak aku kemaren. Pas hotspot dari hape suami keputus, akunya manyun lagi. Belum lagi kalo hape suami habis batre. Hahahah. Rempong.

9 komentar

  1. Iya Mbak, di sini juga gitu. Di rumah 4G bagus, eh pas di sekolah malah kebat kebit. Padahal aku bisa ngebut nulis kalo pas kelar ngajar sambil nunggu waktu pulang. Dah gitu harga paketannya emang pada naik sih.

    BalasHapus
  2. Aku pakai telkomsel, di rumah lanar pakai jaya, tapi beberapa kilo dari rumah, tepatnya di skolah anakku, lose signal. Huhuu, gak bisa ngonline kalau pas jemput anakku.

    BalasHapus
  3. memang kadang di php in kuota 4g, bonus 5gb 4g tp sinyal gk dpt kn sama aj gk adabonus

    BalasHapus
  4. telkomsel emang teruji hingga pelosok. saya juga mengalamin ketika teman - teman pada manyun enggak bisa update karna engga ada sinya semua minta di teatering. hahaha

    BalasHapus
  5. Ngg ada sinyal bisa mati gayaaa kitaaa

    BalasHapus
  6. It was wonderful reading it.Thanks for sharing.

    LOve,
    Joanna

    BalasHapus
  7. aku pengguna setia telkomsel..sinyal nggak ada matinya :)

    BalasHapus
  8. Kalau lagi di luar rumah saya pakai Telkomsel. Keke juga pakai Telkomsel sedangkan Nai pakai IM3. Tapi perasaan kalau Keke yang pake boros amat. Akhirnya kalau lagi di luar dia saya kasih Mifi Smartfren :D

    BalasHapus
  9. saya juga mengeluhkan dengan mahalnya paket data sekarang,
    , di tambah lagi smartphone saya belom mendukung jaringan 4G :'(

    BalasHapus

Sila berkomentar untuk meninggalkan jejak, supaya memudahkan saya juga untuk kunjungan balik. Cheers!