Jumat, 21 April 2017

Berat Badan Abang Ranu Turun


Bulan ini, berat badan abang Ranu stuck. Turun 1 ons. Aku sedih. Abang Ranu terlihat kurus. Indikator di KMS pun sudah di tanda kuning.

Belum lama ini memang Ranu habis sakit. Cuma deman padahal. Ngga tau apa penyebabnya. Ngga ada batuk atau pilek juga. Awalnya kukira karena mau tumbuh gigi. Tetapi ternyata enggak juga. Syukurlah cuma 2 hari terus sembuh. Kalau sampai 3 hari ngga sembuh juga, udah pasti aku akan lari ke dokter.


Tetapi yang bikin sedih tuh, semenjak sembuh dari sakit, si abang jadi susah banget makan. Yang mau dia makan cuma buah pisang. Selain itu, susu dan susu aja yang dia minta. Dipaksa makan tetap nggak mau. Yang ada dia ngamuk ngga karuan. Dikasih cemilan bakwan sayuran juga kurang suka. Perkedel kentang untuk asupan karbo pun ditolak.

Masalah pencernaan kemudian muncul. Si abang jadi sering konstipasi. Aku jadi tambah stres.


Kemudian aku inget salah satu brand makanan bayi yang dulu jadi favoritnya si abang. Milna.

Dulu, pertama-tama mulai MPASI, aku coba bikin sendiri. Tapi ada saat aku repot dan ngga mungkin masak. Misal saat pergi traveling. Biasanya makanan anfalan yang selalu aku bawa untuk abang yang masih baru belajar makan adalah biskuit milna dan bubur bayi milna.

Nah, berhubung sekarang si abang udah hampir 2 tahun umurnya, ngga mungkin kukasih bubur susu milna. Sempet kucobain sih, tapi si abangnya ngga mau. Haha. Yakali, anak udah punya banyak gigi dikasi bubur susu yang super lembut gitu. Udah ngga cocok. 

Aku coba kasih yang Milna Bubur Bayi untuk 9 bulan ke atas, yang teksturnya lebih kasar juga ngga mau. Aku curiga, ini si abang jangan-jangan kayak aku, lebih suka makanan manis.


Lalu kucoba lah kasih biskuit todler yang rasa coklat, dan kubikinin puding Milna yang juga punya rasa coklat. Alhamdulillah, dia mau makan pudingnya. Makin senang saat ingat bahwa puding terbuat dari rumput laut. RuMput laut kan mengandung banyak serat. Juga ada kandungan gizi yang sangat baik untuk tubuh.

Kandungan Gizi pada Puding;
  • Kalsium

Puding biasanya mengandung susu sehingga membuat puding memiliki kadar kalsium cukup tinggi. Seperti kita tau, kalsium merupakan unsur penting bagi kekuatan tulang dan gigi. Kalsium juga mineral yang paling banyak terdapat dalam tubuh manusia, seperti di sel darah, tulang dan gigi. Kalsium juga mempengaruhi kontraksi otot, keseimbangan hormon dan transmisi impuls saraf. 

  • Vitamin dan mineral

Vitamin dan mineral menjadi komponen utama pada puding.  Ada vitamin D dan magnesium yang dapat memperkuat struktur tulang dan lapisan luar gigi. Selain itu, ada vitamin lain juga yang terkandung dalam puding antara lain vitamin A, C, B6, B12, dan E.

  • Protein

Protein mengandung enzim spesial yang berguna untuk metabolisme dan pencernaan tubuh. Protein juga berfungsi dalam kontraksi otot dan reproduksi sel darah merah. Protein juga berguna dalam menjaga agar rambut, kuku, dan kulit anak sehat.

Mengetahui fakta-fakta gizi dalam puding, setidaknya untuk sementara ini aku jadi tenang. Tapi tetap berharap nafsu makan abang Ranu kembali normal. Mau makan nasi, lauk, sayur dan buah.

Tapi untuk saat ini, aku sudah cukup lega karena Milna memiliki banyak varian produk makanan untum bayi. Ngga cuma bubur saja, tapi ada biskuit dan puding.


Oya, tahun ini ternyata Milna sedang berulang tahun yang ke-30. Udah berpengalaman sekali tentunya ya.

Aku ingat waktu baru punya satu anak dulu, sempat bingung saat memilih MPASI untuk anak. Maklum, imbu muda belum banyak pengalaman. Untungnya waktu di supermarket, di tengah kebingunganku memilih banyak merk, ada mba SPG Milna yang membantu. Dia menjelaskan tentang Milna dan mengapa aku harus pilih Milna. 

Setelah itu aku jadi keterusan. Dan walau udah bisa bikin MPASI home made, aku tetap beli Milna untuk jaga-jaga kalau pas ngga sempat masak. Dan semenjak bisa bikin homr made MPASI, aku jadi lebih suka pilih Milna yang organic. Lebih nyaman di hati soalnya. Ngga perlu kuatir sama dampak buruk pestisida, pupuk kimia dan lainnya.

Thanks ya Milna dan PT. Kalbe Nutritionals yang udah jadi sahabat terbaikku selama memiliki anak. Mulai dari anak pertama sampai ketiga. 

4 komentar:

  1. Yasmin lebih suka Asin malah. Apalagi asinnya biskuit toddler milna. Tapi ngga nolak juga kalau dikasih manis. Hihihi. Mau-an bangett. Persis Ibunya. :P

    BalasHapus
  2. Abang Ranu, ayo semangat makan bubur Milnanya, biskuit dama pudingnya juga enak loh. Umminya Fira dulu ikut camilin juga.

    BalasHapus
  3. Semangaaat yaaa makannyaaa... ada masa di mana anak2 memang mohok makan noe, terus nanti lahap lagi :)

    BalasHapus
  4. Wah ini biskuitnya enak, aku yang gede aja doyan haha. Ranu banyak makan yaa biar cepat besar :D

    BalasHapus

What wasn't said, will never be heard. What wasn't wrote, will never be read. Tinggalin komentar yuk...