Kuliah Gratis? Bisa!


Dulu, selepas SMK aku pingin banget kuliah jurusan Sastra Inggris. Sayang, bapak lebih suka aku lanjut ke sebuah lembaga pendidikan yang memberi garansi bahwa lulusannya bisa langsung dapat kerja. Ya mau ngga mau aku ikut aja apa mau bapak. Asal bapak bahagia. Aku mah gitu, penurut. Eaa.

Di lembaga pendidikan yang entah bisa disebut kuliah apa ngga, aku sempat merasakan dapat beasiswa. Soalnya IPK ku bagus terus. 4. Wajar lah, jurusan yang aku ambil sama dengan yang kupelajari di SMK. Akuntansi. Nah di tahun pertama kuliah, semua mata kuliahnya sama dengan mata pelajaran SMK. Ini mah judulnya ngulang!

Tapi hal tak terduga terjadi di tahun kedua. Bapak kecelakaan dan usahanya bangkrut. Mau ngga mau aku kerja sambil kuliah supaya hidup terus berjalan. Hidup memang berat, jendral!

Konsentrasiku terbagi. IPK-ku jeblok. Beasiswa dicabut. Sedih. Tapi aku berusaha bertahan. Ngga boleh putus kuliah. Harus lulus!

Setelah lulus, aku tenggelam di dunia kerja. Sampai sekarang. Impian untuk lanjut kuliah sampai sarjana pun kandas. Padahal kemsempatan mah ada aja, termasuk beasiswa-beasiswa dari berbagai penjuru. Iya, aku sempat memimpikan juga untuk dapat beasiswa S1 di Jakarta.

Ya walaupun aku gagal, setidaknya ada salah satu dari anak-anak bapak yang berhasil dapat beasiswa S1. Bukan beasiswa di Jakarta sih kuliahnya, tapi di Serang. Dia ambil jurusan bahasa Indonesia di Fakultas Keguruan Untirta. Sekarang doi udah mulai kerja jadi guru di Yayasan Pendidikan swasta padahal skripsi aja belum beres.

Kalau melihat perjuangan adikku itu dalam mencari beasiswa, luar biasa banget. Sempet gagal, tapi dia ngga nyerah. Coba terus sampai dapat.

Jadi, kalau kalian pernah gagal dalam mendapatkan beasiswa, jangan takut untuk mencoba lagi. Apalagi masih punya waktu, ngga kayak aku yqng udah kebentur realita. Ya kerjaan, ya anak banyak. Ahahah.

Oya, ini ada tips sukses untuk meraih beasiswa, sapa tau berguna.

Tips Memperpleh Beasiswa


1. Pantang menyerah
Tips pertama adalah pantang menyerah. Karena mencari beasiswa memang tidak semudah membalik telapak tangan. Apalagi beasiswa kan buanyak peminatnya. Persaingan pasti ketat. Dan bisa aja kita gagal karena banyak saingan, atau fakypr lain. Nah, kalau memiliki jiwa pantang menyerah, lalu ketika menemui sebuah kegagalan, kita akan cepat terbangun dan introspeksi kemudian akan melakukan aksi berikutnya mencoba lagi. Oleh karena itu, tanamkan jiwa pantang menyerah ya!

2. Tekad dan niat yang kuat
Tips kedua adalah tekad yang kuat. Tekad yang kuat ini juga harus tanamkan pada diri sebelum melamar beasiswa. Misal, bertekad untuk berkuliah dengan beasiswa karena ingin meringankan beban orang tua. Itu sungguh perbuatan yang mulia, maka lanjutkanlah dan terus tanamkan tekad dan niat awal Anda agar bisa meraih beasiswa yang diinginkan.

3. Rajin belajar
Tips yang terakhir adalah rajin belajar. Rajin belajar adalah kewajiban bagi semua pelajar kan? Biar apa? Biat nilainya bagus dan dapat ranking. Karena nggq bisa dipubgkiri kalau banyak beasiswa diberikan kepada diswa berprestasi di sekolah. Setelah dapatT beasiswa pun begitu. Harus tetap ajin belajar untuk mendapat IPK tinggi, supaya beasiswa ngga dicabut.

Beasiswa dicabut? Itu mah aku, dulu. Hehe. Kalau kalian gimana? Punya pengalaman dengan beasiswa? Sharing sini!

10 komentar

  1. aku juga dulu pingin ambil sastra, tapi ragu-ragu. wah kuliah gratis ya enak juga ya. yuk sipaon buat anak2

    BalasHapus
  2. IPK 4 Noe, Bapakmu pasti seneng banget waktu itu ya. Aku pernah merasakan dapat beasiswa juga. Alhamdulillah kebahagiaan yang terukir jaman kuliah dulu. Semoga anak anakku nantinya bakal mendapatkan beasiswa dan lebih jauh mengenyam pendidikannya, Ammin

    BalasHapus
  3. Aku nggak pernah dapat Beasiswa, jadi gak tau rasanya.. Tapi sebagai orang tua pasti bangga ya. Noe hebat, bisa bikin bangga orang tua :)

    BalasHapus
  4. Aku ga pernah dpt beasiswa sekolah :(
    Pengen ngerasain dpt beasiswa krn nilai2ku bagus. hehe
    semoga anak2mu dpt meneruskan cita2mu ya Noe ^^
    ngambil jurusan yg sesuai dg minat mereka.

    BalasHapus
  5. BAru tau kalau Mbak Noe dari SMK. :D Aku dulu sempat mau ikut beasiswa stelah lulus kuliah, Mbak. Tapi ora sidaaaa. Tekadku kurang kuat waktu itu. :D

    BalasHapus
  6. Aku belum pernah dapat beasiswa, dulu waktu masuk kuliah cuma nggak pake test aja karena dilihat nilai raport. Itu sudah bersyukur banget, apalagi kalo bisa dapat beasiswa ya, pasti sueeneeng

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah pas kuliah dapat beasiswa sampai mau lulus.

    BalasHapus
  8. Aku juga dulu disarankan oleh bapakku untuk gak ambil sastra Inggris :(

    Sekarang pengennya belajar copy writing.

    BalasHapus

What wasn't said, will never be heard. What wasn't wrote, will never be read. Tinggalin komentar yuk...