Jumat, 17 Maret 2017

Aku Hamil Dan Tetap Menyusui


Aku dihadapkan pada dua pilihan sulit ketika tau kalo aku hamil lagi. Mau tetap menyusui Abang Ranu karena hamil lagi, atau stop saja? Di satu sisi, aku pingin janinku mendapat nutrisi yang cukup, tapi di sisi lain aku masih belum sanggup melepas rutinitas ngASI ke Abang Ranu.

Aku masih pingin menikmati masa menyusui sampai 2 tahun, tapi kuatir asupan nutrisi ke badanku ngga cukup dan terbagi tiga, untuk diri sendiri, untuk janin, dan untuk asi. Aduh, aku galau.

Lalu aku mulai konsultasi ke beberapa bidan. Mau ke dokter ngga sanggup duitnya, sih. Hehe. Pakai fasilitas BPJS juga di faskes 1 adanya bidan dan dokter umum. Tapi toh, mereka juga punya ilmu yang cukup soal kehamilan dan menyusui, kan? Fikirku.

Dari 3 bidan yang kudatangi untuk konsul, mereka bilang ngga ada masalah kalau aku mau tetap menyusui. Dengan syarat:
-          Tidak ada riwayat keguguran
-          Pastikan gizi & nutrisi makanan cukup untuk 3 orang (ibu, janin, bayi)
-          Tidak terjadi kontraksi saat menyusui

Selain bidan, aku juga banya sharing dengan mommis lain yang sedang hamildan punya balita yang masih ASI, juga mereka yang pernah tetap menyusui walau sedang hamil. Dari semua sharing itu aku merasa mantap dan yakin untuk lanjut menyusui Abang Ranu walau sedang hamil lagi.

Sebenarnya, produksi ASI-ku sekarang udah ngga banyak-banyak amat sih. Cuman dikit. Dan Ranu juga nyusunya kalo malem aja. Magrib pas akupulang kerja, dan sebelum tidur. Menurutku dia nenen cuma untuk cari kenyamanan aja sebelum tidur. Jadi buatku ngga masalah juga kalau ASI ku ngga sebanjir dulu. Lagian dia udah bisa makan dan minum UHT kalau siang.

Beda ceritanya kalau aku ngga lagi hamil kali ya. Melihat produksi ASI yang sedikit kayak gini, padahal masa menyusui masih setengah tahun lagi ke depan, pasti aku bakal sibuk melakukan segala cara agar ASI ku tetap banyak dan lancar.

Salah satu upaya untuk memperlancar ASI yang bakal aku lakuin adalah dengan mengkonsumsi ASI Booster. Iya, aku yakin aku perlu tambahan ASI Booster selain berfikir positif, berbahagia dan makan makanan bergizi.



Jadi inget, beberapa hari lalu sempet liat di timeline facebook teman tentang ASI Booster Tea, minuman berbentuk teh untuk pelancar ASI secara alami.
Dari informasi yang kubaca, katanya nih ASI Booster Tea terbuat dari 100% bahan alami (herbal) dan bisa melancarkan asi sampai 900% lebih banyak dalam waktu 24 sd. 72 jam. WOW! Dan walaupun namanya the, di dalamnya ngga mengandung daun teh.

Trus komposisinya apa aja? Bisa di liat di gambar berikut yang aku dapat dari www.nakibu.com



Menarik sih. Aku jadi penasaran. Dan informasi ini bakal berguna banget buat aku nanti saat menyusui anak keempat nantinya. Ya, walaupun selama ini ASI ku lancar-lancar aja. But in case aku perlu ASI Booster, aku bakal pilih ASI Booster Tea ini untuk melancarkan ASI.

Soalnya aku inget beberapa minggu lalu, ada teman yang anaknya seumuran Ranu. Dia kena tipes (thypoid). Mau ngga mau dia harus stop dulu menyusui, takut virus tipes menular, kan. Nah, sepulang dari rumah sakit, setelah sembuh tentunya, produksi ASI-nya jadi menurun.  Sedih kan kalo kayak gitu?

Semoga aja aku sehat-sehat selalu. Jadi nga-ASI tetap lancar. Tapi sekali lagi, kalau misal aku sampe beneran butuh ASI booster, aku udah tau harus ngapain.

14 komentar:

  1. Saya juga pake ini waktu ngASI Salfa. Seminggu langsung banyak aja...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah, ternyata dirimu pake ya mbaa. Makin yakin aku

      Hapus
  2. selamat ya Noe, atas kehamilannya. Minum susu dan menjaga asupan juga sangat penting. Sehat sehat selalu yaa, ibu hamil...

    BalasHapus
  3. sehat-sehat terus ya bumil. Gimana Ranu udah ngerti belum mau punya ade

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum ngerti sih mba, tapi aku liat dia ngga cemburuan. Aku gendong anak tentangga malah dia ikut elus2 bayi. Hihi

      Hapus
  4. Wah asyik deh kalo ada ASI booster tea ini saat anakku bayi.
    Sehat terus ya bumil.

    BalasHapus
  5. Waah dulu pas Thifa lahir ASIku dikit blm tau kalo ada booster ASI ky gini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengalaman pertama selalu ya mba, ada hal2 yg kita ngga tau :)

      Hapus
  6. tau gitu dulu aku miinum ini pas produksi asi lagi drop2nya... bumil sehat selalu yaaa

    BalasHapus
  7. Lancar terus ngASInya hingga anak ke4 ya Bunda Noe :*

    BalasHapus

What wasn't said, will never be heard. What wasn't wrote, will never be read. Tinggalin komentar yuk...