Rekomendasi Makanan Diet untuk Golongan Darah O


Setiap manusia memiliki tipe golongan darah yang berbeda-beda. Dan sebelumnya, aku ngga pernah menyangka kalau setiap golongan darah punya jenis makanan yang berbeda-beda untuk menjalani diet sehat. 

Dari berbagai literatur, aku membaca kalau tipe golongan darah O cenderung memiliki masalah pada berat badan. Tetapi fisiknya tergolong lebih kuat dibandingkan dengan golongan darah lainnya.

Selain itu golongan darah O juga berisiko pada tekanan darah tinggi dan kolesterol. Oleh sebab itu, baiknya orang yang bertipe golongan darah O harus memperhatikan pola hidup sehat. Banyak jenis makanan yang harus dihindari dari golongan buah-buahan, sayuran dan kacang-kacangan.

Buah yang dianjurkan untuk dikonsumsi di antaranya adalah apel, anggur dan mangga dalam porsi yang cukup. Untuk sayuran yang dianjurkan dianjurkan untuk mengkonsumsi adalah brokoli, seledri dan lobak. 

Kalau masih penasaran jenis makanan apa saja yang bisa menunjang diet sehat golongan darah O, berikut rahasia menurunkan berat badan secara alami melalui daftar jenis makanan, khususnya untuk golongan darah O.

1. Lemak

Jika ingin mencukupi kebutuhan lemak, lemak tambahan yang bisa dipilih adalah minyak zaitun dan minyak biji rami. Jenis minyak lain yang aman dalah minyak wijen dan minya canola. Sebaliknya hindari minyak biji kapas, minyak jagung dan minyak dari kacang.

2. Buah-buahan

Buah yang baik untuk menurunkan berat badan bagi diet golongan darah O adalah plum dan buah ara. Beberapa jenis jeruk mungkin bisa membantu. Tetapi perlu diketahui juga kalah buah jeruk dan strawberry bisa mengiritasi lambung. Buah melon, seharusnya dihindari karena biasanya menyebabkan masalah alergi.

3. Sayuran

Pilih sayur kangkung, paprika merah, ubi jalar, dan bawang putih. Untuk sayuran yang harus dihindari adalah jagung, kentang dan terong. Kentang dan terong dapat menyebabkan arthritis dan jagung bisa menyebabkan regulasi insulin.

4. Produk Susu

Akan sangat baik jika pemilik golongan darah O menghindari telur dan susu. Tetapi kalau tetap ingin mengkonsumsinya, cukup pilih keju tanpa lemak dan yoghurt. Dan jangan banyak-banyak ya.

5. Kacang-kacangan


Makanan sehat untuk diet golongan darah O yang selanjutnya adalah pemilihan kacang-kacangan yang tepat. Hanya ada dua jenis kacang-kacangan yang aman dikonsumsi oleh pemilik golongan darah O yakni kacang polong dan pinto. Dan sebaiknya, hindsri jenis kacang lain.

Selain beberapa makanan yang dikonsumsi di atas, perhatikan juga jenis makanan yang bisa menghambat diet sehat yang sedang dilakukan. Ada jenis buah yang harus benar-benar dihindari, yaitu beri hitam, stroberi, kelapa, blewah, jeruk, pisang raja dan alpukat.

Untuk sayuran, hindari wortel, seledri, daun ketumbar, mentimun, jahe, bawang merah, paprika, lobak, daun bawang, labu, tomat, singkong dan timun jepang. 

Untuk jenis kacang-kacangan, hindari kacang merah dan kacang buncis. Sedangkan untuk daging hindari daging babi, gurita, ikan lele dan angsa.

Anyway, melaksanakan diet sehat dengan konsep yang benar dan sesuai, bukan hal yang sulit jika tau triknya. Catat menu makan sehari-hari dan jenis makanan yang akan di konsumsi. Imbangi program diet dengan olahraga yang teratur, untuk menjaga tingkat metabolisme tubuh, serta membatu membakar lemak.

Gimana? Sudah siap untuk diet sehat?

16 komentar

  1. Waah, golongan darahku A.. ada kisah suksesnya gak sih yg diet golongan darah begini?

    Aku diet gak berhasil-berhasil,, gak berhasil menahan godaan, haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha.. Mbe Mariska curhat detected :D

      Hapus
  2. Plum dan buah ara belum pernah makan sama sekali. Aku langsung googling bentuk-bentukane piyee hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buah ara aku pernah liat di Jakarta :D

      Hapus
  3. Noe, aku suka ketimun, apalagi dijadiin es, seger banget loh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, aku pernah minum es timun pas di cafe :D

      Hapus
  4. golongan darah saya O. Kelihatan berat semua buat saya, ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha, menerapkan diet memang kadang berat ya kak

      Hapus
  5. Aku golongan darahnya A.. Jadi penasaran diet yg pasnya apaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada bukunya mama bo, tp mama.bo kan skrg udh FC yaa, kayaknya udah oke tuuh

      Hapus
  6. Aku AB mak Noe, jadi pengen tahu juga diet yang sehat sesuai golongan darah.

    BalasHapus
  7. Kalau golongan darah B ada ga mbak e

    BalasHapus
  8. wah, kayak di buku saya ni Mba, cuma spesifik buat bumil dan busui

    BalasHapus
  9. kebetulan sy gol darah O menarik dan bermnafaat

    salam kenal

    BalasHapus
  10. Duh...banyak banget yg kudu dipantang ya Noe. Itu sayur2an yg ga boleh itu kesukaanku semua hiks

    BalasHapus

What wasn't said, will never be heard. What wasn't wrote, will never be read. Tinggalin komentar yuk...