Memilih Sabut Spons Pencuci Alat Makan & Alat Masak


Aku tuh jarang masak orangnya. Tapi kalo ada peralatan masak harga promo suka gatel aja pingin beli. Salah satu peralatan masak yang aku beli pas promo adalah wajan teflon. Aku beli di minimarket dengan cara menukar sejumlah stamp dengan wajan yang aku mau dan cuma bayar sedikit uang. Asik deh. Walau pada akhirnya itu wajan teflon lebih banyak jadi pajangan di dapur. Wkwk.

Tapi ya seneng aja kalo udah punya. In case sewaktu-waktu butuh kan tinggal pake. Biasanya sih aku pake kalau bikin bekel anak-anak sekolah. Sampai satu hari aku heran dan kesel sendiri. Itu kenapa teflon penampakannya jadi lecet dimana-mana gitu? Kan buat goreng-goreng jadi lengket. Kok bisa?

Ternyata itu terjadi semenjak aku menghire ((HIRE)) seseorang untuk jagain anak-anak selama aku kerja. Sebut aja si mbak.

Katanya kalau siang, MasKa suka minta digorengin telor mata sapi. Selidik punya selidik, si mbak pake sabut yang kasar untuk menggosok lapisan teflon. Whoaaa. Hancuurr teflonku hancur.

Salahku juga sih ngga ngajarin si mba bagaimana cara merawat peralatan masak dengan benar. Harusnya kan kalau mencuci teflon itu menggunakan sabut yang lembut. Malah kadang kalau ngga kotor-kotor amat dan ngga terlalu banyak minyak, aku cuma siram dengan air lalu dilap pakai tisu.

Ngga lama setelah teflon diskonan di minimarket itu hancur, eh ada lagi momen diskon di e-commerce yang baru buka. Dengan kupon diskon 50% aku beli double pan yang belakangan lagi trend. Asik deh!

Pencarian Sabut Spons Yang Tepat


Aku ngga mau kecolongan dua kali. Sudah saatnya melupakan wajan teflon yang udah lecet-lecet itu. Kini saatnya move on pada double pan anti lengket dan merawatnya dengan baik.

Sebagai langkah awal, aku membeli dua sabut yang berbeda. Supaya kalau ada yang mau cuci-cuci di dapur bisa lebih tau bedanya. Mana sabut atau spons untuk mencuci alat masak biasa, dan mana spons khusus untuk peralatan makan dan peralatan masak anti lengket.

Sabut atau spons yang aku beli untuk mencuci double pan bentuknya unyu. Bentuk hati gitu. Dia lembut di semua bagian. Sayangnya ngga awet. Cepet rusak. Dan lagi, lama bersihnya kalau dipakai nyuci.

Lain cerita kalau pakai sabut yang punya dua sisi berbeda. Ada bagian lembut dan ada bagian kasar. Biasanya kalau ngga sabar kan suka dibalik. Bagian kasar dipakai untuk mencuci double pan. Cepet bersih sih, tapi kan ngerusak. 


Tapi sekarang, finally aku menemukan sabut yang oke bingits. Scotch-Brite™ namanya.

Scotch-Brite™ 3x Lebih Bersih, 3x Lebih Awet


Ibarat pucuk dicinta ulam pun tiba. Minggu lalu aku dapat kiriman dari Scothbrite. Isinya pake bersih-bersih lengkap. Mulai dari kain pel, sapu lantai berbahan nilon premium, sikat WC, sikat wastafel, juga 3 macam spons cuci piring. Semuanya memang yang lagi aku butuhkan. Terutama spons cuci piring itu. Mari kita bedah satu per satu.

Scotch-Brite™ Sabut Spons Hijau

Sabut spons yang warna hijau baik digunakan untuk mencuci alat masak seperti wajan atau panci biasa. Kandungan serat dan mineral berkualitas pada spons hijau Scotch-Brite™, mampu membersihkan lebih sempurna. Sponsnya berbentuk S, sehingga nyaman digenggam dan membuatnya lebih tahan lama. Itu lah kenapa Spons Hijau Scotch-Brite™ mampu membersihkan 3x cepat bersih dan 3x lebih tahan lama.

Scotch-Brite™ Sabut Spons Kuning

Scotch-Brite™ Sabut Warna Kuning dikhususkan untuk mencuci alat makan dan alat masak anti-gores/teflon. Serat dan mineral pada sponsnya lebih lembut dibanding yang hijau, sehingga spons tidak akan menggores dan merusak, namun tetap ampuh membersihkan 3x lebih cepat dan 3x lebih awet. Ini karena sabut dibuat menggunakan teknologi yang ampuh membersihkan kotoran.

Scotch-Brite™ Sabut Spons Pink

Yang satu ini khusus untuk mencuci tempat minum anak-anak atau botol susu yang kadang susah dijangkau. Bentuknya seperti seekor ikan yang memanjang, sehingga mudah digenggam di bagian ekor dan dimasukkan ke dalam botol untuk menggosok bagian dalam hingga dasar. Sama seperti Scotch-Brite™ Sabut Spons yang warna kuning, sabut spons pink juga terasa lebih lembut, sehingga tidak akan menggores botol anak-anak yang kadang bergambar lucu-lucu.

Oya, di facebook fans page Scotch-Brite™, aku membaca bagaimana cara merawat sabut spons agar lebih awet. Tip-nya:

  1. Cuci bersih sabut spons sampai tidak ada lagi sabun di dalamnya
  2. Peras sampai semua air di dalam sabut spons habis
  3. Simpan sabut spons di tempat bersih dan kering
***

Anyway, terima kasih Scotch-Brite™ sekarang aku jadi punya perlengkapan pembersih yang nyaris lengkap. Setelah ini aku bakal gunakan sabut spons yang tepat untuk setiap peralatan masak, alat masak anti gores, alat makan, juga botol minum anak-anak. Formula-nya yang 3x cepat bersih, dan 3x tahan lama juga menyenangkan banget.

Jadi, apakah aku bakal lebih rajin cuci piring?

26 komentar

  1. Wajan teflonku waktu aku kerja juga gt, penuh goretan pada permukaannya. Sedih. Tp sejak aku di rumah,aku menjaganya dengan pakai Alat cuci piring scotchbrite.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Suka serba salah ya mba Tin. Aku org nya gk enakan klo mau ngajar2in gitu. Apalagi hal2 teknis di dapur. Secara aku gk suka sibuk2 di dapur. Tapi ternyata malah begitu deeh

      Hapus
  2. Sama Noeee... Wajan teflonku juga retak retak karena salah beli spon cuci piring

    BalasHapus
    Balasan
    1. Whoaa.. pasti kezel sendiri ya ade liatnyaa

      Hapus
  3. Wah,asyik sekarang lebih rajin dong mbak Noe beberes rumahnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah seharusnya begitu ya, Tis. :D

      Hapus
  4. Mau juga ih punya seperangkat gitu ;)

    BalasHapus
  5. Ternyata produk Scoth-Brite lengkap juga, ya. Mauu doong, Mbaaak. :D

    BalasHapus
  6. Aku pake scotch-brite entah dari kapan saking lamanya. Udah terlanjur suka sama kualitasnya jadi males kalau ganti lagi :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gk bisa pindah kr lain hati ya putt

      Hapus
  7. Baru tau ternyata setiap spons punya peruntukannya sendiri ya. Nggak asal main gosok aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaah, harus sesuai peruntukannya kalo mau brg2 awet :D

      Hapus
  8. wah supaya spon pencuci lebih awet pake merk ini ternyata...

    www.travellingaddict.com

    BalasHapus
  9. Scotch-Brite™ Sabut Spons Kuning itu lembut, suka lama2 makenya :-D

    BalasHapus
  10. Cuci panci dan peralatan dapur lainnya memang paling oke pakai Scotch Brite ya, jadi awet terus

    BalasHapus
  11. Yang spons pink itu ada tangkainya mba? Kan buat nyuci botol ya?

    BalasHapus
  12. panci teflonku abis digosok ama mamah mertua... biar bersih katanya..hadeuh

    BalasHapus
  13. mencuci jadi pekerjaan yang menyangkan ya, boleh lah nanti bantuin di rumah :)

    BalasHapus
  14. Kebersihan sebagian dari iman. Supaya bersih sempurna, alatnya harus yang berkualitas ya ��

    BalasHapus
  15. Lengkap ya produknya..beda warna beda peruntukkan..

    BalasHapus
  16. Naluri perempuan yg umum dimiliki..suka bebelanjaan yg kadang blm dibutuhin banget :D
    Woo'o..pembersih yahuud nih mba

    BalasHapus
  17. Ternyata Scotch Brite ini bermacam-macam ya. Selama ini yang kutahu hanya hijau. Karena yang hijau ini mudah didapat termasuk di toko dekat rumah.

    BalasHapus
  18. Favorit aku jugaaa nih.. Soalnya hasilnya kinclooong..

    BalasHapus

What wasn't said, will never be heard. What wasn't wrote, will never be read. Tinggalin komentar yuk...