3 Perlengkapan Bayi Yang Tidak Perlu Buru-buru Dibeli


Menyambut kelahiran bayi menjadi momen yang menyenangkan. Ibu dan calon bapak juga biasanya ikut sibuk dan bersemangat melakukan persiapan. Seperti aku dan Ojrahar dulu. Saat menjelang kelahiran Abang Ranu, kami bolak-balik mengecek daftar perlengkapan bayi. Sudah cukup kah? Ada yang belum terbeli kah? 

Kami ngga mau kalau sampai bayi audah lahir, eh perlengkapan ada yang kurang. Bisa repot nantinya. Karena kami ingin fokus untuk merawat bayi. Bukan sibuk mencari perlengkapan bayi yang kurang. Untuk itu, sejak beberapa bulam sebelum HPL (Hari Perkiraan Lahir), aku berusaha melengkapi semua yang dibutuhkan.

Sebagian besar perlengkapan bayi aku beli di baby shop di sekitaran Cilegon. Beberapa yang lainnya ada yang dibeli dari toko online. Biasanya, aku memutuskan belanja online kalau ada promo diskon, atau jika barang yang aku butuhkan ngga ada di toko-toko sekitar tempat tinggal.

Beberapa perlengkapan yang kubeli online sebelum melahirkan Abang Ranu waktu itu adalah botol kaca ASI dan plastik ASI. Kebetulan waktu itu ada promo voucher diskon dari MatahariMall.com yang baru banget buka. Jadi wajar lah kalau dia banyak bagi-bagi voucher diskon. Untung aja si MM ini jual perlengkapan bayi, jadi aku bisa manfaatin vouchernya. Huehehe. Sampai saat ini pun, aku masih suka dapat email promo-promonya sih. Kadang aku intip-intip barang apa yang lagi diskon, sapa tau cocok dengan apa yang lagi aku butuhkan.

Balik lagi soal perlengkapan bayi. Berdasarkan pengalamanku mempersiapkan perlengkapan bayi sebelum melahirkan, aku merasa ada yang mubazir dan seharusnya aku ngga usah buru-buru beli. Soalnya, setelah melahirkan, aku banyak menerima kado dan isinya banyak yang sudah aku punya.

Kalau aku perhatikan, kebanyakan teman punya ide yang sama dalam pemberian kado. Biasanya adalah barang-barang yang baru bisa dipakai nanti setelah bayi berumur beberapa bulan, atau malah 6 bulan ke atas. Soalnya, mereka akan berfikir kalo kota pasti udah well prepared lah untuk perlengkapan bayi baru lahir.

Nah supaya ngga mubazir, sebaiknya kita ngga usah beli dulu perlengkapan bayi yang memang ngga terlalu urgent. Kalau pun nanti ngga ada yang ngadoin, seenggaknya kita tetap bisa beli nanti-nanti kalau sudah tiba waktunya. Barang apa aja sih biasanya?

3 Perlengkapan Bayi Yang Tak Perlu Buru-Buru Dibeli


1. Peralatan Makan

Seperti kita tau, bayi baru boleh makan setelah umur 6 bulan. Jadi ya menurutku ngga perlu lah beli dari sebelum melahirkan. Peralatan makan itu meliputi mangkok, sendok, training cup, dan high chair. Begitu juga food processor atau slow cooker yang biasa digunakan ibu-ibu untuk memudahkan membuat home made MPASI.

2. Baby Carrier

Baby carrier atau gendongan bayi yang modelnya seperti ransel, umumnya baru bisa dipakai kalau bayi sudah bisa duduk. Setelah melahirkan Abang Ranu kemarin aku sampai dapat 3 kado baby carrier. Untung aja aku belum beli sendiri. Hehe. 

3. Sepatu Bayi

Waktu Mamas dan Kakak bayi, aku hampir ngga pernah beli sepatu bayi sampai mereka bisa jalan sendiri. Maklum  lah, aku ngga terlalu memperhatikan fashion dulu. Abang Ranu pun demikian. Aku ngga beli sepatu bayi sejak sebelum lahiran. Soalnya yang paling penting adalah kaos kaki. Eh tapi untungnya ada yang kasih kado sepatu prewalker model sneakers converse. Gara-gara itu aku jadi hunting yang warna merah biar bisa kembaran saat Abang Ranu mulai belajar jalan.

Itulah ketiga perlengkapan bayi yang tidak perlu buru-buru dibeli. Dengan begitu, kita bisa menghemat uang untuk keperluan lainnya yang lebih penting.

20 komentar

  1. Bener banget, mba. Baby Carier biasanya banyak yang ngasih. Makanya nggak perlu beli. Hihiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah bener kan, banyaj yg ngado baby carrier :D

      Hapus
  2. Kebayang, bayi baru lahir udah mikirin beli slow cooker. Hihihihi
    Popok ajaa popook. :D

    BalasHapus
  3. Sama banget Mbaaakk :D Aku belum beli peralatan makan, eeh Alhamdulillah ada yg ngadoin ^^ Sama sepatu juga belum beli, lebih milih beli kaos kaki karena anaknya belum jalan dan lebih berguna juga buat menghangatkan kaki, apalagi sekarang musim hujan. Kalau baby carrier, nanti pas anaknya udah bisa duduk mau coba sewa dulu biar tau yg nyaman buat anak dan ayah ibunya yg mana :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betuul, peralatan makan pasti banyak yg ngadoin. Hihi. Nah untuk baby carrier, memang harua cobain langsung, bukan cuma kenyamanan, tapi mana yg aman utk bayinya juga ;)

      Hapus
  4. Iya betul. Ketiga perlengkapan bayi itu belinya bisa nanti aja ya siapa tau dikasih kado nantinya. Yang wajib beli yang utama macam baju, popok itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Woih, mba Li masih hafal. Ayo mba bikin bayi lagi #eh

      Hapus
  5. Setuju Mbak, memang ada perlengkapan yang tidak perlu buru-buru dibeli. Selain masih lama dipakainya, juga biasanya bisa punya dari kado, ya he he he

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari kado aja kadang bisa dpt lbh dr 1 brg yg sama :D

      Hapus
  6. Aku semuanya dikadoin, jadi enggak beliii hihihi #udahfeelingkdonyagituan :))

    BalasHapus
  7. haha..jadi nggak perlu buru-buru beli ya mbak siapa tau dapet kado :D

    BalasHapus
  8. Halo semua, saya MRS OLIVIA PHILLIPS
    Anda memiliki pinjaman mendesak?
    Apakah Anda perlu sebuah proyek pinjaman?
    Membeli rumah atau mobil?
    Untuk membayar utang?
    "Investasi Kredit" penawaran
    Anda memiliki kesulitan keuangan?
    Mereka telah ditolak oleh bank dan ditipu oleh penipu?
    Kami menawarkan pinjaman pada tingkat bunga 2%.
    kami di sini untuk membuat masalah Anda sesuatu dari masa lalu !!
    Silahkan email kami sekaligus, kami menjamin pengobatan segera
    Dalam waktu 24 jam tanpa biaya atau beban perusahaan saya membutuhkan pinjaman mendesak.

    Hubungi: oliviaphillipsloancompany@gmail.com

    Terima kasih telah memilih kami.

    BalasHapus
  9. Halo semua, saya MRS OLIVIA PHILLIPS
    Anda memiliki pinjaman mendesak?
    Apakah Anda perlu sebuah proyek pinjaman?
    Membeli rumah atau mobil?
    Untuk membayar utang?
    "Investasi Kredit" penawaran
    Anda memiliki kesulitan keuangan?
    Mereka telah ditolak oleh bank dan ditipu oleh penipu?
    Kami menawarkan pinjaman pada tingkat bunga 2%.
    kami di sini untuk membuat masalah Anda sesuatu dari masa lalu !!
    Silahkan email kami sekaligus, kami menjamin pengobatan segera
    Dalam waktu 24 jam tanpa biaya atau beban perusahaan saya membutuhkan pinjaman mendesak.

    Hubungi: oliviaphillipsloancompany@gmail.com

    Terima kasih telah memilih kami.

    BalasHapus
  10. Halo,
    Nama saya Yuli dari Jakarta Selatan di Indonesia, saya ingin menggunakan medium ini untuk memberi nasihat kepada setiap orang agar berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di sini, sehingga banyak pemberi pinjaman pinjaman di sini adalah semua penipu dan mereka hanya di sini untuk menipu anda dari uang anda, Saya memohon pinjaman kira-kira 200 juta dari seorang wanita di Dubai dan saya kehilangan kira-kira 10 juta tanpa mengambil pinjaman, mereka bertanya lagi dan sekali lagi untuk kos, saya membayar hampir 10 juta lagi saya tidak mendapat pinjaman,

    Tuhan menjadi kemuliaan, saya bertemu seorang sahabat yang baru saja memohon pinjaman itu, dan dia mendapat pinjaman tanpa tekanan apa pun, jadi dia memperkenalkan saya kepada Puan Olivia Daniel, dan saya memohon 400 juta, saya rasa itu adalah jenaka dan penipuan, tetapi saya mendapat pinjaman saya kurang dari 24 jam hanya 2% tanpa cagaran. Saya sangat gembira kerana saya diselamatkan daripada menjadi miskin.

    jadi saya nasihat semua orang di sini yang memerlukan pinjaman untuk dihubungi
    Puan Olivia Daniel, melalui e-mel: (oliviadaniel93@gmail.com)

    Anda masih boleh menghubungi saya jika anda memerlukan maklumat lanjut melalui e-mel: (yuliy3531@gmail.com)

    sekali lagi terima kasih semua kerana membaca kesaksian saya, dan semoga Allah terus memberkati kita semua dan memberi kita hidup dan kemakmuran

    BalasHapus
  11. Halo,
    Saya Puan Patricia Johnson pemberi pinjaman pinjaman swasta yang memberikan pinjaman peluang masa hidup. Adakah anda memerlukan pinjaman segera untuk membayar hutang anda atau anda memerlukan pinjaman modal untuk meningkatkan perniagaan anda? Adakah ia ditolak oleh bank dan agensi kewangan lain? Adakah anda memerlukan pinjaman penyatuan gadai janji? Lihatlah lagi, kerana kita berada di sini untuk semua masalah kewangan anda. Kami meminjam wang dari orang yang memerlukan bantuan kewangan, yang mempunyai kredit buruk atau memerlukan wang untuk membayar bil, untuk melabur dalam perniagaan pada kadar 2%. Saya mahu menggunakan media ini untuk memberitahu orang ramai bahawa kami akan memberikan bantuan yang boleh dipercayai dan bersedia menawarkan pinjaman.

    Hantarkan e-mel kepada kami: (patriciajohnsonloanfirm@gmail.com)

    BalasHapus
  12. LOAN OFFER FOR ALL (APPLY NOW)

    Are you a businessman or woman? Are you in any financial stress? do you need Money to start your own business? Do you have a low income and find it hard to get loan from local banks and other financial institutions? The Answer is here, Matilda Blake Loan Firm is the answer. We offer;

    a) personal loans, business expansion.
    b) Business Start-up and education.
    c) debt consolidation.
    d) Hard Money loans.

    However, our method offers the possibility to indicate the amount of loan needed and also the duration you can afford to complete the loan repayment with an interest rate of 2%. This gives you a real chance to raise money you need. Interested candidates should contact us via Email: matildablakeloanfirm@gmail.com

    BalasHapus
  13. Halo,
    Nama saya adalah Puan Regina Gomez, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang menawarkan pinjaman kepada 100% peluang kewangan masa hidup dan dipercayai.

    * Adakah anda mempunyai kewangan yang tidak baik?
    * Adakah mencari pelaburan atau pinjaman peribadi?
    * Adakah anda memerlukan wang untuk membayar bil & hutang?
    * Adakah anda memerlukan pinjaman perniagaan?

    Cari tiada lagi. REGINA FINANCE di sini untuk diletakkan
    senyum kewangan di wajah anda, Hubungi kami
    melalui e-mel di: (reginafinance90@gmail.com).
    Kami menawarkan semua jenis pinjaman termasuk

    - Pinjaman Perniagaan
    -Minjaman Gadai Janji
    -Pinjaman Peribadi
    -Pinjaman pelajar
    pada kadar faedah yang tinggi. Modal kami dijamin dan selamat, kebahagiaan pelanggan kami adalah kekuatan kami, kami adalah syarikat pinjaman yang bereputasi, sah dan terakreditasi. Kami memberi pinjaman kepada individu dan syarikat yang memerlukan bantuan wang tunai.
    Hubungi kami melalui e-mel di: (reginafinance90@gmail.com).

    BalasHapus
  14. Halo,
    Nama saya Yuli dari Jakarta Selatan di Indonesia, saya ingin menggunakan medium ini untuk memberi nasihat kepada setiap orang agar berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di sini, sehingga banyak pemberi pinjaman pinjaman di sini adalah semua penipu dan mereka hanya di sini untuk menipu anda dari uang anda, Saya memohon pinjaman kira-kira 200 juta dari seorang wanita di Dubai dan saya kehilangan kira-kira 10 juta tanpa mengambil pinjaman, mereka bertanya lagi dan sekali lagi untuk kos, saya membayar hampir 10 juta lagi saya tidak mendapat pinjaman,

    Tuhan menjadi kemuliaan, saya bertemu seorang sahabat yang baru saja memohon pinjaman itu, dan dia mendapat pinjaman tanpa tekanan apa pun, jadi dia memperkenalkan saya kepada Puan Olivia Daniel, dan saya memohon 400 juta, saya rasa itu adalah jenaka dan penipuan, tetapi saya mendapat pinjaman saya kurang dari 24 jam hanya 2% tanpa cagaran. Saya sangat gembira kerana saya diselamatkan daripada menjadi miskin.

    jadi saya nasihat semua orang di sini yang memerlukan pinjaman untuk dihubungi
    Puan Olivia Daniel, melalui e-mel: (oliviadaniel93@gmail.com)

    Anda masih boleh menghubungi saya jika anda memerlukan maklumat lanjut melalui e-mel: (yuliy3531@gmail.com)

    sekali lagi terima kasih semua kerana membaca kesaksian saya, dan semoga Allah terus memberkati kita semua dan memberi kita hidup dan kemakmuran

    BalasHapus

Sila berkomentar untuk meninggalkan jejak, supaya memudahkan saya juga untuk kunjungan balik. Cheers!