Rabu, 21 September 2016

Sayang Anak? Perhatikan Isi Rumah!


Saat memasuki usia 1 tahun, Abang Ranu makin aktif bergerak. Terutama aktif belajar jalan. Walau belum lancar berjalan sendiri, alias masih dititah, si Abang maunya main di luar rumah. Seneng aja dia, dititah dan jalan kesana kemari di antara anak-anak sebaya Mamas dan Kakak yang lagi asik bermain. Kadang, si Abang ikut-ikutan mau nendang bola, atau ikutan lari-lari sambil tertawa ceria.

Melihat semangat belajar si Abang dan kesenangannya main di luar, kadang aku kuatir. Kuatir Ojrahar atau akunya kecapekan njagain trus sakit pinggang. Haha. Eh, ngga ding.


Maksudnya ada aja yang dikhawatirkan soal Abang Ranu. Yang khawatir ketabrak anak-anak lain, khawatir ketendang, juga khawatir ketular virus flu batuk kalo lagi musim. Atau yang paling umum terjadi biasanya si Abang suka jatoh karena pegangannya terlepas saat titah. Aduh. :(

Iya, si Abang tuh maunya dia yang pegang jari tangan orang yang nitah dia. Jadi bukan orang dewasa yang pegang tangannya Abang Ranu. Sounds so sweet sih, ada pria kecil memegangi jemari tangan mamaknya. Jadi siapa yang nitah dan siapa yang dititah sebenernya? Haha.

Pakai Skidder


Balik lagi soal kekhawatiranku pada Abang Ranu, sebagai ibu aku tentu merasa perlu berbuat sesuatu. Minimalnya selalu waspada dan sangat berhati-hati dalam menjaga dan menemani hari-hari Abang Ranu. Begiru juga dengan Ojrahar. Diiringi dengan pemberian asupan nutrisi agar si Abang punya cukup energi untuk berqktofitas fisik dan juga perkembangan otaknya.

Usaha maksimalnya, adalah dengan tindakan prefentif, seperti selalu memakaikan skidder setiap kali Abang Ranu ngajak jalan.

Dulu waktu Abang Ranu lagi aktif-aktifnya belajar merangkak, aku malah ngga pernah pakaikan knee protector untuk melindungi lututnya. Seoalnya aku merasa yakin lantai rumahku aman dan ngga akan melukai lututnya.

Beda urusannya dengan di luar rumah yaitu jalanan komplek yang terbuat dari paving block. Jatuh dikit aja bisa lecet. Kalau pun ngga jatuh, ujung jari bayi yang masil lembut bisa aja kegores saat jalan trus luka. Kan kasian ya.


Saat belajar jalan kayak gitu, ngga cocok pakai sepatu prewalker lagi. Paling tepatnya ya skidder.

Skidder adalah sepatu bayi anti slip dengan sol karet pada bagian bawah dan kaos kaki untuk bagian atasnya.

Ranu senang sekali kalau sudah mulai dipakaikan skidder. Dia sudah hafal. Kalau pakai skidder, berarti mau diajak jalan ke luar. Hehe.

Sebenarnya skidder juga cocok aja dipakai di dalam rumah. Bisa untuk menangkal dinginnya lantai. Eh tapi kan Serang gerah, jadi ngga pake skidder atau kaus kaki pun ngga masalah kalau di dalam rumah.

But actually I still have a big problem here. Terutama setelah Abang Ranu umur 1 tahun dan udah pancar jalan sendiri.

Interior Ramah Anak


Masalahnya, Ranu tuh kalo udah jalan suka ngga pake rem. Jadi aja sruduk sana sruduk sini. Pernah satu hari jidatnya kebentur pinggiran pintu sampai benjol dan biru. Pernah waktu lagi asik main mobil sambil berdiri, keseimbangan kakinya oleng dan jatuh. Hampir saja kepalanya terantuk ujung meja yang bersudut siku. Aduh!

Kejadian-kejadian itu membuatku kepingin ganti semua interior di rumah. Haha. Macam orang kebanyakan duit aja. Habis gimana dong? Menjaga anak dengan penuh kehati-hatian kan perlu banget. Bukan sekedar ngikutin si anak jalan atau lari kemana-mana, tapi juga sebisa mungkin menciptakan lingkungan yang aman.

Walau sayangnya keinginan dan kebutuhan kadang ngga sejalan sama yang namanya budget. Sampai akhirnya aku ingat tentang kupon diskon di Paylesser. Situs penyedia kupon diskon bernama Paylesser itu pernah aku ulas juga di blog khusus traveling. Dulu aku nulis di sana karena Paylesser juga menyediakan kupon diskon hotel. Barangkali ada yang pernah atau malah belum baca. :D

Buka Situs Paylesser


Kali ini, aku balik lagi ngubek-ngubek Paylesser untuk cari kupon diskon demi berburu perlengkapan dan isi rumah, dan aku menemukan Blibli Shopping Voucher di sana.


Oya, seingatku, kalau belanja di Blibli kan gratis ongkir ke seluruh Indonesia. Pernah nonton iklannya di TV. Jadi cocok lah, bisa belanja dengan harga diskon plus gratis ongkir. Dobel deh asiknya.

Nah kalau udah dobel untung gitu aku jadi makin pingin jual kamera lama dan beli mirrorless di Blibli pake kupon diskon Paylesser. Haha. Soalnya, untu kategori Blibli Electronics Gadgets juga ada kupon diskonnya. Huhuuu. Gini deh bahayanya kalau buka-buka situs Paylesser. You know why? Because it has so many discount voucher, so you can shop online with the best offers and deals at Paylesser.

My Whistlist


Balik lagi ke Abang Ranu aja deh. Walau pun buanyak kupon diskon yang menggoda di sana, aku harus tetap fokus pada tujuan awal. Ini bebera0a daftar barang yang ingin kubeli;

1. Sofa

Credit: blibli

Pinginku sih ganti sofa yang rangka kayunya invicible gitu, tertutup busa semua. Jadi ngga usah khawatir kalo tiba-tiba si Abang jatuh dekat sofa. Jadi ngga ada bagian yang keras dan lancip yang bisa melukai si baby yang masih rentan.

2. Coffee Table

Credit: blibli

Aku juga kepingin ganti meja dengan coffe table yang tidak bersudut tajam. Coffee table kan sekarang bentuknya macem-macem ya. Ada yang bundar, oval, bahkan ada yang bentuknya ngga beraturan. Hihi. Lucu-lucu!

3. Bookshelf

Credit: pinterest

Seiring dengan bertambah banyaknya buku di rumah, satu rak buku ternyata ngga cukup. Nah, pingin beli lagi deh jadinya. Tapi maunya beli yang ramah anak juga. Kalau lemari biasa kan tetap ada bagian bersudut tajam dan keras. Salah satu yang aku idamkan yaitu rak buku model hanging on the wall. Banyak pilihannya dan semua unik!

Begitu lah curhatanku sebagai mamak yang kepingin ganti interior dengan alibi sayang anak. Haha. Nah buat keluarga baru yang sedang membangun rumah dan mau melengkapi isi rumahnya, boleh dipertimbangkan lho. Pilih interor atau furniture yang ramah anak. Jadi nanti kalau udah punya anak, ngga usah kegatelan pingin ganti lagi kayak aku. *self keplak*

38 komentar:

  1. punya anak kecil mulai memperhatikan keselamatan anak di dalam rumah ya. Mulai dari furniture sampai barag2 lainnya diusahakna tidakmembahayakan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaah mba, betuul. Aku sedih kali lah setiap ranu kepentok benda keras klo lg aktif gk mau diem. Hiks

      Hapus
  2. Bookself sama coffee tablenya bikin lost focus! Ish mau ish :( aduh lucu banget sih dan kenapa aku bacanya tanggal segini? Gajian masih seminggu lagi sis huhuhuhuhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masukin wishlist lalu checkout bayar minggu depan, wkwkwk

      Hapus
  3. Paling bahaya tuh kalau ada barang pecah belah di rumah mba. Takut kalau melukai anak :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba betul, makanya aku jg klo d rmhbl wanti2 ke smua anggota klrg utk gk simpet barwng berbahaya smbarangan

      Hapus
  4. Umar pun lagi belajar jalan sendiri kadang arudak srudug ga jelas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi begitulah anak-anak yg br bisa jalan :D

      Hapus
  5. Baru tahu ada skidder ini Mbak, menarik sekali.

    Semoga whistlist--nya terpenuhi ya.

    BalasHapus
  6. Wah coba saya tahu ada skidder ini dari dulu ya.....

    BalasHapus
  7. Aduh ini cocok banget buat isi calon rumah saya yg masih kosong mlompong. Kayaknya sofanya pas ya buat yg rumahnya mungil..hihi.. Coffee tablenya pun lucu..ngga kuatir kalo anak2 jalan dan kepentok. Rak bukunya jugaaa..bisa menghemat tempat. Aduh thanks for sharing ya Mba.. :)

    BalasHapus
  8. Skidder tuh belinya di mana ya mak? Anakku juga lg belajar jalan nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di baby shop banyak, coba cari babi shop online atau di ig atau di e-commence ;)

      Hapus
  9. Kyaaa.... aku naksir sma bookshelfnyaa mbak.... bisa ditiru nih keknya. Hhee

    BalasHapus
  10. Nah, aku kayaknya butuh Bookshelf deh mba, xixi, soalnya buku2 mulai berceceran tak tertampung lemari buku lg, hadeuh... hunting ah

    BalasHapus
  11. Arfa juga pake skidder waktu belajar jalan dan aman bangeet..banyak di toko2 perlengkapan bayi n online

    BalasHapus
  12. Sofanya bikin mupeng,cantik bingit! Kayaknya nyaman tuh buat baca buku sembari tiduran. Haha...:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu pertimbanganku soal sofa, bs buat tiduran sekalian krn gk ada sandaran tangan yg keras :D

      Hapus
  13. Eh gratis ongkir *kalo denger yang gratis2 ;angsung nongol* coba ah ceki2 bibli

    BalasHapus
  14. Itu sofa nya cakep banget, bisa untuk tiduran juga :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa, emg sofanya baguus itu, aman utk anak dan nyaman utk boboan org dewasa :D

      Hapus
  15. kalo punya anak kecil memang harus banget perhatiin isi rumah..apalagi colokan listrik, ngeri aja tkt kesetrum :(

    diniratnadewi.blogspot.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, di rumahku colokan listrik posisinya tinggi semua, jadi amaan :D

      Hapus
  16. sepatu itu... bener banget, bisa meminimalisir anak agar tidak terjatuh emang. nggak licin. eh.. buat orang dewasa juga ada dan aku suka banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah baru tau ada yg buat org dewasa :D

      Hapus
  17. paling takut kl anak masukkin tangannya ke colokan listrik...akhirnya ditutup2in semua deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju, steker listrik klo bs jgn ada yg kejangkau anak2 posisinya

      Hapus
  18. Baru tau buat anak baru belajar jalan itu ada sepatu khusus nya

    BalasHapus
  19. Wishlistnya all keren2 bgt.Termasuk skiddernay yg dipake abang Ranu *sambil mbayangin si chubby ranu yg aktif hehe

    BalasHapus

What wasn't said, will never be heard. What wasn't wrote, will never be read. Tinggalin komentar yuk...