Selasa, 21 Juni 2016

Catatan Puasa MasKa Tahun 2016


Ramadhan tahun ini sudah memsuki minggu ketiga. Alhamdulillah, Mamas & Kakak yang umurnya 9 & 7 tahun, puasanya penuh terus. Lancar. Belum pernah batal.

Berbeda dengan tahun lalu, Kakak cuma dapat 15 hari puasa full. Sisanya puasa bedug, alias latihan puasa sampai jam 12 siang, lalu lanjut puasa lagi sampai magrib. Tahun ini semoga bisa gol semua puasa sebulan penuh. Baik Mamas & Kakak. Aamiin.


Sekarang, mau coba flash back dan membandingkan cerita puasa anak-anak antara tahun lalu dan tahun ini.

Ramadhan tahun 2015


Kalau Mamas sih Ramadhan tahun lalu jugas udah full terus puasanya. Hampir tanpa kendala atau drama kalau si Mamas. Mungkin karena memang anaknya udah mulai besar. Faktor sabar juga mendukung.

Sedangkan si Kakak, dulu bisa dapat 15 puasa penuh seharian karena kalau siang kebanyakan tidur. Jadi jam 12 kelewat. Nah kalau dia bangun tidur udah jam 2 an, suka dirayu-rayu untuk lanjut. Pokoknya ngga boleh buka puasa kalau udah lewat jam 12.

Si Kakak rewel sih. Ngerengek binta buka. Tapiiii yang ngerayu juga harus kuat supaya bisa lanjut. Hihi.

Salah satu trik tahun lalu, supaya bisa puasa penuh sampai sore ya dengan memberi motivasi menggunakan kalimat pujian. Seperti, "Kakak pinter, soleh, pasti bisa puasa sampai sore. Sabar ya! Biar disayang Allah."

Namanya anak-anak, dipuji dan dimotivasi ngga bisa langsung ngaruh dan semangat. Rasa lapar dan haus pasti lebih kuat mempengaruhi perasaan dan fikirannya. Dulu sih, aku berusaha mengalihkan perhatiannya dengan cara memberinya aktivitas yang kira-kira membuatnya senang dan lupa rasa lapar. Tapi bukan aktivitas fisik yang nguras tenaga. Biaa dengan nonton film kartun, baca buku baru, atau menggambar mewarnai.

Ramadhan Tahun 2016


Tahun ini, agak get amazed juga lihat si Kakak yang hampir tanpa rewel minta buka puasa pas bedug dzuhur. Selain umurnya yang sudah bertambah, aku fikir muatan agamanya juga jadi faktor pendukung buat Kakak untuk bisa puasa penuh.

Iya, sebab setahun terakhir ini kan Kakak sudah mulai sekolah SD dan juga sekolah TPA sorenya.

Aktivitas harian selama puasa juga ngga banyak berbeda dengan hari biasa. Si Kakak bersama Mamas tetep main ke luar. Biasanya pagi dan spre mereka main bulu tangkis. Kalau siang, sama Ojrahar dilarang ke luar rumah selama puasa. Biasanya disuruh tidur siang. Atau kalau ngga ya nonton TV, main mainan lain di dalam rumah.

Tapi namanya anak-anak, tetap ada hal yang suka bikin ortunya pusing. Yaitu permintaannya suka aneh-aneh untuk menu buka puasa. Bukan permintaan berlebihan sih, tapi ngga biasanya aja. Misal, minta dimasakin oatmeal seperti di buku resep. Ya untung aja oatmeal mah gampang masaknya. Hihi.

Yaa, selagi aku bisa, aku masakin. Kalau jenis masakan tertentu yang aku ngga bisa masaknya ya beli aja. Biar gampang, akunya ngga ribet masak, tapi anak tetep bahagia.

Sesekali diajak buka dengan menu mewah juga. Seperti kemarin buka dengan menu pizza domino. Kebetulan ada voucher MAP hadiah kuis yang bisa dimanfaatin untuk beli pizza. Alhamdulillah... Makan gratis. Haha.

Pizza memang jadi makanan mewah buat kami. Sebab ngga bisa sering-sering beli. You know lah! Hubungannya sama isi dompet sih.

Nah, makan pizza untuk buka puasa kemarin itu kuanggap sebagai traktiran untuk Mamas & Kakak yang sudah berhasil naik kelas di sekolahnya. Sekaligus jadi motivasi supaya mereka semangat melanjutkan puasa sampai hari idul fitri nanti. Aku sudah janji juga, nanti kalau ada rejeki lagi, bisa buka puasa dengan pizza lagi, atau burger.

Walau demikian, anak-anak sudah tau kok, puasa itu untuk menjalankan kewajiban sebagai muslim, bukan karena supaya dibelikan pizza. 

Bismillaah, soleh terus ya, Nak! Aamiin.

11 komentar:

  1. Semoga tahun depan sudah bisa puasa full ya kakak :)

    BalasHapus
  2. asik semoga sampe akhir puasanya lancar ya mamas & kakak... btw ranu puasa juga? hahaha

    BalasHapus
  3. Kakak hebat! Semoga lancar puasanya ya. Eh pizza kan bisa bikin sendiri yang waktu itu mbak share resepnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Len. Tapi mumpung ada vocer jd pake jajaj aja. Haha

      Hapus
  4. lancar terus puasanya ya Maska bentar lagi kok udah mau selesai

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa, aamiin. Makasiih tante Lidyaa

      Hapus
  5. Semongat ! semoga ramadhan tahun depan lancar terus yaa :)

    Download/Watch Allegiant (2016)

    BalasHapus

What wasn't said, will never be heard. What wasn't wrote, will never be read. Tinggalin komentar yuk...