Selasa, 03 Mei 2016

Garut, Masih Jadi Impian

Foto: digarut.com

Ada yang pernah denger tentang kampung Sampireun di Garut? Sampireun sebenarnya jadi destinasi idamanku sebelum nikah sama Ojrahar dulu. Kepingin banget bisa bulan madu di sana. Haha. Apa lah daya, Tuhan justru mengirim kami berdua untuk honeymoon ke tanah para Daeng, Sulawesi Selatan.

Kalau mengingat masa sebelum nikah, dan kembali lagi ke masa sekarang, suka ngga percaya rasanya. Ternyata udah 2 tahun lebih ya kami menikah. Dan sekarang udah punya anak aja. Udah 8 bulan pula umurnya.

Udah banyak diajak traveling juga tuh bayi. Hiking ke bukit udah, traveling keliling kota udah, blusukan ke pedesaan dan masuk hutan udah. Naik pesawat udah. Ojek? Apa lagi! Angkot dan bus udah biasa. Yang belum tuh kereta api. Oya, ke pantai juga belom pernah. 

Nah kan, jadi pingin lagi ke Garut. Karena ternyata Garut yang terkenal dengan dodolnya itu punya pantai yang kece. Pantai Santolo namanya. 

Lokasinya ada di kecamatan Cikelet, tepatnya di sebelah selatan pusat kota Garut. Kalau dari kota Bandung jarak tempuhnya kurang lebih 150 km.

Foto: beritaaktual.com

Pantai Santolo ini memiliki suasana yang sangat tenang, serta menawarkan eksotisme hamparan pasir putih yang bersih dan lembut. Selain panorama pantai, melihat aktifitas para nelayan tradisional juga bisa jadi hal yang menyenangkan di sana.

Tidak jauh dari area pantai, ada abyek wisata lain yang bisa dinikmati, yaitu stasiun tempat peluncuran roket milik Lembaga Penerbangan Antariksa Nasional.

Untuk dapat sampai ke Pantai Santolo, ada 2 pilihan rute yang busa ditempuh. Pertama, rute normal lewat Garut Kota - Cikajang dan Pamempeuk. Bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. Kalau menggunakan kendaraan umum, mulai dari terminal Cicaheul naik bis. Atau kalau berangkat dari Bandung, bisa naik di Terminal Lewi Panjang naik mobil Elf. Ongkosnya Rp35.000. Waktu perjalanannya kurang lebih selama 4- 5 jam. 

Rute kedua, lewat Ciwidey – Cisewu – Bungbunlang dan Pamempeuk. Hanya saja jarak tempuhnya lumayan jauh dan belum ada kendaraan umum. Dengan  kendaraan pribadi, waktu perjalanan sekitar 7 jam.

Nah, buat yang tinggal di Jakarta atau kota lainnya, udaj kebayang ya seberapa jauhnya kalau mau liburan di Pantai Santolo. Jadi akan sangat tidak mungkin kalau ngga nginep. Aku sih ngebayangin bakal asik kalau nginepnya ala camping di pinggir pantai. Haha. Tapi kalaj bawa bayi rasanya belum sanggup akunya.

Kalau hasil googling sih, ada beberapa hotel di sekitaran pantainya Salah satu yang direkomendasikan adalah Hotel Wira Kalingga. Lokasinya ada di Jl. Raya Pamengpeuk No. 102. 

Ada juga Hotel Karang Asih, Amboina, Barokah, Citra Agung, Rahma, atau Wisma Lapan. Kesemuanya itu adalah penginapan yang bisa dipilih. Nah, untuk memudahkan dalam memilih hotel mana sesuai yang sesuai keinginan, ada baiknya lihat dan booking di www.traveloka.com, situs booking hotel online yang terkenal itu. 

Dan berhubung harus nginep, ngga ada salahnya srkalian hunying tempat wisata lainnya. Banyak yang menyarankan untuk bergeram ke arah selatan. Kita bisa menyeberang ke pulau yang biasa dikenal dengan sebutan pulau Santolo. Ngga perlu keluar banyak uang untuk sewa perahu. Cukup membayar sebesar Rp2.000 saja untuk jasa perahu nelayan. Eh, tapi aman ngga yah ngajak Abang Ranu naik perahu nelayan kecil gitu? *brb beli pelampung bayi. 

20 komentar:

  1. Aku belum pernah ke Garut, kalau lewat pernah. Kalau nyari tiket atau hotel aku jg pake traveloka lo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naah, aku jg. Traveloka jd andalan banget hihi

      Hapus
  2. Indah juga pantainya, anak-anak pasti seneng kalo diajak ke sini, bisa puas mainan pasir.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba Li, pingin bgt kesana sm anak2. hohoo

      Hapus
  3. wah jadi inget istirnya kakap sepupu dari cisewu jalannya ampun dhe ke gunung dulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi panoramanya indah kaan. Hehe

      Hapus
  4. udah pernah nyobain kampung sampireun akhir tahun lalu, emang asik banget cocok buat honeymoon he he he he

    dan Garut emang ngangenin loh,,,baru tau juga ada pantainya

    BalasHapus
  5. Udah lama ngga makan dodol garuut. Jdi pingin. Kaaan kaan kaaan. . .

    BalasHapus
  6. anak saya baru berumur 2 bulan, ndak banyak diajak traveleing ndak seperti waktu belum punya anak hampir tiap minggu travelling

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo ajak traveling, anakku dr umur sebulan udh dibawa2.hehe

      Hapus
  7. Ini sering jadi lokasi doa buka puasa kalo ramadhan. Pingin deh ke sana

    BalasHapus
  8. Noeee...Garut sekarang banyak sekali tempat wisata yang dipromosikan ya... Kebayang lamanyaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lama perjalanannya? Apa udah lama mba astin ngga kesana lagi?

      Hapus
  9. Aku juga udah lama banget ke garut.. Tapi belum pernah main ke pantainyaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah kaan, pantai di Garut kan kalah pamor sama dodol yak. Haha

      Hapus
  10. Niy bayi malah udah keliling kemana2 yak, Tante Uniek kalah deeehh...

    BalasHapus

What wasn't said, will never be heard. What wasn't wrote, will never be read. Tinggalin komentar yuk...