Senin, 02 Mei 2016

Asal Pancake a la Noe


Pancake adalah salah satu cemilan favorite di rumah. Bikinnya gampang. Ngga makan banyak waktu. Bahan-bahannya sederhana dan mudah didapat. Tanpa mixer. Ngga perlu oven juga.

Biasanya, aku bikin pancake pagi-pagi untuk sarapan, atau untuk bekal sekolah anak-anak. Pancake selalu jadi pilihan kalau stok roti tawar habis. Yaa seperti yang kubilang tadi, bikinnya gampang banget. Cepet. Cuma butuh 15 menit lah dari mulai bikin adonan sampai akhirnya bisa disajikan.

Ke depannya sih, pingin juga bisa bikin roti. Entah itu roti tawar, maupun rpti manis dan isi. Biar anak-anak seneng juga. Masa iya sih ibunya cuma bisa bikin pancake. Haha. 

Kalau lihat temen-temen yang suka masak dan share pengalamannya di blog, kok kayaknya gampang bikin roti. Salah satunya mba Lianny Hendrawati tuh. Alhir-akhir ini doi sering banget pamer foto roti bikinan sendiri. Yang roti soft killer bread lah. Roti anu lah. Roti itu lah. Bikin iri aja. Sayang sih rumahnya jauh di Jember. Kalo deket udah aku samperin. Minta diajarin langsung praktek di dapur gitu.


Yaudah, balik lagi aja ke pancake.

Dulu, aku bikin pancake pake tepung premix. Banyak merek yang bisa dipilih. Ada chesa, pondan, dan lainnya. Belinya bisa di toko bahan kue, atau Indomaret, Alfa, atau juga di supermarket yang lebih besar.

Sekarang udah ngga pernah beli tepung instant gitu. Racik sendiri aja. Toh tinggal campur semua bahan seperti susu, tepung, gula pasir, vanilla bubuk, baking powder, garam, mentega cair, dan air. Aduk-aduk bentar sampai adonan tercampur, lalu panggang! Beres.

Resepnya? Aku dapat di cookpad. Walau pertama kali bikin aku suka bingung. Sibuk naker bahan. Sibuk googling konversi bahan-bahan kue itu kalau dalam gram jadinya berapa sendok makan? Atau berapa sendok teh? Haha. Maklum nih ngga punya timbangan.

Sekarang sih kalau bikin pancake, udah pede aja tanpa takeran. Yang penting antara susu bubuk dan tepungnya itu satu banding satu (1:1). Jadi kalau tepung terigunya satu gelas, aku pakai susu bubuk sati gelas juga. Biar creamy. Dan supaya agak messy, aku tambahi keju cheddar parut.

Nah ini resep pancake ala noe;
  • satu gelas belimbing tepung terigu (aku biasanya pakai segitiga biru)
  • satu gelas belimbing susu skim bubuk
  • setengah sendok teh vanilla bubuk
  • setengah sendok teh baking powder
  • dua sendok makan minyak goreng (bisa diganti mentega cair)
  • secukupnya gula (aku biasanya 5 sendok makan)
  • satu butir telur
  • secukupnya air & garam


Cara membuat:
  • Campur semua bahan dalam wadah kecuali air, minyak dan telur. Aduk hingga tercampur
  • Masukkan telur dan minyak. Tuang air sedikit demi sedikit, aduk-aduk untuk membuat adonan yang tidak terlalu encer dan tidak terlalu kental.
  • Panaskan wajan datar, panggang pancake.



Nah, ini dia penampakan pancake buatanku. Yang ini sebelum dikasih topping blubery. Abaikan garnish yang ngga menarik itu ya! Sadar kok, mau foto paling atas atau yang paling bawah, sama-sama ngga menarik. Haha.

26 komentar:

  1. gak dikasih toping juga udah enak kalau pakai susu :)

    BalasHapus
  2. Wah enak nih pancakenya, tampilannya juga cantik *comot 2 biji pancake :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi... Rasa ngga jamin, fpto bisa saja menipu. Wkwkwk. Eh tp kata anakku enak sih

      Hapus
  3. keknya enak banget kalo dicocol nutella apa ovomaltine gitu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa, enak jg pake nutela, aku biasanya selai kacang aja sii

      Hapus
  4. Lebih enak dikasi toping eskrim kali ya, catet ah resepnya karena Marwah suka banget nyemil nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi iyaa, pake es krim juga enak

      Hapus
  5. Saya suka makanan ini tapi belum pernah membuatnya.
    Enakan beli cepet
    Salam hangat dari Jombang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoi pakde, beli lebih praktis

      Hapus
  6. ini makanan andalan Arna nih, secara dia remaja yang doyan diet-dietan.. tapi arna tepungnya diganti oat sih. kata arna enak, kata aku mah.. euyyyhh... secara oat gitu dibuat pancake

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh akh blm coba, besok coba pake oats aah. Hihi

      Hapus
  7. Aku kalo lihat hasil masak mbak lianny bikin laper...

    BalasHapus
  8. paling suka kalo bikini pancake itu dicemil pas anget2..sambil nerusin nyetak sambil nyemil xixixi

    BalasHapus
  9. Pncakemu lembut banget Noe, aku mau coba ach, hasil pancakeku selalu gak beraturan ;(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi, kekentalan adonan harus oas mba biar bentuknya bisa bundeer

      Hapus
  10. Wah, aku nggak pede kalo nggak pake premix. Tapi liat hasil racikan Mbak Noe yang berhasil, aku mau nyoba ah habis married. XD

    BalasHapus
  11. Kesenangannya Bo et Obi nih. Mudah dan enak buatnya ya.. Terus toppingnya bisa apa aja :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaap, tanpa topping jg udah enak. Hihi

      Hapus
  12. malu kmrn bikin pancake, dapet resep dari temen, dan aku udh berusaha bgt ngikutin resep dia sampe ke gram2nya, dan tetep gagal -__-. bantet dan ga halus kyk di foto itu mbak.. harus coba lg sampe berhasil nih.. coba deh aku ikutin resepmu.. sebenernya aku pgn bikin pancake yg kyk di Video FB nya chef juna.. jd adonan pancake di tuang ke wajan, trs tuangin nutela, baru tutup lagi ama adonan pancake di atasnya.. pas mateng nutela di tengahnya Jd melted gitu... apa daya bantet malah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah iya, aku jg pingin ikutin resep chef juna.

      Soal ukuran emang bikin stress buat yg gagap dapur kayak aku. Pening ukur gram gram. Skrg aku asal bruk aja. Klo pancake aku kuncinya di perbandingan tepung & susu bubuk harus sama. Trus bikin adonannya jgn terlalu encer & jgn terlalu kentel juga. Semoga berhasiil. Ayo coba lagii

      Hapus
  13. Kak Vivi dan Mas Faris jarang2 dibuatin kue yg banyak susunya, soalnya emaknya ga doyan susu hihihii..egois banget yak emaknya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emaknya gausah ikut makaaannn wee

      Hapus

What wasn't said, will never be heard. What wasn't wrote, will never be read. Tinggalin komentar yuk...