Sabtu, 26 Maret 2016

Milestone: Abang Ranu Sudah 7 Bulan!


Alhamdulillah, umur abang Ranu sudah masuk 7 bulan. Telat satu hari nih update-nya. Harusnya kemarin pas tanggal 25 Maret. Tapi better late than never, ya. Haha. Alesan.

Berdasar pengalaman melihat tumbuh kembang bayi umur 7 bulan, waktu Mamas & Kakak sih udah mulai tumbuh gigi pertamanya. Bisa tengkurep dan telentang bolak balik dengan lincah. Bisa merangkak. Menunjukkan keinginan dan antusias mengejar, seperti menjulurkan tangan krearah benda yang diinginkan, merangkak mengejar, juga mengangkat tangan saat minta digendong. Satu lagi, bubbling alias ngoceh.

Kalau Ranu, hampir semua yang kusebut di atas itu sudah bisa. Kecuali gigi. But, it's ok! Karena kelihatannya Ranu justru mau lebih dulu bisa jalan dibanding gigi. Kelihatan sih Ranu makin aktif. Ngga bisa diem. Selalu lucu dan nggemesin. Apalagi kalau udah melet-melet lidahnya. Hadew! Meleleh hati ini dibuatnya. Dan karena udah kelamaan ngga nulis milestone, jadi bingung mau mulai dari mana. Mungkin mulai dari...

Duduk stabil. Bisa duduk udah sejak 5 bulan. Umur 6 bulan udah pinter bangun dari tidur lalu duduk. Umur 7 bulan udah lincah lah dari tidur lalu duduk, lalu tidur lagi, duduk lagi, atau lalu merangkak. Duduknya juga udah stabil. Ngga oleng. Ngga takut jatuh nggeblak ke belakang lagi.


Merangkak. Pas di umur 7 bulan ini, abang Ranu mulai pinter merangkaknya. Kalau liat sesuatu yang menarik perhatiannya, dia langsung merangkak untuk mendekati. Belum bisa ngebut sih. Masih perlahan. Tapi udah bisa. Iya, sebatas bisa. Belum qualified kalo untuk ikut lomba bayi merangkak. Haha.

Berdiri. Mulai berdiri sejak umur 6 bulan sebetulnya. Tetapi sekarang udah ajeg banget. Setiap nemu pegangan, kakinya langsung njejak kuat dan berdiri stabil dengan pegangan. Aah, mungkin sebentar lagi merambat. Keinginannya untuk berdiri juga terlihat saat dia sedang dalam posisi merangkak. Seolah ngga sabar pingin bisa berdiri dan jalan. Kaki dan tangannya njejak lurus, jadi seperti posisi orang ambil ancang-ancang mau lari. Lucu!

Minta jalan. Seiring dengan keinginannya untuk berdiri setiap nemu pegangan, si Abang juga mulai minta jalan. Terutana kalau ada yang ngejagain badannya saat berdiri. Kakinya langsung mau melangkah gitu. Masih berat sih untuk jalan, tapi dia ngotot mau maju jalan. Sesekali diturutin, dititah. Toh memang anaknya yang udah mau. Bukan dipaksain.


Explorasi. Ya namanya masuk usia anak yang lagi aktif-aktifnya. Dia pasti ngga bisa diem. Bergerak kedana kemari. Tertarik dengan banyak hal. Memasukkan semua yang dipegang ke dalam mulutnya. Jadii harus extra ngejagainnya. Ngga boleh sembarangan taro barang atau benda kecil. Bahaya!

Makan. Bagian ini yang paling bikin aku stress. Somehow, Ranu ngga selahap bayi-bayi lain kalau makan. Seenggaknya, ada beberapa bayinya teman yang jagoan. Kalau makam bisa semangkok bayi dilalap habis. Ranu? Bisa masuk sesendok makan aja udah bagus. GTM nya itu loh. Ngga nahan! Untuk mensiasatinya, ya kudu sering-sering suapin. Jadi, biar sedikit asal sering. Okesip.

Nah, berdasar pengalaman Mamas & Kakak waktu bayi dulu. Mereka juga montok-montok di masa ASI exclusive. Tapi begitu mulai banyak gerak, langsung berat badannya stuck! Banyak gerak, ditambah susah makan, sama dengan? *jawaban isi sendiri* Ah, tapi selama anaknya sehat, ceria pup lancar, ngga ada yang perlu dikuatirkan. Bukan begitu?


Yaa, itu beberapa catatan tumbuh kembang yang paling kasat mata. MasyaAllah, ada banyak yang lain yang mungkin ngga aku sadari dan harus disyukuri. Terutama nikmat sehat, cerdas dan ceria. Masih panjang perjalanan yang harus kita jalani. Apapun yang akam kita hadapi nanti, Nak. Semoga selalu kita bisa lewati bersama dan semua akan baik-baik saja. Aamiin.

Oya, untuk milestone Abang Ranu lebih sering aku update di Instagram. Siapa tau kepingin ketular mood bahagia daru foto bayi yang lucu nggemesin, follow atuh lah ig @abangranu. Klik aja di foto instagram di atas itu yaa. 

6 komentar:

  1. yang penting sehat ya Ranu. semoga GTM nya cepet hilang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaahh, Aamiin... Makasih mba Lia

      Hapus
  2. Hai Abang Ranu, kamu gemesin deh. Ntar temenan sama Baby Ai ya.

    BalasHapus
  3. GTM mah biasa lah umur segitu nadia jg parah bgt dulu. Yg penting ditelatenin aja. Pengen ciwel pipi tembemnya si abang ih :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaah GTM hampir terjadi pada semua anak yaa

      Hapus

What wasn't said, will never be heard. What wasn't wrote, will never be read. Tinggalin komentar yuk...