Kamis, 03 Maret 2016

Ayo Mengenal & Mendukung Kecerdasan Anak


Beberapa waktu lalu aku sempat janji mau nulis tentang 9 jenis kecerdasan anak atau Multiple Intelligence. 9 jenis kecerdasan ini berdasarkan penelitian Howard Gardner. Intinya sih, hari gini udah ngga jaman deh jadi orang tua yang nuntut anaknya pinter secara nilai akademik di sekolah. Jadi kalau si anak ngga ranking, bukan berarti si anak itu bodoh ya. (curhat nih gue karena anaknya ngga ranking) wkwkwk.

Maklum aja sih. Anak-anakku sekolahnya di SD Negeri yang masih menjadikan nilai akademik sebagai patokan pinter nggaknya siswa. Tapi meski ngga dapat ranking di kelas, aku yakin kok Mamas & Kakak itu bukan anak bodoh. Mereka hanya belum menemukan cara belajar atau stimulasi yang tepat saat belajar. Bagaimana caranya?

Nah, ini nih PR ku sebagai orang tua. Aku harus belajar lagi untuk jadi ortunya yang baik. Yang mengerti apa kebutuhan anak dalam belajar. Harus mengenali apa kecerdasan anak sehingga tau bagaimana metode yang tepat dalam mendampinginya belajar. Yes, meskipun aku sadar bahwa ternyata aku telat banget nih mengetahui soal Multiple Intelligence ini. Tapi orang bijak mengatakan, lebih baik terlambat dari pada tidak sama sekali. 


Jadi, kecerdasan apa saja sih yang termasuk di dalamnya? Simak yuk!
  1. Musical, kemampuan untuk menciptakan lagu, mengerti, dan memahami musik, menyanyi, dll.
  2. Bodily-kinesthetic, kemampuan untuk menggunakan kecekatan tubuh untuk mengatasi masalah, menghasilkan suatu produk
  3. Logical mathematical, kemampuan untuk menghitung, berpikir sistematis, dll
  4. Linguistik, kemampuan untuk membaca, menulis, dan komunikasi
  5. Visual Spacial, kemampuan membayangkan suatu hasil akhir, berpikir sistematis, dll
  6. Interpersonal, kemampuan untuk bekerjasama dengan orang lain secara efektif, kemampuan untuk berempati dan memahami orang lain.
  7. Intrapersonal, kemampuan untuk menganalisis diri sendiri, menggunakan perasaannya, untuk membuat perencanaan dan tujuannya
  8. Natural, kemampuan untuk mengenali flora dan fauna, melihat perbedaan dan persamaan yang ada pada alam ini.
  9. Moral, kemampuan untuk memiliki nilai-nilai dan norma yang ada di masyarakat dan menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari


Mengenali Kecerdasan Mamas & Kakak


Dalam talkshow tentang bagaimana mengenali bakat dan minat anak beberapa waktu lalu, Anna Surti yang seorang psikolog menjelaskan, bahwa pada dasarnya setiap anak memiliki kesemua kecerdasan yang dijabarkan dalam 9 Multiple Intelligence. Hanya saja, akan ada satu atau dua kecerdasan yang paling menonjol. 

Mamas yang selalu mau membantu

Kalau melihat lagi ke belakang, mengingat-ingat dan mengamati perilaku Mamas & Kakak, aku merasa sudah menemukan kecerdasan apa yang paling memonjol dari Mamas & Kakak.

Pada Mamas, aku merasa kecerdasan yang paling menonjol adalah kecerdasan moral. Kecerdasan ini tercermin pada bagaimana perilakunya sehari-hari yang penuh perhatian dan kasih sayang. Baik kepada adik-adiknya, kepada ibu & abinya, juga kepada mahluk lain yaitu hewan.

Kuperhatikan, setiap kali makan, pasti ada yang ia sisakan untuk diberikan kepada kucing-kucing liar yang hidup di sekitar komplek perumahan. Makanan yang disisakan itu seperti ayam di bagian sayap, atau kepala ikan.

Kakak, si periang yang punya banyak teman

Sedangkan Kakak, aku merasa kecerdasan yang paling menonjol padanya adalah kecerdasan interpersonal. Kecerdasan ini bisa dilihat dari bagaimana ia bergaul, dan juga karena ia memiliki banyak teman. Dan karena memiliki banyak teman, ngga heran deh kalau sebentar-sebentar ada aja teman yang datang ke rumah untuk mengajak bermain.

Mendadak Pesta Ulang Tahun #1


Pernah satu hari aku shock ketika rumahku diserbu krucils. Waktu itu habis magrib di akhir Desember 2015. Tepatnya tanggal 22, yang mana di tanggal itu adalah hari ulang tahun si Kakak Abyan.

Guess what? Setelah solat magrib di masjid, si Kakak ngajak semua temannya ke rumah untuk bikin pesta ulang tahun!

Sebagai ibunya aku tentu kelabakan. Wkwkwk ngga ada persiapan apa-apa. Dan bukan sebuah tradisi juga di keluargaku soal ulang tahun yang dipestakan. Karena buatku, masih banyak hal lain yang lebih layak jadi prioritas dibanding menggunakan uang untuk pesta. Untuk beli tiket traveling misalnya. Haha. 

Oke, balik lagi ke cerita mendadak ultah.

Setelah ruang tamu yang cuma seuprit dipenuhi anak-anak, baru lah aku kelabakan. Disuruh pulang? Ngga mungkin! Sementara si Kakak yang lagi ultah mengeluarkan amunisi berupa tatapan mata yang penuh binar. Halaah! Meleleh deh aku. 

"Bu, katanya mau ulang tahunan Kakak? Hari ini kan?" Tanya si Kakak. Iya sih, beberapa hari sebelum ultah si Kakak sempat minta supaya pas ulang tahun bikin pesta. Ya namanya juga anak-anak. Sekali dua diundang ke pesta ultah temennya, jadi deh kepingin juga. 



Waktu diminta bikin pesta, aku iya iya aja sih. Trus lupa. Jadi deh ditagih. Haha. 

Menjawab permintaan si Kakak yang nagih perayaan ultah, aku bilang gini, "tapi Kak, kita kan belum ada persiapan. Ngga punya apa-apa loh!". 

Eh dijawab, "beli kue tar aja sama lilin, Bu. Trus nanti nyanyi, potong kue, udah deh!". 

Hmm, bener juga sih kufikir. Sesekali ngga apa deh ya bikin pesta kecil. Lalu tanpa pikir panjang lagi, aku minta Ojrahar beli kue tart. Untung ada toko kue dekat rumah dan selalu sedia stok beraneka macam kue.

Sementara menunggu Ojrahar beli kue, aku keluarkan satu dus Morinaga Chil-go! untuk diminum anak-anak. Whuah, pada rebutan deh tuh!

Mendadak Pesta Ulang Tahun #2


Di bulan berikutnya pada 14 Januari 2016, Mamas ulang tahun yang ke-9. Tak ingin kecolongan lagi, aku pun membeli kue tart sehari sebelum. Seperti biasa, pesta kecil dilangsungkan selesai sholat magrib. Dan yang dibagikan ke anak-anak untuk memeriahkan pesta pun masih sama. Apa lagi kalau bukan susu cair pertumbuhan yang jadi kesukaan Mamas & Kakak. Tapi kali ini, pembagian susunya ngga seperti saat ultah Kakak. Ngga keruyukan ambil sendiri-sendiri di kardusnya.


Sore sebelum berangkat ke masjid, Mamas sudah sibuk menyusun kue dan susu Morinaga Chil-go! di meja. Ya, makin kelihatan kalau dia memang punya kecerdasan moral. Dia tau ibunya sibuk dengan adik bayi, maka dia melakukan sendiri persiapan pesta kecilnya. Dia juga nerimo dan cukup bahagia dengan pesta seadanya. Ngga kebayang deh kalau sampai kedua anakku yang mulai tumbuh besar itu merengek minta pesta meriah. Aduuh, bisa pusing nih emak berbie. Haha.

Bagaimana suasana pesta kecil ulang tahun mamas & kakak nanti ditulis di postingan terpisah aja ya. :D

Stimulasi & Nutrisi Pendukung


Kebaikan-kebaikan yang ada dalam diri Mamas & Kakak tentu menjadi hal yang patut kusyukuri. Selanjutnya aku juga harus berperan aktif dalam mendukungnya belajar. Baik itu memberi stimulasi yang tepat saat belajar, seperti mendorongnya melakukan kegiatan-kegiatan yang disukai, atau memberi mereka alat bantu yang sesuai. Untuk Mamas yang juga terlihat senang menyanyi, kubelikan ia beberapa alat musik seperti pianika, dan gitar. Eh, dia seneng banget.

Pernah satu kali dia mencoba main keyboard di Rumah Dunia. Lalu sepulang dari sana dia bilang gini, "Bu, nanti kalau punya uang beliin keyboard ya!" 


Hak jleb! Jleb! Keyboard kan mahal. Fikirku. Tapi bagaimana bisa sih aku langsung bilang tidak pada Mamas. Sedangkan dia ngomongnya sopaaan banget gitu. Coba baca lagi deh di kata "kalau punya uang". Iya, dia orang yang pengertian banget, dan mau belajar memahami kondisi. Ihik. *kapan lagi muji anak sendiri di blog* haha

Kalau untuk si Kakak, karena dia senang bermain di luar bersama banyak teman, aku membelikannya beberapa alat olah raga seperti raket badminton dan sepatu roda. 

Oya, selain memberi mereka stimulasi dan alat bantu, aku juga mencoba memberi mereka asupan nutrisi yang baik. Salah satunya dengan membiasakan mereka minum susu dua kali sehari.

Sudah tau lah ya susu apa yang kupilihkan buat mereka? Itu loh, Morinaga Chil-go! Si susu cair pertumbuhan hasil kolaborasi Morinaga Jepang dan Kalbe Nutritionals. 

Kalbe Nutritionals adalah produsen berbagai produk makanan dan minuman kesehatan yang telah berpengalaman lebih dari 3 dekade (sejak 1982). Hingga saat ini, Kalbe Nutritionals masih terus berinovasi dalam mewujudkan komitmen dan misinya yang berbunyi "We provide welleness to millions". Salah satu hasil inovasinya yaitu susu cair pertumbuhan Morinaga Chil-go!


Susu Morinaga Chil-go! memiliki 3 rasa yang disukai anak-anak. Vanilla, coklat, dan strawberry. Selain anak-anak, aku yang udah dewasa juga suka loh.

Alasan kenapa aku ikut minum Morinaga Chil-go! adalah karena aku harus tau juga apakah rasanya enak atau ngga. Kalau soal nutrisi mah udah ngga perlu diragukan deh. Kalbe & Morinaga gitu loh. Jadi, selain kandungan baik, buatku rasa susjnya juga harus enak, manisnya pas dan ngga berlebihan. Ya namanya juga anak-anak, mana peduli sih detil kandungan nutrisinya apa. Adal enak di lidah, mereka pasti suka.

Tapi seperti yang sudah kubilang tadi, Morinaga Chil-go! punya kandungan nutrisi lengkap untuk mendukung pertumbuhan anak-anak. Di antaranya adalah;
  • Kolin dan Inositol untuk membantu anak dalam hal penyimpanan memori, berpikir, berbicara, dan gerakan sadar.
  • Vitamin B Kompleks, Zat Besi, dan Yodium. Ketiganya merupakan vitamin dan mineral yang berperan penting pada sistem saraf dan konsentrasi anak
  • Kalsium tinggi untuk kebutuhan tulang dan gigi yang kuat
  • Prebiotik Inulin 1000 mg. Prebiotik Inulin ini merupakan makanan bagi bakteri baik, dan merupakan serat pangan untuk membantu kesehatan saluran cerna anak.
  • Zinc yang dapat membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh.
  • Vitamin A, C, dan E, yang bekerja melindungi sel tubuh agar dapat berfungsi dengan baik.


Semua nutrisi tersebut merupakan penunjang daya tahan tubuh anak, agar memiliki Pertahanan Tubuh Ganda dan tidak gampang sakit. KSerta merupakan Formula Platinum, sehingga anak-anak tumbuh sehat, cerdas, aktif & ceria, serta multi talenta. Penting banget kan ya menjaga kesehatan anak itu. Supaya mereka bisa banyak bermain dan belajar. 

Yups! Dengan memberi nutrisi yang baik, dan memberi stimulasi yang tepat sesuai bakat dan kecerdasannya, aku yakin, Mamas & Kakak kelak akan menemukan jalan kesuksesannya. Aamiin.

8 komentar:

  1. dan ortu dituntut untuk sabaaaaar :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaah, sabaaar stoknya ngga boleh habis :D

      Hapus
  2. Setuju cerdaskan anak bangsa, supaya negara ini jadi hebat

    BalasHapus
  3. Faiz pernah minta dirayakan ulang tahunnya, ya udah lah, ibu-ibu yang senang punya anak, dirayakan di mushola sehabis mengaji, itupun hanya syukuran biasa. Senang ya kakak dan mamas ulang tahun ditemani Chil-Go

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah, Faiz syukuran milad nya di masjid, bagis2 Chil-go juga ngga?

      Hapus
  4. nanti kalau ulang tahun lagi hadiahnya Piano yaaa

    BalasHapus

What wasn't said, will never be heard. What wasn't wrote, will never be read. Tinggalin komentar yuk...