Senin, 15 Februari 2016

Sulamit, Kosmetik Aman Untuk Dandan


Melanjutkan tulisanku kemarin, tentang mengubah penampilan demi menjadi blogger pro, akhirnya aku beneran mulai belajar dandan. Belajar membiasakan untuk dandan sih lebih tepatnya. Karena selama ini aku dandan sesekali aja kalau butuh banget, misal pas mau kondangan. Lagian, punya suami yang ngga nuntut aku untuk selalu dandan sih, dan di tempat kerja pun ngga wajib dandan juga.

Walaupun ngga begitu suka dandan, bukan berarti aku ngga punya kosmetik loh ya. Kosmetik wajib buatku itu ya BB cream, bedak, lipstick dan eye liner. Belakangan aku mulai nambah beli-beli pensil alis dan eye shadow. Soalnya memang alisku tipis banget, dan aku agak ngga PD kalau pas difoto tanpa kacamata. Kenapa? Karena mataku tuh kayak ngga berbicara slias ngga fotojenik. Setiap difoto keliatan sayu, ngantuk, mbeler gimana gitu. Haha. Untuk menyamarkan kekurangan itu, kayaknya aku emang perlu merias bagian mata.

Dih, aku ngomongnya udah yang kayak jagoan dandan ya. Padahal mah asal templok ke muka. Pfft! Anyway, ini dikasih spoiler fotoku & adik sepupu sebelum dandan ya. Gimana hasil belajar dandan kami, ada di paling bawah. Keliatan lah bedanya ntar. Haha


Sekadar tips nih dalam memilih kosmetik buat yang ngga pinter dandan kayak aku;

1. Pilih Kosmetik Dengan Warna Natural

Well, selain ngga bisa dandan a la make up artist, aku sih emang lebih suka dandanan yang natural. Serba tipis, asal ngga keliatan kucel. Itu sebabnya aku memilih warna-warna natural. Warna natural cocok banget buat yang ngga pinter dandan kayak aku! Sebab warnanya ngga mencolok, jadi saat diaplikasikan ke wajah, walau ngga rapi-rapi amat, ngga akan sampe keliatan kayak ondel-ondel menor. Hehe.

2. Pilih Kosmetik Yang Aman

Aduuh, siapa sih yang mau pakai barang-barang ngga aman kan? Termasuk kosmetik. Kebayang ngga, demi ingin cantik trus malah wajah jadi rusak? Hiiy, jangan sampe deh! Salah satu ciri kosmetik aman adalah jika kosmetik itu sudah teregistrasi di BPOM. Pastikan ada kode register BPOM di kemasan produknya sebelum membeli ya.

3. Pilih Yang Murah Tapi Ngga Murahan

Kenapa beli yang murah? Kan katanya ada harga ada rupa? Iya sih, memang. Tapi buat aku yang baru belajar dan dandannya masih moo-moodan, kayaknya beli yang harganya terjangkau aja dulu deh. Lagian sekarang banyak kok kosmetik yang harganya ngga terlalu mahal, tapi kualitasnya oke. Salah satunya adalah Sulamit Cosmetics.

Sulamit Cosmetics adalah salah satu merek kosmetik lokal yang sudah memenuhi 3 kriteria yang aku inginkan. Aman, terjangkau, dan menyediakan warna-warna natural. Eh, semua merek kosmetik juga punya pilihan warna natural kalik. Ahaha.

Oya, aku juga sempet googling sih buat mastiin kalau Sulamit ini aman. Di hasil pencarian kok banyak tulisan warning kalau Sulamit mengandung bahan berbahaya. Lha, tapi kok terdaftar di BPOM? Itu warning-warning mah berita hoax kali ya. Dari pada menduga-duga, kenapa ngga langsung cek aja di web BPOM? Aku udah coba cek dan ternyata terdaftar tuh! Artinya Sulamit beneran kosmetik aman dong ya... 


Jadi sekarang mari kita cobain aja! Kebetulan aku baru dapat sepaket Sulamit Passion Series nih. Mau tau apa aja?
- BB Cream Miraculous Bright
- Loose Powder Divine Natural
- Loose Powder Sincerity Pink
- Lipstick No. 04 Tender Peach
- Lipstick No. 07 Divine
- Lipstick No. 08 Sweet Rose
- Lipstick No. 09 Purity
- Perfect Beauty Brightening Cream
- Facial Foam Miraculous Bright
- Eyebrow Brown (pensil alis warna coklat)
- Eyeliner Liquid Pen Black (eyeliner warna hitam)

Produk yang paling aku suka dari Sulamit adalah BB Cream Miraculous Bright. Saat aku coba pakai, eeh ngga terlalu putih, tapi ampuh membuat kulit mukaku yang kusem jadi  lebih cerahan dikit. Hehe. Plus-nya, dia udah mengandung UV filter untuk melindungi dari dampak buruk sinar matahari.

Untuk bedak aku suka loose powder yang Divine Natural. Aku punya sih satu lagi yang Sincerity Pink. Tapi seperti yang kubilang tadi, aku lebih milih warna natural yang masih bisa ngeblend di kulitku yang gelap. Karena punya dua bedak buatku mah kebanyakan, jadi yang Sincerity Pink aku kasihin ke adik sepupu. 


Dari keempat lipstick yang ada di rumah, sebenarnya ngga ada satu pun yang aku suka warnanya. Cenderung pink dan orange gitu sih. Sememlntara aku lebih suka warna agak gelap. Tapi karena adanya itu, ya aku coba deh. 1 dari 4 pilihan, aku tertarik untuk coba yang nomor 07 (Divine). How? Cocok ngga? Kalo ada yang bilang ngga cocok, aku kasihin lagi semua ke adik sepupu nih. Haha. 

Oya, lupa bilang. Bibirku ini tipe yang kering banget. Jadi mesti rajin pakai lip balm supaya permukaan bibir lembut. Nah, udah sebulan terakhir lip balm ku ilang. Huhuu. Jadi pas cobain lipstick Sulamit, lipsticknya ngga nempel. Malah menggumpal dan nyangkut-nyangkut di kulit bibir yang kering dan kasar. Harusnya sih kalau kulitnya lembut, shadingnya bakal bagus. Nih buktinya dioles ke kulit tangan juga bagus. Jadi, kondisi bibir memang sangat mempengaruhi hasil ya.


Bagian mata, supaya ngga polos banget, aku pakai eyeshadow warna abu-abu tua.  Aku juga pakai eyeliner di sepanjang kelopak mata bagian atas. Eyeliner ini untuk mempertegas garis mata, katanya. Kalau kelopak mata bagian bawah pakenya tipis banget dan cuma setengah, yaitu dari ujung yang dekat tulang pipi ke tengah. Kenapa pakai eyeliner cuma setengah? Ngga tau, dari dulu PeDe-nya model gitu sih. :p

Yang perlu diingat nih, eyelinernya ngga waterproof. Masalah buatku yang sering kucek mata. Wekekek. Tapi ada baiknnya juga buat ngerem kebiasaan kucek mata kalau pakai eyeliner. Kucek mata kan kebiasaan buruk.

Buat alisku yang tipis, memang kudu digambarin pake pensil alis biar keliatan ada alisnya. Temen-temen sering bilang, alisku kayak gundul aja kalau ngga pakai pensil alis. Wekekek.

Nah, setelah uplek di depan kaca untuk latihan dandan, beginilah hasilnya. Aiih, biar keliatan bedanya, bikin foto before dan after a la biyuti bloher deeh. Uhuy! Dan, buat perbandingan juga, adik sepupuku pun kuminta dandan buat nampang di blog setelah dandan-dandanan.


26 komentar:

  1. Eciyeee...udah kayak beauty blogger aja nih, mbak. Aku suka lipstick warna salem atau pink, sini kasih aku aja hehehe,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huahaha.. Biyuti Bloher gagal yo judulnya. Sini klo mau lipen ambil sndiri ke rumaah

      Hapus
  2. Balasan
    1. Aiiih, ada biyuti bloher beneran nongol. Jd malu aku, wkwkwk

      Hapus
  3. Balasan
    1. Cantiik dari lahir, huahaha... Yamasaa ganteeng ;)

      Hapus
  4. Aku juga baru nyobain Sulamit nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gimana gimana pengalamanmu? Share dong

      Hapus
  5. warnanya warna alami ya, sukaa, ga ngejreng

    BalasHapus
  6. Ihik...new byutibloher...wkwkwkk....

    BalasHapus
  7. Eaaaa..... ayu tenan rek. Sesekali pake lipstik yg terang gitu tambah ayu :*

    BalasHapus
  8. Dandan untuk suami tetap perlu walau secara sederhana sekalipun.
    Makin ayu gitu kok
    Salam hangat dari Jombang

    BalasHapus
  9. Kemasannya girly banget.
    Murah, aman itu pas buatku Mak.
    Mau dong Sulamitnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh boleh, sini ke rmh mak ;)

      Hapus
  10. Mbak, lipstik yang nganggur jadinya yang mana? saya siap meminang, hahah..
    Supaya lipstiknya nempel dan awet, pakai lip balm/ lip care, oles lipstik, tabur bedak (di bibirnya ya, bukan pipi), oles lipstiknya lagi. Kalau ga mau menor, pake tisu yang ditempel ke bibir itu loh, apa ya istilahnya? Ah ntar deh kalau ketemu aku praktekkan (sok bisa dandan padahal make-up kit sampe expired)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadii, mana make up kit yg gk kepake? Dr pd expired buat aku aja. Wahaha

      Hapus
  11. Yup aku yang nggak bisa dandan, kudu mengikuti tips darimu. Sulamit kosmetik baru ya, tapi warnanya cakep-cakep euy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa mba Astin, kosmetiknya kita baru kenal, tp ternyata dr tahun lalu juga udah ada hihi

      Hapus
  12. lipstikku sisa 1 pada dimintain :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha, begitulaahh.. Punyaku jg diminta2in

      Hapus

What wasn't said, will never be heard. What wasn't wrote, will never be read. Tinggalin komentar yuk...