Jumat, 29 Januari 2016

Perbaiki Penampilan Untuk Jadi Blogger Pro

Sebelum menulis lebih panjang, mohon dimaafkan kalau judulnya terkesan serius. Haha. Ini sekadar catatan buatku yang berencana menjadi blogger yang lebih serius dan profesional. Eciee ((PROFESYENEL))

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, prospek profesi blogger masih sangat bagus sekarang ini. Jadi selain untuk bersenang-senang, kegiatan blogging bisa sekaligus untuk menambah penghasilan. Salah satu kegiatan blogging yang bisa mendatangkan materi yaitu dengan menjadi blogger reporter.

Banyak acara-acara launching produk yang biasanya mengundang blogger untuk meliput dengan kompensasi uang saku. Beberapa acara launching yang pernah kuhadiri adalah launching smartphone, website komunitas, serta produk khusus ibu & bayi.
Sebenarnya, banyak kesenangan dan keuntungan yang di dapat dari acara launching selain kompensasi berupa materi. Di antaranya adalah bertambahnya pengalaman, pengetahuan,dan jaringan pertemanan baru. Tetapi di samping itu, ada hal yang paling membuatku khawatir saat mendapat undangan sebagai blogger untuk meliput sebuah acara. Kekhawatiran itu adalah soal outfit.

Ya maklum, selama ini kalau beli baju, yang dibeli baju a la backpacker. Mulai dari celana cargo, kaos oblong plus manset, sendal gunung, dan ransel. Padahal etika umumnya, menghadiri undangan blogger itu sebaiknya memakai pakaian yang sopan dan tidak memakai sendal jepit. Salah satu contoh pakaian yang sopan adalah gaya smart casual yang bisa cocok untuk acara resmi maupun santai. 

Nah, keterbatasan tersedianya koleksi outfit yang kupunya kerap kali membuatku kelimpungan kalau harus hadir di acara blogger. Apa lagi jika acaranya menggunakan dress code. Tak jarang aku harus hunting terlebih dahulu beberapa hari sebelum acara.

Tim blogger AirAsia Indonesia memprestasikan keanekaragaman suku & budaya lewat pakaian daerah

Salah satu acara yang membuatku bolak balik ke mal dan cari baju yang sesuai, adalah ketika peretengahan tahun lalu aku diundang untuk ikut acara pesta ulang tahun AirAsia Blogger Community di Bangkok. Salah satu agendanya adalah party, di mana para bloggers harus memakai pakaian nasional dari negaranya masing-masing.

Ribetnya lagi, waktu itu aku sedang hamil 7 bulan. Aku cukup pusing memikirkan kostum yang pas untuk ibu hamil. Kalau ngga lagi hamil sih, ada banyak pilihan yang bisa diambil, seperti menyewa menyewa baju daerah di penyewaan kostum, atau yang paling simpel adalah membeli baju atasan batik yang bisa dipadukan dengan jeans supaya mendapat kesan smart casual.

Lagipula, sekarang ini ada banyak model baju batik yang bisa dipilih dan bisa tetap merepresentasikan Indonesia. Salah satu model batik yang saat ini sedang trend adalah batik model kebaya, atau biasa disebut kebaya batik. Kebaya batik ini bisa juga dipakai untuk berbagai acara. Seperti yang kubilang di atas tadi, bisa dipadu padan dengan jeans untuk kesan smart casual, atau rok batik dengan corak dan warna senada.

Bersama blogger Korea & Jepang saat Pesta Kostum Nasional di AABC Anniversary - Bangkok

Sayangnya, kebaya batik ngga cocok buat ibu hamil. Jadi aku harus cari baju  daerah lain yang model dan ukurannya bisa mentolerir ukuran perut yang membesar karena usia kehamilan trimester akhir. Akhirnya pilihan jatuh pada baju bodo, yaitu baju adat Makassar. Baju bodo ini potongannya lurus dan gombrong, tanpa kupnat atau jahitan lipatan yang membentuk pinggang. Untuk bawahan baju bodo, seharusnya menggunakan kain sarung tenun Makassar yang colorful. Tetapi karena budget yang terbatas, aku memakai kain sarung yang ada saja, yaitu sarung tenun Bulukumba.

Sekarang setelah melahirkan dan mulai kembali exist di dunia blogging untuk menghadiri acara-acara offline, nampaknya aku sudah harus mulai membeli baju-baju baru yang pantas untuk menghadiri acara undangan blogger. Tetapi sayangnya, aku juga dihadapkan pada realita yang ngga mudah. Salah satunya adalah bertambahnya biaya hidup seiring dengan bertambahnya anggota keluarga baru.

Untuk mensiasati masalah biaya, aku memilih berbelanja secara online dan memanfaatkan berbagai diskon dan promo yang ditawarkan. Dengan begitu aku bisa tetap berhemat karena berbelanja online itu mudah dan murah. Apalagi jika toko onlinenya memberikan fasilitas gratis ongkos kirim gratis, dan pengembalian gratis jika barang tak sesuai pesanan. Dan kedua fasilitas gratis gratis tersebut ada di zalora.

Kebaya Batik (credit: zalora)

Bulan lalu aku sudah merasakan belanja di toko fashion online terbesar di Indonesia itu. Untungnya semua barang sesuai pesanan jadi tak perlu komplain atau minta tukar barang. Barang-barang yang kubeli bulan lalu yaitu sepatu, wedges, dan ransel. Dan gajian bulan ini, sepertinya aku akan beli kebaya batik seperti yang tampak. pada foto di atas. Semua itu demi menunjang penampilan dan masih dalam rangka road to professional blogger. Haha. Again, 'professional' was mentioned. lol

Selain pakaian, aku juga sedang belajar membiasakan diri menggunakan make up. Biar ngga kucel-kucel amat. Ya, minimalnya pakai bedak dan lipstick deh. Hehe. Biar ngga keliatan kucel amat gitu.

Jadi intinya, memperhatikan penampilan itu penting jika ingin serius menjadikan "blogger" sebagai profesi. Selain memperbaiki kualitas tulisan, tentunya.

16 komentar:

  1. Wah iya Mbk, sama suka bingung kalo acara offline. btw pernah diundang ke bangkok? keren bangeeet :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe iya mba, kebetulan aja itu mah :D

      Hapus
  2. Kenapa bule selalu keren kalo pake baju apa aja ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apalagi kalo bule nya naksir ama kita ya Mba, #eh :v

      Hapus
  3. Semoga saya bisa mengikuti jejak Mba Nurul menjadi blogger profesional, amiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eheheh... Mba Yulia kaliik yang udah lebih keren dr aku ;)

      Hapus
  4. Berarti make up andalan kita sama Dek Noe... bedak dan lipstik hehehe

    Tapi emang, dek Noe kudu makin memperbaiki penampilan kan sering diundang di acara yang diadakan brand2 besarr tuh... biar makin terkesan profesional gitu hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba bener sih itu, biar ngga ngecewain yg ngundang yo. Bismillah, semoga aku bisaa

      Hapus
  5. Cucok deh mbak....semoga semakin profesyenel yak mbak noe....

    BalasHapus
  6. Transformasi Noe banget, aku udah nulis tentang ini ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kepompong lagi netes jadi kupu-kupu ceritanys, eciee haha

      Hapus
  7. kereeeeen....udah punya berapa kebayaaa hehehe. Aku suka bangeet yang di gambar itu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. baru satu, hehe. Iyaa ih, mama bo mah suka bgt ya sm kain2 Indonesia ;)

      Hapus

What wasn't said, will never be heard. What wasn't wrote, will never be read. Tinggalin komentar yuk...