Rabu, 30 Desember 2015

Curhat di Penghujung Tahun


Salah satu yang membuatku suka sama wordpress itu kalau momen akhir tahun kayak gini. Tiba-tiba suka ada email yang isinya kilas balik selama setahun ke belakang. Seperti pagi ini, aku dapat email yang berisi annual report untuk blog noestyle.wordpress.com.

Ngga ada yang spesial dalam report itu. Tentu saja! Ngga ada yang spektakuler karena sudah lama sekali blog itu ngga aktif. Semenjak pindah ke self hosted, blog itu terbengkalai. Pernah coba diaktifkan lagi di tahun 2014. Kuisi dengan foto-foto dan sedikit caption atau cerita berbahasa Inggris. Kebanyakan blog post nya untuk ikut challenges photography yang banyak dihost oleh blogger luar negeri. Yang paling kusuka tentu weekly photo challenge dari tim wordpress di blog dailypost.wordpress.com

Awalnya kufikir mudah. Nyatanya memang mudah jika dikerjakan. Haha. Masalah ngga bisa bahasa inggris mah bisa diatasi dengan google translate. Kalau soal foto, ngga perlu bagus kalau aku. Yang penting  sesuai tema yang diminta.

Yep! Segala alasan dan penghalang itu bisa dipatahkan ketika kita mau. Maka ketika kita hendak menerima sebuah tantangan, semestinya bukan pertanyaan "bisa atau tidak" yang diajukan. Tetapi, "mau atau tidak?" Karena ketika kita memilih mau, maka milyaran sel dalam otak kita akan otomatis bekerja untuk mencari cara untuk menemukan caranya. 


Sayangnya meskipun aku sudah berusaha untuk selalu memilih 'mau' dan selalu berusaha positive thinking, aku masih punya masalah lain, yaitu soal menjaga mood. Ada kalanya aku merasa overwhelmed, akhirnya aku mulai berhenti lagi dan blog itu nganggur lagi. (Gaya beut gue pake kata overwhelmed. Kewalahan maksudnya mah)

Padahal, dari aktifitasku di blog itu, aku mendapat lingkaran pertemanan yang lain. Teman bloggers yang aktif berbalas blogwalking dan komentar. Dan aku juga tak perlu khawatir akan dikritik tulisanku salah atau acakadut karena ngga sesuai kaidah grammar. Karena mereka menghargai dan memahami bahwa aku memang bukan orang inggris, Amerika, atau negara lain yang memang menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa nasional. Ya seengaknya itu sih yang aku rasakan. Soal apakah mereka sebenarnya ngakak baca tulisanku yang banyak nabrak teori grammar, itu hanya dia dan Tuhan yang tahu.

Akan tetapi, kepada beberapa bloggers yang kemudian menjadi akrab, aku tak segan meminta koreksi. Sampai di bagian ini aku mau bilang, kalau mereka adalah teman yang baik. Karena koreksi dan kritik disampaikan tidak terang-terangan di depan publik. Halagh. Maksudnya tidak langsung di kolom komentar yang bisa dibaca banyak orang, dan akan terkesan menjatuhkan aku. Aku mah gitu orangnya, udah salah, maunya ditegor diem-diem aja gitu biar ngga ketauan salahnya di muka umum. Wekekeke


Balik lagi ke annual report blog wordpress deh! Ada satu hal yang membuat aku rada sedih yaitu ketika melihat rangkuman statistik. Page view tertinggi yang pernah dicapai dalam. satu hari cuma 71 views. Miris! Wajar sih sebenarnya. Wong ngga pernah diupdate. Dalam setahun cuma diupdate dua kali. Huhuu.

Jadi di penghujung tahun masehi ini, ceritanya aku sedang dibanjiri pertanyaan. Ada keinginan untuk aktif lagi di blog itu. Tapi apa bisa komit? Sedangkan blog yang ini juga belum optimal. Apa bisa konsisten? Sedangkan blog yang ini aja suka ngga dilirik karena kewalahan untuk aktif menulis di nurulnoe.com.

Ya, butuh komitmen memang. Dengan mengucap bismillah, sambil menghembus nafas panjang, aku bilang dalam hati, let's give it a try!

28 komentar:

  1. insya alalh bisa konsisten terus menulisnya, tulisannya bagus..sukaaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi mba Fitri... makasiih sudah menyemangatiii :*

      Hapus
  2. udah lapan belasss, tanggung ngga diterusin wkwkwk *komporrr

    BalasHapus
    Balasan
    1. warbiyasaaaaa... lapan belas! *BRB mau bikin blog baru lagi. wakakaka

      Hapus
  3. kehren banget, lanjutkaaan biar aku ketularan

    BalasHapus
    Balasan
    1. apanya yang kereeen, wong setaun apdet 2x wekeke

      Hapus
  4. ini wordpress juga? template y lucu2 wordpress...tp saya tetep suka blogspot..entah kenapa. jd y cuma mupeng doang liat template imut2.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mba levina, ini blogspot kook ;)

      Hapus
  5. Iya lah mbak...tulisan enak dibaca dan mudah dipahami gini kok..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Uhuk! tersanjung deh :D makasiih mbaa... *cium

      Hapus
  6. blognya banyak ya mba, aku satu aja sempet gak keurus xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. hayoo.. diurus diurus diurus biar jadi dinosaurus :D

      Hapus
  7. Kalau di wo emang kecil2 pv-nya. Nggak pernah sampai ribuan kayak blogspot

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngga dpt trafik tinggi disini bukan soal platform blognya apa sih mba menurutku, tapi soal rajin apdet apa ngga, rajin dishare di socmed dan grup blogger atau ngga, gitu.

      Hapus
  8. diteruskan saja mba, jangan dijadikan beban :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi iya ya mba Lathifah. kalau enjoy harusnya ngga merasa terbebani. ;)

      Hapus
  9. Wah, mak Noe aja bisa ga konsisten ya? Rasanya kulihat aktif sekali ngeblognya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aktif di sini ngga aktif di sana, aktif di sana ngga aktif di sono. begitulah mak. hehe

      Hapus
  10. uwaahh mba, aku mah lebih milih megang 1 blog aja ;p.. kasian kalo yg 1 nya dianggurin ntr ;p.. makanya blogku yg 1 lg, yg gratisan, aku setting private, jd cuma aku yg bisa buka.. isinya ya sama aja ama blog yg skr dipegang... jd itu seperti backup ajalah.. takut ga konsisten kalo megang 2 blog ;D..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaa... hidup memang pilihan ya mbaa :)

      Hapus
  11. Ayo dilnjutin lagi nulisnya mba.

    BalasHapus
  12. Blogku yang khusus anak-anak (diary mama mie) juga memprihatinkan, setahun cuma 22 post >.<

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lhaa masih mending 22, itu blog ku cuma 2. wkwkwk

      Hapus
  13. semangat terus nulisya ya. oh pernah di kritik di muka umum ya :) yg sabar ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku sabar kok, aku sabaar... *gigit sendal*

      Hapus
  14. Yang semangat yaaaa, rajin posting ala2 gitu hahaha, aku selalu mendukungmu #Kabur

    BalasHapus
    Balasan
    1. a la - a la gembel gitu ya cum? *jitak

      Hapus

What wasn't said, will never be heard. What wasn't wrote, will never be read. Tinggalin komentar yuk...