Jumat, 18 Desember 2015

3 Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri


Rasa percaya diri merupakan salah satu faktor penting agar bisa menjadi orang yang selalu bahagia. Mengapa? Karena rasa percaya diri dekat dengan "positif thinking" yang mampu membentengi diri untuk tidak mudah terpengaruh oleh hal-hal negative.


Seperti yang kita tau bahwa hal negatif juga akan membawa emosi negatif seperti sedih, marah, bahkan iri dan dengki. Dan emosi-emosi negatif tersebut jika menetap lama dalam diri, akan membuat kita sulit merasa bahagia.

Pertanyaannya, bagaimana cara sederhana untuk menumbuhkan rasa PeDe? Simak cara menumhuhkan rasa Percaya Diri a la Noe, yuk!

1. Kenali Dirimu


Pahami bahwa setiap manusia itu unik dan memiliki kekurangan maupun kelebihannya masing-masing. Coba gali potensi diri dan fokus untuk mengembangkannya. Kelebihan yang ditonjolkan akan mampu menutupi kekurangan dalam diri yang kerap kali membuat kita kurang PD dan minder. Jika kelebihan dan potensi diri kita sudah menonjol, itu akan menjadi branding bagi diri kita, sehingga orang lain akan mengenal kita sebagai orang yang positif, dan mereka senang bergaul dengan kita. Jika demikian, makan rasa PD kita akan menguat dan mudah merasa bahagia.

Proses mengenali diri bisa dengan cara, mencari tau gaya berpakaian seperti apa yang pantas, warna yang cocok, atau make up yang pas. Asah juga keterampilan atau bakat yang bisa menjadi nilai jual seperti menulis, melukis, olah raga dan lainnya. 

Kalau aku dengan ngeblog. Kerasa banget aku bisa PD setelah aktif jadi blogger. 

2. Backpacking


Pergi backpacking akan memberikan banyak pengalaman luar biasa. Aku sendiri sudah merasakannya. Salah satunya adalah bertemu banyak orang baru yang tak jarang dari mereka memiliki nasib yang kurang beruntung. Di momen itulah kita akan diarahkan untuk sejenak melihat kebawah. Bahwa ternyata kita bukanlah satu-satunya di dunia ini yang memiliki masalah untuk dikeluhkan atau yang membuat kita tidak PD dan sulit bahagia.

Yang harus diingat, saat backpacking kita juga harus mau membuka mata, telinga, hati dan fikiran, agar kita peka pada apa yang kita lihat, dengar, & rasakan, serta menjadikannya sebagai bahan renungan untuk diambil hikmahnya.

3. Berkomunitas dan Bergaul


Tidak dapat dipungkiri bahwa lingkungan dapat memberi andil dalam membentuk diri kita. Untuk itu sebaiknya kita menghindari orang-orang atau lingkungan yang beraura negatif. Berkumpul lah dengan orang-orang positif seperti dengan berkomunitas. Lebih bagus lagi kalau kita memilih komunitas yang sesuai dengan passion atau hobi kita. Saat berada di tengah orang-orang dengan kesamaan hobi biasanya kita akan terpacu dan saling memotivasi.

Selain ketiga tips dibatas sebenarnya masih ada banyak cara untuk menumbuhkan rasa PD. Namun ada hal yang paling penting dari kesemua tips itu, yaitu BERSYUKUR.

Bersyukur memang obat paling ampuh untuk segala penyakit hati. Dengan bersyukur kita akan merasa cukup dan yakin bahwa apa yang telah diberikan oleh Tuhan kepada kita adalah bekal yang sangat berharga untuk menjalani hidup. Dengan begitu, tak ada lagi alasan bagi kita untuk tidak Percaya Diri, kan?

26 komentar:

  1. berkokunitas itu apaah?? typo :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahahaha... Harap makluum sodaraaa

      Hapus
  2. RT: Berkokunitas itu apaahh??


    x))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duuh, jadi pingin banting pungky niiihh.. Zzz

      Hapus
  3. Bolehlaaah.... Apalagi yang kenali diri sendiri. Lumayan.
    Btw, kunjungin balik ya: www.mraneh.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siyaap kakak, nanti kunjung balik

      Hapus
  4. sipp mbak...bahagia itu diasaat kita percaya pada diri sendiri ..

    BalasHapus
  5. bener, bersyukur juga akan membuat kita lebih percaya diri dan berpandangan positif :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mariiii bersyukur mari positif thinking ;)

      Hapus
  6. Banyak bergaul memang membuat percaya diri naik.. Mantaaap nih tipsnya

    BalasHapus
  7. gak pernah di ajakin backpekeran sama Kakak Noe ah aku ,ngambek

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau diajakin kemana siih de Lidya :p

      Hapus
  8. setujuuu..

    duh, tapi gw kurang backpaking kayaknya. No 1 dan 3 syudah cukup, hihihi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aduuh, kalo mba zat siih, aku deh yg harus berguru padamu. Ahaha.. *sungkem

      Hapus
  9. salam kenal mbak nurul noe, semoga perkenalan kita membawa energi positif

    BalasHapus
    Balasan
    1. siyaap mba Febrina, salam kenal kembalii ;)

      Hapus
  10. Bener yg pemalu hrs berani lbh membuka diri

    BalasHapus
  11. aku ga pernah bekpekingan tapi koq pedenya kebablasan yak...gimana inih...

    BalasHapus
  12. duuh ini kayaknya aku kudu ekstra belajar banyak dari tips ini, maklum aku kuper dan jiper orangnya *ngaaku terusterang nih :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisaa aja mba Tanty ini, kuper tapi blognya kece. itu udh one step ahead lho!

      Hapus

What wasn't said, will never be heard. What wasn't wrote, will never be read. Tinggalin komentar yuk...