Senin, 02 November 2015

Tansuga, Mengawinkan Nasi Ketan Thailand & Malang


[LIFESTYLE] Entah kenapa, semenjak habis dari Bangkok bulan Juni lalu, kok jadi tergila-gila sama mango sticky rice, alias ketan yang dimakan sama mangga & durian. Bagiku itu unik. Selama ini cuma tau kalo makan ketan itu pake taburan kelapa parut, atau disiram sambal tomat.

Di Malang, sempet juga nemu kuliner unik dari ketan. Nama kedainya Pos Ketan. Di Pos Ketan, menunya serba ketan dengan beragam pilihan topping. Ada keju, coklat, durian, dll. Bulan puasa tahun 2014 lalu, aku sempat jalan-jalan ke Malang, dan oleh teman aku diajak ke Pos Ketan di Batu, Malang. Aku nyicip yang topping keju. Enak!

Dan ceritanya, karena mulai tergila-gila sama ketan, beberapa kali aku sempat coba bikin mango sticky rice. Meskipun asal-asalan banget bikinnya. Karena aku ngga tau cara bikin santan kentalnya itu lho. Tapi lumayan bisa mengobati rasa kangen akan kuliner khas Thailand itu.

Kalau hari ini, aku bikin tansuga, alias ketan susu keju mangga. Haha... *ngarang* Aku rasa tansuga ini adalah anak hasil perkawinan jajanan ketan dari Thailand & Malang. 

Cara penyajiannya, nasi ketan ditaburi keju parut lalu disiram susu kental manis dan diberi potongan mangga. Mmm... Anak-anakku suka. Malah jadi ide bekal sekolah juga. 

Meskipun rasanya ngga seenak ketan yang dijual di Bangkok & Malang, tapi Alhamdulillah ya, lumayan aja buat menggoyang lidah. Dari pada hampa ngga punya makanan atau cemilan, kan? Dan dari pada jajan yang udah pasti keluar uang lebih banyak, mending masak-masak sendiri dong. Hehe... *emak ngga mau rugi*

32 komentar:

  1. ooh ini bikin sendiriii, haha kirain dapet beli di manaa gitu..
    Dari foto sih keliatannya enaak :D
    dan namanya juga udah menjual banget nih mbakkk, tansuga..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha... Aku jadi pingi dagang :D

      Hapus
  2. semuabergoyang dong bukan cuma lidah hehehe

    BalasHapus
  3. Bisa bikin makanan di rumah sendiri enak ya Noe, selain menjaga kebersihan dan kualitas, lumayan murmer kan y

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaap, lebih tenang krn terjaga kebersihannya :)

      Hapus
  4. aku mangga dimakan pake nasi :D

    BalasHapus
  5. Coba bikin usaha tansuga ini aja noe
    aku pengen bikin ah di rumah :D

    BalasHapus
  6. kemlecer banget langsung lihat mangganyahh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaah.. Mumpung lagi musim mangga, jd muraah... Beli giih

      Hapus
  7. Aku malah belum pernah ke Pos Ketan Mbak, padahal beberapa kali main ke Alun-Alun Batu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, yang orang Malang malah belun pernahbya :D

      Hapus
  8. Mau coba, aaaah. Kayanya segar-segar manis, hihihi :)

    BalasHapus
  9. mango sticky rice..emang enak pake banget ya

    BalasHapus
  10. asik tuh jalan jalan ke tailand :)

    BalasHapus
  11. heh... bacanya aja udah susah bayangin nasi ketan sama mangga... harusnya gaknyambung rasanya

    BalasHapus
  12. Oh bikin sendiri, pantes aja rasa nya ala2 hahahaha

    BalasHapus
  13. Wah pertamanya sempat terpikir kalau ini review tempat wisata kuliner, ternyata buatan sendiri..sepertinya enak, bisa jadi ide bisnis kuliner juga :)

    BalasHapus
  14. Wuaah .. kayaknya enak itu gan ..
    ketan ditaburin keju plus ada potongan mangganya .. beuhh seger

    BalasHapus
  15. Uuuh .. rasanya pasti manis, gurih-gurih asem gimana gitu ya , hhi

    BalasHapus

What wasn't said, will never be heard. What wasn't wrote, will never be read. Tinggalin komentar yuk...