Kamis, 19 November 2015

Persiapan Menyusun Anggaran Liburan Keluarga

Kenangan liburan di Sabang - Aceh.

Hari ini aku agak sedih. Di sebuah grup whatsapp, teman-teman bloggerku sedang ramai sharing foto-foto kopdar di Jakarta. Aku sedih karena tidak bisa ikutan. Maklum saja, aku sudah mulai kembali kerja setelah cuti melahirkan. Seandainya masih dalam masa cuti, aku pasti ikutan kopdar.

Acara kopdar hari ini memang spesial karena ada teman blogger dari Semarang yang datang jauh-jauh ke Jakarta. Akhirnya, demi menghibur hati agar tidak sedih, aku membuat rencana liburan ke Semarang akhir bulan Desember mendatang.

Di Semarang, ada banyak objek wisata yang ingin aku kunjungi. Selain itu, aneka kulinernya juga membuatku penasaran. Untuk menuju Semarang, sepertinya aku akan memilih menggunakan kereta api dari Jakarta, karena Mamas dan Kakak sedang sangat ingin naik kereta.

Hmm, baru berencana saja aku bisa membayangkan liburan seru di Semarang bersama keluarga. Apalagi ada teman blogger yang siap menemani keliling kota Semarang. Jadi gak sabar mau liburan lagi!

Kenangan liburan di Malaka - Malaysia

Pergi berlibur bersama keluarga memang menyenangkan. Kita jadi bisa bersantai sekaligus merasakan suasana baru yang nyaman. Untuk mendapatkan pengalaman liburan yang istimewa, tentu saja kita harus melakukan persiapannya secara matang. Termasuk menyiapkan rencana anggaran liburan.

Jangan sampai isi kantong malah terkuras habis hanya karena liburan yang tak terencana dengan baik. Kita harus tetap memiliki tabungan yang mencukupi untuk kebutuhan lainnya sepulang dari liburan. Jadi, persiapan seperti apa yang harus kita lakukan sebelum berlibur bersama keluarga?

Segera Memilih Tempat Berlibur


Menentukan tempat berlibur adalah fokus utama saat merencanakan liburan. Karena setelah mengetahui tempat berlibur yang kita inginkan, baru lah kita bisa menyiapkan rencana anggaran lainnya. Rencana anggaran yang dibuat itu harus meliputi biaya tempat rekreasi, akomodasi penginapan dan konsumsi, transportasi, serta biaya untuk membeli oleh-oleh.

Sembari menentukan tempat berlibur, tetapkan juga berapa hari waktu berliburnya. Pilihlah jadwal yang paling tepat agar bisa disesuaikan dengan aktivitas kesibukan kita sehari-hari.

Menyiapkan Perlengkapan Liburan Lewat Toko Online www.mataharimall.com

Berlibur bukan hanya soal pergi menginap ke tempat lain. Kita juga patut menyiapkan aneka kebutuhan seperti pakaian, koper, kamera untuk mengabadikan momen berharga, serta beragam persiapan lainnya. Menyiapkan barang-barang untuk berlibur semakin praktis jika kita mengandalkan toko online atau e-commerce.

Tau emaknya beli double pan di MatahariMall.com eh anaknya minta dibeliin tas buat backpacking

Harga yang terjangkau serta pilihan produk yang variatif membuat kita tak perlu repot membeli barang di tempat lain. Cukup menyiapkan dana dan daftar belanjaan kita sebelum menjelajahi MatahariMall dari gadget.

Jangan Lupa dengan Dana Tak Terduga


Rencana pengeluaran kita selama liburan tak akan lengkap tanpa dana tak terduga. Sebab kita pasti membutuhkan biaya tambahan untuk membeli oleh-oleh atau melakukan aktivitas seru di tempat liburan. Jadi, akan lebih baik jika kita menyiapkan dana tersebut saat menyusun anggaran liburan.

Jika dana tak terduga tidak digunakan selama liburan, berarti kita bisa menyisihkan dana tersebut untuk dikembalikan ke tabungan. Lumayan kan, dana cadangan yang tak terpakai itu bisa digunakan untuk merencanakan liburan berikutnya. Haha.

Liburan bersama keluarga memang candu, deh! Apalagi sekarang menjelang akhir tahun. Banyak tanggal merah, tuh! Momen yang pas untuk merencanakan liburan keluarga.

Kalau kamu gimana? Sudahkah menentukan destinasi liburan yang akan dikunjungi bersama keluarga?

30 komentar:

  1. Akhir tahun keluarga kami mau liburan ke Bandung nih InsyaAllah. Lagi nyari2 sweater nih buat di jalan. Nyoba ah ke Matahari Mall. Aq sempet beli teflon, flatshoes, bahkan jemuran di MM. Lumayan enak cz free onkir hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya, salah satu asiknya belanja di MatahariMall.com tuh free ongkir. Haha... Itu kmren aku abis beli double pan, udah cepet pengirimannya. Pelayanannya meningkat nih

      Hapus
  2. Aku belum bisa berencana liburan sekeluarga lagi nih.. ada yg belum boleh cuti kerja soalnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hoo, si Ibam ya... Liburan weekend aja mba yg deket2 :D

      Hapus
  3. Aku belum bisa berencana liburan sekeluarga lagi nih.. ada yg belum boleh cuti kerja soalnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ataauu... Ngga usah diajak ibam nya. Haha

      Hapus
  4. Pengeeeen libuuuur hehehehe.. Aku juga begini kaau mau liburan.. Browse sana sini, persiapan ini itu and let the fun begin :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayoo mama Bo, ke Machu Pichu. Ajakin aku. Huhuuu

      Hapus
  5. Kayaknya kalo holiday akhir tahun bln December kan musim penghujan mbak. Kapok aku liburan pas hujan deres dimana mana banjir. Klo ke smg kabar2i yaa siapa tau bisa ketemuan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Liburan musim ujan enaknya staycation di hotel yo mba. Ngga usah outdoor. Atau wondow shopping aja ke mal. Hahaha

      Hapus
  6. Hiya nich Kopdar teman blogger Semarang di Jakarta bikin kepingin ke Semarang lagi. Saya malah belum menyiapkan rencana liburan Noe, mungkin malah budgetnya bisa setelah tahun baru beberapa bulan kemudian. Hiks...semoga liburanmu menyenangkan y

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo gitu liburannya awal tahun dpn ya mba Astin. Siip. Makasiih

      Hapus
  7. maksa lagi seneng naik kereta api ya? em...Faiz juga suka lho. LEbaran kemarin kepinginnya naik Kereta Exspres ke Cilacap, tapi beeeeuh mehong banget 8 tiket bisa tembus 3 juta.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaw.. Kelas eksekutif ya itu. Mahal ajaa :D

      Hapus
  8. Pengin niru dirimu kok gak bisa yaaa...sering libur tapi tanpa dompet kempes....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo ayo mba Lies, liburan itu menyenangkan :D

      Hapus
  9. aku agak susyah kalo ngejadwalin beginii.. seringnya tiba2 bubar jalan :((

    entah aku tiba2 ada acara dadakan di kantor yg wajib diikuti, atau suami yg gak bisa :(

    BalasHapus
  10. tengkyu buat tipsnya mbak, kadang aku suka dadakan pergi eh ternyata banyak hal yang gak diduga di perjalanan yang akhirnya bikin bete

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo pergi dadakan, kudu banyak sabar dan pinter improve supaya ngga bete ;)

      Hapus
  11. Wah, mak ini ngehits banget ngebolangnya

    BalasHapus
  12. tolong dong susunin anggaran liburan aku ,pliiiiis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ealaah... Dirimu lbh pinter lhoo haha

      Hapus
  13. Hm, kapan ya aku bisa liburan dengan keluarga? Kalo ke Ragunan doang sih bisa..kalo keluar kota? Ya, smoga aja bisa deh. Siapa tau ada rejekinya :) *Aamiin

    BalasHapus
  14. ini yang waktu ke jakarta kemarin ya mbak hehe, pantesan kok mbak nurul gak ikutan, aku mau liburan bertiga nih sama keluarga tercinta bentar lagi, bener kudu nyusun anggaran biar gak minus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe.. Begitulah mba Evrina. Ayo ayo, susun anggarannya ;)

      Hapus
  15. Dija juga seneng banget kalo liburan sama keluarga...

    BalasHapus

What wasn't said, will never be heard. What wasn't wrote, will never be read. Tinggalin komentar yuk...