Rabu, 16 September 2015

Pakai Natural Bottle Agar Bayi Tidak Bingung Puting

Bingung Puting bisa jadi masalah setiap ibu bekerja yang ingin tetap memberi ASI kepada bayinya. Untuk menghindari masalah bingung puting, biasanya disarankan untuk memberi ASIP (ASI Perah) dengan gelas, atau disuap menggunakan sendok, bukan menggunakan botol dot.


Masalahnya, tidak semua pengasuh bayi memiliki kesabaran tingkat tinggi untuk memberi ASIP kepada bayi dengan cara tersebut, karena bayi memang belum pintar minum menggunakan gelas.


Akan tetapi, Alhamdulillah dulu aku tidak sampai mengalami drama bingung puting saat memberi ASIP kepada Maska, meskipun menggunakan dot. Awal-awal malah Maska ngga mau diberi dot. Sampai sempat merasa bingung dan stress, bagaimana caranya meberi ASIP kalau si baby ngga mau dikasih dot? Akhirnya setelah terus mencoba & belajar, akhirnya bisa juga.

Sekarang, meskipun sudah tau kalau sebaiknya jangan meberi ASIP dengan botol dot, kok aku mah tetap saja merasa ribet kalau harus pakai gelas, ya. Mungkin aku tidak cukup sabar. Hehe... Dan belum tentu juga nanti bakal dapet pengasuh yang sabar memberi ASIP tanpa dot, kalau aku sudah harus kembali kerja lagi.

Berdasar pengalaman sukses memberi ASIP kepada bayi menggunakan botol tanpa mengalami bingung puting, aku jadi merasa PD bahwa baby Ranu juga ngga bakalan bingung puting. Apalagi kalau ingat Maska dulu, kalau ada aku di rumah, mereka sama sekali ngga mau ngedot. Meskipun sudah dicoba, mereka tetap menolak. Tapi kalau aku pergi kerja, ya mereka mungkin terpaksa, dari pada lapar.

Bagaimana bisa pakai dot tapi ngga bingung puting? 

Berikut tips memberi ASIP pada bayi dengan botol dot, dan tips agar tidak bingung puting;
  1. Berikan ASIP segera setelah bayi terbangun dari tidur. Jangan menunggu bayi merasa lapar/sangat lapar, karena sudah pasti bayi akan menangis kesal dan biasanya akan menolak diberi dot, bahkan juga puting ibu pun bisa ditolak kalau bayi sudah nangis ngambek.
  2. Susui bayi dari payudara langsung jika ibu sedang di rumah bersama bayi, kapan pun setiap ada kesempatan. Ini penting agar tercipta bonding dan attachment yang baik antara ibu & bayi.
  3. Ajak bayi bicara & beri pengertian agar bayi mau menyusu dari botol, dan tetap mau menyusu langsung saat berdua dengan ibu. Bayi mungkin belum bisa menjawab saat diajak bicara, tapi ibu harus percaya bahwa bayi bisa mengerti apa yang kita sampaikan. (hypno parenting)
  4. Pilih botol dot yang cocok dengan bayi


Bertemu Philips Avent Natural Bottle


1 set Philips Avent Natural Bottle (2 botol 125ml, 2 botol 250ml, 1 sikat pemberaih, 1 empeng)

Bermula dari khawatir mengalami bingung puting, kemudian aku mencari-cari informasi, apakah ada botol dot yang bentuknya mirip dengan nipple (puting) atau payudara ibu.

Dan rupanya ada Newborn Starter Set dari Philips Avent, yaitu botol dot tipe natural, yang mana bentuk dotnya dirancang menyerupai anatomi payudara & nipple ibu. Tentu inovasi produk dot natural ini dimaksudkan agar bayi tidak mengalami bingung puting.

Natural Teat Shape (Bentuk Nipple Lebar, Mirip Payudara Ibu)

Selain itu, masih ada kelebihan lain dari botol dot tipe natural dari Philips Avent;

  • BPA Free
BPA Free

Seluruh produk Philips Avent sudah memenuhi standart BPA Free (Bebas BPA). BPA (bisphenol-A) merupakan zat kimia sintetis yang biasa digunakan pada beragam produk, salah satunya pada botol bayi. Bahayanya jika perlengkapan bayi mengandung BPA adalah karena BPA bisa terlepas dan tercampur dengan susu lalu tertelan. Menurut penelitian, BPA bisa menyebabkan terganggunya fungsi normal dari sistem hormon manusia, yang akan mempengaruhi kesehatan, sistem reproduksi, serta mengganggu perkembangan dan tingkah laku.


  • Anti ColiC System yang lebih canggih
Advanced Anti-colic Valve

Botol dot natural ini merupakan penyempurnaan dari botol dot tipe classic, yang mana botol tipe classic memiliki ring anti colic yang terpisah sehingga rawan bocor. Sistem anti colic ini dirancang untuk memberi kenyamanan pada bayi saat menyusu, yang berfungsi untuk melepaskan udara kembali ke dalam botol, jadi udaranya tidak terhisap dan masuk ke perut bayi yang bisa membuat perut kembung.


  • Compatible dengan banyak produk Philips Avent


Compatible dengan produk Philips Avent lain (dot, breast pump, spout, straw)


Asiknya botol dot Philips Avent bisa disambung dengan banyak produk Philips Avent yang lain, seperti spout, straw, dan breast pump. Dan produk-produk Philips Avent kan sudah terkenal awet, jadi bisa terpakai lama. Jadi kalau sudah sampai umurnya harus belajar minum menggunakan cangkir/gelas (cup training), botol tinggal disambung dengan tutup spout, atau yang lainnya sesuai kebutuhan.


  • Nipple Anti Collapse
Unique Comfort Petals

Nipple Philips Avent terbuat silicone yang dapat disterilkan, lembut tetapi tidak mudah collapse (peot) saat dihisap bayi.

  • Mudah dibersihkan & tidak bau


Bentuk botol yang gendut lucu dan bagian mulut botol yang lebar membuat botol Philips Avent mudah dibersihkan. Ditambah lagi pemilihan bahan setiap bagian botol dot yang berkualitas, sehingga tidak meninggalkan bau setelah dicuci.

Baby Ranu Belajar Ngedot


Ngomong-ngomong soal membersihkan botol, di dalam dus paket botol dot Philips Avent tipe natural, terdapat satu sikat khusus untuk mencuci setiap bagian botol dot Philips Avent. Selain itu, ada bonus empeng juga. Tapi aku ngga pakai empengnya. Rasanya ngga tega membohongi bayi dengan empeng, padahal bayi mengira itu makanan sehingga dikenyot gitu oleh bayi.


Pilih nipple debgan jumlah lubang yang sesuai umur bayi

Angka penanda jumlah lubang di nipple dot

Kalau botolnya sih sudah dicoba ke baby Ranu. Awalnya dia menolak. Mungkin karena terlalu lapar. Jadi baby Ranu harus ditenangkan dulu supaya berhenti menangis. Setelah tenang, dan sedikit mengantuk, dicoba lagi memberikan dot Philips Avent berlubang 1. Dan sukses. Ranu mau minum ASIP dari botol lalu tertidur. Bangun tidur, baby Ranu menyusu lagi, tidak pakai dot, tetapi langsung padaku.

Bismillah... Tetap pintar ya, De. Nanti kalau Ibu sudah balik kerja, siang ngedot pakai Philips Avent Natural Bottle, malam nyusu langsung. Jangan bingung puting ya, De.

30 komentar:

  1. aih,senangnyaa...makasih ya mak sharingnya,ngilmu dulu nanti praktek,insya Allah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bumil... Semoga sehat lancar, melahirkan anak soleh/soleha, selamat & bahagia ibu & bayi. Aamiin...

      Hapus
  2. Ranu gak bungung puting yang penting isinya ya :)

    BalasHapus
  3. Nah, antik koliknya ini yg penting, kan suka ada tuh ya yg trus bikin kembung karena baby jadi kebanyakan ngisep angin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyoo mak, innovasi prosuk bayi semakin canggih ya skrg. Alhamdulillah, jd bs memberi yg terbaik utk anak

      Hapus
  4. mengedot serasa minum dari puting aslinya ya mbak... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, jd anak gk bingung putinf ;)

      Hapus
  5. insyaallah g bingung puting...semangat yaaaaaa ranuu noee

    BalasHapus
  6. Sangat bermanfaat nih infonya,,wlpun blm punya baby tapi tertarik buat baca,,hitung2 buat persiapan nanti,,hehe....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah klo bermanfaat, makasih mba Rahma...

      Hapus
  7. terimakasih mba tipsnya :)

    BalasHapus
  8. Kak puting itu apa ???? #LaluDigampar hahaha
    Hai dedek bayi ... salam dari om cumi yg ganteng ini #KissKiss

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kamuu nanya-nyaaa, ntar aku tunjukin kamu pingsan lagi. Haha... Sini om, main ke Serang ;)

      Hapus
  9. wah, baru tahu, selama ini baby-ku 1,5m pake cup feeder cm kadang susunya bleberan (hallah, bahasa mana itu), mungkin perlu dicoba, makasiiih mba nurul infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sami2 mba Wuri, semoga baby nya ketemu sm botol yg cocok yg ngga bikin bingung puting yoo. Sehat teruus, aamiin. :*

      Hapus
  10. kalau intan ini sekarang udah mau pakai dot mbak...tapi ya gitu mimiknya dikit gak sampe 100ml. bingung juga kenapa gak banyak mimiknya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bieda chel anak laki sama perempuan. Biasanya laki lbh banyak minum asi nya. Dan produksi asi itu sebanding dg kebutuhan anak. Jadi, santai n pd aja. Tetep semangat mompa asi yaaa

      Hapus
  11. Hallo mbak, mau tanya donk, beli tutup spout dan tutup straw nya dimana ya? Dijual terpisah ga sih dr botolnya? Makasih

    BalasHapus
  12. Mom klo dot yg lubang 1 (utk new born) itu jg anti colic ya?

    BalasHapus
  13. Terima kasih sudah berbagi bunda Nurul,,

    BalasHapus
  14. anak saya gak mau klw di kasih dot mbak...gak tau itu gk mw dgn susu na atw gak cocok dgn puting dot na,,,,

    BalasHapus
  15. Makasih sahringnya semoga anak saya gak mengalami bingung puting aamiin

    BalasHapus

What wasn't said, will never be heard. What wasn't wrote, will never be read. Tinggalin komentar yuk...