Rabu, 09 September 2015

Mengatasi Sembelit Pasca Melahirkan

Sedih itu, pas semangat mompa dengan pompa ASI elektrik dari Philips Avent, kok ya dilanda masalah sembelit. Huhuu... Buyar deh kesenangan jadi Pejuang ASIP. Perut mules, tapi saluran kesumbat kotoran yang mengeras. Derita sakitnya jadi berlipat ganda karena luka jahitan jadi ngilu setiap kali coba mengejan. *ups, maaf kalau agak jorse*


Persoalan sembelit ini melanda 2 hari lalu. Padahal, setiap hari aku sudah rajin makan sayuran hijau juga pepaya. Ngga lupa juga aku banyak minum air putih. Tapi ngga ngerti deh kebapa bisa tetap kena sembelit.


Menurut beberapa teman sih, sembelit itu permasalahan umum yang biasa diderita para ibu pasca melahirkan. Padahal kalau Kuingat-ingat, pasca melahirkan anak pertama & kedua aku ngga sampe sembelit parah begini deh. Dan saking ngga teganya @ojrahar ngeliat aku sampai nangis-nangis di dalam toilet, dia sampe inisiatif beli obat pencahar, dulcolax. Tapi ternyata, setelah kubaca informasi yang ada di kemasannya, dulcolax tidak direkomendasikan untuk ibu menyusui.

Lalu aku konsul ke teman yang seorang dokter, dan dia menyarankan untuk beli pencahar yang dimasukkan lewat a*us. (mari sebut saja pencahar bawah). Dan @ojrahar langsung balik lagi ke apotik untuk membeli pencahar yang dimaksud temanku. Di apotik, petugasnya memberi pencahar bawah dengan merk yang sama, yaitu dulcolax. Harganya Rp23.000 per pcs. Lumayan mahal ya. Tapi memang manjur sih. Setengah jam setelah kupakai, Alhamdulillah langsung lancar. Legaa rasanya!

Penyebab Sembelit Pasca Melahirkan


Setelah terbuang kotoran yang keras dan menyumbat saluran pembuangan akhir, rasa penasaranku muncul lagi. Apa yang menyebabkan sembelit, padahal sudah rajin makan buah dan sayur? 

Menurut penjelasan temanku yang dokter itu, ada beberapa penyebab sembelit pada ibu pasca melahirkan, salah satunya yaitu karena meminum obat pengurang rasa sakit. Selain itu, rasa takut dan khawatir terhadap luka bekas jahitan juga bisa menjadi penyebab sembelit. Misal, takut bekas jahitan jadi luka dan berdarah lagi, atau takut bekas jahitannya tambah sakit sehingga sangat hati-hati dan tidak berani mengejan.

Nah, kalo aku kayaknya kemungkinan kedua itu deh. Takut jebol dan ngga sembuh-sembuh bekas jahitan di jalan lahir. Hiks... Ditambah lagi ya, aku kan ada hemorhoid. Huwoo... Nah karena ngga berani ngeden itu lah, kotoran jadi numpuk dan mengeras. Iyuuh! 

Padahal, pergerakan perut saat pup, termasuk pada saat mengejan, ngga akan sampai membuat bekas jahitan jebol atau robek lagi. Kata temanku si dokter itu, "ngeden mah ngeden aja, mbak Noe!" hehehe...

Ya, baiklah... 

Satu catatan lagi dari dokter, untuk mencegah supaya tidak sembelit lagi, tetap banyak makan sayur, buah, dan banyak minum air putih. Usahakan makan sayur dan buah dalam kondisi renyah, misal buah pear atau apel. Oya, saat merebus atau memasak sayuran jangan terlalu matang agar tetap renyah saat dikunyah.

Kalau aku biasanya banyak makan pepaya, yang murah meriah tapi manjur untuk melancarkan pencernaan. Hehe... Pear & apel kan buah mahal. :D

16 komentar:

  1. selamat memberi asi eksklusif tanpa gangguan sembelit ya mbak... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, bismillah smoga gk sembelit lagii.. :D

      Hapus
  2. wah makasih infonya ya mak...buat bekal nanti habis melahirkan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah yaa, moga manfaat... :)

      Hapus
  3. Selamat menyusui dengan bahagia tanpa gangguan sembelit. Aduhhh aku pemilih kalo makan sayut dan buah. Kayaknya mumpung single, wajib banyak latihan makan sayur buah nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyees, jgn pilih2 yoo mulai sekarang. Biar sehaattt ;)

      Hapus
  4. akhirnya lancar berkat dulcolax
    sing sabarrr yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyoo, selalu sabaar Alhamdulillah...

      Hapus
  5. pepaya buah tanggung bulan hahaha buat aku sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk... Buat aku mah buah Harian :D

      Hapus
  6. Jadi inget pas habis dijAHIT berdoanya moga g kebelet :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk... Mak Fenny, aku jg risih sih :v

      Hapus
  7. banyak minum air putiiih maaak..itu lho, air dengan pH tinggi juga bisa membantu melancarkan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyo mak, nanti mau beli air alkali. Makasih tips nya yoo... Sun jauh :*

      Hapus
  8. Hai Maakk....
    Saya sudah melahirkan juga lho. Wkwkwwkwk...
    Dan ini hari ketiga, saya belum pup juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah... Seneng denger dikaubudh lahiran maak, semoga gk smpe sembeli ky aku yoo. Aamiin

      Hapus

What wasn't said, will never be heard. What wasn't wrote, will never be read. Tinggalin komentar yuk...