Minggu, 27 September 2015

Melahirkan Gratis Dengan Fasilitas BPJS


Melahirkan Gratis Dengan Fasilitas BPJS bisa jadi pengalaman menyenangkan kalau kita tau tips dan triknya. Jadi sebagai pasien, kita memang dituntut untuk cerdas supaya segala urusan bisa berjalan aman lancar. Apa lagi sekarang ini lagi jaman susah. Apa-apa mahal. Termasuk biaya melahirkan.


Hadirnya program BPJS sebenarnya merupakan angin segar bagi kalangan kurang mampu. Sayangnya, banyak pengalaman tidak mengenakkan tentang layanan BPJS, sehingga membuat kita takut dan enggan untuk menggunakan fasilitas BPJS.

Padahal rasa takut, cemas, khawatir, atau kesal dan marah, adalah emosi negatif yang tidak boleh dialami selama masa kehamilan dan pada saat akan melahirkan. Apa lagi jika berlebihan. Karena bisa mengganggu perkembangan janin, dan menyebabkan kontraksi menjadi tidak teratur jika emosi negatif ini dialami ketika menjelang melahirkan.

Jadi dibutuhkan ketenangan dan merasa aman & nyaman pada ibu hamil yang hendak melahirkan supaya janin sehat, proses melahirkan menjadi lancar, sehingga ibu beserta bayi bisa selamat dan bahagia. Masih ingat kan ya rumusnya, jika ibunya bahagia, maka bayi pun akan sehat dan bahagia juga. (baca juga: Bayi sehat berawal dari ibu yang bahagia).

Tips Melahirkan Dengan Fasilitas BPJS


Nah, buat ibu hamil yang berencana melahirkan menggunakan fasilitas BPJS, simak tips berikut yuk:

  • Pilih klinik faskes tingkat 1 yang melayani pemeriksaan kehamilan, USG, dan melahirkan.


Di klinik faskes 1 yang aku pilih, yaitu Klinik RA Medika, layanan gratis bagi pasien BPJS untuk ibu hamil & melahirkan mencakup USG gratis, Melahirkan, dan rawat inap pasca melahirkan maksimal 1 hari. Jika kondisi ibu lemah atau ada masalah sehingga harus dirawat lebih dari sehari, maka akan dirujuk ke Rumah Sakit.

  • Periksa kehamilan secara rutin di faskes 1, dan lakukan pendekatan dengan petugas medis di klinik tersebut.


Kalau sudah punya hubungan baik dengan petugas medis yang nantinya akan menolong dalam proses kelahiran, kan lebih enak, seperti dengan keluarga sendiri. Sehingga kita bisa lebih nyaman menyampaikan keluhan yang dirasakan, atau jika ingin bertanya hal-hal seputar kehamilan, melahirkan & menyusui. Kita juga bisa lebih nyaman menyampaikan kepada petugas medis di klinik tentang keinginanan-keinginan kita saat atau setelah melahirkan, misal ingin IMD, room in, dll. 

  • Tanyakan layanan apa saya yang dicover BPJS, dan apakah ada biaya yang harus dibayar sendiri jika melahirkan menggunakan fasilitas BPJS.


Biasanya ada obat-obatan jenis tertentu yang tidak dicover oleh BPJS, seperti cairan infus & suntik induksi. Berdasar pengalamanku kemarin di klinik RA Medika, aku harus membayar sebesar Rp140.000 untuk infusan & induksi. Sedangkan pengalaman beberapa temanku yang melahirkan di Rumah Sakit menggunakan fasilitas BPJS karena harus dioperasi sesar, biaya yang harus dibayar sendiri berkisar antara 1 sampai dengan 2 juta rupiah. Biaya tersebut adalah untuk biaya rawat bayi yang baru dilahirkan karena belum terdaftar namanya sebagai pasien BPJS.

  • Pelajari prosedur dan penuhi persyaratan yang diperlukan.


Normalnya, pasien BPJS harus ke faskes 1 dulu jika sakit dan hendak berobat menggunakan fasilitas BPJS. Tetapi untuk kondisi darurat, kita bisa langsung ke Rumah Sakit yang bekerja sama dengan BPJS, tetapi harus masuk lewat pintu UGD. Begitu juga dengan ibu yang hendak melahirkan. Jika sudah ada tanda akan melahirkan, seperti kontraksi, ketuban pecah, atau pendarahan, bisa langsung masuk UGD Rumah Sakit untuk mendapatkan pertolongan.

Berikut ini adalah dokumen yang harus dibawa ke klinik dan atau Rumah Sakit untuk keperluan administratif:
- Fotocopy kartu BPJS 2 lembar
- Fotocopy KTP suami istri masing-masing 2 lembar
- Fotocopy Kartu Keluarga
- Materai Rp6.000 2 lembar

Oya, jangan lupa juga membawa perlengkapan bayi agar proses melahirkan semakin nyaman meski memilih melahirkan menggunakan fasilitas BPJS.

39 komentar:

  1. kalau udah milih faskes 1 itu boleh pindah gak sih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh mak Lidya, kalo udh lebih dr 3 bln :)

      Hapus
  2. baru aja jadi nih kartu BPJSnya....

    BalasHapus
  3. Kalau kita nggak pernah periksa ke faskes 1 dan nanti begitu mau melahirkan ke UGD rumah sakit, bisa nggak ya klaim menggunakan BPJS, mak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seharusnya bisa, apalagi urusan melahirkan kan menyangkut 2 nyawa, jadi harus segera ditolong.

      Hapus
  4. belom pernah nyoba BPJS meski udah punya dari fasilitas kantor mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaa, bagus dong berarti sehat terus kaan. Alhamdulillah...

      Hapus
  5. Balasan
    1. Berarti obat radang gk dicover bpjs tuh :v

      Hapus
  6. Alhamdulillah ya Noe, ada BPJS

    BalasHapus
  7. Jangan lupa membawa perlengkapan melahirkan, tahu gaaaak...aku bawa satu travel bag, baju untuk aku ama buat bayiku...enggak kepakeeeee semuaaa, karena di RS aku kemarin, pakai baju RS...hm..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hoo kalo di RS gitu yaa, mungkin biar gk ribet atau antiaipasi kalo pasien persiapannya kurang :)

      Hapus
  8. aku jg mau pake ini tar lagi tpi bukan buat lahiran..

    BalasHapus
  9. Duh berasa pengin ngeklaimin biaya melahirkan dua kali dulu hahahaaa.... Dulu blm ada yg beginian sih :(
    BPJS memang penting ya Noe nggo cekelan, alhamdulillah meringankan banget bila sudah punya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha.. Andai berlaku mundur ya, aku jg mau rembuse biaya ngelahirin maska dulu. *bangkrut negara*

      Hapus
  10. senang deh baca testimoninyaa... apalagi yang baca pegawai BPJS sendiri...hihiii kaboor

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hoo mba Liza pegawai BPJS tooh, haha..

      Hapus
    2. Mak saya mau tanya. Istri saya hamil 32minggu nah berencana pake bpjs. Kami tinggal di semarang. Nah waktu periksa di klinik dekat rumah kami di rujuk ke bidan. Nah anehnya rumah saya di semarang tp tempat rujukan bidan nya di kawasan wilayah demak, itu sangat jauh dan sudah keluar kota. Saya coba masuk dan nego dengan petugas pendaftaran kliniknya supaya di rujuk ke bidan yang dekat yang masih kawasan semarang. Saya lihat di dinding meja pendaftaran terdapat daftar nama bidan dan alamatnya. Saya coba minta yang dekat dan masih wilayah semarang dari daftar itu, ternyata tidak bisa, alasanya tidak ada kerja sama. Dia masih ngotot supaya kami ke bidan yang di demak.

      Kami coba ke bidannya ampun dah tempatnya jauh banget belum lagi mecetnya karena sepanjang jalan banyak pabrik kalo di jam pulang sudah gak bisa gerak kemana mana. Sampai disana ternyata tidak melayani pemeriksaan dengan bpjs, yang di layani bpjs hanya proses persalinannya saja. Bagaimana mbak solusinya?

      Hapus
    3. Hai mas Tri Haryanto, saran saya, mas pindah faskes saja, ke klinik yg melayani pemeriksaan kehamilan, termasuk USG & melahirkan. Mas bisa datang ke kantor BPJS, lalu tanya klinik2 di sekitar tempat tinggal Mas yg bisa melatani periksa hamil & melahirkan. Atau, browsing data klinik yg kerja sama dg BPJS di kota/kabupaten tmp tinggal Mas nya. Saya juga browsing & download data klinik di internet, trus saya survey satu per satu, datengin kliniknya dan tanya2. Kalo merasa cocok, baru saya kontek kantor BPJS dan minta pindah faskes.

      Semoga membantu yaaa

      Hapus
  11. aku juga ..waktu melahirkan sc ..pake bpjs... bayar cuma buat perawatan bayi sekitar 200 ribuan... bagus postnya mba..buat yang belum punya pengalaman...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah, sc dan cuma byr 200rb itu murah bangeeet mba :) selamat yaa, n makasih udah mampir

      Hapus
  12. Mba, kalau lahiran anak saya yg kedua th. 2009 dapat uang kado dari JPK sebesar 550rb, kalau sekarang BPJS ada ga yah uang kado seperti itu

    BalasHapus
  13. Hai mba mau curhat sekalian tanya nih,uk-ku sekarang 33 minggu,rencana mau lahiran di rs. permata medika semarang dan pake bpjs dr kantor. Dr awal hamil periksanya disitu karna cocok sm dr.nya. kmrn aku minta rujukan untuk periksa kehamilan & lahiran dr faskes 1. Ternyata ga semudah itu kalo mau minta rujukan ke rumah sakit,persalinan harus lewat bidan jejaring atau di puskesmas,padahal bidan jejaringnya lokasinya jauh bgt dr tempat tinggal dan puskesmasnya tempatnya lumayan horor(menurutku). Ada solusinya ga mba agar aku ttp bisa lahiran normal pake bpjs dr perusahaan di rs.permata medika?karna sampe sekarang blm dpt rujukannya

    BalasHapus
  14. Hai mba mau curhat sekalian tanya nih,uk-ku sekarang 33 minggu,rencana mau lahiran di rs. permata medika semarang dan pake bpjs dr kantor. Dr awal hamil periksanya disitu karna cocok sm dr.nya. kmrn aku minta rujukan untuk periksa kehamilan & lahiran dr faskes 1. Ternyata ga semudah itu kalo mau minta rujukan ke rumah sakit,persalinan harus lewat bidan jejaring atau di puskesmas,padahal bidan jejaringnya lokasinya jauh bgt dr tempat tinggal dan puskesmasnya tempatnya lumayan horor(menurutku). Ada solusinya ga mba agar aku ttp bisa lahiran normal pake bpjs dr perusahaan di rs.permata medika?karna sampe sekarang blm dpt rujukannya

    BalasHapus
  15. Klinik ra medika alamatnya mana bun?

    BalasHapus
  16. Klinik ra medika alamatnya mana bun?

    BalasHapus
  17. Mbk saya ikut bpjs dengan kartu keluarga orng tua saya yg statusnya belum nikah..bisa kh di pakai buat melahirkan mbk..soalnya bln ada bikin kartu kluarga sndiri sama suami bpjs kami masih masing2..

    BalasHapus
  18. Mb....sy hamil 3bln. 2x priksa ke bidan bjps krn dpt info dr klinik kel. BPJS
    Saat periksaan ke-2 bidannya bilang klo pemeriksaan yg ke-2 tdk dicover BPJS(alias byr sndr) krn info bidan tsb yg dicover hny trimester pertama 1x, trimester kedua 1x, trimester ketiga bs 2x, persalinan normal. Kmdn sy menjelaskan bhw sy ank pertama melahirkan Cesar. bidan tsb berkata jk yg pertama cesar maka yg kedua tdk bisa normal dg bidan tsb, hrs dg dokter. Kmdn sy menanyakan lg apakah persalinannya msk ke umum, bkn BPJS? Bidan tsb menjawab iya(umum).
    Mohon bantuan&masukannya. Trimakasih

    BalasHapus
  19. Mb....sy hamil 3bln. 2x priksa ke bidan bjps krn dpt info dr klinik kel. BPJS
    Saat periksaan ke-2 bidannya bilang klo pemeriksaan yg ke-2 tdk dicover BPJS(alias byr sndr) krn info bidan tsb yg dicover hny trimester pertama 1x, trimester kedua 1x, trimester ketiga bs 2x, persalinan normal. Kmdn sy menjelaskan bhw sy ank pertama melahirkan Cesar. bidan tsb berkata jk yg pertama cesar maka yg kedua tdk bisa normal dg bidan tsb, hrs dg dokter. Kmdn sy menanyakan lg apakah persalinannya msk ke umum, bkn BPJS? Bidan tsb menjawab iya(umum).
    Mohon bantuan&masukannya. Trimakasih

    BalasHapus
  20. Klinik ra medika alamatnya mana bun?

    BalasHapus
  21. mba mau tanya... saya hamil sudh 7bln. baru-baru ini saya ubah faskes dri yg sblumnya menjadi faskes baru. tetapi saya blm pernah periksa di faskes yg baru ini. info dari tempat bidan yg saya periksa tiap bulan bahwa mereka bekerja sama di klinik faskes yg baru saya ganti ini. apakah bisa proses persalinan dan pemeriksaan selanjutnya di klinik faskes yg baru saya ganti ? Mohon infonya..

    BalasHapus
  22. mba mau tanya... saya hamil sudh 7bln. baru-baru ini saya ubah faskes dri yg sblumnya menjadi faskes baru. tetapi saya blm pernah periksa di faskes yg baru ini. info dari tempat bidan yg saya periksa tiap bulan bahwa mereka bekerja sama di klinik faskes yg baru saya ganti ini. apakah bisa proses persalinan dan pemeriksaan selanjutnya di klinik faskes yg baru saya ganti ? Mohon infonya..

    BalasHapus

What wasn't said, will never be heard. What wasn't wrote, will never be read. Tinggalin komentar yuk...