Kamis, 24 September 2015

Cerita di balik blog dalam menciptakan peluang


Cerita draft blog post tentang Melahirkan Gratis Menggunakan Fasilitas BPJS yang terhapus secara tidak sengaja beberapa hari lalu, ternyata memunculkan ide menulis postingan untuk ikutan giveaway cerita di balik blog.


Nah, sebelum ide menguap dan hilang, buru-buru deh aku tulis dan publish. Ya, meskipun nulisnya juga disambi ngurusin new baby born yang lagi butuh banget perhatian. Sebentar-sebentar nangis karena ngompol lah, minta nyusu lah, atau sekedar minta gendong dan di timang-timang. Tetapi memang harus begitu kan, ya, apapun halangannya, kalau ngaku blogger kece, ya harus pinter bagi waktu antara ngeblog dan kesibukan wajib lainnya. (Ciyee... Blogger kece!).

Tetapi kali ini aku bukan mau cerita soal bagaimana repotnya membagi waktu antara ngeblog dan ngurus anak. Kurang lebih sama lah ceritanya dengan emak-emak lain. Jadi langsung aja deh yuk, membedah dapur blog ini... Oya, sebelumnya perlu diketahui ya, semua kegiatan blogging ini kukerjakan dengan hp. Buat teman blogger yang udah kenal lama sih, mungkin udah paham keadaanku yang ngga punya laptop. Ya, siapa tau ada pengunjung baru dan baca tulisan ini. Hehe...


Jadi ini lho cerita di balik blog duniamaska.com yang cuma mengandalkan smartphone:

Tujuan Dibuat Blog Duniamaska.com


Awalnya karena ingin menjadikan blog utamaku - nurulnoe.com - sebagai blog khusus traveling. Nah, berhubung ternyata banyak cerita yang bisa dibagi, namun kategorinya tidak nyambung dengan niche traveling, jadi kubuat blog baru ini. Cerita lengkap tentang dibuatnya blog duniamaska.com ini bisa dibaca di halaman about, yoo. 

Ide Cerita


Ada banyak ide bertebaran untuk ditulis. Entah tentang anak-anak, uneg-uneg, atau cerita curcol lainnya dari hasil LDR (Lihat, Dengar, Rasakan) di keseharian. Biasanya, saat mendapat ide, aku akan langsung menuliskannya di aplikasi notes di HP. Karena kalau ngga, bisa-bisa lupa. Namanya juga manusia kan yang banyak urusan dan pikiran, jadi suka lupa gitu deh kalau cuma mengandalkan ingatan tanpa dicatat.

Proses Menulis


Kalau ngga lagi repot sama anak atau urusan lain, biasanya setelah menangkap ide, aku akan langsung menulis & publish. Paling cepat pernah cuma memakan waktu 15 menit untuk menulis sampai dipublish di blog. Kalau postingan yang butuh mikir, seperti untuk lomba, atau yang butuh riset data, tentu butuh waktu lebih lama. Apalagi sekarang setelah ada bayi, untuk satu postingan blog bisa memakan waktu berhari-hari. Sebab kalau anak udah nangis, ya harus urus anak dulu, ngeblog bisa ditunda. Hehe...

Copy & Paste Draft


Setelah selesai menulis di aplikasi notes, draft tulisan itu kemudian aku copy paste ke dashbor blog. Di tahap inilah biasanya aku baru mencari judul tulisan. Jika sudah dapat judul, baru deh bisa memformat tulisan supaya tampilannya menjadi lebih rapi. Biasanya, aku akan mengatur tulisan menjadi rata kiri & kanan, memformat sub judul dengan jenis sub-heading, mem-bold kata atau kalimat yang perlu di bold, dll. Setelah semua sudah dirasa OK, aku akan save draft.

Memilih & Edit Foto


Rasanya kurang sedap, ya, kalau blog post tidak diberi infografis. Untuk satu postingan di blog ini, biasanya aku pakai satu atau dua foto, atau maksimal 3 foto yang sesuai dengan cerita di postingan blog. Dan jika sedang merasa tak punya foto milik sendiri yang cocok, aku akan mengambil foto/gambar di web pixabay.com, penyedia infografis gratis tanpa harus mencantumkan atribut sumbernya. Oya, sebelum diupload ke blog, biasanya aku akan edit dulu fotonya dengan aplikasi picsart.

Finally Published! 


Setelah selesai edit foto, tinggal diupload ke blog, dan publish deh. Kalau sudah published, baru aku baca ulang tulisanku lewat laman blog. Dari situ biasanya baru ketahuan kalau ada yang typo-typo. Hehe... Jadi self editing ala aku memang kulakukam setelah publish. Aneh ya!

Karena kebiasaanku ini, aku sering diprotes suami.

"Nurul...nurul! Typo kok dipiara." Begitu kata suamiku.

Reaksiku biasanya cuma nyengir aja. Tapi kadang suka ngga tahan juga untuk mengeluarkan argumen, bahwa lebih baik berkarya walau tidak sempurna. Dari pada tidak melakukan apa-apa hanya karena takut dihina karena hasil yang tidak sempurna itu. Lagian, ketidak sempurnaan kan bisa diperbaiki. Meskipun, ada benarnya sih, kebiasaan buruk kudu diubah. Jadi sekarang aku mulai hati-hati kalau menulis untuk mengurangi typo.

Karena sekarang banyak peluang yang bisa diciptakan melalui blog. Salah satunya yaitu tawaran job review. Lumayan, duitnya bisa untuk beli daging. Hehe... Jangan sampai blog kita ngga kebagian peluang hanya karena banyak tulisan typo. Nah, buat kalian blogger newbie, ayo ciptakan peluangmu melalui ngeblog. Kalau blogger senior dan kekinian mah jangan ditanya deh, peluang dan jobnya udah bejibun.

Sementara aku, masih berproses nih supaya jadi blogger kekinian. Kamu?

*****
Tulisan ini diikutsertakan dalam Giveaway Cerita di Balik Blog 

46 komentar:

  1. Mantap banget mb Nurul bisa ngeblog dari hape. Aku nggak pernah, jari jempol semua soalnya, xixxii. Gudlak mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi... Serem aah klo jempol semua :v

      Hapus
  2. hahaah tos, sesama typo kita dan editornya suami ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi... Editornya spesial yoo. Toss

      Hapus
  3. Mantap mbak bisa ngeblog dgn hape. Klu saya entah kenapa kurang seru kalau gak nulis di laptop...

    Haha... saya juga mbak kadang-kadang suka piara typo XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku yg udah kebiasaan pake jp skrg malah gagap pas pake leptop. Haha... Apapun alatnya, yg penting ngeblog dg happy yoo ;)

      Hapus
  4. Wah, blm bisa nih Mak ngeblog dr hape. Yg ada typo semua hahaha! Kalo pake lepi rasanya lebih plongdan afdol hehe! Semoga dibellin lepi tercanggih sama suami ya Mak xixixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Xixixi mau bangeet dibeliin leptop baru sm suami :p aamiin

      Hapus
  5. Wah, salut nih bisa nge-blog lewat handphone. Tapi smartphone sekarang canggih-canggih sih ya, jadi fungsinya sedikit banyak bisa menggantikan laptop. Kalau saya rada canggung mesti nge-blog lewat hape, kudu lewat laptop. Itu juga harus ngebangun suasana nyaman dulu (maklum, saya masih blogger pemula :p).

    Sama, saya juga akan nyatet ide yang kebetulan ngelintas di kepala ke notes di handphone, atau kalau lagi ga pegang hape, nulis di media apapun yang bisa ditulisin hehe. Kalo ga ditulis, keburu lupa. Begitu ide yang ada di notes dituangin ke blog, serasa plong setelah itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi kayak abis buang hajat yoo.. Sensasi plong :p

      Hapus
  6. tos dlu mak, aku jg ngeblog dr hp, pernah jg kejadian postingan utk update blog ilang, pdhl dibikinnya dg sepenuh jiwa raga *halah, tp berkat kejadian trsebut skrg aku lbh hati2 kalau bikin poatingan..
    sukses y mak, slm bwt si kecil :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Toos... Sedih bingits yoo klo udh susah2 nulis trus ilang tanpa bekas :D
      Salam baliik, sukses buatmu jugaa aamiin

      Hapus
  7. kebiasaan ada typo ya mba :)
    itu masih ada typo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha... Thanks thanks udh dikoreksi.. *brb ngedit*

      Hapus
  8. Toss dong mbaaak...sering tipo jugaa hehehehe

    BalasHapus
  9. Salut deh bisa ngeblog dari hp, itu ribet banget menurutku. Aku sudah nyoba dua kali nulis pake hp, itupun cuma nulis fiksi 100 kata saja, tapi bikin kapok hehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gimana kebiasaan kali ya mba Lianny, krn dirimu gk kebiasa nulis di hp n ngeblog jd ribet. Gpp.. Apapun alatnya yg penting ttp ngeblog kan kitaa

      Hapus
  10. Ciyeee makk blogger kece.. Aku juga mau ahh jadi blogger kekinian hihihii.. Btw suami nya 'tukang' ngedit tulisan ya makk.. Bagus jadi saling membantu satu sama lain agar terhindar dari typo :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ciyee blogeer kece di bewe in sama biyuti blogger, hehe... Thanks yaa

      Hapus
  11. Kereeen mak! Aku mah ga bisa publish via smartphone. Kalo ngedraft masih bolehlah. Soalnya suka ga sabaran ngeditnya. Keciiillllll sih! xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayii dicoba ngedit di hp, ngelatih kesabaran lho. Haha

      Hapus
  12. wow.. ini blognya mba nurul yang baru toh.. Ga kesulitan ya mba ngeblog menggunakan hp? Buatku sih HP menolong untuk buat draft blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya niih, bikin blog baru hihi... Iya, hp ttp menolong bgt buat ngedraft pas dpt ide yaa.. Sebelum lupa ;)

      Hapus
  13. Lagi coba-coba juga ngeblog pake hp, kayaknya gak ribet kalo nyambi ngurus bayi. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa, bs ttp ngeblog meskipun repot gendong bayi. Hihi..

      Hapus
  14. noeee hebat
    tar lagi beli tab yaaa
    biar bisa bikin ms word :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaah, smoga rejekinya banyak n bs beli leptop jugaak. Aamiin

      Hapus
  15. Aku ga bisa bayangin ngeblog dari hape, apalagi kalo ngetik sebanyak ini, bisa keriting padahal jariku kelingking semua lho. Salut buat kegigihan Mbak Nurul, ini bisa jadi inspirasi buat temen bloggerku yg nggak punya pc tapi tetep pengin ngeblog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah, semog temannya semangat yo mas Ihwan. Hambatan harus jadi oemicu semangat tuuh ;)

      Hapus
  16. Wow ngeblog pake HP. Kerennyaaa! pengen niru deh mbak, biar bisa ngeblog dimana aja, tapi nyatanya aku gabisa pake hape buat ngetik banyak-banyak, jariku...pisang ambon semua, hicks.

    Ah iya, salam kenal ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo ada leptop yg gk hrs pake hp lah, hihi... Sing penting ngebloogg, gk peduli apa alatnya lhoo ;)

      Hapus
  17. mungkin karena keyboard di hp ya mbak jadi sering typo
    aku juga kalau ngedraft biasanya di hp, sambil jaga bayi juga saolnya
    kalo pas luang baru deh edit di laptop, biar puas layarnya gede :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Typo itu lbh karena kecepatan mikir yg gk berinbang sm kecepatan ngetik. Ngetiknya kecepetan bikin typo, mikir ngerangkai kata di otak yg kecepetan mbikin missed juga. Haha

      Hapus
  18. aku ngedraft lewat hp juga mbak.pakai aplikasi blogspot sih..lumayan membantu bgt kalau bisa nyicil draft lewat hp gitu sih ya.....oh ya...kenapa sekarang ngeping gini blognya?wahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pink untuk pencitraan, Chel. Haha

      Hapus
  19. wah mantab deh bener2 blogger kece ..pinter bagi waktunya padahal punya baby ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aiih mb Fitri, makasiih udh bilg aku kece :D *GR

      Hapus
  20. Energimu untuk ngeblog via hape itu lhooo yang we o we be ge te..

    BalasHapus
  21. Energi ngeblog via hape itu berimbas pada siapa ya kayaknya mueheheee....
    Ah pura2 sakit aaahh biar ga kena imbas :))
    Thanks ya Noe sudah ikutan giveaway kecil2an ini. Sukses terus ngeblognya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wowowooo... Bantuin yg iklas, biar tambah subur awake lhoo. Cipoks mba uniek.. Haha

      Hapus
  22. Wahhh... ternyata itu alasan duniamaska lahir toh Mbak Noe. :D Aku tuh suka bingung masuk ke DM atau NN ya buat baca. :D sekarang tahu deh kalau soal non travel ke sini.

    BalasHapus
  23. kok bisa sih mbak ngeblog pake hp...pasti hpnya canggih ya...
    saya pernah nyoba pake hp tapi banyak salah ketiknya...mungkin jari saya yang kegedean ya.. :)

    BalasHapus
  24. wuhhhh blogger yang kleren kecehhh.....

    BalasHapus

What wasn't said, will never be heard. What wasn't wrote, will never be read. Tinggalin komentar yuk...