Selasa, 04 Agustus 2015

Tahu Susu & Tahu Keju Bandung

[LIFESTYLE] Dari jaman kecil dulu, sumpah aku ngga faham kenapa orang bisa segitu sukanya sama tahu. Seenggaknya kakek & nenekku yang seolah tiada hari tanpa tahu. Aku bukan ngga doyan tahu, tapi ngga suka aja kalo tahu cuma digoreng gitu aja untuk lauk makan. 

Kalau tahu isi, atau dijadikan campuran dalam sayur, oke lah. Cita rasanya kan beda. Ngga anyep atau cuma berasa sedikit asin karena digarami sebelum digoreng. Jadi, sejak kecil sampe usia kepala tiga, aku ngga pernah yang ngerasa nafsu banget untuk makan tahu. Di tambah lagi berita beredarnya tahu berformalin di pasaran, makin lah aku menghindari tahu.

Tetapi kemudian semua berubah sejak negara api diserang suku air dan avatar (ngga lucu!).

Sekitar sebulanan yang lalu, ada teman pulang traveling dari Bandung. Saat ketemu di kantor, dia menawariku sarapan yang ia bawa. Lauknya tahu susu dari Bandung. Tahu susu? Aku kok penasaran! Ikut nyicip juga akhirnya. Eh, rasa tahu susu dari Bandung itu lembut. Enak! Dan katanya, tahu susu khas Bandung itu dijamin tanpa pengawet!

Aku jadi ingat, di komplek perumahan tempat tinggalku, setiap hari ada penjual tahu keliling. Setiap lewat depan rumah, ada tandanya, yaitu suara rekaman berbunyi;

"Tahu, tahu! Tahu susu, tahu keju!"


Nah, gegara habis nyicipin tahu susu dari Bandung yang dibawain temen kantor, jadi deh aku nyobain beli tahu susu & tahu keju yang suka ngider di komplek. Dan entah kenapa, kok sekarang jadi jatuh cinta sama tahu. :D

Ternyata bener ya kata orang bijak, hati-hati kalo membenci sesuatu, nanti bisa-bisa berubah jadi cinta. :D

Oya, tahu susu yang dijual keliling di komplek tempat tinggalku, harganya Rp12.000 isi 10 pcs. Kalau tahu keju, harganya Rp13.000, isi 10 pcs juga. Rasanya ngga jauh beda sih menurutku, antara tahu susu & keju ini. Aku paling suka kalo tahu-nya cuma digoreng trus dimakan selagi panas. Surga banget!

Dan ternyata, di supermarket juga ada tahu susu. Katrok banget aku selama ini. Mungkin karena jarang masak dan jarang belanja sayuran di supermarket. Pernah beli tahu susu di Transmart Bekasi, harganya Rp14.000, isi 8 dan ukuran tahu-nya lebih besar dibanding yang kubeli di pedagang keliling di Serang.

Nah, bu-ibu, apakah ada yang belum coba tahu susu Bandung? Cobain deh, beli. :D

16 komentar:

  1. di Siak nggak ada,tahunya biasa cuma teksturnya lembut bangetttt kayak tahu susu di jawa..digoreng aja enak bangetttt,favorit pokoknya^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lembut bgt, tahu sutra bukan? Hihi.. Apapun namanya, yg penting tahu ya... Enaaak pasti

      Hapus
  2. Tertarik icip yang tahu kejunya, di Semarang ada ngga ya yang jual

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba cari di supermarket, mba.. :D

      Hapus
  3. langsung hap kalua makan tahu susu ini, gakusah pakai nasi dijamin enak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi iyaa, ternyata enak bgt nggadoin tahu goreng panas2. Telat sadar aku :v

      Hapus
  4. Hah, aku belum tahuuuuu...

    Lebih katrok tapi serius.
    Pengen coba nih

    BalasHapus
  5. lebih mantap kalau makan tahu anget-anget terus coel sambel/saos duh kebayang nikmat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Teteep ya, saos ngga bisa ketinggalan. Haha

      Hapus
  6. wah belum tahu tahu susu ma tahu keju..yg ngider di komplek rumah..jualnya tahu bandung ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya itu sebelas duabelas ya :v

      Hapus
  7. kayanya enak banget tuh tahunya
    belum pernah icip tahu susu

    BalasHapus
  8. Dicocol sambel saos atau sambel kecap, enaaaaak... *ah dasar tukang makan* :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Idem, aku jg nih, berasa ada yg kurang klo makan tahu tanpa sambel. Haha

      Hapus

What wasn't said, will never be heard. What wasn't wrote, will never be read. Tinggalin komentar yuk...