Kamis, 16 Juli 2015

Sambel Pecel & Kerupuk Jagung Khas Madiun

Sudah lama sebenarnya kepingin nulis soal sambel pecel dan kerupuk jagung khas Madiun. Kedua makanan ini aku dapat dari teman blogger asal Madiun yang baik hati. Namanya Reni Judhanto. Katanya, buat bumil biar anaknya ngga ngences. Haha... Mitos sih!

Dalam dunia blogging, kadang kita suka ngga nyangka ya, bisa menjalin pertemanan yang intim, sampe kayak sodaraan. Padahal tatap muka aja belum pernah. Tetapi interaksi sehari-hari via online bisa aja jadi penghubung antara dua hati yang tak pernah ingin merasa sepi. Aiih... 


Ngomong-ngomong soal sambel pecel, aku termasuk yang suka sambel pecel. Di rumah aku selalu sedia sambel pecel karena bisa jadi alternatif praktis untuk teman makan. Males masak sayur? Rebus-rebus aja trus siram sambel pecel. 

Buat cocolan tempe tahu goreng dan bakwan juga enak. Atau, kalo lagi malees dan lagi keree banget, nasi ditaburin sambel pecel tanpa diseduh terlebih dahulu juga enak.

Dimakan pake sayuran rebus tanpa diseduh, enak juga! 

Biasanya aku beli sambel pecel di minimarket. Ada beberapa merek, dan kesemuannya pasti mengusung nama Madiun. Sepertinya Madiun memang terkenal akan sambel pecel-nya ya. Dan apakah sambel pecel yang dijual di minimarket itu beneran asli didatangkan dari Madiun atau ngga, ya aku ngga tau.

Ah, tapi yang penting kan sekarang aku bisa nyicipin sambel pecel asli kiriman mba Reni dari Madiun.

Sambel yang kuterima ada 2 macem. Sedeng dan Pedas. Yang udah kucicip yang sedang. Yang pedes buat ntar-ntar. Dieman-eman. :D

Buat cocolan gorengan juga enak! 

Kerupuk jagungnya udah aku goreng juga setengah bungkus, tapi sayang ngga sempet difoto, karena udah ludes duluan. Enak sih!

Btw, aku kok baru ngeh setelah liat di peta, Madiun itu masih deket-deket Jawa Tengah ya. Haha... Katrok deh, kemana aja selama ini cobak. Jadi kepikiran buat main ke Madiun naik kereta. Kan ngga sejauh ke Surabaya, meskipun sama-sama di Jawa Timur. 

6 komentar:

  1. alasnya sama hehehe gagal fokus. sambal pecelku sudah habis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha... Sama2 dpt dr mba Lusi, kan yaa...

      Hapus
  2. Madiun itu jawa timur bagiab barat, jadi masih ada alusnya karena lebih dekat ke solo drpd surabaya #halah

    Seneng ga sambel pecelnya? Enak maana dg sambel yg suka dibeli di supermarket?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enakan kiriman dari mba Ren doong, aseli dari Madiun beneran ;) aku jd pingi ke Madiun nih mba... Nginep rumahmu ya :p

      Hapus

What wasn't said, will never be heard. What wasn't wrote, will never be read. Tinggalin komentar yuk...