Kamis, 02 Juli 2015

Ketika Moody Blogger Terjebak Niche

Siang ini, dengan beberapa teman blogger di sebuah grup whatsapp, kami sempat mengobrol soal kebuntuan ide untuk menulis update blog, terutama buat beberapa diantara kami yang sempat membuat komitmen dengan diri sendiri untuk menjadikan blog sebagai blog niche. Iya, termasuk aku yang sejak setahun lebih belakangan ini, berusaha menjadikan blog nurulnoe.com yang semula gado-gado menjadi blog khusus traveling.

Awalnya sempat yakin, bahwa passionku di bidang traveling akan membuatku merasa asik-asik saja menulis tentang traveling tok di blog. Apalagi setelah melihat isi blogku itu, yang memang sebagian besar blog posts nya tentang traveling. Jadilah memutuskan untuk ber-niche ria.


Eh, udah pada tau kan, ya, niche itu apa. Sederhananya, blog niche itu blog yang tematik. Gitu deh! Tetapi ternyata, menulis dengan satu tema itu berat. Bosan. Setidaknya untuk aku yang seorang moody blogger.

Dulu, ketika blog itu masih blog gado-gado, aku bisa memenuhi target one day one post, demi mengejar google page rank. Selama setahun berjuang, akhirnya dapet juga anugerah bergengsi dari google, yaitu dapet page rank 1 dari 10. Haha, bangga! Padahal yang ditulis gado-gado banget. Kadang puisi ngga jelas, curhatan ngga penting, dll. 

Kemudian setelah memutuskan untuk menjadikannya blog niche, ruang gerakku terbatas. Ngga bisa update blog kalo ide yang nongol di kepala dan minta ditulis bukan soal traveling. Jadilah, selama setahun lebih, blog itu garing. Update paling banter sebulan cuma 5 sampai 6 tulisan. Untungnya page rank ngga turun. Kalau alexa rank sih jangan ditanya. Genduut!

Nah, akhir-akhir ini, aku suka merasa iri kalau melihat teman blogger yang bisa menulis dengan bebas di blognya, tanpa dibebani dengan tema tertentu (niche). Sebut saja ya, blognya Lidya Fitrian, Uniek, & Lianny. (Hallo mba-mba yang kusebut namanya, aku promosi nih, jangan lupa kirimin parcel lebaran, ya! Haha)

Noe kenapa mesti iri sih? Karena mereka tuh kayqknya, idenya adaaa aja. Sedangkan aku kadang suka mentok, kehabisan ide mau nulis apa. Apalagi kalo lagi ngendog di rumah, merasa ngga ada yang bisa diceritain di blog tentang traveling.

Nulis tips? Rasanya pengalaman belum cukup. Nulis objek wisata dekat-dekat rumah? Ih, males keluar buat riset dan foto-foto. Nulis objek wisata yang pernah dikunjungi tapi belom sempet ditulis? Ih, kok rasanya basi. Jalannya udah lamaaa banget, baru mau ditulis sekarang? Maksain nulis random lagi dan ngga usah mikirin niche? Kok rasanya aneh, udah ngga bisa! *nangis di pojokan*

Banyak amaat kendalanya ya! Dan semua alasan itu membuatku jadi ngga mood buat nulis. Padahal kan, ada target yang harus dikejar. Padahal kan kalo target tercapai, bisa dapet tambahan uang dapur. Padahal kan... Padahal kan... Duer! Dilema deh ah. 

Duh, ini kok ujung-ujungnya jadi soal duit sih! Tapi ya memang begitulah adanya. Mau gimana lagi. Sering sih aku maksain nulis meski mood buruuk banget. Cuma kadang suka galau, takutnya kalau maksain nulis demi target, tulisanku jadi ngga mutu. (emang selama ini bermutu gitu?). Walhasil, di aplikasi notes ku ada banyak draft tulisan yang cuma setengah, dan terbengkalai karena ngga mood buat ngelanjutin.

Oya, salah satu alasan terlahirnya blog ini, nih, salah satunya adalah karena kepingin punya wadah, agar tetep bisa nulis random. Dan postingan kali ini salah satunya. Random banget kan ini tulisan ini? Ini namanya mengangkat masalah tanpa solusi. :(

Doaku, semogaaaa setelah nulis curhatan ini otakku jadi fresh, dan besok-besok bisa lancar nulis lagi. Aamiin... 

Kalau kalian gimana, guys... Mengalami kebuntuan dan kehabisan ide gegara kejebak niche, ngga? Share dong!

55 komentar:

  1. bener banget tuh, saya pun mengalaminya akhirnya banting stir jd blog gado-gado. kebalikan dari blog noe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hoo, kebalikan ya.. Dikau de niat niche jd gado2 :D

      Hapus
  2. Kalau saya alhamdulillah belum pernah, sih. Karena ada aja cerita tentang anak-anak saya. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa, aku salut padamu mak Myr... Adaaa aja yg bisa ditulis ttg anak2 ya. Pdhl aku jg punya anak, tp gk setiap hr jg nulis trg anak di blog ini :D

      Hapus
  3. Sama, mbak.. aku juga ngalamin siih... pengennya blog-ku itu niche-nya tentang traveling & kuliner aja. Tapi yaaa... seperti yg mbak Nurul tulis itu.. Aku beberapa kali nge-remake tulisan lama, atau utak-atik tulisan yg pernah tayang di media buat bahan postingan blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi, asik yaa... Tulisan di media udh banyak, tinggal dicopas aja trua kasi keterangan, pernah tayang di media A, B, C :D

      Hapus
  4. Dari duluuuu..
    Kepikiran pengen bikin blog khusus drama korea dan kpop gitu deh..tapi maju mundur terus..
    Lah..blog gado2 aja aku mah sanggupnya cuma seminggu sekali..apalagi kalo niche bhahaha...

    Semangat terus yah mbaaaak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iih si bibi mah, apdet seminggu sekali juga buanyak yang nungguin. Fans nya banyaak :D

      Hapus
  5. Sama...lama-lama juga blogku jadi gado-gadomak. Hihihi..*tuntutan profesi dan job review *

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, klo udh soal job tuh ya aku suka dilema, butuh duitnya soalnya. Hahaha

      Hapus
  6. aku masih suka blog dengan niche gado-gado :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makaudnya tiap hr nulis ttg gado-gado yg sebenarnya mba Lidya? :p

      Hapus
  7. aq bukan gado gado, tapi karedok, menulis sesuka hati, entah manis, asin, pedes, spa aja ditulis hihi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gado-gado sama karedok sodaraan yaa.. Haha

      Hapus
  8. Blogku gado-gado banget mbak. Karena emang tujuan awal ngeblog itu untuk menuangkan isi kepala.

    Salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mak swastika, pokoke yg penting heppi yaa...

      Hapus
  9. Haduh, kok kita sehati mba...postingan terjadwalku pagi ini membahas soal niche juga. Perlu gak sih niche itu? hahha...Berat sih mba niche itu, blogku juga masih gado2 tapi lebih aku fokusin ke blogging tips. Nah, blogging tips ini berdasarkan pengalamanku biasanya. Jadi masih yang ringan2 saja. Emang paling enak itu gado2 kok, manis pedas asin pokoknya guriiiihlah enak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi, toss, mak! Aku udh meluncur di poatinganmu ttg niche itu ;)

      Hapus
    2. Hihi...makasih mba sudah tak balas haha...
      Oiya bukan gado2 mba noe tapi lifestyle blog *biar kedengeran keren*

      Hapus
    3. Hihi iya yaa.. Lifestyle terdengar lebih kereen :D

      Hapus
  10. blogku gado2 banget hahahaha...satu yg resep,itupun sekarang masih libur masak hahaha. karena blog random itu istimewa..enak aja gitu,nulis apa aja masuk hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Libur masak, jagain janin yaa... Sehat terus ya bumiil :*

      Hapus
  11. Sharingnya bagus mbak, buat saya yang lagi belajar blogging niche.. Meskipun suka, memang kadang bosen juga. Saya suka makan, tapi kadang bosen juga makan terus.. hehe..
    Thank you for sharing..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mas Andre, salam kenal. Ini curhatan moody blogger aja yg lg kepentok ide :D makasih sdh mampir yaa

      Hapus
  12. Gado-gado memang enak kok haha *digetok Noe. Aku pingin juga sih blog ber niche, tapi malah bingung juga. Jadilah isi blog gado-gado banget, curcol semua. Tapi nulis memang nggak bisa dipaksain yah. Yang penting nulis aja apa yang pingin kita tulis. Semangat Noe! *Cerita kehamilan bisa juga kan Noe :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini kan nyurhatin blog yg nurulnoe.com ituuh, klo verita kehamilan anak2 dan semua yg gado-gado ketoprak gurih tempatnya kan dimarii. :D

      Hapus
  13. baca judulnya langsung mikir niche apaan tuh, masa keponakan (arti dalam bahasa perancis keponakan perempuan). setelah baca ohhhhh ini tuh. Blog saya masih seadanya karena ketidak konsistenan mengisinya. Jadi rasanya belum berani untuk memilih mashab tertentu, karena nantinya malah nggak posting-posting deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Xixizi.. Aku malah baru tau klo dlm bahasa perancis artinya ituu. :D

      Hapus
  14. Aku juga belom berani fokus ke niche tertentu mak, takut bosen hihihi. Tapi lebih sering nulis tentang traveling, fotografi n kuliner aja siy. Kayaknya yang gado-gado lebih seru ya mak... asal jangan semua dimasukin aja kali ya.. hahaha :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo blog gado-gado ya bebas mak, mau nulis apa aja ngga terbatas deh. Waah suka traveling juga yaa.. Nanti ajuaku mampiri yaa :)

      Hapus
  15. Kece BANGET ya mak klo ber niche bisa lolos ke toped, semangaaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lho ngga harus niche kok utk bs lolos tokopedia, blog rabdom pun diterim asal DA minimal 15, punya pengunjung dan rajin share link blog ke socmed. Cobain gih!

      Hapus
  16. Blogku yang desperate housewife juga gado2, ga berciri khas, ga punya katrakter khusus, ya wis biar aja karena itu tempat curhatku hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaah, blogmu yg niche kan yg komik Mak irits n)

      Hapus
  17. Enaknya emang punya beberapa blog kaya Mak Noe skrg ini. Biar curhat tetep tersalurkan... Saya masih berkutat di gado2...^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi.. Ayoo dicoba bikin blog baru lagii ;) ternak blog deh!

      Hapus
  18. Bagus sesuai niche ...
    karena ebih terkategori ...
    kunjungan dan komentar http://www.illustrationdesigners.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi, okznanti aku kunjung balik yaa

      Hapus
  19. Mak.. sbnrnya aku pengen komentar ttg niche, etapi kemudian terdistraksi krn link tokopedianya hahahaha... daftar ah mak. Makasih ya infonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi.. Daftar giih, goodluck yaa ;)

      Hapus
  20. Lagi mbosen aja 'kali, mak Noe. Bawain bayi. Semoga setelah lahiran, semangat lagi yahhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kali yaajyaah, moga cuma krn lg bosen aja nih hihi. Makasooh mak Ratna supportnyaaa

      Hapus
  21. Kebayang mentoknya dg 1 tema gitu. Klo gado2 blognya kan bisa nulis apaaa aja ya tanpa merasa terbebani

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaah, hihi... Makanya bikin blog satu lahi buat bikin gado2 :D

      Hapus
  22. sangat membosankan mba menulis dengan satu tema

    BalasHapus
  23. Nah berhubung namaku ga disebut, aku ga perlu kirim parcel lebaran kan? hahaha.... maaf OOT :p

    Aku punya 1 blog yg tematik, tentang review buku. Dan sekarang sdg mati suri juga, sama spt nasib main blog-ku yg gado2 hahaha.. maklum sok sibuk sih sekarang :D

    BalasHapus
  24. aku masi tetep stay di pecel...e gado gado style kak noe

    BalasHapus
  25. sama blog saya juga gado gado bumbu kacangnya bnyak lagi heheheh

    BalasHapus
  26. mungkin aku termasuk juga moody blogger...mksh sharenya mak..jadi tahu banyak nih

    BalasHapus
  27. Ya ampun blog ku mungkin udah gado-gado basi pula :')
    Secara udah gado2, mau nulis sesuai mood, gak nemu wifi, paket kuota abis. Yasudah berakhir lah :')

    BalasHapus
  28. Akuuuuu...punya 4 blog mbak *ngakak dulu, bhahaaa
    Satunya (blog utama) adalag blog random. Aku merasa bebas dengan kerandomanku mbak (kerandoman? istilah apa pulak ini?). Bebas karena bisa menulis apa saja tanpa terikat tema tertentu :D
    Nah tiga lagi, itu blog niche (bahasa Inggris, family, dan bog buku), yang mana itu ternyata jarang banget aku update. Apalagi sejak aku diterima jadi blogger partner tokopedia, pikiran untk posting udah jelas terfokus ke blog utama, hahaa..
    Tetap semangat mb Nurul :D

    BalasHapus
  29. Gw punya 1 blog dan itupun ngak terurus baik tapi bersyukur masih bisa fokus 1 niche hahaha meskipun ala2 ngak jelas

    BalasHapus
  30. Saya juga punya blog niche, khusus travelling. Saya bukannya mentok (belum x) ide, tapi ga sempat2 nulis akibat ide yang menumpuk. Hehe. Ga bagus juga dong saya. :D

    BalasHapus
  31. di tunggu lagi postingan yang lainya

    BalasHapus

What wasn't said, will never be heard. What wasn't wrote, will never be read. Tinggalin komentar yuk...