Sabtu, 25 Juli 2015

Catatan Kehamilan Trimester Kedua

Kumat deh aku, kalo mau update blog suka bingung mulainya dari mana nulisnya. Haha... Ngakunya sih udah aktif ngeblog 3 tahun. Tapi bikin kalimat dan paragraf pembuka aja masih suka bingung. 

Yak, dari pada bingungnya berkepanjangan dan malah mandeg, lalu ngga apdet blog, jadi paragraf pembukanya random pun tak apa lah ya. Padahal intinya sih mau lanjut nulis catatan kehamilan di trimester kedua.

Yang berkenan baca catatan sebelumnya monggo ke link ini "Catatan Kehamilan Trimester Kesatu".

Di trimester kedua, perasaan lebih tenang karena sudah mewati masa-masa rawan. Alhamdulillah juga selama trimester kedua ngga mengalami sakit yang disebabkan virus seperti flu atau batuk. Ya, kecuali sakit yang itu, hemorrhoid. Hemorhoidku kambuh karena pola makan yang kurang serat selama traveling di Singapura.

Hemorhoid itu Menyiksa


Tidak hanya selama traveling ya, siksaan hemorhoid masih berlanjut sampai kurang lebih 2 minggu setelah pulang traveling. Aku bisa sampai nangis-nangis kalo pas pup. Ngga enak duduk, ngga enak tidur, bahkan jalan kaki pun ngga nyaman.

Waktu itu sempet terfikir pingin operasi. Temanku yag seorang dokter bilang boleh-boleh aja walau lagi hamil, lagipula operasi hemorhoid termasuk minor surgery, katanya. Tapi beberapa dokter lain yang kukenal melarang. Nanti saja kalo mau operasi setelah melahirkan, katanya.

Akhirnya aku cuma dikasih obat yang dimasukkan ke an*s itu. Dan disuruh banyak makan pepaya. Alhamdulillah akhirnya hemorhoidnya ngga sakit lagi. Ngga bleeding lagi. Sampai sekarang, aku bener-bwner jaga makanan, banyakin makan buah dan sayur, dan menghindari makanan pedas.

Gerakan Janin


Memasuki bulan ke-4 kehamilan, mulai kerasa kedutaan di perut. Yang aku rasain kedutaannya di bagian bawah pusar. Kurang faham itu karena gerakan janin atau apa. Ada yang bilang itu cuma kedutan, alias otot yang ketarik. Tetapi memasuki bulan kelima dan seterusnya, aku mulai merasakan ada gerakan dari dalam perut, dan yakin itu gerakan janin dari dalam rahim.

Kalo sudah bergerak-gerak, duh rasanya gemes sendiri, dan selalu berhasil membuat aku senyum bahagiaaaa banget! Haha... Lucu ya, ngaku sudah pengalaman hamil dan melahirkan dua kali. Tapi tetap get amazed ketika merasakan lagi gerakan janin di kehamilan ketiga. Pokoknya, every single pregnant itu selalu awesome!

Hmm... Belum lahir aja udah membahagiakan, gimana nanti ya kalo sudah lahir dan tumbuh besar. Fikiran semacam itu kemudian menggerakkan tanganku untuk elus-elus perut, dan mendoakan... Semoga kelak jadi anak sholeh. Aamiin.

Permasalahan Umum


Meskipun sudah merasa lega karena berhasil melewati masa rawan di trimester 1, dan aku sudah mulai berani pecicilan traveling kesana kemari, tetapi sebenarnya aku tetap punya keluhan lho. Keluhan umum ibu hamil, seperti sakit punggung, gerah, susah tidur malam hari, dan emosi labil.

Jadi kalo ada yang liat aku asik-asik aja pecicilan kesana kemari, jangan dikira aku ngga punya keluhan sama sekali. Keluhan mah tetap ada, tapi dibawa enjoy. Disadari aja kalau iti memang hal yang biasa terjadi pada setiap ibu hamil, terima, dan nikmati.

Tips:
Ajak hati dan fikiran untuk bahagia, karena keluhan itu nanti akan terbayar dengan hadirnya kehidupan baru yang ajaib, bayi! 

16 komentar:

  1. Sehat2 selalu ya buat bumil :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasii mama Narend :* dikau jg ya sehat selaluuu

      Hapus
  2. Buah pear juga bagus buat melancarkan pup, Mak.

    sehat2 ya, Bumil ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya... Aku suka beli pear kalo buat bekel traveling, hihi

      Hapus
  3. aku banget,ngeluh mulu,mungkin karena baru ngerasain hal2 aneh dan diluar dari kebiasaan jadi esmosian rasanya sama diri sendiri...untung suami selalu ngingetn,ya gitu kalau hamil,jadi harus sabar dll. Tapi lama2 emang nyadarin juga,mungkin ini ya istimewanya dari seorang ibi,perjalanan panjang selama 9 bulan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat bumiiil.... Nikmati prosesnya, insyallah klo kita iklas bernilai pahalaaa :* muach muach, moga sehat lancar smpai melahirkan bayi yg sehat sempurna dan sholeh yaa. Aamiin

      Hapus
  4. Saya 2x hamil 2x selama 4 bulan ngemut permen siang dan malam. Demi meredakan mual :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi, aku jg selama hamil selalu stok permen, aku sukanya permen tamarind ;)

      Hapus
  5. Aku juga suka galau bikin kalimat pembuka hahaha

    BalasHapus
  6. Dinikmati kehamilannya yang skr ya mak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaah, maak. Makasiih supportnya... :*

      Hapus

What wasn't said, will never be heard. What wasn't wrote, will never be read. Tinggalin komentar yuk...