Selasa, 23 Juni 2015

Obat Kecewa Belanja Online

Pernah kecewa saat belanja online? Sudah mengajukan komplain? Lalu bagaimana tanggapannya? 

Duh duh, aku sedang merasakannya nih! Minggu lalu aku belanja di sebuah toko online yang baru dilaunching pertengahan bulan Juni 2015. Iya, masih baru banget! Dan berhubung masih baru, toko online yang ini sedang rajin-rajinnya promosi dan memberi diskon khusus. Siapa sih yang ngga tergoda sama diskon besar-besaran?


FYI, toko online yang ini semacam pasar/mal, dimana banyak pedagang boleh menyewa lapak untuk berjualan produknya masing-masing. Jadi selanjutnya mari sebut toko online ini dengan nama PasarRamai (biar gampang).

Ceritanya aku tertarik dengan diskon khusus yang ditawarkan via email oleh PasarRamai. Kebetulan aku punya banyak email dan beberapa diantaranya aku daftarkan menjadi member dan langganan e-newsletter di PasarRamak. Jadi karena tertarik dengan diskon khusus itu, aku iseng lihat-lihat produk yang ditawarkan. Siapa tau ada yang cocok, kan? 

Singkat cerita aku akhirnya tertarik untuk membeli plastik asi & botol kaca asi. Meskipun Hari Perkiraan Lahir (HPL) masih 2 bulan lagi, tapi lumayan saja lah, belanja lebih murah karena ada diskon. 

Tapi ternyata eh ternyata, dari pengalaman belanja dua barang berbeda di dua toko berbeda yang buka lapak di PasarRamai, dua-duanya mengecewakan. Berikut ceritanya; 

Kronologi Belanja


Sebut saja Toko A dan toko B yang buka lapak di PasarRamai. Di toko A aku membeli 3 pack plastik asi. Dan di toko B aku membeli 2 dus botol kaca asi. Kedua transaksi itu kulakukan pada hari Kamis minggu lalu (18/6).  2 hari kemudian pada hari Sabtu (20/6), pesananku dari toko A datang. Sayangnya yang kuterima hanya 1 pack. Berarti masih kurang 2 pack. 

Sedangkan pesanan dari toko B, datang hari ini/Selasa (23/6). Dan sayangnya lagi, yang datang cuma 1 dus. Berarti masih kurang 1 dus lagi. 

Pengalaman Komplain 


Setelah menerima barang dari toko A, aku langsung mencoba menghubungi nomor telepon toko A yang tertera di resi pengiriman. 

Sayangnya tidak ada yang menjawab. Aku mencoba maklum berhubung hari itu hari sabtu. Tapi aku mencoba alternatif lain, yaitu komplain via email ke alamat email resmi PasarRamai. Tak lama, aku mendapat email balasan yang berisi konfirmasi bahwa komplaim akan segera ditindak lanjuti ke toko A. 

Dan hari ini, setelah menerima paket pesanan dari toko B dan barangnya tidak lengkap, aku melakukan langkah yang sama. Kecewaku jadi terobati karena teleponku dijawab oleh toko B. Komplainku pun ditanggapi dengan cepat. Customer service di toko B mengatakan akan segera mengirimkan kekurangan barang pesananku. 

Nah, aku jadi ingat komplainku ke toko A yang belum ada kabar berita lagi. Lalu aku mencoba menghubungi lagi nomor telepon toko A. Berkali-kali. Tetap tak ada yang mengangkat telepon. Aku juga mencoba menghubungi nomor telepon customer service resmi PasarRamai. Eh, nada teleponnya malah tut...tut...tut... Seperti nomor telepon yang belum terpasang. 

Kesal sekali rasanya. Tetapi aku masih mencoba sabar. Berharap dalam minggu ini semua kekurangan barang pesananku sudah dikirim dan sampai di rumah. Itu sebab aku tidak menyebut secara jelas aku belanja di toko online apa. 

Moral of Story 


Aku mencoba menarik kesimpulan dari kekecewaanku pada PasarRamai ini. Menurutku, kadang bukan soal sesempurna apa pelayanan sebuah toko online kepada pelanggannya pada transaksi awal. Karena bagaimanapun, toh tidak ada yang sempurna di dunia ini, kan? 

Hanya saja, upaya memperbaiki kesalahan dengan cepat, sangat dibutuhkan sebagai obat untuk menghapus kekecewaan yang terlanjur ada. Contohnya pelayanan si toko B tadi saat menerima komplainku.

27 komentar:

  1. setuju, Mak. Toko yang baik harusnya termasuk bisa menerima komplain dengan baik pula

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya harusnya... Tp kadang ada yg suka nyepelein komplain customernya.hih

      Hapus
  2. Pengalaman nih ya Mak, harusnya masing2 toko sebelum mengirim ke kita itu konfirmasi dahulu benarkah barang yang kita beli itu Abcde dengan jumlah sekian. Kalau deal baru dikirm. Kalau barang tidak ada ya ada konfirmasi. Harusnya gitu. Soalnya saya pernah seperti itu Mak pas belanja online. Jadi pembeli ngerasa makin nyaman belanja online.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mak, bbrp kali aku prnah blnja online n tokonya konfirm sms sblm brg dikirim, menyenangkan toko ol yg ky gitu yaa

      Hapus
  3. Semoga pesanannya cepet datang ya Mak :)

    BalasHapus
  4. Mungkin karena PasarRamai baru dibuka, toko-tokonya masih grogi layanin pembeli Mak. Hehe..

    BalasHapus
  5. waaah.. punya blog baru lagii.. :D

    aku juga punya pengalaman komplen belanja onlen, tapi Alhamdulillah diganti :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah klo gitu kecewanya sdh terobati ya... Asik laa

      Hapus
  6. waah... mengecewakan ya....

    BalasHapus
  7. aduuuh sayang sekali yaaa, harusnya kredibilitasnya tinggi dong sebuah tokko online, apalagi baru launching. Btw, semalam saya tanya niiich tentang toko online yang dimaksud niich.... aku juga beli, COD dan bisa diambil barangnya di toko nyatanya yang terdekat, kalau sesuai produk dan kuantitasnya baru bayar.... lebih nyaman kan..hihiii, ada gak di serang toko nyatanya **** nanti japri ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada toko fisiknya, tp lm bs melayani pengambilan brg offline. Sebel deh

      Hapus
  8. Akhir-akhir ini saya juga sering terima kesalahan Mak. Mau komplain, slow respoooon banget. Jadi gondok sendiri, alhasil aku blokir dari daftar online shopku :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa... Lbh baik kita blacklist dr pd makan ati yaa

      Hapus
  9. sabar ya bumil, emang sih menyebalkan kalo kasusnya seperti itu, kok bisa ya barang kita gak lengkap dan kenapa susah dihubungi, saya sih belum pernah merasakan mbak, jangan sampe deh, soalnya mesennya di tempat yang sudah terpercaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hari gini em lbh baik pilih2 yg trusted yaa klo mau belanja online. Sip

      Hapus
  10. Semoga segera datang barangnya ya mb Noe....emang kudu jeli dan hati2 milih tempat belanja apalagi olshop. Aku sendiri jualn online tapi sebisa mungkin fast respon kalo ada yang komplain atau barang tak sesuai pesanan.
    Sabaar ya bumil

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, makasiih... Sukses olshopnya ya... Jualan apa nih, mau intip dagangannya aah ;)

      Hapus
  11. Berarti memang harus hati2 belanja online ya mak, harusnya saling percaya dan komitmen, semoga mendapat ganti ya mak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa, skrg mah kudu bener2 cari olshop yg trusted :D

      Hapus
  12. Semoga cepat datang barangnya ya Mak.... ngeri juga ..harus lebih hati2 berarti ya... tmn sy jg beli kamere rugi jutaan rupiah...hiks..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah klo yg juta juta aku gk berani olshop, lbh nyaman dtg ke toko n liat lgsung fisik barangnya :D

      Hapus
  13. pengalaman baru2 ini, toko online cepat kirim barangnya, pengirimannya lama bener, masak hampir sebulan...kan kesel bulak balik telpin ekspedisinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hoo, klo yg ini masalah kurir malahan ya.. Sama2 mengesalkan ini sih

      Hapus
  14. skr ini aku jg sdg nunggu jawaban dr olshop yg biasa jd langgananku.... produknya ada yg ga pas, kekecilan.. nah aku milih spy mrk yg pick up produknya...tp lama bgt... masalahnyakan lbh dr 30 hr ga bs d retur lg... kyknya kalo ampe rabu blm diambil2 aku krm sendiri ajalah -__-

    BalasHapus

What wasn't said, will never be heard. What wasn't wrote, will never be read. Tinggalin komentar yuk...