Senin, 08 Juni 2015

Ngidam Buah Langka

Selama kehamilan anak ketiga ini, ada beberapa buah yang susah banget dicari, padahal kepingin. Ya maklum saja, buahnya emang langka dan kalaupun lagi musim, jarang ada yang jual.

Pernah waktu di minggu-minggu pertama kehamilan, sampai bela-belain keliling dari pasar ke pasar di sekitar Serang - Cilegon. Demi apa? Demi buah ini nih...

Kesemek


Setelah beberapa bulan berlalu, akhirnya bisa juga ngerasain makan kesemek selama masa kehamilan. Rupanya sejak awal mei sampai dengan bulan Juni ini lagi musim kesemek.

Buatku yang jarang ke pasar, tentu nggak bakal tau kalo kesemek sudah musim. Untung ada teman yang baik hati, yang langsung ingat aku ketika melihat kesemek dijual di salah satu pedagang buat di Pasar Baru Cilegon. Alhamdulillah, pagi ini aku dapat kejutan deh. Dibawain kesemek sama teman kantor.

Fakta Unik Kesemek

Di Indonesia, kesemek sering dijadikan bahan tebak-tebakan dengan clue: buah, buah apa yang pakai bedak?

Tetapi tahukah kalau aslinya buah kesemek itu ngga ada bedaknya? Fakta unik kesemek ini baru saja aku tau setelah iseng browsing sambil menikmati kesemek saat sarapan pagi ini.

Kesemek yang masih muda memiliki kandungan tanin yang disebut tanin-kaki, yang menjadikan rasa buah kesemek menjadi sepat. Rasa sepat ini akan berkurang seiring buah kesemek bertambah masak. (wikipedia)

Di Indonesia, untuk mengurangi rasa sepat itu tadi, ternyata buah kesemek terlebih dahulu diolesi dengan air kapur sebelum diperam. Hmm... Jadi yang sering disebut bedak yang menempel di kulit kesemek itu kapur, ya.

Gandaria


Meskipun di trimester pertama ngga kesampaian makan kesemek, tetapi hatiku masih terhibur karena justru menemukan buah langka lainnya, yaitu gandaria. Gandaria juga termasuk buah langka dan cuma ada kalau sedang musim.


Cerita pertemuanku dengan gandaria adalah ketika aku main ke daerah Anyer sekitar bulan Januari 2015. Waktu itu libur weekend, aku menginap di rumah teman, bersama Mamas & Kakak juga. Kebetulan lagi musim rambutan dan duren juga.

Minggu pagi aku dan teman punya agenda memberi pelatihan blog untuk anak-anak SMA Anyer. Pulang dari sekolah, aku melihat ada tetangganya teman menjual gandaria. Whuah, langsung histeris dan ngga bisa nahan diri untuk beli. Aku duka rasanya yang mirip-mirip mangga. Asem, manis, seger.

Buah Naga


Sorenya sebelum pulang dari Anyer, temanku malah ngajakin agrowisata ke kebun buah naga. Lha, beli buah naga aja sekalian. Myrah banget harganya, cuma 25 ribu per kilo. Tapi faktanya, 25 ribu dapet 3 buah naga dengan ukiran besar-besar. Ini sih lebih dari sekilo. Belum lagi bonus yang untuk dicicipi langsung di kebunnga. :D Eh, petik dsn makan buah naga langsung dari pohonnya ternyata asik.


Fyi, kebun buah naga ini ada di desa Mekarsari, kec. Cinangka, Anyer. Bukan agrowisata resmi sih, tapi boleh datang kalau mau lihat-lihat dan membeli dalam jumlah sedikit. Kalau banyak-banyak ngga boleh. Karena target pasar utamanya adalah untuk dijual ke Jakarta.

Hari itu rasanya bahagia banget karena pulang ke rumah di Serang, bawa banyak buah. Ada rambutan, gandaria, buah naga. Memang sih, buah naga bukan buah langka di pasaran. Tapi buatku tetep langka karena jarang kebeli. Mahal boo! :D

29 komentar:

  1. wah sehat nih, ngidamnya buah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi, iyaa... Ngidam mobil takut ngga keturutan soale. Haha

      Hapus
  2. kata si mas, puciiing kepala ken :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha... Faktanya, yg puciing malah temen2ku si mba :D

      Hapus
  3. Kesemek sih masih sering lihat, tapi gandaria jarang lihat. Ternyata itu buah musiman toh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, hihi.. Klo di cilegon jrg bgt ada kesemek :D

      Hapus
  4. Untung lah ya masih keturutan ngidamnya coba ngidam buah yg ga lagi musim..rempong kan ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya hihi... Ayo kapan dirimu ngidam :p

      Hapus
  5. waaaa gandaria,
    huhuhu udah lama banget ga makan gandaria, kalo di daerahku namanya jatake
    ngidamnya sehat ya mba, ngidam buah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada jg yg sebut buah menteng, banyan ya namanyaa :D

      Hapus
  6. Jadi pingin kesemek, dah lama nggak makan :)

    BalasHapus
  7. Jadi pingin kesemek, dah lama nggak makan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haee.. Jgn2 lg ngidam juga yaa ;)

      Hapus
  8. Jadi pingin kesemek, dah lama nggak makan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo cari ke pasar mba Zulfa, mumpung lg musim niih

      Hapus
  9. Jadi pengin makan kesemek, mba. Kalo dulu dicuci bersih dulu kulitnya sampe warna putihnya ilang. Baru dikupas. :D Kalo buah naga udah sering dibudidayakan ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya, kayaknya lbh baik dicuci dulu. Haha kmren aku lgsung kupas aja trus br deh dicuci hihi

      Hapus
  10. Ditempatku malah gampang loh cari kesemek...

    Dulu juga aku ngidam buah naga, biarpun lagi ga musim dan harganya mahal aku beli aja daripada ngiler, Tapi pas lagi musim malah murah banget buahnya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah asik bgt klo gampang yaa.. :D di daerah mana tinggalnya mba? Mau dong main...

      Hapus
  11. kesemek buah kesukaan saya tuh, saya sering beli di pasar

    BalasHapus
  12. wah ngidamnya buah yang langka

    BalasHapus
  13. jadi pengen buah kesemek nih

    BalasHapus
  14. cari kak mpe dapet hihii,
    sehat2 y bebinya

    BalasHapus
  15. Saya ucapkan terima kasih informasinya, semoga informasi yang Anda berikan bisa menjadi infomrasi yang bermanfaat dunia dan akhirat

    BalasHapus
  16. Buah kesemek memang agak sulit yaa di temui.. tapi kalau buah naga mah kayanya banyak ya, di penjual jus juga banyak gan.. hhi

    BalasHapus

What wasn't said, will never be heard. What wasn't wrote, will never be read. Tinggalin komentar yuk...