Minggu, 07 Juni 2015

Bayi Sehat Berawal Dari Ibu Bahagia

Happy Mommy Healthy Baby adalah tema dari acara yang diselenggarakan oleh Transpulmin dan Kamillosan di Hongkong Cafe Jakarta, pada Sabtu 30 Mei 2015. Sebagai Emak Blogger yang sedang hamil, aku merasa ketiban rejeki ketika mendapat undangan dari Mommies Daily yang mensupport acara ini, untuk ikut menghadiri acaranya.

Hadir sebagai nara sumber adalah Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., Psi. Beliau adalah psikolog anak yang akan memberikan materi tentang pentingnya meminimalkan stress selama kehamilan.
Karena ternyata, bahagia atau tidaknya ibu hamil dapat berdampak pada: tumbuh kembang janin, lancar tidaknya ASI dan bentuk emosi si kecil saat dia sudah lahir hingga ia tumbuh dewasa kelak.

Hadir juga Dr. Elizabeth Yohmi Sp.A, seorang dokter spesialis anak yang pro ASI. Beliau memberikan materi tentang pentingnya ASI baik bagi ibu maupun bagi janin. Diantaranya yaitu untuk menciptakan bonding, memberikan gizi terbaik, dan dapat dijadikan kontrasepsi alami bagi ibu. 

Aku sangat antusias saat membaca email undangan dari Mommies Daily yang berisi informasi nara sumber beserta bocoran materi itu. Jarak antara Serang dan Jakarta pun tak menjadi halangan buatku untuk datang.

Ketika datang, aku diminta mengisi daftar tamu, kemudian diarahkan masuk ke dalam cafe. Tetapi kemudian langkahku terhenti karena di pintu masuk ada photo booth khusus untuk tamu acara Happy Mommy Healthy Baby. Aku tentu tak mau menyia-nyiakan kesempatan ini, dan ikut foto narsis bersama atribut Transpulmin & Kamillosan.

Beberapa oleh-oleh dari Transpulmin & Kamilosan

Di dalam ruangan acara, rupanya sudah ada beberapa mommies blogger yang lebih dulu datang. Beberapa di antaranya sudah sangat kukenal karena berada di komunitas blogger yang sama. Aku langsung mengambil tempat duduk berdekatan dengan mereka. Ya, sambil belajar ilmu baru, acara Happy Mommy Healthy Baby ini juga sekaligus jadi ajang kopdaran sesama teman blogger.

Sekitar jam 9.30 acar dimulai. Diawali dengan opening yang seru oleh MC, lalu sambutan santai oleh Mba Vera yang mewakili pihak Transpulmin & Kamillosan. Dalam openingnya, MC juga menyampaikan keunggulan dari produk transpulmin.

Kandungan chamomile dalam transpulmin bisa membantu melegakan saluran pernafasan anak jika terserang flu. Sehingga, anak pun bisa tidur dengan nyenyak.

Tak lama kemudian, acaranya sampai pada intinya, yaitu penyampaian materi dari nara sumber. Narsum yang pertama menyampaikan materinya yaitu Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., Psi. Atau bisa dipanggil dengan akun twitternya @AnnaSurtiNina agar lebih mudah.

Materi I: "Percaya Diri, Pondasi Orang Tua Bahagia" oleh @AnnaSurtiNina

Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., Psi. 

Mengapa menjadi orang tua bahagia begitu penting?

Ortu yang tidak bahagia biasanya mengalami gangguan psikis, sehingga kurang memonitor anak-anak, dan anak-anak pun akan ikut mengalami gangguan psikis dan menjadi tidak bahagia.

Kebayang dong apa jadinya kalau anak tidak bahagia karena kurang perhatian. Bisa jadi kasus bullying pada anak, kasus narkoba, dll, berawal dari ketidak bahagiaan ibu dan anak.

Dalam slide berikutnya, ditampilkan sebuah foto untuk menganalogikan tingkat PD dalam hubungannya dengan kebahagiaan.

Ayo kita Percaya Diri

Saat menunjukkan foto di atas, @AnnaSurtiNina menjelaskan, bahwa si anak butuh percaya diri untuk bisa meniti permainan tangga besi. Jika tidak, anak tersebut bisa saja terjatuh, terluka dan cidera. Kondisi seperti ini tentu membuat lnya tidak bahagia.

Akan lain ceritanya jika anak tersebut memiliki rasa percaya diri. Keberaniannya akan muncul untuk melangkah, sehingga mendapat kepuasan dan kebahagiaan karena telah berhasil mencapai puncak.

Ya, aku sendiri pernah mengalaminya. Sekitar 2 bulan lalu ketika aku sangat ingin melihat air terjun Pria Laot yang letaknya di tengah hutan di Sabang. Dengan kondisiku yang sedang hamil, teman-teman seperjalananku agaknya merasa risih, mengingat medannya yang lumayan berat untuk dilalui. Yaitu harus trekking sejauh 1 km melewati jalan setapak dan sungai berbatu-batu besar.

Di Air Terjun Pria Laot - Sabang

Akan tetapi aku merasa PD dan sanggup untuk melewatinya. Ditambah lagi, kepercayaan dan dukungan yang begitu besar dari suamiku. Akhirnya aku bisa membuktikan bahwa semua baik-baik saja. Kami semua berhasil mencapai air terjun dan kembali lagi dengan selamat, dan trip kami tetap berjalan menyenangkan.

Bagiku, ini merupakan prestasi, dan membuatku merasa sangat bahagia. Ya, sekarang aku faham bahwa Percaya Diri memang penting agar kita bisa merasa bahagia.

Jadi bagaimana agar sebagai orang tua kita bisa mencapai PD? Check this slide ya mom...

Kenali, Akui & Perhatikan Sisi Positifmu

Mengenali sisi positif dalam diri adalah cara yang efektif untuk mencapai rasa PD. Jadi mulai sekarang, yuk kenali sisi positif dalam diri kita. Mommies punya sisi positif seperti apa? Dari beberapa poin dalam slide ini, mungkin Mommies punya salah satu, salah dua, atau salah tiganya. Atau semuanya?

Oya, ada games seru dari @AnnaSurtiNina ketika bahasan materi sampai pada sisi-sisi positif orang tua. Seluruh Mommies yang hadir pagi itu diberi kartu pos dan diminta menuliskan sisi positif apa yg harus dimiliki ortu. Kemudian kartu pos yang sudah ditulisi, di kumpulkan, dan dibagikan lagi secara random kepada setiap Mommies.

Selanjutnya, setiap Mommies juga diminta mengambil kertas yang ada di bagian bawah kursi. Gulungan kertas itu ternyata berisi tulisan tangan @AnnaSurtiNina - berupa sisi positif orang tua. Nah, para Mommies kemudian diminta membuka kertas dan kartu pos yang didapat.

Yes, I am! 

And you know, ini yang kudapat. Jadi menurut @AnnaSurtiNina aku ini seorang ibu yang penuh cinta, selalu ceria, dan berfikiran terbuka. Iya, aamiin...

@AnnaSurtiNina kemudian menyampaikan bahwa, tidak ada yang kebetulam di dunia ini. Tuhan Maha Mengatur Segalanya. Bahwa sisi-sisi positif yang ada dalam kartu pos dan kertas yang didapat setiap Mommies itu adalah sisi positif yang dimiliki. Wah, @AnnaSurtiNina menyampaikan itu dengan sangay serius. Aku sampai merinding. 

Materi II: "Pentingnya ASI" oleh Dr. Elizabeth Yohmi, Sp.A.

Dr. Elizabeth Yohmi, Sp.A

Materi yang disampaikan oleh Dr. Elizabeth Yohmi Sp.A, sebagai ketua SATGAS ASI IDAI, sangat berguna bagiku yang sebentar lagi bakal melahirkan anak ketiga. Maklum saja, pengalaman dengan anak pertama & kedua, aku masih katro. Ngga banyak tau tentang ASI. Untungnya ASI ku lancar-lancar aja. Jadi aku ngga terlalu mengalami masalah dalam menyusui.

Satu hal dari penjelasan materi Dr. Elizabeth yang membuatku merasa sangat terbantu kali ini adalah tentang IMD (Inisiasi Menyusui Dini). Duh, aku tuh pingiiiin banget ngerasain IMD. Kerana apa? Karena proses IMD itu bisa menciptakan kelekatan (bonding) antara ibu dan anak.

Berikut adalah tips untuk keberhasilan IMD dan ASI exclusive, yang disampaikan oleh Dr. Elizabeth, yaitu dengan melakukan 7 Kontak ASI - 7 Hari Pertemuan Asi.
  • Kontak pertama dan kedua yaitu dengan mengikuti pendidikan Antenatal/pengetahuan tentang ASI sebelum melahirkan. Pendidikan antenatal yang dilakukan setelah melahirkan tentu kirang tepat karena ibu masih fokus pada kebutuhan fisik dan psikis setelah melahirkan. 
  • Kontak ketiga adalah dengan melakukan IMD. Setelah dilahirkan, bayi akan dikeringkan dan dipotong tali pusatnya, kemudian diletakkanndi perut/dada ibu dengan posisi tengkurap. Bayi akan dibiarkan merayap mencari puting susu ibunya dan belajar menyusu secara alami. 
  • Kontak keempat - masa nifas (hari ke-1). Pada hari pertama pasca melahirkan, ibu akan diberi penyuluhan dan pendampingan mengenai manajemen laktasi/ASI exclusive, tumbuh kembang & perawatan bayi, serta terapi sentuh.
  • Kontak kelima - masa neonatus (hari ke-7 dst). Setelah pulang dari Rumah Sakit/Klinik pasca melahirkan, ibu akan tetap diberi bimbingan, yaitu pada saat kontrol. Ibu bisa berkonsultasi seputar perawatan bayi dan pemberian ASI.

Proses IMD (Inisiasi Menyusui Dini) 

Keberhasilan dalam IMD bisa dicapai jika ibu menginginkannya, ditambah dukungan tim medis yang membantu ibu saat melahirkan. Untuk itu, sejak sebelum melahirkan, penting untuk ibu memilih tempat melahirkan yang tepat yang pro ASI.

Sesi Games & Makan Siang

Usai kedua nara seumber menyampaikan materi dan disambut dengan berbagai pertanyaan dari para Mommies, kemudian ada sesi games. Games-nya cukup seru, yaitu memakaikan popok bayi dengan mata tertutup.

Games Seru! 

Dan tak terasa, waktu berlalu dengan cepat. Perut mulai keroncongan karena ternyata sudah jamnya makan siang. Acara berakhir setelah semua Mommies menikmati hidangan makan siang yang sudah disediakan.

Aku pun meninggalkan Hongkong Cafe dengan membawa ilmu yang sangat bermanfaat, sebagai bekal menjadi orang tua yang lebih baik lagi. Nah, buat para ibu di rumah yang tidak berkesempatan hadir dalam acara ini, bisa tetap  ikut belajar ilmu-ilmu bermanfaat dari Transpulmin & Kamillosan. Caranya, follow akun socmednya nih;

Twitter: @KehangatanIbu

16 komentar:

  1. Wah dapat banyak ilmu yg bermanfaat ya, makasih sharingnya, lengkap banget. Aku dulu nggak ada IMD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo mba Lianny hamil lg aja, trus praktek IMD :D

      Hapus
  2. Para Bumil musti bahagia, ya. Agar anak trut bahagia. :)
    Tipnya akan segera dipraktikkan, Mbak. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Idah, bumil baru nih.. Ayok belajar dr sekarang...

      Hapus
  3. Dulu waktu saya hamil, setiap saya sedih atau ada masalah dengan suami, bayi dalam perut juga protes. Bahkan sampai sekarang umur 28 bulan, si kecil semakin peka perasaannya.
    Makanya berusaha dibikin happy aja meskipun ada masalah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya mba, aku jg gitu si... Berusaha ttp happy demi anak2 kita yaa

      Hapus
  4. Pas hamil anak pertama aku cenderung moody. Sempat khawatir kalau akan mempengaruhi anak (anak jadi moody juga). Tapi aku nggak mau berlarut-larut memikirkan kekhawatiran macam itu, biar nggak jadi semacam sugesti negatif hi hi. Mending baca-baca postingan semacam ini biar nambah ilmu soal parenting. Thanks for sharing Mak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mak, sampe skrg aku jg masih moody sih, tp untungnya suami kalem, klo aku lg uring2an dia bs banget bikin adem :)
      Mksh sdh mampir mak, moga sehat selaluu

      Hapus
  5. Bumil bahagia terus yaaa biar bayinya sehat :*

    BalasHapus
  6. nambah nih pengetahuan saya, ternyata bahagi ibu hamil bisa membuat bayi sehat ya

    BalasHapus
  7. dapat banyak ilmu yang bermanfaat nih, terimakasih
    buat bekal nanti :)

    BalasHapus
  8. Ooooo...ternyata pengaruh juga ke produksi ASI ya soal bahagia dan tidak ini. Jadi... jadi....dulu pas aku hamil..... Yah sudahlah udah kadung hihihii... Makasih sharingnya ya Noe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aiih, curcol nih :p yg pentinf skrg kan udah hepiii yaa... Muach

      Hapus

What wasn't said, will never be heard. What wasn't wrote, will never be read. Tinggalin komentar yuk...